AAJI Daily News - 15 Mei 2017


Tanggal terbit (16 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Kinerja Asuransi Jiwa Masih Lesu
  2. Kuartal I, premi asuransi jiwa bertumbuh 28%
  3. Capital Syariah Siap Operasi
  4. Capital Life Syariah Siap Ramaikan Pasar Asuransi
  5. Dana Kelolaan Employee Benefit BNI Life Naik 240%
  6. Sampai Maret, Taspen Life Kantongi Premi Rp 104 M
  7. Sun Life Gelar Seminar Edukatif Asuransi Syariah di Malang
  8. Marein Targetkan Pertumbuhan 25%
  9. Potensi Asuransi Syariah Besar
  10. Taspen Life Genjot Kanal Keagenan
  11. Asuransi Amanah Jiwa-XL Kerja Sama, Akses Diharapkan Lebih Mudah

MENGENAI AAJI

Kinerja Asuransi Jiwa Masih Lesu

Kinerja asuransi jiwa pada kuartal I 2017 belum kembali ke level terbaiknya. Premi asuransi jiwa tumbuh hingga 28% secara year on year (yoy) namun hasil investasi justru susut. Akibatnya, laba perusahaan asuransi jiwa cuma naik tipis. Premi asuransi jiwa per kuartal I 2017 tercatat sebanyak Rp 35,18 triliun naik dari periode sama tahun lalu, Rp 27,46 triliun. Sayang, pertumbuhan premi tidak selaras dengan perolehan hasil investasi dan laba (liat tabel). Hasil investasi yang turun dan pertumbuhan tipis laba terjadi karena pengaruh kondisi awal tahun. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menilai, pertumbuhan ekonomi turut mempengaruhi daya beli masyarakat. "Termasuk untuk produk asuransi," ujar Togar. Meski begitu, AAJI yakin, masuk kuartal dua kinerja asuransi dapat digenjot. Salah satu faktor yang dapat mendukungnya adalah penetrasi asuransi jiwa di dalam negeri yang masih kecil.

Harian Kontan – 15/05/2017, Hal. 24

Narasumber :

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI

Kuartal I, premi asuransi jiwa bertumbuh 28%

Bisnis asuransi jiwa masih menunjukan tren positif di awal tahun 2017 ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga kuartal I, premi yang dikantongi pelaku usaha mengalami pertumbuhan setinggi 28,11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year. Hingga bulan Maret kemarin, pendapatan premi bruto yang didapat industri asuransi jiwa di dalam negeri menyentuh angka Rp 35,18 triliun. Sementara pada periode yang sama di tahun kemarin, premi bruto yang dikumpulkan tercatat sebesar Rp 27,46 triliun. Tak hanya itu saja, laju positif pun dicatatkan untuk pendapatan premi neto. Premi bersih yang dikantongi perusahaan asuransi jiwa tercatat mengalami kenaikan setinggi 27,6% dibanding periode yang sama di tahun kemarin. Hingga triwulan pertama 2017, premi neto yang masuk ke kantong pelaku usaha mencapai Rp 33,14 triliun.

Kontan.co.id - 14/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/kuartal-i-premi-asuransi-jiwa-bertumbuh-28

Narasumber :

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Capital Syariah Siap Operasi

PT Capital Life Syariah segera tancap gas. Pasca beroperasi pada bulan ini, Capital Life Syariah membidik perolehan premi hingga Rp 30 miliar sampai akhir tahun. Direktur Operasional Capital Life Syariah Fitri Hartati mengatakan, pihaknya mulai memasarkan produk baru bulan Mei ini. Tiga produk yang akan dipasarkan antara lain Calisa Berkah, Capital Amanah, dan Capital Hasanah. Calisa Berkah menginvar nasabah individu, sedangkan dua produk lain ditujukan untuk grup insurrance. "Dari ketiga produk tersebut, 90% didominasi oleh Calisa Berkah. Sebab produknya berbalut investasi disertai sistem syariah, jadi banyak yang tertarik," ujar Fitri, Minggu (14/5). Jalur distribusi yang digunakan adalah bancassurrance yang berkontribusi 90%. Sisanya, direct marketing. Disisi lain, perusahaan ini telah mendapatkan suntikan modal dari holding company Capital Financial Indonesia senilai Rp 52,5 miliar dan sedang menyiapkan rights issue.

