AAJI Daily News - 13 Maret 2017


Tanggal terbit (13 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Industri Asuransi Jiwa Catatkan Pertumbuhan 57,4 Persen
  2. Satu Pondasi Untuk Koperasi Asuransi
  3. (Berita Photo) Penetrasi Asuransi Jiwa
  4. BRI Life Lakukan Change For Breakthrough
  5. BNI Life Kerja Sama dengan KPK Sosialisasikan Pengendalian Gratifikasi
  6. Sinarmas MSIG Life Optimistis Premi 2017 Lebih Tinggi
  7. Indonesia Re Suntik Modal Anak Usaha dan Ekspansi
  8. Avrist Assurance Proteksi DeeDee Bridgewater di Java Jazz
  9. Tak Sekedar Kerja
  10. Panen Respons Positif
  11. Ini Pentingnya Asuransi Buat Para Traveler
  12. (Berita Photo) Penyerahan Polis
  13. (Berita Photo) Talkshow BNI Life
  14. (Berita Photo) Target Pertumbuhan Premi

MENGENAI AAJI

Industri Asuransi Jiwa Catatkan Pertumbuhan 57,4 Persen

Asuransi jiwa mengalami peningkatan diatas 50 persen, dibanding dengan periode yang sama tahun 2015. Dengan hasil perolehan ini, dapat digaris bawahi, industri asuransi jiwa nasional terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, didasari antara lain oleh tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa yang meningkat. Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Hendrisman Rahim mengatakan, total pendapatan industri asuransi jiwa diakhir tahun 2016 mencatatkan pertumbuhan sangat baik sebesar 57,4 persen menjadi Rp208,92 triliun jika dibandingkan periode yang sama 2015. “Pertumbuhan total premi bisnis baru dan total premi lanjutan membuat total pendapatan premi di tahun 2016 naik 29,8 persen menjadi Rp167,04 triliun dibanding periode yang sama 2015 sebesar Rp128,66 triliun,” kata Hendrisman saat Paparan Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal IV 2016 di Rumah AAJI, Jakarta (16/2). Selain itu, lanjut Hendrisman, naiknya total pendapatan premi didukung oleh pendapatan premi dari saluran distribusi bancassurance yang meningkat 74,1 persen serta berkontribusi sebesar 43,3 persen dari keseluruhan total pendapatan premi industri asuransi jiwa.

Media Asuransi – Edisi Maret, Hal. 49

Narasumber :

-            Hendrisman Rahim, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Satu Pondasi Untuk Koperasi Asuransi

Perusahaan asuransi yang selama ini kita kenal biasanya berbentuk perseroan terbatas. AJB Bumiputera merupakan pengecualian. Penerbit dan pengelola produk asuransi ini berbentuk usaha bersama. Ke depan, badan usaha berbentuk koperasi juga bisa menerbitkan produk asuransi. Sejatinya, undang-undang yang mengatur soal tersebut telah ada sejak 2014, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Dus, selain badan usaha berbentuk PT, perusahaan asuransi bisa berbadan hukum koperasi dan usaha bersama atau mutual. Namun, secara teknis, belum ada peraturan sebagai landasan pendirian usaha bersama dan koperasi asuransi. Nah, agar tidak lagi jadi area abu-abu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah merampungkan draf peraturannya. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Togar Pasaribu menilai, kewajiban menahan sebagian dari SHU atau keuntungan untuk pencadangan merupakan hal yang tepat. Pasalnya, bisnis asuransi bukanlah bisnis yang mudah. “Bisnis asuransi merupakan bisnis yang ‘berdarah-darah’ di awal,” tutur Togar.

Kontan.co.id - 10/03/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/satu-pondasi-untuk-koperasi-asuransi

Narasumber :

−            Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

(Berita Photo) Penetrasi Asuransi Jiwa

Investor Daily – 13/03/2017, Hal. 23

INDUSTRI ASURANSI JIWA

BRI Life Lakukan Change For Breakthrough

Change for breakthrough, menjadi tema yang diangkat BRI Life pada kegiatan Kick off para leader Tenaga Penjualan BRI Life yang berlangsung pada 9-11 Februari 2017 di Jakarta. Acara itu dihadiri sekitar 140 orang pimpinan tenaga penjualan BRI Life dari seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan perusahaan untuk menetapkan target produksi serta strategi dan arah kebijakan perusahaan di tahun 2017. Dalam sambutannya, Direktur PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) Mohammad Irfan menyampaikan dukungan penuhnya untuk menjadikan BRI Life sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia. “BRI Life menginginkan berapa pun modal, teknologi maupun SDM, Bank BRI akan siap memberikan. Tapi tentunya itu harus diukur juga dengan kemampuan dari BRI Life sendiri,” kata Irfan di Jakarta. Direktur Utama Rianto Ahmadi mengatakan bahwa pihaknya akan lebih mengembangkan keberadaan perusahaan ini dengan melakukan beberapa perubahan pada channel distribusi, dan juga secara terintegrasi dengan Bank BRI untuk pengembangan produk produk yang bisa dilakukan bersama Bank BRI. “Ke depan kami akan lebih fokus pada unitlink tapi lebih pada unsur proteksi dan unitlink hanya sebagai platformnya saja,” jelasnya.

