AAJI Daily News - 1 Februari 2017


Tanggal terbit (01 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Saluran Digital Kian Tebal
  2. AXA Life Tingkatkan Kontribusi Premi Digital
  3. Axa Life Luncurkan Layanan Klik Proteksi
  4. Valuasi Aset Diklaim Sudah Sesuai
  5. Ketua BPA AJB Bumiputera 1912 Mundur
  6. Ketua BPA AJB Bumiputera Mundur Karena Tak Dilibatkan Dalam Restrukturisasi Asuransi
  7. BPA Persoalkan Hitungan Aset Properti AJBB
  8. Pertanggungan Ipro-Link Hingga Rp 5 Miliar
  9. Proteksi Komunitas Internasional
  10. Proteksi dan Investasi keluarga
  11. (Berita Photo) Pemenang Kontes Video Digital
  12. (Berita Photo) Kontes Video Digital Panin Dai-ichi Life

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Saluran Digital Kian Tebal

PT AXA Life Indones ia menargetkan kontribusi saluran pemasaran digital atau digital marketing terhadap total pendapatan premi bisa mencapai 20% sepanjang tahun ini. Sales & Business Development Director Axa Life Indonesia Yanti Parapat mengatakan tren penjualan produk asuransi melalui saluran digital terus menunjukkan peningkatan. Oleh sebab itu, kontribusi premi dari pemasaran produk melalui saluran digital diharapkan bisa mencapai 20%, atau lebih tinggi jika dibandingkan kontribusi pada tahun lalu yang hanya 10%. “Karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap teknologi, serta kecanggihan dan kemudahannya juga semakin meningkat,” kata Yanti di sela-sela peluncuran Klik Proteksi, Selasa (31/1).

Bisnis Indonesia – 01/02/2017, Hal. 21

Klik proteksi, Inovasi Baru AXA Life

PT AXA Life Indonesia meluncurkan layanan digital bernama Klik Proteksi. Layanan ini memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk mengatur sendiri manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Yanti Parapat, Sales and Business Development Director AXA Life Indonesia bilang, lewat akses internet, calon nasabah bisa mendapatkan perlindungan Klik Proteksi yang ditentukan sendiri dengan cepat dan mudah di www.axadirect.co.id. Menurutnya, seiring meningkatnya arus informasi, masyarakat semakin sadar akan perlunya perlindungan asuransi yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Lalu di era digital ini, masyarakat lebih mandiri dalam mencari informasi termasuk perlindungan yang tepat. Hal ini yang coba ditangkap oleh AXA Life dengan meluncurkan Klik Proteksi.

Harian Kontan – 01/02/2017, Hal. 24

AXA Life Luncurkan Layanan Klik Proteksi

AXA Life Indonesia meluncurkan layanan digital terbarunya, Klik Proteksi. Mengingat perkembangan teknologi digital yang sangat cepat di Indonesia, AXA Life Indonesia pun yakin layanan tersebut dapat berkembang pesat di Indonesia di masa mendatang. Menurut hasil riset Google dan Temasek pada 2016, sebanyak 52 persen dari seluruh aktivitas perdagangan digital di Asia Tenggara akan didominasi oleh Indonesia pada 2025. “Melihat peluang yang besar ini, AXA Life Indonesia ingin ikut mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan potensi di sektor ekonomi digital dan berkontribusi kepada masyarakat,” ujar Direktur Keuangan AXA Life Indonesia Vincentius Wilianto dalam peluncuran Klik Proteksi, Selasa (31/1).Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia juga mencatat bahwa pengguna internet terbesar ada di rentang usia 25-29 tahun (24 juta) dan usia 35-39 tahun (24 juta).

Republika – 01/02/2017, Hal. 14

Berita Serupa :

  • Investor Daily 01/02/2017, AXA Life Tingkatkan Kontribusi Premi Digital
  • Kontan.co.id - 31/01/2017 Jualan Online, AXA Life Luncurkan Klik Proteksi

http://keuangan.kontan.co.id/news/jualan-online-axa-life-luncurkan-klik-proteksi

Valuasi Aset Diklaim Sudah Sesuai

Pengelola Statuter mengklaim valuasi aset dalam implementasi skenario penyelamatan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 sudah sesuai prosedur yang tepat dengan  nilai di atas harga pasar. Adhie Massardi, Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera), bidang SDM, Umum dan Komunikasi, menegaskan dalam proses konversi aset tersebut pihaknya memperoleh nilai valuasi senilai Rp6,5 triliun. Menurutnya, nilai tersebut telah sesuai dengan metode appraisal dan di atas harga pasar. Pernyataan dilontarkan Adhie untuk menanggapi klaim Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera yang menyatakan valuasi aset dalam skenario penyelamatan masih di bawah atau lebih rendah dari kondisi riil. “Aset-aset AJB itu kami [Pengelola Statuter/PS] konversikan sesuai dengan appraisal yang diperoleh sebesar Rp6,5 triliun,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (31/1)

Bisnis Indonesia – 01/02/2017, Hal. 21

Ketua BPA AJB Bumiputera 1912 Mundur

Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Abdul Kadir menyatakan mengundurkan diri dari posisi Ketua sekaligus keanggotaan BPA AJB Bumiputera 1912. Pengunduran dirinya tersebut bukan tanpa alasan. Dia menyatakan, sikap pengelola statuter Bumiputera dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak pernah menganggap dan melibatkan BPA dalam proses restrukturisasi menjadi alasan utamanya mengundurkan diri. “Saya tadi dalam rapat secara pribadi, menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua dan Anggota. Tapi yang lain masih, mereka masih berstatus sebagai anggota BPA,” ujarnya di Menara Merdeka, Jakarta, Selasa, 31 Januari 2017.

Investor Daily – 01/02/2017, Hal. 24

Ketua BPA AJB Bumiputera Mundur Karena Tak Dilibatkan Dalam Restrukturisasi Asuransi

Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Abdul Kadir menegaskan segera mengundurkan diri dari keanggotaan. “Saya tadi dalam rapat secara pribadi menyatakan pengunduran diri sebagai anggota,” ungkapnya seusai mengikuti pertemuan dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan, Selasa (31/1/2017). Abdul Kadir, yang merupakan anggota BPA Anggota Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera) Daerah Perwakilan X (Sulawesi), menjelaskan pengunduruan dirinya itu dimungkinkan sesuai dengan anggaran dasar, Pasal 12 a. Alasannya, ungkap dia, dirinya sebagai Ketua BPA tidak lagi dilibatkan dalam proses restrukturisasi asuransi berusia 105 tahun tersebut. Padahal, jelasnya, pihaknya berharap dilibatkan dalam proses penguatan asuransi jiwa mutual tersebut.

Bisnis.com - 31/01/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170131/215/624483/ketua-bpa-ajb-bumiputera-mundur-karena-tak- dilibatkan-dalam-restrukturisasi-asuransi

BPA Persoalkan Hitungan Aset Properti AJBB

Proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) kian pelik. Kali ini, giliran Badan Perwakilan Anggota (BPA) angkat bicara. BPA menilai perhitungan pengalihan aset properti AJBB terlalu kecil dan tidak sesuai dengan aset yang dimiliki AJBB saat ini. Ketua BPA AJBB Abdul Khadir mempertanyakan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) soal penilaian dan pengalihan aset-aset yang dimiliki AJBB. Menurutnya, perhitungan soal aset saat ini belum jelas. Pengalihan aset dari AJBB sebesar Rp 4,3 triliun dinilai terlampau kecil, padahal aset yang dimiliki lebih besar dari itu. "Di Jakarta saja ada lima properti di lokasi strategis," kata Abdul, Selasa (31/1). Belum lagi jaringan kantor wilayah, kantor cabang dan hotel yang dikelola. Hal lain yang dipertanyakan BPA adalah skema promisorry notes yang dicicil selama tiga tahun dengan nominal Rp 1,1 triliun dan bunga 6,5% per tahun.

Harian Kontan – 01/02/2017, Hal. 24

Berita Serupa :

  • The Jakarta Post 01/02/2017, Hal. 11 Bumiputera’s Respresentative Resigns
  • Wartaekonomi.co.id - 31/01/2017 Ketua BPA AJBB Mengundurkan Diri Karena Sudah Tak Dianggap

http://wartaekonomi.co.id/read129144/ketua-bpa-ajbb-mengundurkan-diri-karena-sudah-tak- dianggap.html

  • Infobanknews.com - 31/01/2017 Merasa Tak Dianggap, Ketua BPA Bumiputera Mundur

http://infobanknews.com/merasa-tak-dianggap-ketua-bpa-bumiputera-mundur/

Pertanggungan Ipro-Link Hingga Rp 5 Miliar

PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank KEB Hana ) menjalin kerja sama dalam mengembangkan jalur distribusi bancassurance dengan Tokio Marine Insurance Indonesia (TMLI) melalui peluncuran produk bancassurance, Ipro-Link.  Pro-Link  merupakan      produk  asuransi  jiwa  unitlink  yang  dirancang  khusus  untuk memaksi- malkan porsi investasi nasabah agar memberikan imbal hasil yang maksimal.

Warta Kota – 01/02/2017, Hal. 13

Proteksi Komunitas Internasional

PT Zurich Topas Life (ZTL) mencatatkan pertumbuhan premi dari jalur distribusi bancassurance sebesar 133 persen di tahun 2016 dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Bancassurance merupakan salah satu jalur distribusi utama bagi Zurich dan telah memberikan kontribusi sebesar 37 persen terhadap keseluruhan premi perusahaan pada 2016. “Pencapaian ini sangat membanggakan dan kami akan terus mengembangkan jalur distribusi melalui bancassurance pada tahun 2017 dengan menyasar segmen kelas menengah dan menengah ke atas di Indonesia,” kata Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/1). ZTL dan Bank of China melihat adanya peluang untuk melayani kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi. Zurich merupakan salah satu perusahaan dengan jaringan asuransi terbesar di dunia. Saat ini Zurich beroperasi di 170 negara di seluruh dunia.

Warta Kota – 01/02/2017, Hal. 13

Proteksi dan Investasi keluarga

PT Commonwealth Life menggandeng sister company, PT Bank Commonwealth dalam pemasaran produk atau bancassurance.       Kerja    sama    dilaukan     untuk     penjualan     COMM    Family     Protection, yang merupakan bundling produk unitlink Maxiwealth Link dengan dua rider, COMM Classy Care dan COMM Extra Care.  Elvis  Liongosari,  Presiden  Direktur Commonwealth  Life bilang,  terdapat  banyak  peluang  untuk mendukung keluarga Indonesia menjadi makin sejahtera. Diantaranya kalangan kelas menengah yang besar dan berada di usia produktif. "Namun alokasi finansial mereka ke produk keuangan masih rendah," katanya, Rabu  (25/1).  Ia  mencontohkan,  masih  banyak  keluarga  yang  mempersiapkan  dana  pendidikan  melalui instrumen tabungan atau deposito yang saat ini bunganya di bawah 10%. Padahal, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan biaya pendidikan setiap tahun naik setidaknya 10%.

Warta Ekonomi - 01/02/2017, Hal. 13

(Berita Photo) Pemenang Kontes Video Digital

Suara Pembaruan – 31/01/2017, Hal. 11

(Berita Photo) Kontes Video Digital Panin Dai-ichi Life

Investor Daily – 01/02/2017, Hal. 24

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.347

IHSG

5.324, 24

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com,

DOWNLOAD PDF