Harian Kontan – 15/05/2017, Hal. 24

Capital Life Syariah Siap Ramaikan Pasar Asuransi

PT Capital Life Syariah tahun ini siap ikut meramaikan pasar industri asuransi. Anak usaha PT Capital Financial Indonesia Tbk (CASA) ini berniat meraup premi awal Rp 30 miliar di tahun ini. "Kami baru bisa beroperasi memasarkan produk baru bulan Mei ini," ujar Fitri Hartati, Direktur Utama Capital Life Syariah kepada KONTAN, Minggu (14/5). Ada tiga produk yang dipasarkan tahun ini, yaitu Calisa berkah, Capital Amanah, dan Capital Hasanah. Produk Calisa berkah merupakan produk keuangan individu yang memberikan perlindungan diri disertai investasi dengan nisbah bagi hasil investasi. Sedangkan dua produk lain merupakan produk yang ditujukan untuk grup insurrance. "Dari ketiga produk tersebut, 90% didominasi oleh Calisa berkah. Itu karena produknya berbalut investasi disertai sistem syariah, jadi banyak yang tertarik," ujar Fitri. Selain tiga produk tersebut, pihaknya mengaku tengah mengumpulkan dua produk baru dan sedang menunggu persetujuan regulator.

Kontan.co.id - 14/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/capital-life-syariah-siap-ramaikan-pasar-asuransi

Dana Kelolaan Employee Benefit BNI Life Naik 240%

Bisnis program kesejahteraan karyawan (employee benefit) BNI Life Insurance meroket. Per kuartal 1 2017 dana kelolaan employee benefi t BNI Life tumbuh 240% secara year on year (yoy). Wakil Direktur BNI Life, Geger N. Maulana menjelaskan, selama ini employee benefit BNI Life ini terbagi dalam dua jalur, yakni jalur bisnis banking dan open market. Bisnis banking terafi liasi dengan nasabah korporasi Bank BNI. Sedangkan jalur open market itu nasabah di luar nasabah induk. Per kuartal I-2017, BNI Life mengantongi dana kelolaan mencapai Rp 661 miliar. "Pencapaian tersebut meningkat pesat 240% secara yoy," ungkap Geger, Jumat (12/5). Faktor kenaikan dana kelolaan didorong tenaga pemasar yang tingkat produktivitasnya semakin baik. Plus, sinergi dengan Bank BNI dalam memberikan financial solution kepada nasabah-nasabah korporasi dan komersial BNI. Sepanjang tahun 2016, dana kelolaan bisnis employee benefit BNI Life mencapai Rp 1,1 triliun.

Harian Kontan – 13/05/2017, Hal. 11

Sampai Maret, Taspen Life Kantongi Premi Rp 104 M

Bisnis asuransi jiwa masih mampu menggeliat di awal 2017 ini. Salah satu pemainnya, PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) turut mencatatkan pertumbuhan premi sebesar dua digit hingga tiga bulan pertama tahun ini. Direktur Utama Taspen Life Maryoso Sumaryono menyebut hingga bulan Maret kemarin, perusahaannya mencatatkan perolehan premi sebesar Rp 104,43 miliar. "Dibanding tahun lalu ada pertumbuhan sebesar 11,5%," katanya akhir pekan lalu. Salah satu pendorong dari kinerja Taspen Life di awal tahun ini diakuinya masih dari segmen pasar asuransi kumpulan. Terutama dari kalangan aparatur sipil negara yang merupakan captive market milik perusahaan. Meski begitu, Taspen Life juga mencoba memaksimalkan pasar yang sudah ada itu. Misalnya dengan menawarkan produk top up kepada nasabah eksisting untuk bisa mendapat lebih banyak premi. Selain itu, secara perlahan segmen pasar individu pun mulai dimasuki oleh Taspen Life.

Kontan.co.id - 14/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/sampai-maret-taspen-life-kantongi-premi-rp-104-m

Sun Life Gelar Seminar Edukatif Asuransi Syariah di Malang

PT Sun Life Financial Indonesia menggelar seminar edukatif bertema Sejahtera Bersama  Asuransi Syariah dengan menghadirkan pembicara dari Sun Life, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelum digelar di Malang, seminar edukatif serupa juga telah digelar di Banda Aceh dan Solo. Chief Agency Officer Syariah Sun Life Norman Nugraha mengatakan seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai produk, nilai-nilai, manfaat, dan peluang bisnis asuransi syariah di kalangan masyarakat Malang dan sekitarnya, serta memperkuat keberadaan agen syariah Sun Life sebagai Modern Syariah Insurance Expert (MSIE) yang siap mendukung peningkatan literasi masyarakat terhadap pentingnya perencanaan keuangan yang tepat. "Sun Life percaya bahwa asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas, tanpa memandang latar belakang sosial dan kepercayaan yang dianut.

Wartaekonomi.co.id - 14/05/2017

http://wartaekonomi.co.id/read141045/sun-life-gelar-seminar-edukatif-asuransi-syariah-di-malang.html

Marein Targetkan Pertumbuhan 25%

PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein) menargetkan hasil investasi pada tahun ini bisa tumbuh 25%, dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp62,2 miliar. Direktur Keuangan Marein Yanto J. Wibisono mengatakan hasil investasi pada tahun ini bisa tumbuh double digit, karena didorong oleh peningkatan imbal hasil investasi dari beberapa instrumen seperti saham, reksadana, dan instrumen lainnya. Kendati demikian, target pertumbuhan sebesar 25% itu lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan hasil investasi  pada  tahun  lalu  yang  mencapai  56,4%  secara  year  on  year  (yoy)  menjadi  Rp62,2  miliar. “Pertumbuhan tahun lalu naik signifikan, karena kinerja investasi pada 2015 kurang bagus. Saat ini kondisi sudah membaik, makanya kami optimistis hasil investasi tetap bertumbuh, tetapi tidak setinggi tahun lalu,” kata Yanto belum lama ini.

Bisnis Indonesia – 15/05/2017, Hal. 22

Potensi Asuransi Syariah Besar

Asuransi syariah dinilai memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Tanah Air. Ini sejalan dengan makin berkembangnya kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi, serta nilai-nilai utama yang ditawarkan asuransi syariah seperti adil, transparan, dan universal. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yangdilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 menunjukkan, masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi baik terhadap industri asuransi masih relatif rendah, terutama terhadap asuransi syariah. Survei tersebut menunjukkan, indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76%, turun  dari  2013  sebesar 17,84%. Sementara itu, tingkat utilitas mencapai 12,08%, tidak berubah jauh dari survei 2013 di angka 11,81%. “Artinya, dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi,” ujar Chief Agency Officer Syariah PT Sun Life Financial Indonesia Norman Nugraha dalam seminar edukatif bertema Sejahtera Bersama Asuransi Syariah yang digelar Sun Life di Universitas Islam Malang (Unisma), Malang, Jawa Timur, kemarin.

Koran Sindo – 15/05/2017, Hal. 20

Taspen Life Genjot Kanal Keagenan

Pelaku industri asuransi jiwa berekspansi untuk memperkuat kanal distribusi keagenan guna membantu pertumbuhan pendapatan premi perusahaan pada 2017. Direktur Utama PT Taspen Life Maryoso Sumaryono mengatakan untuk mengoptimalkan pendapatan premi perseroan, pihaknya juga akan memperluas pemasaran melalui saluran keagenan. “Kami berupaya terus menggenjot pendapatan premi baru dan pengembangan jalur agensi khususnya untuk segmen individu,” kata Maryoso kepada Bisnis, Minggu(14/5/2017). Pasalnya, dia mengatakan  kontribusi  premi  dari  segmen  individu  cenderung rendah, pasalnya pengembangan bisnis tersebut  baru dilakukan pada pertengahan tahun lalu dengan meluncurkan produk asuransi jiwa yang difokuskan pada segmen individu. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu memperluas saluran distribusi keagenan (agency).

Bisnis.com - 15/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170515/215/653441/taspen-life-genjot-kanal-keagenan

Asuransi Amanah Jiwa-XL Kerja Sama, Akses Diharapkan Lebih Mudah

PT Asuransi Jiwa Syariah Amanahjiwa Giri Artha (Amanah Githa) berkolaborasi dengan PT XL Axiata Tbk untuk memudahkan akses bagi konsumen menikmati proteksi asuransi dengan cara lebih mudah, terjangkau dan sesuai syariah. Kerja sama tersebut menawarkan kemudahan pembayaran polis menggunakan fasilitas dompet digital XL Tunai. Salah satu produk unggulan yang nantinya dapat dinikmati konsumen adalah produk polis asuransi jiwa yang dikhususkan bagi jamaah haji dan umroh. Ada pula produk proteksi jiwa bagi para pemudik yang berencana akan pulang ke kampung halamannya dengan masa asuransi selama perjalanan sampai dengan kembali ke rumah. Direktur Utama Amanah Githa Salim Al Bakry mengatakan kerja sama ini sangat strategis dalam meningkatkan layanan proteksi sesuai syariah kepada masyarakat. “Ini menjadi fokus perusahaan yang senantiasa mengedepankan layanan berbasis teknologi informasi,” katanya, Jumat (12/5/2017).

Bisnis.com - 12/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170512/215/653095/asuransi-amanah-jiwa-xl-kerja-sama-akses-

diharapkan-lebih-mudah

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.311

IHSG

5.674,22

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

 

DOWNLOAD PDF