AAJI Daily News - 13 Juni 2017


Tanggal terbit (13 / 06 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001

  1. Ekspansi Bisnis: Pacu Premi, Jiwasraya Siapkan Produk Baru
  2. Kerek Premi, Asuransi Rilis Produk Baru
  3. MNC Life Kantongi Premi Rp 100 Miliar di Kuartal I
  4. Penetrasi Asuransi Syariah: Langkah Strategi Terus Didorong
  5. OJK Segera Terbitkan Aturan Holding Company

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Ekspansi Bisnis: Pacu Premi, Jiwasraya Siapkan Produk Baru

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan meluncurkan empat produk baru untuk memacu pendapatan premi yang ditargetkan mencapai Rp 20 triliun hingga akhir 2017. Direktur Keuangan & Investasi Hary Prasetyo mengatakan pada akhir semester I/2017 atau selambat-lambatnya pada awal semester II/2017, perusahaan berencana meluncurkan empat produk baru yang terdiri dari asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa berbalut investasi (unit linked). “Keempat produk baru yang akan diluncurkan itu nantinya akan dipasarkan melalui saluran bancassurance,” kata Hary. Dia menuturkan, peluncuran produk baru itu dilakukan sebagai salah satu strategi untuk menggenjot pendapatan premi perusahaan.

Bisnis Indonesia13/06/2017, Hal. 21

Kerek Premi, Asuransi Rilis Produk Baru

Perusahaan asuransi jiwa kian gencar menerbitkan produk anyar dalam waktu dekat ini. Langkah tersebut dilakukan untuk mendongkrak pendapatan premi perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan asuransi ingin memberi pelayanan lebih komprehensif kepada para nasabah. Strategi itu pula yang ditempuh PT AXA Mandiri Financial Services. Perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group tersebut menargetkan pertumbuhan premi dua digit di tahun ini. Henky Oktavianus, Director of Alternative Channel AXA Mandiri mengatakan, tahun lalu pihaknya meraih premi sebesar Rp 8,4 triliun. Ia yakin, target tahun ini bakal tercapai Optimisme tersebut terdongkrak oleh produk baru yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Kontan13/06/2017, Hal. 24

MNC Life Kantongi Premi Rp 100 Miliar di Kuartal I

PT MNC Life Assurance mengklaim punya kinerja menggembiarakan di awal tahun ini. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, MNC Life mengumpulkan premi lebih dari Rp 100 miliar. Chief of Distribution Officer MNC Life Aldi Rinaldi menyebut, perolehan premi hingga kuartal I tahun ini tumbuh 23% secara year on year. Pencapaian tersebut melebihi ekspektasi perusahaan ini. “Realisasinya mencapai 117% dari budget kuartal I,” kata dia. Dengan begitu, MNC Life sudah memenuhi lebih dari seperempat target premi tahunan. Sepanjang 2017, Aldi mengatakan, pihaknya menargetkan premi Rp 400 miliar.  

Kontan13/06/2017, Hal. 24

Penetrasi Asuransi Syariah: Langkah Strategi Terus Didorong

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia atau ASSI mendorong industri asuransi syariah untuk mengembangkan langkah strategi untuk memperluas penetrasi pasar syariah. Ketua Umum AASI Taufik Marjuniadi mengatakan ada berbagai sentimen positif yang dapat merangsang pertumbuhan jumlah tenaga marketing terutama agen. Sepanjang 2017, dia memproyeksikan pendapatan premi atau kontribusi industri asuransi syariah dapat tumbuh 15%-20%. “Guna menggenjot asuransi syariah, perlu peningkatakan jumlah (tenaga) marketing, terutama agency, untuk ritelnya,”katanya.

Bisnis Indonesia13/06/2017, Hal. 21

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

OJK Segera Terbitkan Aturan Holding Company

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menerbitkan aturan mengenai Perusahaan Induk Konglomerasi Keuangan (PIKK) tahun ini. Dengan demikian, perusahaan konglomerasi Keuangan diwajibkan memiliki perusahaan induk (holding company). Deputi Komisioner Pengawasan Terintegrasi OJK Agus Edy Siregar menjelaskan, dengan adanya peraturan tersebut, peraturan mengenai entitas utama yang semula menjadi pijakan pengawasan terintegrasi tidak lagi digunakan. “Jadi, entitas utama nantinya mengalihkan perannya ke induk konglomerasi Keuangan,” kata dia.

Investor Daily - 16/06/2017, Hal. 24

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.333

IHSG (per 12 Juni 2017)

5.691,44

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%


Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan

DOWNLOAD PDF