AAJI Daily News - 14 Februari 2017


Tanggal terbit (14 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Target Aset IKNB 2017 Tumbuh 15%
  2. Aset Sanggup Tumbuh Dua Digit
  3. OJK Dukung Penuh PT AJB
  4. OJK Dukung Penguatan AJB Bumiputera
  5. Baru Diluncurkan, Asuransi Jiwa Bumiputera Targetkan Masuk 10 Besar Nasional
  6. KGPAA Mangkunegara IX Jadi Komisaris 'Superholding' PT Bumiputera 1912
  7. OJK Komit Perkuat AJB Bumiputera
  8. Jadi Dirut, Wiroyo Karsono Janji Besarkan Kembali Bumiputera
  9. Astra Life Sabet Dua Penghargaan
  10. Genjot Premi dengan Produk Baru Asuransi
  11. BNI Life Tawarkan Paket Unitlink Anyar
  12. (Berita Photo) Kantor Layanan Asuransi
  13. (Berita Photo) Peluncuran Asuransi Jiwa Bumiputera
  14. (Berita Photo) Manulife Peduli
  15. (Berita Photo) Dana Kelolaan Meningkat
  16. (Berita Photo) Launching AJB

MENGENAI AAJI

Target Aset IKNB 2017 Tumbuh 15%

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimistis pertumbuhan aset industri keuangan non bank (IKNB) makin merekah di Tahun Ayam Api ini. Hal ini didukung membaiknya prospek ekonomi. Tahun ini, Firdaus menargetkan aset yang dimiliki pelaku usaha IKNB mencapai Rp 2.193 triliun. "Kami harapkan aset IKNB tahun 2017 ini minimal tumbuh 15% dari tahun lalu," kata dia, Senin (13/2). Firdaus menilai, potensi memenuhi ambisi tersebut cukup terbuka. Pasalnya sejumlah kalangan menilai kondisi ekonomi Indonesia di 2017 lebih baik dari 2016. Aset yang menggemuk sejalan peningkatan jumlah entitas usaha di bawah naungan IKNB. Yakni dari 2015 sebanyak 936 entitas usaha IKNB meningkat menjadi 1.045 enitias di 2016. Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim yakin, industri asuransi jiwa berpotensi tumbuh karena penetrasi masih rendah.

Hari Kontan – 14/02/2017, Hal. 24

Narasumber:

  • Hendrisman Rahim, Ketua Umum, AAJI

Berita Serupa :

  • Kontan.co.id - 14/02/2017 Target Aset IKNB 2017 Tumbuh 15%

http://keuangan.kontan.co.id/news/target-aset-iknb-2017-tumbuh-15

Aset Sanggup Tumbuh Dua Digit

Otoritas Jasa Keuangan memproyeksikan aset industri keuangan nonbank pada 2017 minimal tumbuh 15% dari tahun lalu yang tercatat Rp 1.907 triliun. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (IKNB OJK) Firdaus Djaelani mengatakan, kondisi perekonomian yang diproyeksikan lebih baik pada tahun ini menjadi faktor utama yang dapat memacu kinerja industri keuangan nonbank. “Kami perkirakan aset IKNB di tahun ini bisa tetap tumbuh dua digit, kemungkinan bisa di atas 15% atau Rp 2.000 triliun lebih,” kata Firdaus, Senin (13/2). Optimisme serupa juga disampaikan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim memperkirakan pertumbuhan pendapatan industri asuransi jiwa di tahun ini bisa mencapai kisaran 10%—20%. Menurutnya, beberapa faktor pendorongnya antara lain meningkatnya pendapatan premi yang dipicu pertumbuhan penjualan dari saluran bancassurance, dan ekspansi bisnis yang akan dilakukan oleh perusahaan asuransi jiwa.

Bisnis Indonesia – 14/02/2017, Hal. 21

Narasumber:

-             Hendrisman Rahim, Ketua Umum, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

OJK Dukung Penuh PT AJB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus mendukung upaya penguatan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) khususnya dalam meningkatkan permodalan. Salah satu upayanya adalah mendukung penuh berdirinya PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) yang diluncurkan pada Ahad (12/2) kemarin. "Pembentukan PT Asuransi Jiwa Bumiputera merupakan titik awal komitmen dan dukungan OJK terhadap keberlangsungan dan masa depan AJBB yang lebih baik," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad saat menanggapi telah resminya pembentukan PT AJB di Jakarta, Senin (13/2). Pembentukan PT AJB merupakan upaya OJK melalui Pengelola Statuter AJB Bumiputera 1912 untuk memperkuat permodalan perusahaan asuransi berbentuk usaha bersama itu. Akses permodalan menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing AJB Bumiputera 1912 dan cara yang ditempuh oleh Pengelola Statuter adalah dengan melakukan demutualisasi secara tidak langsung melalui pendirian PT AJB ini.

Republika – 14/02/2017, Hal. 15

OJK Dukung Penguatan AJB Bumiputera

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung upaya penguatan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) khususnya dalam meningkatkan permodalan. Salah satu upayanya yaitu mendukung penuh berdirinya PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB) yang diluncurkan akhir pekan kemarin. "Pembentukan PT Asuransi Jiwa Bumiputera merupakan titik awal komitmen dan dukungan OJK terhadap keberlangsungan dan masa depan AJBB yang lebih baik," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, Jakarta, Senin (13/2/2017). Menurutnya, akses permodalan menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing AJB Bumiputera 1912 dan cara yang  ditempuh oleh pengelola statuter adalah dengan melakukan demutualisasi secara tidak langsung melalui pendirian PTAJB ini.

Tribunnews.com - 13/02/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/02/13/ojk-dukung-penguatan-ajb-bumiputera

Baru Diluncurkan, Asuransi Jiwa Bumiputera Targetkan Masuk 10 Besar Nasional

Pengelola   statuter   Asuransi   Jiwa   Bersama   Bumiputera   1912   (AJBB)   meluncurkan   PT Asuransi   Jiwa Bumiputera (PT AJB). Korporasi ini merupakan pengganti sekaligus penerus perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia dalam hal penjualan produk-produk baru asuransi. Koordinator pengelola statuter AJBB, Didi Achdijat menyebut korporasi baru ini sebagai 'bayi raksasa' yang sudah bisa berjalan meski baru lahir. Ujaran Didi merujuk pada jaringan luas PT AJB di 25 wilayah dengan 365 cabang yang telah dibangun selama 105 tahun. Nama 'Bumiputera', kata dia, adalah keunggulan lain dari PT AJB sebagi nama yang sudah sangat familiar di tanah air.

Tribunnews.com - 12/02/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/02/12/baru-diluncurkan-asuransi-jiwa-bumiputera-targetkan- masuk-10-besar-nasional

KGPAA Mangkunegara IX Jadi Komisaris 'Superholding' PT Bumiputera 1912

Restrukturisasi AJB  Bumiputera 1912  oleh  Pengelola  Statuter  yang  diinisiasi Otoritas  Jasa   Keuangan (OJK) menghasilkan beberapa korporasi baru. Korporasi baru itu diyakini akan memperkuat posisi perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia itu. Diharapkan, korporasi baru mampu memberikan jaminan yang lebih pasti dalam menunaikan kewajibannya terhadap 6,5 juta pemegang polis. Dalam naungan Bumiputera kini hadir PT Bumiputera Properti Indonesia (BPI) yang mengelola aset-aset properti, PT Bumiputera Investama Indonesia (BII) yang mengelola aset-aset finansial induk dari PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB), serta PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera (PT AJSB) hasil dari spin off Unit Usaha Syariah Bumiputera. Selain itu, dalam korporasi baru AJB Bumiputera, hadir nama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX, pemimpin Puri Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah, di jajaran petinggi Bumiputera.

Tribunnews.com - 11/02/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/02/11/kgpaa-mangkunegara-ix-jadi-komisaris-superholding-pt- bumiputera-1912

OJK Komit Perkuat AJB Bumiputera

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan bahwa OJK akan terus mendukung upaya penguatan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) khususnya dalam meningkatkan permodalan. Salah satu upayanya adalah mendukung penuh berdirinya PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB). “Pembentukan PT Asuransi Jiwa Bumiputera merupakan titik awal komitmen dan dukungan OJK terhadap keberlangsungan dan masa depan AJBB yang lebih baik,” ujar Muliaman saat menanggapi telah resminya pembentukan PT AJB di Jakarta, Senin, 13 Februari 2017. Pembentukan PT AJB merupakan upaya OJK melalui Pengelola Statuter AJB Bumiputera 1912 untuk memperkuat permodalan perusahaan asuransi berbentuk usaha bersama itu. Akses permodalan menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing AJB Bumiputera 1912 dan cara yang ditempuh oleh Pengelola Statuter adalah dengan melakukan demutualisasi secara tidak langsung melalui pendirian PT AJB ini.

Infobanknews.com - 13/02/2017

http://infobanknews.com/ojk-komit-perkuat-ajb-bumiputera/

Jadi Dirut, Wiroyo Karsono Janji Besarkan Kembali Bumiputera

Pengelola Statuter Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) meluncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) sebagai pengganti dan penerus perusahaan asuransi nasional tertua di Indonesia dalam hal penjualan produk-produk baru asuransi. Koordinator Pengelola Statuter AJBB Didi Achdijat mengatakan, kehadiran PT AJB ini bakal ikut mewarnai bisnis asuransi di tanah air. Meski baru diluncurkan, namun PT AJB telah memiliki jaringan di 25 wilayah dan 365 cabang yang dibangun selama 105 tahun. Selain meluncurkan PT AJB, Pengelola Statuter AJBB juga memperkenalkan jajaran pimpinan baru perusahaan, yaitu Direktur Utama Wiroyo Karsono, Direktur SDM dan Umum Rully Safari, serta Direktur Operasi dan Marketing Lina Bong. Wiroyo Karsono yang ditunjuk menjadi Direktur Utama PT AJB sebelumnya adalah pemimpin atau Direktur Utama di PT Mandiri Axa General Insurance sejak 2013 dan pada 2007 dirinya juga sempat menjabat sebagai Presiden Direktur PT Axa Mandiri Financial Services.

Infobanknews.com - 13/02/2017

http://infobanknews.com/jadi-dirut-wiroyo-karsono-janji-besarkan-kembali-bumiputera/

Berita Serupa :

  • Harian Kontan – 13/02/2017, Hal. 24 AJB Bumiputera Bisa Lebih Sehat 10 Tahun ke Depan
  • Rakyat Merdeka – 14/02/2017, Hal. 18 OJK Jamin Hak Pemegang Polis AJB Bumiputera Terpenuhi
  • Kompas.com - 13/02/2017 OJK Fokus Perkuat AJB Bumiputera

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/02/13/143539226/ojk.fokus.perkuat.ajb.bumiputera

  • Wartaekonomi - 13/02/2017 OJK Komitmen Perkuat AJB Bumiputera

http://wartaekonomi.co.id/read130564/ojk-komitmen-perkuat-ajb-bumiputera.html

Astra Life Sabet Dua Penghargaan

Jakarta–PT Astra Aviva Life (Astra Life) meraih dua penghargaan atas kiprahnya di industri perasuransian, yakni asuransi jiwa. Perseroan menerima penghargaan Special Mention as Potential Brand Award 2017 untuk kategori asuransi jiwa di ajang Indonesia Prestige Brand Award (IPBA) 2017 berdasarkan riset dan survei media bekerja sama dengan JAKPAT, penyedia layanan mobile survei online di bulan Desember 2016 kepada 3.000 responden yang tersebar di Jabodetabek & 5 kota besar di seluruh Indonesia. Survei dilakukan menggunakan aplikasi smartphone yang terhubung pada facebook user dan responden yang berasal dari Status Ekonomi Sosial A, B, C, berdasarkan profil serta karakter jenis produk/layanan yang diuji yang berasal dari berbagai kategori industri seperti telekomunikasi, makanan  & minuman, retail, farmasi, asuransi, otomotif, perlengkapan rumah tangga elektronik, transportasi, perbankan dan perusahaan pembiayaan.

Infobanknews.com - 10/02/2017

http://infobanknews.com/astra-life-sabet-dua-penghargaan/

Genjot Premi dengan Produk Baru Asuransi

Sejumlah perusahaan asuransi jiwa bersiap menjaring nasabah dan sekaligus premi baru dengan memasarkan produk anyar. Tak cukup satu produk, beberapa produk baru pun akan dilepas untuk menarik sebanyak mungkin premi. PT BNI Life Insurance misalnya, menawarkan produk unitlink dibalut asuransi tambahan (rider). Ada tiga-empat paket produk. Paket unitlink dengan rider menyasar nasabah individu, baik nasabah BNI hingga umum. Paket unitlink disesuaikan kebutuhan. Preminya mulai dari Rp 1 juta Rp 10 juta per bulan. Geger Maulana, Wakil Direktur Utama BNI Life mengatakan, minat nasabah cukup besar nampak dari kontribusi produk unitlink pada total premi yang mencapai 60%. Sisanya dari premi produk asuransi tradisional.

Harian Kontan – 14/02/2017, Hal. 24

BNI Life Tawarkan Paket Unitlink Anyar

Awal tahun menjadi momen terbaik  perusahaan asuransi jiwa untuk melempar produk baru ke pasar. Perusahaan asuransi jiwa siap menjaring nasabah dan premi baru dari produk baru ini. Geger Maulana, Wakil Direktur  Utama  PT BNI  Life Insurance mengatakan, pihaknya  menawarkan  produk  unitlink  yang  dibalut dengan asuransi tambahan (rider). Produk ini terdiri atas paket sederhana hingga paket lengkap. Ada tiga hingga empat paket produk yang di tawarkan kepada nasabah. Paket unitlink dengan rider ini menyasar pada nasabah individu, baik nasabah PT BNI Tbk hingga nasabah umum.

Kontan.co.id - 13/02/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/bni-life-tawarkan-paket-unitlink-anyar

(Berita Photo) Kantor Layanan Asuransi

Harian Kontan – 13/02/2017, Hal. 24

Antarafoto.com - 12/02/2017 (Berita Photo) Peluncuran Asuransi Jiwa Bumiputera

http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1486903807/peluncuran-asuransi-jiwa-bumiputera

(Berita Photo) Manulife Peduli

Bisnis Indonesia – 14/02/2017, Hal. 21

(Berita Photo) Dana Kelolaan Meningkat

Bisnis Indonesia – 14/02/2017, Hal. 21

(Berita Photo) Launching AJB

Investor Daily – 14/02/2017, Hal. 23

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.332

IHSG

5.312,35

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF