AAJI Daily News - 2 Maret 2017


Tanggal terbit (02 / 03 / 2017)

HEADLINE  NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Indonesia Re Incar Pasar Asean
  2. Skema Baru CoB bagi Asuransi Komersial
  3. Allianz Life Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa
  4. PT AXA Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for  The Highest Top of Mind Brand Kategori Asuransi Bisnis
  5. PT AXA Financial Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kecelakaan Diri
  6. PT AXA Life Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa
  7. Sun Life Gelar Edukasi Asuransi Syariah di Aceh
  8. (Berita Photo) Zurich Indonesia Tunjuk Danny Masrin Jadi Brand Ambassador
  9. BPJS Kesehatan Siap Terapkan Aturan Baru CoB

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Indonesia Re Incar Pasar Asean

PT Reasuransi Indonesia Utama atau Indonesia Re akan memperluas jaringan bisnis dengan menggarap pasar reasuransi  di  luar  negeri,  khususnya  negara-negara  di  Asean.  Direktur  Utama  Indonesia  Re  Frans  Y. Sahusilawane mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetkan bisa menggarap pasar reasuransi di sekitar tujuh negara yang sebagian besar di antaranya merupakan negara-negara di Asean yaitu India, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Selain itu, pada tahun ini Indonesia Re juga berencana merambah  pasar reasuransi di beberapa  negara  Afrika  seperti Kenya dan Algeria. “Tahun lalu kami baru merambah pasar reasuransi di India, tetapi  kontribusinya   masih kecil. Tahun ini akan kami intensifkan kerja sama untuk meningkatkan kontribusinya,” kata Frans belum lama ini. Menurutnya, untuk menggarap bisnis reasuransi di luar negeri, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan reasuransi lokal di negara terkait. Pihaknya membutuhkan mitra  strategis  yang   lebih  memahami  kondisi    pasar dan  risiko  di  negara  setempat. “Kemitraan   dengan perusahaan reasuransi  asing  juga  di lakukan untuk pertukaran   pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Bisnis indonesia – 02/03/2017, hal. 22

Skema Baru CoB bagi Asuransi Komersial

Mulai awal bulan Maret 2017 ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menerapkan skema baru koordinasi manfaat alias coordination of benefit (CoB). Skema baru CoB yang lebih longgar dinilai akan menguntungkan perusahaan asuransi komersial yang sudah meneken nota kesepahaman CoB dengan BPJS. Budi Tampubolon, Direktur Utama PT BNI Life Insurance mengatakan, skema CoB ini telah dinantikan sejak lama. Selama ini, CoB yang berjalan belum optimal dalam manfaat biaya pertanggungan masyarakat. Sebelumnya, masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan dan asuransi komersial atau asuransi kesehatan tambahan (AKT) kebingungan jika ingin mengajukan klaim. BNI Life pun berharap skema baru CoB dapat memperluas segmen pasar anak usaha Bank BNI ini.

Harian Kontan – 02/03/2017, Hal. 24

Allianz Life Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa

Allianz Life terpilih menjadi Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa. Berdasarkan survei kepada 3000 responden di Jabodetabek dan lima kota besar di Indonesia lainnya. Allianz Life menjadi salah satu merek dari asuransi jiwa yang banyak digunakan. Allianz Life telah hadir selama 25 tahun, bisnis Allianz Life yang mencangkup asuransi jiwa, kesehatan dan reasuransi mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp 3,68 triliun sampai dengan kuartal ketiga tahun 2016, adapun pendapatan premi neto pada periode yang sama mencapai sebesar Rp 3,18 triliun.

Warta Ekonomi – Edisi Februari, Hal. 43

PT AXA Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for The Highest Top of Mind Brand Kategori Asuransi Bisnis

PT AXA  Indonesia  terpilih  menjadi  The Winner  of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for The Highest Top of Mind Brand Kategori Asuransi Bisnis. Berdasarkan survei kepada 3000 responden di Jabodetabek dan  lima  kota besar  di Indonesia  lainnya. AXA sebagai merek dagang yang paling diingat ketika responden memilih  asuransi  bisnis.  AXA  di  Indonesia  merupakan  bagian  dari  AXA  Group,  salah  satu perusahaan asuransi dan aset manajemen aset terbesar di Indonesia.

Warta Ekonomi – Edisi Februari, Hal. 44

PT AXA Financial Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kecelakaan Diri

AXA dari PT AXA Financial Indonesia terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for The Highest Top of Mind Brand Kategori Asuransi Bisnis. Berdasarkan survei kepada 3000 responden di Jabodetabek dan lima kota besar di Indonesia lainnya. AXA Financial, khususnya pada produk asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan diri paling banyak digunakan. AXA Financial Indonesia telah berdiri sejak menjadi 1995 dengan nama Simas Lend Lease Life.

Warta Ekonomi – Edisi Februari, Hal. 45

PT AXA Life Indonesia Terpilih menjadi The Winner of Indonesia Prestige Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa

AXA dari AXA Life Indonesia terpilih menjadi The Winner of Indonesia  Prestige  Brand Award 2017 for Brand Used Most Often Kategori Asuransi Jiwa. Berdasarkan survei kepada 3000 responden di Jabodetabek dan lima kota besar di Indonesia AXA Life untuk kategori asuransi jiwa paling banyak digunakan. AXA Life merupakan bagian dari AXA Group, sejak 2012, AXA Life memperbarui strateginya dari jalur distribusi keagenan menjadi bancassurance.

Warta Ekonomi – Edisi Februari, Hal. 45

Sun Life Gelar Edukasi Asuransi Syariah di Aceh

PT Sun Life Financial Indonesia bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar seminar edukatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Aceh terhadap asuransi syariah. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Sun Life, MES, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan pemahaman komprehensif  tentang  nilai-nilai  utama  dan  manfaat  ekonomi  dan  asuransi  syariah.  Chief  Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia Norman Nugraha mengatakan bahwa tujuan kerja sama Sun Life dengan MES adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan finansial syariah. Selain untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah khususnya di Aceh.

Mediaasuransinews.co.id - 28/02/2017

http://mediaasuransinews.co.id/2017/02/28/sun-life-gelar-edukasi-asuransi-syariah-di-aceh/

(Berita Photo) Zurich Indonesia Tunjuk Danny Masrin Jadi Brand Ambassador

Mediaasuransinews.co.id 01/03/2017

http://mediaasuransinews.co.id/2017/03/01/zurich-indonesia-tunjuk-danny-masrin-jadi-brand-ambassador/

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

BPJS Kesehatan Siap Terapkan Aturan Baru CoB

BPJS Kesehatan dan 23 perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi kesehatan, biasa disebut Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT), siap mengimplementasikan aturan baru tentang coordination of benefit (CoB) alias koordinasi manfaat. Kerja sama terbaru ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan  Kesehatan  Nasional-Kartu  Indonesia  Sehat  (JKN-KIS)  yang  mampu  serta  ingin  meng- upgrade pelayanan kesehatan non medisnya. Dengan berlakunya kebijakan baru CoB BPJS Kesehatan ini, sebanyak 23 perusahaan AKT pun siap menjadi mitra BPJS Kesehatan. Meski BPJS Kesehatan telah melakukan sejumlah upaya untuk menyempurnakan implementasi CoB, masih terdapat tantangan yang harus dihadapi. Di antaranya, kesiapan AKT untuk memperbanyak variasi produk asuransi.

Mediaasuransinews.co.id - 01/03/2017

http://mediaasuransinews.co.id/2017/03/01/bpjs-kesehatan-siap-terapkan-aturan-baru-cob/

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.358

IHSG

5.425,78

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF