AAJI Daily New - 16 Januari 2017


Tanggal terbit (16 / 01 / 2017)

 

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Sun Life Pacu Kinerja Agen
  2. Sun Life Siapkan Tenaga Penjual untuk Rebut Pasar Asuransi 2017
  3. Sun Life Genjot Kanal Pemasaran
  4. AJB Bumiputera 1912 Harus Menjadi Semakin Kuat
  5. AJB Bumiputera Gandeng OJK Tindak Penyimpangan Korupsi
  6. Pengelola Statuter AJB Janji Tindak Korupsi Manajemen
  7. BNI Life Serahkan Donasi Alkes dan Obat-obatan untuk Pidie Jaya
  8. Hanwa Life Targetkan Premi Tumbuh 114,28%
  9. Hanwa Life Bakal Lepas Saham Lewat IPO
  10. Hanwha Life Incar 5 Bank
  11. (Berita Photo) Program Start Year Sun Life Financial
  12. (Berita Photo) Tenaga Penjual Asuransi
  13. (Berita Photo) Pemukulan Gong Saat Membuka IPO
  14. (Berita Photo) Menghadapi Kompetisi Pasar
  15. Perluas Akses Keuangan Masyarakat dan UMKM, Ini yang Dilakukan OJK
  16. Trump Dilantik, Jokowi Ingatkan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Sun Life Pacu Kinerja Agen

Setelah proses merger PT CIMB Sun Life rampung tahun lalu, kontribusi premi dari kanal partnership distribution mengalami peningkatan kinerja PT Sun Life Financial Indonesia. Namun bukan berarti jalur agensi Sun Life sendiri bakal redup. Presiden Direktur Sun Life Elin Waty menjelaskan, setelah proses penggabungan, porsi jalur partnership distribution mencapai 45% dari pendapatan premi Sun Life. Sebelumnya jalur agensi menyumbang lebih dari 60%. Tahun ini, Elin memperkirakan porsi premi dari kanal agensi bertahan di angka 55% dari total premi yang bisa diraup. "Dari jalur agensi sendiri tentu akan kami tingkatkan juga," kata Elin, Jumat (13/1).

Harian Kontan – 16/01/2017, Hal. 24

Sun Life Siapkan Tenaga Penjual untuk Rebut Pasar Asuransi 2017

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menyiapkan para tenaga penjualnya untuk bersaing memperebutkan pasar asuransi yang kian kompetitif di Indonesia pada tahun 2017 ini. Untuk itu, PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) mengumpulkan sekitar 1.000 tenaga penjual yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia di Jakarta pada 13 hingga 15 Januari untuk menghadiri acara Year Start 2017 Sun Life Financial Indonesia. Acara tahunan ini bertujuan untuk memastikan semua tenaga penjual mempunyai motivasi yang tinggi untuk menghadapi pasar asuransi yang makin kompetitif di Indonesia di 2017 ini.

Beritasatu.com - 13/01/2017

http://www.beritasatu.com/asuransi/409147-sun-life-siapkan-tenaga-penjual-untuk-rebut-pasar-asuransi- 2017.html

Sun Life Genjot Kanal Pemasaran

PT Sun Life Financial Indonesia optimistis mampu mencatatkan kinerja lebih baik pada 2017 dengan fokus pada penguatan berbagai kanal pemasaran dan ekspansi ke kota lapis kedua, khususnya di Sulawesi dan Kalimantan. Elin Waty, Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life), mengatakan berdasarkan sejumlah ulasan pada tahun ini 2017 ekonomi nasional jauh lebih baik. Karena itu, pihaknya optimistis akan mencapai pertumbuhan kinerja yang lebih baik ketimbang tahun lalu. “Tahun ini Sun Life bisa tumbuh lebih baik dari 2016. Tahun lalu, Sun Life tumbuh signifikan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1). Elin menjelaskan sepanjang tahun lalu pihaknya mampu merealisasikan kinerja bisnis yang baik kendati kondisi ekonomi belum mengalami pemulihan ketimbang tahun sebelumnya. Dia mengklaim perusahaan mampu mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan atau berada di atas realisasi kinerja secara industry.

Bisnis Indonesia – 16/01/2017, Hal. 21

Berita serupa:

  • Tribunnews.com - 13/01/2017  Ini Cara Sun Life Rebut Pasar Asuransi

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/01/13/ini-cara-sun-life-rebut-pasar-asuransi

AJB Bumiputera 1912 Harus Menjadi Semakin Kuat

Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Adhie M. Massardi mengatakan asuransi tersebut dan tidak boleh kalah dari perusahaan asuransi asing yang kini banyak beroperasi di Indonesia. Pasalnya, AJB Bumiputera yang didirikan pada 1912 ini, bukan saja merupakan cikal bakal industri asuransi nasional, tapi juga simbol gerakan ekonomi masyarakat kecil di Indonesia. Hal itu diungkapkannya ketika melakukan kunjungan ke Purwokerto, Jawa Tengah, pada Kamis (12/1/2017). Dalam rilis yang diterima Bisnis, dikatakan bahwa Adhie berada di Purwokerto dalam rangka sosialisasi skema penguatan perusahaan. Adhie melakukan kegiatan yang sama di Yogyakarta pada Jumat (13/1/2017).

Investor Daily – 14-15/01/2017, Hal. 8

AJB Bumiputera Gandeng OJK Tindak Penyimpangan Korupsi

Pengelola Statuter (PS) AJB Bumiputera menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menindaklanjuti berbagai temuan penyimpangan yang terindikasi tindak pidana (korupsi) oleh manajemen lama dalam pengelolaan Bumiputera. "Tapi prosesnya nanti tetap di OJK, bukan dibawa ke KPK atau ke Bareskrim, karena di sana (OJK) juga ada bagian penindakan, lengkap dengan para penyidik profesional. Sebab tidak adil apabila penyimpangan pengelolaan yang membuat Bumiputera menanggung masalah besar dibiarkan tanpa proses penegakan hukum," kata Pengelola Statuter (PS) AJBB bidang SDM, Umum dan Komunikasi Adhie Massardi dalam rilisnya, Sabtu (14/1/2017). Setelah restrukturisasi dan skema penguatan mencapai final untuk mengoptimalkan terjaminnya kepentingan lebih dari 6 juta pemegang polis, PS AJB Bumiputera akan menjalankan fungsi penindakan apabila menemukan penyimpangan dalam pengelolaan perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu.

Bisnis.com - 14/01/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170114/215/619500/ajb-bumiputera-gandeng-ojk-tindak- penyimpangan-korupsi

Pengelola Statuter AJB Janji Tindak Korupsi Manajemen

Proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) masih berlangsung. Di tengah proses tersebut, sejumlah pengelola Statuter AJBB mengundurkan diri lantaran tak setuju skema restrukturisasi. Salah satunya, Dirman Pardosi yang resmi mundur 2 Januari lalu. Ia menilai, skema restrukturisasi AJBB sekarang rentan mengganggu pembayaran kewajiban ke pemegang polis lantaran skema transaksi tidak memakai uang tunai. Dirman menjelaskan, awalnya skema penyelamatan AJBB berupa penawaran penjualan AJBB senilai Rp 13 triliun. Terdiri dari aset properti Rp 6,5 triliun dan operasional asuransi Rp 6,5 triliun. Tapi kemudian diputuskan, dari nilai penjualan Rp 13 triliun itu, pembayaran aset properti yang dibayar secara cash cuma Rp 1 triliun dan sisanya Rp 5,5 triliun itu dengan cicilan yang dibayar pada tahun ketiga.

Rakyat Merdeka – 14/01/2017, Hal. 18

BNI Life Serahkan Donasi Alkes dan Obat-obatan untuk Pidie Jaya

BNI Life menyerahkan bantuan pasca gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh senilai Rp 170 juta. Direktur Utama BNI Life, Budi Tampubolon mengatakan, pemberian bantuan ini upaya dari bagian program edukasi dan  literasi  keuangan  yang            diharapkan  menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya pentingnya   asuransi   sebagai   perlindungan   masyarakat dari berbagai risiko. Bantuan yang diserahkan BNI Life berupa  alat  kesehatan  dan  obat-obatan  dan  dana  pembangunan Masjid Jami’ Quba  yang juga didukung sepenuhnya      oleh    donasi karyawan dan Program CSR BNI Life. "Pelaksanaan donasi di Pidie Aceh dalam kemitraan dengan Yayasan Rumah Infaq," tutur Budi dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (13/1/2017). Wakil  Direktur   Utama BNI  Life, Geger Maulana  menuturkan, BNI  Life ingin   memberikan perlindungan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, dan meneguhkan  komitmen  perusahaan untuk berupaya memberikan nilai tambah di setiap sisi kehidupan.

Tribunnews.com - 13/01/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/01/13/bni-life-serahkan-donasi-alkes-dan-obat-obatan-untuk- pidie-jaya

Hanwha Life Targetkan Premi Tumbuh 114,28%

PT Hanwha Life Insurance punya ambisi besar pada tahun ini. Hanwha Life menargetkan pertumbuhan premi baru mencapai lebih dari 100% dari pencapaian  tahun kemarin. Chief of Agency and Banacssurance Of?cer Hanwha Life Henry Januar mengatakan, Hanwha Life mengincar premi baru Rp 450 miliar. Angka ini lebih tinggi 114,28% dari pencapaian tahun 2016 sebesar Rp 210 miliar. Untuk mendukung target tersebut, Henry menyatakan, segmen ritel maupun korporat akan dipacu. Di antaranya lewat perluasan kerjasama, penguatan jaringan, sampai dengan rencana peluncuran sejumlah produk baru. Penambahan jumlah jaringan pemasaran menjadi salah satu rencana Hanwha Life dalam mengembangkan bisnis pada  tahun ini. Khususnya adalah untuk lebih menggenjot penetrasi  di  segmen  ritel. Caranya  adalah  dengan memaksimalkan kinerja dari tenaga agensi yang saat ini jumlahnya 3.100 orang.

Harian Kontan – 16/01/2017, Hal. 24 Hanwha Life Bakal Lepas Saham Lewat IPO

PT Hanwha Life Indonesia memutuskan untuk melakukan penawaran umum saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) untuk memenuhi Peraturan Pemerintah No 73 tahun 1992 tentang penyelenggara perusahaan perasuransian. Chief of Operation Hanwha Life, Harfiansyah bilang, alasan pemilihan IPO adalah untuk membuka kesempatan bagi investor yang ingin menjadi pemegang saham PT Hanwha Life. Selain itu juga untuk meningkatkan transparansi  dan  mekanisme pengawasan terintegrasi dengan melibatan publik. Hal ini diyakini akan berdampak pada pertumbuhan yang lebih sehat.

Rakyat Merdeka – 16/01/2017, Hal. 18

Hanwha Life Incar 5 Bank

PT Hanwha Life Insurance Indonesia menjajaki kerja sama pemasaran produk asuransi dengan beberapa mitra bank baru untuk memacu pendapatan premi di tahun ini. Head of Finance & Accounting PT Hanwha Life Insurance Indonesia (Hanwha Life Insurance) Robertus Deddy Gunawan mengatakan, pada tahun ini pe- rusahaan berharap bisa menambah sekitar 4—5 bank mitra baru untuk memasarkan produk melalui salur- an distribusi bancassurance. Dia menuturkan, saat ini mitra bank perseroan baru dua bank yaitu PT Bank KEB Hana Indonesia     (KEB  Hana) dan  PT  Bank  Woori Saudara  Indonesia  1906  Tbk.  (Bank  Woori Saudara). Menurutnya, penjajakan kerja sama dengan beberapa mitra bank yang sedang dilakukan diha- rapkan bisa memasuki tahap perjanjian di tahun ini.

Bisnis Indonesia – 16/01/2017, Hal. 22

 

Berita serupa:

  • Investor Daily – 14-15/01/2017, Hal. 8 Hanwha Life Targetkan Premi  Rp 450 Miliar
  • Tribunnews.com  - 12/01/2017 Penuhi Regulasi, Hanwha Life Siap Lepas 20 Persen Saham ke Publik Lewat Skema IPO

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/01/12/penuhi-regulasi-hanwha-life-siap-lepas-20-persen- saham-ke-publik-lewat-skema-ipo

Antarafoto.com - 14/01/2017 (Berita Photo) Program Start Year Sun Life Financial

http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1484412901/program-start-year-sun-life-financial

(Berita Photo) Tenaga Penjual Asuransi

Bisnis Indonesia – 16/01/2017, Hal. 21

(Berita Photo) Pemukulan Gong Saat Membuka IPO

Rakyat Merdeka – 15/01/2017, Hal. 18

(Berita Photo) Menghadapi Kompetisi Pasar

Harian Kontan – 16/01/2017, Hal. 24

EKONOMI MAKRO & REGULASI

Perluas Akses Keuangan Masyarakat dan UMKM, Ini yang Dilakukan OJK

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan, pihaknya fokus mendorong kontribusi sektor jasa keuangan pada pemerataan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, OJK menerbitkan tujuh inisiatif strategis dalam memperluas akses keuangan masyarakat dan UMKM di daerah. Pertama adalah optimalisasi program kerja yang telah digagas bersama industri jasa keuangan, pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Muliaman menyebut, program ini antara lain Lakupandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif), Simpanan Pelajar (Simpel), Jaring, asuransi pertanian dan ternak, asuransi nelayan, dan penjaminan kredit UMKM. "Kedua, perluasan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang selama ini lebih banyak disalurkan untuk sektor perdagangan, yakni 66,8 persen dan masih terfokus di pulau Jawa agar lebih terarah pada sektor-sektor produktif dan menyebar ke berbagai daerah melalui perluasan pihak-pihak yang dapat menyalurkan," ungkap Muliaman pada acara Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Kompas.com - 13/01/2017 http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/01/13/225617026/perluas.akses.keuangan.masyarakat.dan. umkm.ini.yang.dilakukan.ojk

Trump Dilantik, Jokowi Ingatkan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya dan masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi situasi ekonomi global yang masih mungkin terus berubah. Tak menutup kemungkinan, akan ada kebijakan baru di bidang ekonomi yang diberlakukan Amerika Serikat setelah Presiden terpilih AS Donald Trump dilantik nanti. Hal itu akan berdampak pada situasi ekonomi global. "Perlambatan ekonomi global juga belum selesai, penurunan pertumbuhan ekonomi dunia juga terjadi," kata Jokowi saat membawakan pidato di peringatan HUT PKPI di Hotel The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017). "Situasi ekonomi dunia belum pulih, sudah ada perubahan baru lagi seperti kebijakan Amerika Serikat yang mungkin saja berubah setelah nanti presiden Donald Trump yang terpilih kemarin dilantik," sambungnya.

Kompas.com - 15/01/2017

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/01/15/115604526/trump.dilantik.jokowi.ingatkan.antisipasi. perubahan.ekonomi.global#page1

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.298

IHSG

5.291,35

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infoba

DOWNLOAD PDF