Media Asuransi – Edisi Maret, Hal. 49

BNI Life Kerja Sama dengan KPK Sosialisasikan Pengendalian Gratifikasi

BNI Life bekerja sama dengan KPK menyosialisasikan pengendalian  gratifikasi  kepada  segenap karyawan BNI Life di Kantor Pusat BNI Life Tower, Jakarta, Rabu (8/3/2017). Pemeriksa gratifikasi KPK Devi Lisnawati mengatakan penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya. Karena itu, segenap karyawan diharapkan dapat me laporkan penerimaan gratifikasi jika pada kondisi tersebut karyawan tidak dapat menolaknya karena demi menjaga hubungan baik dengan pemberi. "Peran media sangat menentukan dalam mengawal upaya pencegahan gratifikasi dan korupsi," ujar Adlinsyah. Pemeriksa Gratifikasi  KPK Mutiara Karina Rizky menegaskan penolakan terhadap gratifikasi  akan membangun kebiasaan dan budaya  antigratifikasi. Head of Corporate Secretary Arry Herwindo mengatakan sosialisasi KPK itu merupakan tindak lanjut dari kebijakan gratifikasi di lingkungan BNI Life.

Wartaekonomi.co.id - 10/03/2017

http://wartaekonomi.co.id/read133446/bni-life-kerja-sama-dengan-kpk-sosialisasikan-pengendalian- gratifikasi.html

Sinarmas MSIG Life Optimistis Premi 2017 Lebih Tinggi

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) optimistis terhadap kondisi ekonomi Indonesia tahun ini tetap bertumbuh positif. Perusahaan ini menargetkan perolehan premi sebesar Rp7,86 triliun pada akhir 2017, meningkat dari tahun lalu sebesar Rp6,05 triliun. Sedangkan, hasil pertumbuhan investasi pada 2017 ditargetkan tumbuh tidak jauh berbeda dengan tahun 2016 yang mencapai Rp1,12 triliun. Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Premraj Thuraisingam mengatakan bahwa pertumbuhan premi tersebut ditopang oleh meningkatnya penjualan produk unitlink dan produk tradisional melalui jalur bancassurance yang berkontribusi sebesar 70 persen terhadap total pendapatan premi. Tahun lalu perseroan mencatatkan pendapatan premi regular melalui unitlink Rp200 miliar dan employee benefit mencapai Rp100 miliar. Untuk tahun ini, target premi naik di atas 30 persen secara year on year (yoy).

Media Asuransi – Edisi Maret, Hal. 49

Indonesia Re Suntik Modal Anak Usaha dan Ekspansi

PT Indonesia Re bersiap menggelontorkan tambahan modal bagi anak usaha. Tujuannya agar bisnis anak usaha berkembang. Perusahaan reasuransi ini akan menyuntikkan modal sebesar Rp 257 miliar kepada anak usaha yaitu PT Asuransi Asei Indonesia. Frans Y Sahusilawane, Direktur Utama PT Indonesia Re mengatakan, pasca menyuntik modal ini, modal Asei menjadi Rp 800 miliar. Namun sebagai induk usaha, penyertaan modal tersebut tak dilakukan cuma-cuma. Ada beberapa persyaratan dari Indonesia Re yang wajib dipatuhi Asei terlebih dulu sebelum menikmati kucuran likuiditas. "Mereka (Asei) harus memperlihatkan jati diri sebagai perusahaan asuransi keuangan. Strukturnya harus diperbaiki dulu," kata Frans. Syarat lainnya yang diajukan Indonesia Re terhadap Asei adalah pembenahan sumber daya manusia (SDM) dengan memilih orang-orang yang kompeten. Kucuran dana tersebut akan segera diguyur kepada anak usaha Indonesia Re minimal pada kuartal I-2017.

Harian Kontan – 11/03/2017, Hal. 12

Berita Serupa :

-            Kontan.co.id - 11/03/2017 Indonesia Re Suntik Modal Anak Usaha dan Ekspansi

http://keuangan.kontan.co.id/news/indonesia-re-suntik-modal-anak-usaha-dan-ekspansi

Avrist Assurance Proteksi DeeDee Bridgewater di Java Jazz

Sebagai   asuransi    resmi    untuk Java    Jazz    Festival 2017    untuk    keempat    kalinya, Avrist Assurance memberikan perlindungan asuransi jiwa dan kecelakaan untuk seluruh musisi, kru, dan penonton Java Jazz Festival 2017. Tahun ini musisi asal Amerika Serikat, DeeDee Bridgewater, mengalami kecelakaan di bagian kakinya di tengah acara Java Jazz Festival 2017 pada hari Jumat (3/3/2017) lalu. Terkait insiden yang menimpa musisi jazz jazz peraih tiga kali Grammy  Awards,  Avrist  Assurance selaku official insurance memberikan bantuan proteksi asuransi kepada DeeDee yang diharuskan rawat inap di MRCC Siloam Hospital, Jakarta. "Insiden DeeDee Bridgewater bukanlah hal yang kita inginkan bersama. Apalagi kedatangannya adalah untuk menghibur pecinta musik.

Wartaekonomi.co.id - 10/03/2017

http://wartaekonomi.co.id/read133436/avrist-assurance-proteksi-deedee-bridgewater-di-java-jazz.html

Tak Sekedar Kerja

Dua dasawarsa berkarier di industri asuransi membuat Shierly Ge, Chief Marketing Officer (CMO) Sun Life Financial Indonesia, tahu betul pentingnya perencanaan. Menurutnya, setiap orang harus merencanakan segala sesuatunya karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi ke depan. Berkarier di perusahaan asuransi sebetulnya bukan cita-cita Shierly. Namun, ketika ada tawaran dari Asuransi Sinarmas pada 1997, dia tidak bisa menolak. Padahal, waktu itu dia tidak bisa menolak. Padahal, waktu itu dia sudah bekerja di perusahaan konsultan sipil. Penyebabnya, dia kadung jatuh cinta dengan suasana kantor asuransi tersebut yang jauh berbeda dengan kantor kebanyakan.

Majalah Infobank – Edisi Maret, Hal. 102

Panen Respons Positif

Di kelompok asuransi syariah, produk unit link syariah Takafulink yang diracik Asuransi Takaful Keluarga tampil sebagai produk unit link yang paling banyak memanen respons positif warga dunia maya. Berdasarkan hasil survei “Digital Brand Of The Year 2017”, Takafulink mencetak indeks 106, tertinggi di kelompoknya. Diluncurkan sejak  pertengahan 2005, Takafulink menjadi salah satu unit link syariah yang paling dicari masyarakat tahun lalu dengan 95 buzz percakapan netral dan 12 buzz sangat positif.

Majalah Infobank – Edisi Maret, Hal. 39

Ini Pentingnya Asuransi Buat Para Traveler

Para traveler harus tahu pentingnya peranan asuransi. Sebab, tidak ada yang tahu kalau pada saat menikmati perjalanan ke suatu lokasi wisata terjadi risiko-risiko yang mengancam. Seperti kesehatan maupun kematian. Pada acara Garuda Airlines Travel Fair (GATF) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, terdapat stand BNI Life yang menawarkan banyak program asuransi yang bisa dimanfaatkan oleh para traveler yang belum punya asuransi. "Kita di sini menyediakan banyak produk, mulai dari yang cover kesehatan, hingga kematian pada saat travel," kata salah satu pegawai BNI Life Rika Nurbani saat ditemui detikFinance, Jakarta, Sabtu (11/3/2017). Rika menyebutkan, produk asuransi yang ditawarkan banyak memberikan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kematian. Seperti pada produk Termpro yang khusus kematian, menurut Rika cocok dimanfaatkan bagi para traveler ekstrim atau jalan-jalan ke lokasi-lokasi yang tidak biasanya. Premi yang ditawarkan pun mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 2 juta per bulan dengan dana pertanggungan yang bisa diterima mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 5 miliar.

Detik.com - 11/03/2017

https://finance.detik.com/moneter/d-3444272/ini-pentingnya-asuransi-buat-para-traveler

(Berita Photo) Penyerahan Polis

Bisnis Indonesia – 13/03/2017, Hal. 22

(Berita Photo) Talkshow BNI Life

Koran Sindo – 13/03/2017, Hal. 19

(Berita Photo) Target Pertumbuhan Premi

Harian Kontan – 13/03/2017, Hal. 24

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.355

IHSG

5.393,58

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF