AAJI Daily News - 2 Februari 2017


Tanggal terbit (02 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Tantangan Asuransi di Tahun Ayam Api
  2. Pendapatan Meroket
  3. OJK Siap Beri Informasi Berkala
  4. Ketua BPA AJB Bumiputera 1912 Mengundurkan Diri
  5. Perusak Citra Bumiputera Bakal Disomasi
  6. Target Bisnis Simas Jiwa
  7. Simas Jiwa Incar Tambahan 10.000 Pemegang Polis
  8. Klik Proteksi, Asuransi yang Bisa Pilih Sendiri Sesuai Kebutuhan
  9. (Berita Photo) Asuransi Berbasis Digital

MENGENAI AAJI

Tantangan Asuransi di Tahun Ayam Api

Bagi praktisi bisnis asuransi, pernyataan Presiden tersebut menjadi tantangan di tengah kondisi ekonomi saat ini. Perhatian terhadap sektor menengah ke bawah menjadi pekerjaan rumah kita semua. Dukungan moral dari Presiden menjadi suntikan optimisme bagi pelaku industri asuransi jiwa untuk terus memberdayakan sektor menengah ke bawah dengan tetap menjaga pertumbuhan premi. Dengan begitu, industri asuransi jiwa di Indonesia bisa ikut membangun perekonomian. Tentu ini adalah tantangan yang harus dijawab oleh setiap pelaku industri. Tak bisa dipungkiri, meskipun perekonomian belum pulih sepenuhnya, industri asuransi jiwa di Indonesia terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Tahun ini, industri asuransi jiwa diprediksi kembali tumbuh di kisaran angka 20%-23% . Sentimen positifnya sudah tercipta dengan laju pertumbuhan industri asuransi jiwa di 2016 yang berada di kisaran 18%-19%. Namun, harus ada upaya untuk menjaga ritme pertumbuhan itu tetap berjalan. Setidaknya ada beberapa langkah nyata yang harus dilakukan industri asuransi jiwa sepanjang tahun 2017 ini.

Harian Kontan – 02/02/2017, Hal. 24

Narasumber:

  • Christine Setyabudhi, Ketua Bidang Konumikasi dan Hubungan Antar Lembaga AAJI

Pendapatan Meroket

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, pertumbuhan signifikan hasil investasi pada 2016 terdorong oleh perubahan positif di pasar modal. “Dari 2014 ke 2015 itu hasil investasi menurun, karena situasi pasar modal cukup menantang. Namun, di 2016 ini pasar modal mulai membaik, sehingga hasil investasi industri asuransi jiwa meningkat tajam,” kata Togar kepada Bisnis, Rabu (1/2). Sementara itu, Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim memperkirakan pertumbuhan hasil investasi industri asuransi jiwa pada 2017 bisa berada pada kisaran 20%. Namun, dia menyatakan terdapat beberapa faktor yang patut diwaspadai para pelaku industri asuransi jiwa terkait pergerakan investasi pada tahun ini. “Industri  harus  ekstra  hati-hati  dalam  menyikapi  pergerakan  investasi pada 2017, karena sejumlah analis juga bilang ada potensi risiko dari siklus sepuluh tahunan yang dikhawatirkan terjadi penurunan,” ujarnya.

Bisnis Indonesia – 02/02/2017, Hal. 21

Narasumber:

  • Togar Pasasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI
  • Hendrisman Rahim, Ketua Umum, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

OJK Siap Beri Informasi Berkala

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan, siap secara berkala memberikan informasi tentang perkembangan proses restrukturisasi Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 kepada Badan Perwakilan Anggota. Dumoly F. Pardede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK, mengakui dalam pertemuan terakhir, Selasa (31/1), Badan Perwakilan Anggota (BPA) masih berharap dilibatkan dalam proses penyelamatan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera). Namun, dia menegaskan bahwa OJK telah menunjuk pengelola statuter (PS) yang bekerja secara independen untuk merealisasikan restrukturisasi tersebut. “Saya kira para anggota BPA harus memahami bahwa ada pihak profesional [PS],” ungkapnya kepada Bisnis, Rabu (1/2).

Bisnis Indonesia – 02/02/2017, Hal. 21

Ketua BPA AJB Bumiputera 1912 Mengundurkan Diri

Ketua Badan Perwakilan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Abdul Kadir mengundurkan diri. Sebab, dia merasa tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan terkait proses restrukturisasi AJB Bumiputera 1912 sejak ditunjuknya pengelola statuter oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Saya dalam rapat dengan OJK, secara pribadi menyatakan pengunduran diri, yang lain masih berstatus sebagai anggota,” kata Kadir di Jakarta, Selasa (31/1). Kadir menjelaskan, dalam rapat dengan OJK, pihaknya sebagai BPA telah memperoleh penjelasan terkait proses restrukturisasi AJB Bumiputera 1912. Namun, dalam proses restrukturisasi tersebut berlangsung, pihaknya tidak diberikan kewenangan apapun. “Jadi saya berpikir sebagai Ketua BPA yang punya kewenangan, untuk apa saya bertahan. Toh, segala keputusan dan apapun yang terjadi tidak ada lagi kewenangan kami sebagai BPA di sana,” terang dia.

Suara Pembaruan – 01/02/2017, Hal. 11

Perusak Citra Bumiputera Bakal Disomasi

Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) berencana melakukan somasi kepada sejumlah pihak yang kerap merecoki upaya penyelamatan pemegang polis. Pihak yang akan disomasi antara lain mantan komisaris independen AJB Bumiputera, IR, dan salah satu pemegang polis, JI. "PS sudah menyiapkan tim hukum untuk melakukan somasi itu," kata PS AJBB Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Adhie M Massardi kepada wartawan di sela acara sosialisasi dan konsolidasi Bumiputra di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/2). Adhie menjelaskan, somasi akan dilayangkan untuk mengingatkan bahwa pernyataan- pernyataan yang disampaikan keduanya di media massa berdampak pidana bila terus dilanjutkan. Sementara, upaya PS yang ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menunaikan kewajiban AJBB terhadap 6,5 juta pemegang polis sudah berhasil dilakukan, sehingga hak-hak para pemegang polis tersebut bisa terjamin.

Beritasatu.com - 01/02/2017

http://www.beritasatu.com/asuransi/412273-perusak-citra-bumiputera-bakal-disomasi.html

Target Bisnis Simas Jiwa

PT Asuransi Simas Jiwa menargetkan tambahan  jumlah  pemegang polis yang signi?kan tahun ini. Caranya memperbesar kanal distribusi di luar bancassurance. Direktur Utama Simas Jiwa IJ Soegeng Wibowo menyatakan, sepanjang tahun 2016, perusahaannya memiliki pemegang polis sebanyak 20.828 tumbuh sekitar 15% dari akhir 2015. Nah, sampai akhir tahun Simas Jiwa menargetkan lebih dari 30.000 pemegang polis. "Setidaknya ada tambahan 10.000 pemegang polis baru," terang Soegeng. Jumlah pemegang polis ini yang akan disasar dari saluran penjualan keagenan dan korporat. Pasalnya kontribusi dari saluran-saluran tersebut baru mencapai 1% dari total premi yang didapat perusahaan di tahun kemarin. Lewat penguatan ini, Soegeng yakin Simas lebih lincah memaksimalkan potensi pasar yang ada.

Harian Kontan – 02/02/2017, Hal. 24

Simas Jiwa Incar Tambahan 10.000 Pemegang Polis

PT Asuransi Simas Jiwa menargetkan bisa mendapatkan tambahan jumlah pemegang polis yang cukup besar di tahun ini. Hal ini sejalan dengan upaya memperbesar kanal distribusi di luar bancassurance. Direktur Utama Simas Jiwa I.J. Soegeng Wibowo bilang, di sepanjang 2016 kemarin perusahaannya memiliki pemegang polis sebanyak 20.828. Jumlah ini tumbuh sekitar 15% dari posisi pada akhir 2015. Nah sampai akhir tahun ini, Asuransi Simas menargetkan bisa memiliki lebih dari 30.000 pemegang polis. "Jadi setidaknya ada tambahan sekitar 10.000 pemegang polis baru," kata dia beberapa waktu lalu.

Kontan.co.id - 01/02/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/simas-jiwa-incar-tambahan-10000-pemegang-polis

Klik Proteksi, Asuransi yang Bisa Pilih Sendiri Sesuai Kebutuhan

PT AXA Life Indonesia meluncurkan sebuah inovasi yang tengah dikembangkan bernama Klik Proteksi, yaitu layanan berbasis digital yang memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk mengatur sendiri manfaat perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini sejalan dengan tujuan perusahaan yang selalu menempatkan nasabah sebagai prioritas utama. Saat ini, hanya dengan "klik" melalui akses Internet, calon nasabah bisa mendapatkan perlindungan Klik Proteksi yang ditentukan sendiri dengan cepat dan mudah di www.axadirect.co.id. Sales and Business Development Director AXA Life Indonesia Yanti Parapat mengatakan bahwa seiring meningkatnya arus informasi, masyarakat semakin sadar akan perlunya perlindungan asuransi yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Wartaekonomi.co.id - 01/02/2017

http://wartaekonomi.co.id/read129254/klik          -proteksi-asuransi-yang-bisa-pilih-sendiri-sesuai- kebutuhan.html

(Berita Photo) Asuransi Berbasis Digital

Bisnis Indonesia – 02/02/2017, Hal. 21

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.370

IHSG

5.335,86

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

 

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF