AAJI Daily News - 10 April 2017


Tanggal terbit (10 / 04 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Hasil Investasi Tak Menggembirakan
  2. Februari 2017, Hasil Investasi Asuransi Jiwa Turun 37,14%
  3. Imbal Hasil Unitlink Saham Kian Bertenaga
  4. Terobosan Allianz Untuk Kenyamanan Nasabah
  5. Rider, Memaksimalkan Proteksi Nasabah
  6. AXA Financial Indonesia Ajak Kaum Hawa Ibukota Untuk Peduli Kesehatan
  7. Zurich Topas Gandeng Perusahaan Fintech
  8. Unitlink Cigna ini paling unggul di kuartal I 2017
  9. Peminjam di "Fintech" Investree Dilindungi Asuransi Zurich Topas Life

MENGENAI AAJI

Hasil Investasi Tak Menggembirakan

Hasil investasi industri asuransi jiwa pada Februari 2017 masih mencatatkan penurunan kendati pendapatan premi dan laba naik signifikan. Data Otoritas Jasa Keuangan tentang Statistik Asuransi per Februari 2017 menunjukkan akumulasi hasil investasi asuransi jiwa menurun 37,14% (year on year/yoy). Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai pelaku asuransi jiwa tetap optimistis hasil investasi terus membaik dan memberikan imbal hasil maksimal pada akhir tahun. Menurutnya, instrumen investasi, seperti reksa dana, saham, dan surat berharga negara (SBN) masih menjadi andalan pelaku sektor dengan karakteristik kewajiban jangka panjang ini. Apalagi, ujarnya, saat ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tengah menunjukkan tren positif. “Return reksa dana, saham, dan SBN akan tetap tinggi. IHSG tembus 5.600, dan diproyeksikan bisa tembus 6.000 hingga akhir tahun,”

Bisnis indonesia – 10/04/2017, hal. 22

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif , AAJI

Februari 2017, Hasil Investasi Asuransi Jiwa Turun 37,14%

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai pelaku asuransi jiwa tetap optimistis hasil investasi terus membaik dan memberikan imbal hasil maksimal pada akhir tahun. Menurutnya, instrumen investasi, seperti reksa dana, saham dan surat berharga negara (SBN) masih akan menjadi andalan pelaku sektor dengan kharakteristik kewajiban jangka panjang ini. Apalagi, sebutnya, saat ini indeks harga saham gabungan (IHSG) tengah menunjukkan tren positif. "Return reksa dana, saham, dan SBN akan tetap tinggi. IHSG tembus 5.600, dan diproyeksikan bisa tembus 6.000 hingga akhir tahun," ungkapnya kepada Bisnis, Minggu (9/4/2017).

Bisnis.com - 10/04/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170410/215/643985/februari-2017-hasil-investasi-asuransi-jiwa-turun- 3714

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif , AAJI

Imbal Hasil Unitlink Saham Kian Bertenaga

Kinerja unitlink berbasis   saham   kembali   bertenaga.   Hingga   Maret   2017,   imbal   hasil unitlink saham mengungguli unitlink campuran dan pendapatan tetap. Rata-rata imbal hasil produk unitlink saham mencapai 3,36% sejak awal tahun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan unitlink campuran dan pendapatan tetap yang masing-masing   2,80%   dan   2,81%.   Sebelumnya yield unitlink   saham   berada   di   belakang unitlink yang berbasis fixed income. Menurut Praska, bergairahnya unitlink saham tak lepas dari moncernya kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Termasuk dorongan dari masuknya dana asing di pasar saham. Catatan dia, sepanjang Maret lalu terjadi net buy sekitar Rp 10 triliun. Kondisi ini mendorong IHSG naik 3,37% secara month to month.

Harian Kontan – 10/04/2017, Hal. 24

Narasumber:

  • Hendrisman Rahim, Ketua Umum AAJI

Berita Serupa :

-            Kontan.co.id - 10/04/2017 Imbal Hasil Unitlink Saham Kian Bertenaga

http://keuangan.kontan.co.id/news/imbal-hasil-unitlink-saham-kian-bertenaga

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Terobosan Allianz Untuk Kenyamanan Nasabah

Allianz Health And Corporate Solutions (AHCS) adalah sebuah divisi yang merupakan bagian dari Allianz Life Indonesia yang ditangani oleh tim dengan keahlian khusus dalam menyediakan produk dan layanan asuransi kesehatan dan program kesejahteraan karyawan (employee benefit). Sebagai perusahaan asuransi jiwa yang memiliki pengalaman lebih dari 18 tahun di Indonesia, Allianz Life Indonesia saat ini berada di posisi terdepan dalam pasar asuransi kesehatan dan program kesejahteraan karyawan. Dengan bisnis yang lebih fokus, nasabah akan mendapatkan keberuntungan dari standar pelayanan yang lebih dioptimalkan dan diperluas.

Majalah Infobank – Edisi April 2017, Hal. 10-11

Rider, Memaksimalkan Proteksi Nasabah

Di era kemajuan zaman ini, masyarakat telah banyak terbantukan dalam memaksimalkan produk keuangan yang mereka miliki, misalnya produk bancassurance. Dahulu produk perbankan tidak bisa digabung dengan produk asuransi. Namun, sejak beberapa tahun lalu, produk perbankan dapat digabung dengan produk asuransi dengan nama bancassurance. penggabungan produk ini tentu saja untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan kepraktisan dalam mengelola produk keuangan.

Majalah Infobank – Edisi April 2017, Hal. 70-71

AXA Financial Indonesia Ajak Kaum Hawa Ibukota Untuk Peduli Kesehatan

Perempuan – perempuan di Indonesia apalagi di kota besar seperti Jakarta, saat ini sudah semakin aktif karena mereka memiliki peran yang   banyak   di masyarakat. Saat ini kaum hawa ibukota tidak hanya   berperan sebagai  seorang istri  dan  ibu  bagi  anak-anak  merekantetapi  juga  individu  yang  memiliki  karir, berkon- tribusi di masyarakat melalui berbagai program sosial atau pendidikan, dan berbagai profesi lainnya. Tingginya  aktivitas  para  perempuan  modern  ini,  ditambah  dengan  adanya  perubahan  gaya  hidup  di masyarakat, telah meningkatkan pula kebutuhan mereka atas perencanaan keuangan agar cita-cita atau mimpi yang mereka inginkan dapat di raih.

Indopos – 10/04/2017, Hal. 5

Zurich Topas Gandeng Perusahaan Fintech

Zurich Topas Life (ZTL) menggandeng salah satu perusahaan teknologi keuangan (fintech)  terkemuka di Indonesia, Investree, meluncurkan Digital Credit Protection, program asuransi  jiwa  kredit  yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan keamanan pengusaha kecil dan profesional pada hari ini Kamis, (6/4). Kolaborasi ini memungkinkan para debitur Investree, dalam hal ini Borrower, untuk mendapatkan proteksi dari risiko tidak terduga sekaligus memberikan keamanan bagi investasi kreditur selama periode angsuran pinjaman mereka. Perkembangan bisnis peer to peer lending (P2P) telah membawa alternatif baru bagi bisnis dan individu untuk mengakses pendanaan mereka. Indonesia Fintech  Association  (IFA) melihat  pada akhir 2016 terdapat 150 perusahaan teknologi keuangan di Indonesia dengan 17% dari mereka yang berfokus pada bisnis pinjaman.

Rakyat Merdeka – 08/04/2017, Hal. 18 

Unitlink Cigna ini paling unggul di kuatal I 2017

Produk unitlink terus mencatatkan kinerja positif hingga bulan Maret 2017. Infovesta Utama mencatat sejumlah produk racikan pemain asuransi jiwa berhasil menorehkan imbal hasil paling besar di masing-masing segmen. Untuk unitlink saham hingga akhir Maret, imbal tertinggi didominasi oleh produk racikan PT Prudential Life  Assurance. Produk PRUlink Rupiah Value  Discovery  Equity Fund menjadi pemberi imbal terbesar dengan 8,92%. Di belakangnya, Prudential kembali nangkring dengan produk unitlink berdenominasi dolar, PRUlink US Dollar Indonesia Greater China Equity Fund yang memberi imbal sebesar 8,77%. Lalu diikuti Manulife Dana Ekuitas Asia Pasific - USD dari PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dengan imbal sebesar 8,2%.

Kontan.co.id - 09/04/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/unitlink-cigna-ini-paling-unggul-di-kuatal-i-2017

Peminjam di "Fintech" Investree Dilindungi Asuransi Zurich Topas Life

Zurich Topas Life bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknologi keuangan atau financial technology (fintech) terkemuka di Indonesia, Investree, meluncurkan Digital Credit Protection, pada Kamis (6/4/2017). Program asuransi jiwa kredit ini memungkinkan para debitur Investree (peminjam) untuk mendapatkan proteksi dari risiko tidak terduga. Di sisi lain, program ini juga memberikan keamanan bagi investasi kreditur selama periode angsuran pinjaman mereka. Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber mengatakan, Digital Credit Protection dirancang khusus untuk pengusaha mikro dan profesional dalam menjaga masa depan finansial serta membantu mereka fokus pada pertumbuhan bisnis. "Kami sangat bangga atas kerja sama ini karena ini juga merupakan kolaborasi pertama di Indonesia yang dilakukan antara penyedia asuransi jiwa dan  perusahaan  fintech  peer-to-peer  lending,”  ujar  Huber  melalui  keterangan  resminya,  ditulis  Jumat (7/4/2017).

Kompas.com - 07/04/2017

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/04/07/133511026/peminjam.di.fintech.investree.dilindungi.

asuransi.zurich.topas.life

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.313

IHSG

5.653,49

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi,Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF