AAJI Daily News - 13 April 2017


Tanggal terbit (17 / 04 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Hasil Investasi Asuransi Jiwa Menurun
  2. MNC Life Beri Perlindungan Pengemudi Deliveree
  3. Panin Dai-ichi Life Luncurkan Optima Crisis Cover Plus
  4. Allianz Life Siapkan Layanan Bayar Premi di Indomaret
  5. Produk Unitlink WanaArtha Life Raih Award
  6. AXA Mandiri Bayar Klaim Rp 916 Juta di Sorong
  7. Taspen Life Raih Premi Rp 388,96 Miliar di Tahun 2016
  8. WanaArtha Life Bagikan Asuransi Gratis di Solo

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Hasil Investasi Asuransi Jiwa Menurun

Periode awal tahun 2017 sepertinya masih cukup berat bagi investasi asuransi jiwa. Hasil investasi yang dikantongi perusahaan asuransi jiwa menurun dari yang didapat pada awal tahun 2016 lalu. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mencatat, hingga bulan Februari 2017, industri asuransi jiwa mengantongi hasil investasi sebesar Rp 2,59 triliun. Padahal pada periode yang sama di 2016, hasil investasi yang didapat pelaku industri di sektor ini bisa mencapai Rp 4,13 triliun. Artinya ada penurunan sebesar 37,2% secara year on year. Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) Maryoso Sumaryono menilai kondisi pasar modal di awal-awal 2017 ini belum terlalu baik, terutama di pasar saham yang beberapa kali sempat lesu di awal tahun.

Harian Kontan – 13/03/2017, Hal. 24

MNC Life Beri Perlindungan Pengemudi Deliveree

Deliveree Indonesia resmi bekerja sama dengan PT. MNC Life Assurance (MNC Life) untuk menyediakan asuransi kecelakaan untuk lebih dari 2.500 pengemudi Deliveree di Jabodetabek. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Gedung MNC Financial Center, Kebon Sirih, Jakarta (12/04/2017), dengan dihadiri oleh Country Director Deliveree Indonesia Nattapak Atichartakarn dan Direktur MNC Life Herman Tioe. Kerja sama diadakan bertepatan dengan peluncuran layanan pengiriman ke seluruh Pulau Jawa oleh Deliveree pada bulan April ini. Dengan tingkat kecelakaan kendaraan yang semakin meningkat, maka asuransi “Hario Siaga” dari MNC Life merupakan pilihan tepat untuk perlindungan asuransi kepada seluruh mitra pengemudi, mulai dari armada sepeda motor, city car, MPV, van, pick up dan box. “Kami menyambut baik kerja sama ini dan berterimakasih kepada MNC Life atas komitmennya untuk memberikan proteksi bagi masyarakat indonesia, yang masih banyak menjadikan asuransi sebagai prioritas kedua," ujar Country Director Deliveree Indonesia, Nattapak Atichartakarn.

Koran Sindo – 13/04/2017, Hal. 19

Panin Dai-ichi Life Luncurkan Optima Crisis Cover Plus

Panin Dai-ichi Life meluncurkan Optima Crisis Cover Plus, guna memberikan solusi proteksi terhadap penyakit kritis untuk masyarakat Indonesia. Peluncuran produk tersebut diadakan di kantor  pusat  Panin  Dai-ichi Life, Jakarta pada 2 Maret 2017, dihadiri oleh selaku Wakil Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life Simon Imanto, Wakil Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life Masayuki Tanaka, dan Direktur Panin Dai-ichi Life Kenichi Fukuda. Simon Imanto mengatakan bahwa keunggulan utama dari produk ini adalah perlindungan dari tahap awal (early stage) terhadap 150 kondisi penyakit kritis dengan rentang usia masuk mulai satu bulan hingga 70 tahun. Adapun total manfaat yang dapat diperoleh nasabah untuk produk ini mencapai hingga 180 persen dari Uang Pertanggungan, beserta manfaat tambahan lain. “Sesuai kebutuhan masyarakat yang unik dan beragam, kami  terus  berinovasi  untuk  menghadirkan  solusi  proteksi  sesuai  kebutuhan  di   setiap tahap kehidupan.

Media Asuransi – Edisi April 2017, Hal. 53

Allianz Life Siapkan Layanan Bayar Premi di Indomaret

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) bekerjasama dengan Indomaret, Standard Chartered Bank, dan Artajasa dalam layanan  pembayaran  premi  asuransi  jiwa  individu  Allianz  Life  melalui  kasir  Indomaret di seluruh Indonesia. Layanan pembayaran premi melalui 14.150 gerai Indomaret di bawah PT Indomarco Prismatama ini merupakan salah satu program Allianz dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah asuransi jiwa individu. Melalui layanan ini, nasabah dapat memastikan status polisnya. Direktur Allianz Life Indonesia Meylindawati mengungkapkan bahwa pembayaran premi melalui gerai Indomaret hadir untuk melengkapi berbagai metode pembayaran yang sudah ada sebelumnya. “Pemegang polis asuransi jiwa perlu memastikan agar polisnya selalu aktif dengan melakukan pembayaran premi sebelum jatuh tempo. Penting bagi kami dalam menyediakan berbagai cara pembayaran premi yang nyaman, aman, serta memudahkan. Nasabah dapat memilih metoda yang paling sesuai,” ungkapnya saat acara peluncuran layanan ini di Jakarta, 2 Maret 2017.

Media Asuransi – Edisi April 2017, Hal. 53

Produk Unitlink WanaArtha Life Raih Award

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) meraih empat penghargaan dalam acara Infobank Unit Link Award 2017 yang diselenggarakan di Jakarta, 28 Februari 2017. WanaArtha Life meraih penghargaan WAL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Unit Link Jenis Saham tahun 2012-2016, WAL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Saham tahun 2016, WAL Equity Fund Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Saham tahun 2014-2016, dan WAL Balanced Kelas Bintang Lima untuk Kategori Kinerja Unit Link Jenis Campuran tahun 2014-2016. Dalam rilis WanaArtha Life yang diterima redaksi, 10 Maret 2017 disebutkan bahwa terdapat dia indikator yang digunakan dalam metode pemeringkatan unitlink berdasarkan kinerja investasi. Pertama, total return menunjukkan pencapaian hasil pengelolaan atas portofolio investasi unitlink yang mampu diberikan oleh suatu perusahaan asuransi selama periode tertentu yang terlihat dari perubahan harga produk unitlink sejak periode awal hingga akhir pengamatan.

Media Asuransi – Edisi April 2017, Hal. 54

AXA Mandiri Bayar Klaim Rp 916 Juta di Sorong

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) membayarkan klaim senilai lebih dari Rp916 juta kepada ahli waris nasabah Allies Yembise. Penyerahan klaim secara simbolis dilakukan oleh Director of Marketing and Operations AXA Mandiri Kartono kepada Amelia Soindemi, ahli waris nasabah, di Sorong, Papua, 23 Februari 2017. “Sesuai nilai customer centricity, nasabah merupakan fokus utama AXA Mandiri. Komitmen kami adalah memberikan pelayanan terbaik, sehingga asuransi dapat menjadi bagian dan solusi dari kebutuhan masyarakat di Indonesia,” ujar Kartono seusai penyerahan klaim asuransi. Klaim asuransi yang diserahkan adalah atas nama almarhum Allies Yembise yang tercatat sebagai nasabah AXA Mandiri melalui produk Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan, efektif sejak Februari 2014. Produk ini merupakan produk asuransi jiwa yang dilengkapi manfaat investasi sebagai perencanaan financial jangka panjang (unitlink) untuk kebutuhan masa depan saat mengalami risiko ketidakpastian hidup.

Media Asuransi – Edisi April 2017, Hal. 55

Taspen Life Raih Premi Rp 388,96 Miliar di Tahun 2016

PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life mencatat kinerja positif sepanjang tahun 2016 dengan pendapatan premi mencapai Rp388,96 miliar atau tumbuh 207,51 persen dibandingkan pendapatan premi tahun 2015 sebesar Rp126,49. Pada tahun 2017, Taspen Life berencana akan memperbesar asuransi ritel untuk menjaga kesinambungan bisnis perusahaan. Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono   mengatakan bahwa pendapatan  premi  yang  tumbuh  pesat  tahun lalu  ditopang oleh asuransi  kumpulan  melalui   pemasaran di lingkungan pemerintah daerah, BUMN,      dan perusahaan swasta.  Ke depan, perseroan berencana menambah porsi asuransi ritel melalui peluncuran produk baru. “Tahun ini kami akan  membuat  produk-produk  individu,  tapi  masih  perlahan  supaya  kami  bisa sustain lewat  produk individual. Target kita tahun ini tidak terlalu besar sekitar Rp10 miliar saja,” kata Maryoso seusai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Taspen Life di Jakarta, 17 Maret 2017. Pada September tahun lalu, Taspen Life meluncurkan dua produk asuransi ritel baru yaitu Taspen Dwiguna Sejahtera dan Taspen Pro Beasiswa.

Media Asuransi – Edisi April 2017, Hal. 56

WanaArtha Life Bagikan Asuransi Gratis di Solo

Wanaartha Life memberikan literasi keuangan sekaligus asuransi gratis dengan uang pertanggungan sebesar lebih dari Rp3 miliar kepada 363 orang petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Pemda Solo, 7 April 2017. Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam memperkenalkan pentingnya asuransi kepada masyarakat umum. Acara ditandai dengan penyerahan asuransi gratis WarnaArtha Life secara simbolis, yang dilakukan Direktur WarnaArtha Life Daniel Halim kepada petugas Dinas Lingkungan Hidup oleh kepada perwakilan pasukan orange. Selanjutnya penyerahan plakat sebagai bentuk apresiasi kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup Hasta  Gunawan. Daniel Halim dalam  keterangan resminya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab social WanaArtha Life dalam memberikan edukasi mengenai pentingnya perlindungan jiwa serta perencanaa keuangan.

Mediaasuransinews.co.id - 12/04/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/04/12/wanaartha-life-bagikan-asuransi-gratis-di-solo/

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.256

IHSG

5.564,71

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF