AAJI Daily New- 5 Maret 2017


Tanggal terbit (05 / 04 / 2017)

 HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Baru AJB Masih Misterius
  2. OJK Batasi Kegiatan Bisnis Asuransi Recapital Life, Ada Apa?
  3. RBC Tak Sesuai Ketentuan, OJK Bakal Tindak Tegas Recapital Life
  4. Empat Asuransi Jiwa Berencana Bentuk DPLK
  5. Mandiri Inhealth Raih Premi Rp 475 M Di Kuartal I
  6. (SEREMONIA) Kerja Sama PT Capital Life Indonesia dan PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk
  7. (Berita Photo) Perlindungan FWD Life
  8. (Berita Photo) FWD Life Lindungi Pemain Persib dengan Asuransi

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Baru AJB Masih Misterius

Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 akan menuntaskan restrukturisasi bisnis. Mitra AJB yakni PT Evergreen Invesco Tbk (GREN) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 8 Maret 2017 yang erat kaitannya dengan restrukturisasi AJB. RUPSLB menyetujui Evergreen menerbitkan sebanyak-banyaknya 50 miliar saham seharga Rp 200 per saham. Artinya, target dana yang diincar Evergreen mencapai Rp 10 triliun. Uang dari aksi ini akan dipakai Evergreen untuk menuntaskan perjanjian utang atas akuisisi PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB) dari AJB senilai Rp 30 triliun. Akuisisi dilakukan lewat anak usaha GREN yakni PT Pacific Multi Industri. Meski sudah hampir sebulan pasca RUPSLB, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tak kunjung menerima permintaan rights issue Evergreen. "Belum ada pernyataan pendaftaran yang disampaikan ke OJK," kata Nurhaida, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada KONTAN, Senin (3/4). Sekedar mengingatkan, rencana serupa pernah kandas di tahun 2016 karena kala itu Evergreen tak kunjung melengkapi kelengkapan dokumen yang diminta otoritas.

Harian Kontan – 05/04/2017, Hal. 24

Berita Serupa :

  • Kontan.co.id - 04/04/2017 Grup Lippo masuk Bumiputera?

http://keuangan.kontan.co.id/news/grup-lippo-masuk-bumiputera

  • Kontan.co.id - 05/04/2017 Calon pemilik baru AJB masih misterius

http://keuangan.kontan.co.id/news/calon-pemilik-baru-ajb-masih-misterius

OJK Batasi Kegiatan Bisnis Asuransi Recapital Life, Ada Apa?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatasi kegiatan bisnis PT Asuransi Jiwa Recapital atau Relife. Hal ini lantaran rasio solvabilitas atau risk based capital (RBC) perseroan berada di bawah ketentuan 120 persen. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani membenarkan kabar tersebut. Menurut Firdaus, pengenaan sanksi administratif biasa dilakukan oleh otoritas apabila perusahaan tengah mengalami masalah. "Kami kenakan sanksi administratif supaya dia membenahi dulu administrasinya dan internal perusahaan. Tidak jualan produk baru dulu," kata Firdaus di Jakarta, Senin (3/4/2017). Firdaus menyatakan, sanksi yang dikenakan kepada perusahaan asuransi tersebut adalah tidak diperbolehkan menerbitkan polis baru. Adapun untuk polis yang sudah diterbitkan, OJK meminta perseroan untuk tetap dikelola dengan baik. "Stop jualan dulu, tidak menerbitkan polis baru, tapi polis lama harus di-maintain. Harus tetap diurus untuk polis lanjutan," terang Firdaus.

Kompas.com - 04/04/2017

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/04/04/190000826/ojk.batasi.kegiatan.bisnis.asuransi.recapit

al.life.ada.apa.

RBC Tak Sesuai Ketentuan, OJK Bakal Tindak Tegas Recapital Life

Otoritas Jasa Keuangan  (OJK)  telah  membatasi  kegiatan  bisnis  salah  satu  usaha  Recapital  Grup,  yakni PT Asuransi Jiwa Recapital (Relife) seiring rasio risk based capital atau rasio solvabilitas (RBC) yang dibawah ketentuan minimum. Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Dumoli Pardede mengatakan, saat ini OJK masih memberikan waktu kepada Relife untuk meningkatkan permodalannya minimal 120 persen seperti dalam peraturan OJK. "Kami berikan kesempatan untuk restrukturisasi permodalannya agar mencapai 120 persen" tutur Dumoli saat dihubungi, Jakarta, Selasa (4/4/2017). Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB, Firdaus Djaelani mengatakan, OJK memberikan batas waktu tiga bulan kepada perusahaan tersebut bisa menguatkan permodalannya. "Recapital punya RBC di bawah 120 persen, itu masuk sanksi administrasi berupa tidak boleh terbitkan polis baru, tapi tetap harus membenahi polis yang telah diterbitkan," ucap Fidaus.

Tribunnews.com - 04/04/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/04/04/rbc-tak-sesuai-ketentuan-ojk-bakal-tindak-tegas-recapital-

life

Empat Asuransi Jiwa Berencana Bentuk DPLK

Empat perusahaan asuransi jiwa tengah menjajaki pembentukan Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Wakil Ketua Perkumpulan - DPLK Nur Hasan Kurniawan menjelaskan empat perusahaan asuransi jiwa tersebut tengah mempersiapkan diri. Kendati begitu, dia belum bisa mengungkapkan nama perusahaan tersebut. Dua di antara asuransi itu, ujarnya, merupakan perusahaan patungan asing atau joint venture. “Sudah ada empat asuransi yang ingin bentuk [DPLK],” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (3/4/2017). Nur Hasan menilai meningkatnya minat perusahaan asuransi jiwa untuk membentuk DPLK tidak terlepas dari besarnya potensi di salah satu sektor jasa keuangan non bank itu. Sebaliknya, dia meyakini hal itu sama sekali tidak terkait dengan adanya aliran dana repatriasi dari program pengampunan pajak atau tax amnesty. “Pertumbuhan jumlah DPLK karena memang industri ini dilihat potensial,” ungkapnya.

Bisnis.com - 04/04/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170404/215/642403/empat-asuransi-jiwa-berencana-bentuk-dplk

Mandiri Inhealth Raih Premi Rp 475 M Di Kuartal I

Bisnis PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) melaju di awal tahun ini. Realisasi premi di kuartal I-2017 diyakini mampu memenuhi ekspektasi. Direktur Mandiri Inhealth Armendra memperkirakan, pada periode Januari-Maret 2017, premi yang didapat Mandiri Inhealth diperkirakan mencapai 25% dari total target setahun.  Sebagai  catatan,  di  sepanjang  2017, Mandiri  Inhealth memasang  target perolehan premi sebesar Rp 1,9 triliun, atau tumbuh sekitar 20% dibanding realisasi tahun 2016. Dus, di kuartal I 2017, premi yang sudah diraup Mandiri Inhealth mencapai Rp 475 miliar. Menurut Armendra, salah satu pendorong bisnis di awal tahun ini adalah masuknya premi asuransi kumpulan dari segmen perusahaan pelat merah. Kebanyakan kontrak asuransi kumpulan dari perusahaan BUMN maupun anak usahanya akan habis di semester I tiap tahun. "Jadi di kuartal I dan II biasanya terbantu dari BUMN," kata dia, Senin (3/4). Sedangkan, premi klien dari perusahaan swasta belum terlalu kencang di periode awal tahun. Segmen pasar ini mulai menunjukan peningkatan saat semester II-2017.

Kontan.co.id - 04/04/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/mandiri-inhealth-raih-premi-rp-475-m-di-kuartal-i

Mandiri Inhealth Raih Premi Rp 475 Miliar di Kuartal 1

Bisnis PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) melaju di awal tahun ini. Realisasi premi di kuartal I-2017 diyakini mampu memenuhi ekspektasi. Direktur Mandiri Inhealth Armendra memperkirakan, pada periode Januari-Maret 2017, premi yang didapat Mandiri Inhealth diperkirakan mencapai 25% dari total target setahun. Sebagai catatan, di sepanjang 2017, Mandiri Inhealth memasang target perolahan premi sebesar Rp 1,9 triliun, atau tumbuh sekitar 20% dibanding realisasi tahun 2016. Dus, di kuartal I 2017, premi yang sudah diraup Mandiri Inhealth mencapai Rp 475 miliar. Menurut Armendra, salah satu pendorong bisnis di awal tahun ini adalah masuknya premi asuransi kumpulan dari segmen perusahaan pelat merah. Kebanyakan kontrak  asuransi kumpulan dari perusahaan BUMN maupun anak  usahanya akan habis di semester I tiap tahun. "Jadi di kuartal I dan II biasanya terbantu dari BUMN," kata dia, Senin (3/4).

Harian Kontan – 04/04/2016, Hal. 24

(SEREMONIA) Kerja Sama PT Capital Life Indonesia dan PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk

Untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan memperluas jaringan pemasaran produk-produk asuransi jiwa PT Capital Life Indonesia, perseroan ini menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan dikantor pusat Capital Life, Jakarta. Kerjasama co- insurance business ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam memproteksi nasabah seiring dengan semakin besarnya kebutuhan nasbah terhadap produk asuransi dikedua belah pihak.

Kompas – 05/04/2017, Hal. 10

Suara Pembaruan – 04/05/2017, Hal. 10

(Berita Photo) Perlindungan FWD Life

Tribunnews.com - 05/04/2017

(Berita Photo) FWD Life Lindungi Pemain Persib dengan Asuransi http://www.tribunnews.com/images/regional/view/1695606/fwd-life-lindungi-pemain-persib-dengan- asuransi

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.324

IHSG

5.649,42

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF