AAJI Daily News - 13 Februari 2017


Tanggal terbit (13 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001

  1. Mandiri Inhealth Bidik Premi Naik 20%
  2. Mandiri Inhealth Buka Gerai Di RS Awal Bros Bekasi
  3. Butuh Waktu Tak Pendek
  4. Maret 2016, Modal Asuransi Jiwa Bumiputera Rp 2,1 Triliun
  5. AJB Bangkit
  6. PT AJB Resmi Diluncurkan
  7. Mangkunegara IX Jadi Pelindung Bumiputera Generasi Baru
  8. Pengelola Statuter AJBB Luncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera
  9. Allianz Indonesia Catat Dana Kelola Naik 17 Persen

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Mandiri Inhealth Bidik Premi Naik 20%

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Mandiri Inhealth siapkan sejumlah jurus untuk mendongkrak kinerja di tahun ayam api. Perusahaan yang mengandalkan lini asuransi kesehatan ini mematok target pertumbuhan premi lebih tinggi ketimbang realisasi tahun 2016. Direktur Mandiri Inhealth Armendra menyebut, sepanjang tahun kemarin, pihaknya berhasil mencatatkan perolehan premi sebesar Rp 1,62 triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi sekitar 14,2% dari realisasi tahun 2015 yang mencapai Rp 1,43 triliun. Nah, untuk tahun 2017, perseroan ini menargetkan bisa menggondol premi sebesar Rp 1,92 triliun. "Mudah-mudahan tahun ini bisa mencapai pertumbuhan 20%," kata Armendra, Jumat (10/2).

Harian Kontan – 11/02/2017, Hal. 13

Mandiri Inhealth Buka Gerai Di RS Awal Bros Bekasi

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Mandiri Inhealth siapkan sejumlah jurus untuk mendongkrak kinerja di tahun ayam api. Perusahaan yang mengandalkan lini asuransi kesehatan ini mematok target pertumbuhan premi yang lebih tinggi ketimbang realisasi tahun 2016 lalu. Direktur Mandiri Inhealth Armendra mengatakan langkah ini untuk meningkatkan layanan kepada para nasabah. Pelayanan yang bisa didapatkan di rumah sakit itu mulai dari urusan administrasi sampai informasi soal manfaat bagi para nasabah. Sinergi Mandiri Inhealth dan RS Awal Bros Group sudah berjalan lebih dari delapan tahun. Khususnya di area Bekasi, sekitar 75% peserta Mandiri Inhealth wilayah Bekasi berobat ke RS Awal Bros Bekasi. Selain itu, bridging sistem layanan kesehatan sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Mandiri Inhealth dan RS Awal Bros Bekasi.

Kontan.co.id - 10/02/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/mandiri-inhealth-buka-gerai-di-rs-awal-bros-bekasi

Berita Serupa :

-    Kontan.co.id - 10/02/2017 Inhealth Incar Premi Hampir Rp 2 T, Apa Caranya?

http://keuangan.kontan.co.id/news/inhealth-incar-premi-hampir-rp-2-t-apa-caranya

Butuh Waktu Tak Pendek

Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 bakal menemui jalan panjang untuk mencapai tingkat solvabilitas. Perusahaan  itu  butuh  waktu  10  tahun—15  tahun  untuk  bisa  memenuhi  tingkat  kesehatan keuangan pascarestrukturisasi    yang    dimulai   akhir 2016. Solvabilitas dipahami sebagai kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban keuangannya baik secara  jangka pendek maupun jangka panjang. Anggota Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) Yusman menjelaskan proses restrukturisasi satu- satunya asuransi yang berbentuk usaha bersama atau mutual di Indonesia itu dilakukan lantaran kondisi keuangannya  tidak  sehat.  Berdasarkan  regulasi  perasuransian,  rasio  perbandingan  antara  aset  dengan kewajiban atau risk based capital (RBC) asuransi konvensional ditetapkan paling kurang 120%. Dengan skema restrukturisasi yang dijalankan PS, jelasnya, pihaknya memperkirakan paling cepat dalam 10 tahun ke depan nilai aset dan kewajiban perusahaan akan seimbang.

Bisnis Indonesia – 13/02/2017, Hal. 3

Maret 2016, Modal Asuransi Jiwa Bumiputera Rp 2,1 Triliun

PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) memulai bisnis awalnya pada 12 Februari 2017 dengan modal Rp 100 miliar. Modal tersebut akan bertambah Rp 2 triliun setelah mendapat kucuran dari Konsorsium Erick Thoir pada Maret mendatang. Koordinator pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Didi Achdijat menjelaskan, proses pendirian AJB pada awalnya masih berada di bawah pengurusan pengelola statuter. Namun setelah itu di alihkan kepada PT Bumiputera Investama Indonesia (BII) yang menjadi induk usaha AJB.

Investor Daily – 13/02/2017, Hal. 23

AJB Bangkit

Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) sukses mengorbit dari jebakan kebangkrutan. Itu setelah perusahaan melakukan restrukturisasi tunggakan polis asuransi senilai Rp 30 triliun. Selanjutnya, perusahaan meluncurkan anak usaha baru bertitel PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB). PT AJB didisain Pengelola Statuter (PS) AJBB untuk menjadi jangkar penjualan produk-produk baru asuransi. PT AJB telah mempunyai jaringan pada 25 wilayah dan 365 cabang telah terbangun selama 105 tahun. Selain itu, nama Bumiputera juga telah dikenal masyarakat Indonesia. ”Didukung direksi berpengalaman industri asuransi, PT AJB menjadi perusahaan asuransi nasional dengan kekuatan baru,” tutur Koordinator PS  AJBB Didi Achdijat melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (12/2).

Indo Pos – 13/02/2017, Hal. 5

PT AJB Resmi Diluncurkan

Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) meluncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB). AJB ini dibentuk sebagai pengganti dan penerus perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia dalam hal  penjualan  produk-produk  baru  asuransi.   Otoritas  Jasa  Keuangan (OJK)  sebelumnya  memang  telah menunjuk pengelola statuter untuk perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia tersebut, guna mempercepat proses penguatan. Koordinator Pengelola Statuter AJBB Didi Achdijat meyakini, AJB bakal memberi warna bisnis asuransi di Tanah Air. Meskipun baru, kata dia, AJB bakal merajai dunia bisnis asuransi di Indonesia. Karena, memiliki jaringan yang luas dari nama AJBB yang telah dibangun selama 105 tahun.

Republika – 13/02/2017, Hal. 13

Berita serupa:

  • Kompas.com - 12/02/2017  Resmi Diluncurkan, AJB Jadi Penerus Bisnis Asuransi Bumiputera

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/02/12/210000726/resmi.diluncurkan.ajb.jadi.peneru

s.bisnis.asuransi.bumiputera

http://wartaekonomi.co.id/read130499/pengelola-statuter-ajbb-luncurkan-pt-asuransi-jiwa- bumiputera.html

  • Detik.com - 12/02/2017 Pangeran Solo Jadi Komisaris Bumiputera

https://finance.detik.com/moneter/d-3420534/pangeran-solo-jadi-komisaris-bumiputera

  • Detik.com - 12/02/2017AJB Bumiputera Tak Lagi Cari Nasabah ,Ini Penggantinya

https://finance.detik.com/moneter/d-3420530/ajb-bumiputera-tak-lagi-cari-nasabah-ini-

penggantinya

  • Detik.com - 12/02/2017 Dana Penyelamatan AJB Bumiputera Masuk Maret 2017

https://finance.detik.com/moneter/d-3420514/dana-penyelamatan-ajb-bumiputera-masuk-maret-

2017

Mangkunegara IX Jadi Pelindung Bumiputera Generasi Baru

Restrukturisasi AJB Bumiputera 1912 oleh Pengelola Statuter yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menghasilkan beberapa korporasi baru. Korporasi baru itu diyakini akan berhasil memperkuat posisi perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia itu, sehingga memberikan jaminan yang lebih pasti dalam menunaikan kewajibannya terhadap 6,5 juta pemegang polis. Dalam naungan Bumiputera kini hadir PT Bumiputera Properti Indonesia (BPI) yang mengelola aset-aset properti, PT Bumiputera Investama Indonesia (BII) yang mengelola aset-aset finansial induk dari PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB), serta PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera (PT AJSB) hasil dari spin off Unit Usaha Syariah Bumiputera.

Beritasatu.com - 11/02/2017

http://www.beritasatu.com/asuransi/413911-mangkunegara-ix-jadi-pelindung-bumiputera-generasi-

baru.html

Pengelola Statuter AJBB Luncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera

Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) resmi meluncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT.AJB), guna menggantikan dan meneruskan bisnis AJBB dalam menjual produk-produk baru asuransi. Koordinator PS AJBB Didi Achdijat yakin PT. AJB bakal mewarnai bisnis asuransi di tanah air. Pasalnya meskipun baru, PT.AJB merupakan "bayi raksasa" karena membawa nama besar Bumiputera dengan 365 kantor cabang di 25 wilayah Indonesia. Adapun PT. AJB dipimpin oleh Wiroyo Karsono selaku Direktur Utama, Rully Safari selaku Direktur SDM dan Umum, serta Lina Bong Selaku Direktur Operasi dan Marketing. "Dengan jajaran direksi yang berpengalaman di industri asuransi (modern), PT. AJB akan menjadi perusahaan asuransi nasional yang sudah melegenda tapi dengan semangat baru dan kekuatan baru," kata Didi di Jakarta, Minggu (12/2/2017).

Wartaekonomi.co.id - 13/02/2017

http://wartaekonomi.co.id/read130499/pengelola-statuter-ajbb-luncurkan-pt-asuransi-jiwa-

bumiputera.html

Allianz Indonesia Catat Dana Kelola Naik 17 Persen

Sepanjang 2016, Allianz Indonesia mencatat dana kelolaan yang mengangkat jadi lebih dari Rp 30,8 triliun atau naik sebesar 17 persen. Allianz Indonesia mengklaim mampu mencatatkan hasil yang positif atas pengelolaan dana investasi (fund) polis unit link para nasabah. Salah satunya akibat adanya kebijakan program tax amnesty. Pertama kalinya kebijakan ini diterapkan, mampu memberikan sentimen positif bagi pasar modal indonesia.

Rakyat Merdeka – 13/02/2017, Hal. 18

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.321

IHSG

5.412,19

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF