AAJI Daily News - 20 Februari 2017


Tanggal terbit (20 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. 2017, Premi Bancassurance Bakal Meningkat Pesat
  2. Tenaga Pemasar Bertambah
  3. Pendapatan Asuransi Jiwa Rp 208,92 T
  4. (Berita Photo) Investasi Asuransi Jiwa Melonjak
  5. AJB Incar Premi Rp 1,5 T
  6. AJB Bidik Pertumbuhan 25%
  7. Asuransi Jiwa Bumiputera Targetkan Premi Tumbuh 25%
  8. FWD Life Buka Kantor Pemasaran Di Batam
  9. (Berita Photo) Pembukaan Kantor Pemasaran
  10. (Berita Photo) Perluas Jangkauan

MENGENAI AAJI

2017, Premi Bancassurance Bakal Meningkat Pesat

Tutup tahun 2016, kinerja industri asuransi jiwa semakin memperlihatkan kemajuan pertumbuhan Industri yang baik dan seiring  dengan pertumbuhan perekonomian nasional yang  berangsur membaik. Industri asuransi jiwa mencatat kinerja yang kuat sepanjang tahun 2016, di mana secara keseluruhan Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa mengalami peningkatan di atas 50%, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015. Dengan hasil perolehan ini, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) berpendapat bahwa industri asuransi jiwa nasional terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, didasari antara lain oleh tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa yang meningkat. Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim, dalam konferensi dengan media, Kamis (16/2/2017) menyampaikan, total pendapatan (income) industri asuransi jiwa di akhir tahun 2016 mencatat pertumbuhan yang sangat baik sebesar 57,4%, menjadi Rp208,92 triliun jika dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Total pendapatan premi merupakan penyumbang terbesar terhadapTotal Pendapatan industri asuransi jiwa, yaitu 80%.

Investor Daily – 20/02/2017, Hal. 23

Narasumber :

-            Hendrisman Rahim, Ketua Umum AAJI

Tenaga Pemasar Bertambah

Minat menjadi tenaga pemasar asuransi makin tinggi. Tahun lalu jumlah tenaga pemasar asuransi naik 6% secara year on year (yoy) menjadi 543.192 orang. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menjelaskan, agen menjadi penyumbang tenaga pemasar di industri asuransi jiwa mencapai 493.264 oang.  Total jumlah agen tahun lalu meningkat sebesar 4,8% dibanding posisi akhir 2015. Segmen kedua dengan tenaga pemasar terbesar adalah dari bancassurance mencapai 26.374 orang naik 7,1% secara tahunan. Terakhir, pemasar dari distribusi alternatif yang jumlahnya naik 34,7% mencapai 23.554 orang. Pertumbuhan jumlah tenaga pemasar ini ikut menyumbang pertumbuhan premi yang dinikmati industri asuransi jiwa sebesar 29,8% menjadi Rp 167 triliun. Selain ikut menumbuhkan bisnis, Togar menyebut, makin banyaknya jumlah tenaga pemasar ikut mendorong tingkat literasi keuangan di masyarakat terutama soal asuransi jiwa.

Harian Kontan – 20/02/2017, Hal. 24

Narasumber :

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif AAJI

Pendapatan Asuransi Jiwa Rp 208,92 T

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total pendapatan industri asuransi jiwa pada 2016 mencapai Rp208,92 triliun atau naik 57,4% dibanding tahun sebelumnya.  Hal tersebut memperlihatkan bahwa industri asuransi  jiwa  nasional  terus  tumbuh  secara  berkelanjutan  seiring  tingkat  kesadaran  masyarakat  akan pentingnya  asuransi  jiwa  yang  juga  meningkat.  "Total  pendapatan  industri  asuransi  jiwa  di  akhir  2016 mencapai Rp208,92 triliun atau naik 57,4% dibanding periode sama 2015. Pendapatan premi penyumbang terbesar pendapatan industri ini, yakni 80%," kata Ketua Umum AAJI Hendrisman Rahim dalam konferensi pers kinerja industri asuransi jiwa 2016 di Rumah AAJI, Jakarta, Kamis (16/2/2017). Menurutnya, pertumbuhan total premi baru dan premi lanjutan mendorong peningkatan 2016 sebesar 29,8% menjadi Rp167,04 triliun daripada tahun sebelumnya yang sebesar Rp128,66 triliun.  "Peningkatan total pendapatan premi didukung pertumbuhan dari saluran bancassurance naik 74,1%, sehingga berkontribusi 43,3% dari total premi asuransi jiwa. Lalu saluran distribusi keagenan naik 6,2% dan saluran distribusi alternatif tumbuh 14,7%," tuturnya.

Suara Merdeka – 17/02/2017, Hal. 5

Narasumber :

  • Hendrisman Rahim, Ketua Umum AAJI

Berita Serupa :

  • Binsis.com - 16/02/2017 2016, Premi Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 29,8%

http://finansial.bisnis.com/read/20170216/215/629368/-2016-premi-industri-asuransi-jiwa-tumbuh- 298

  • Bisnis.con - 16/02/2017 ASURANSI JIWA: Hasil Investasi 2016 Melonjak Lebih Dari 2.000%

http://finansial.bisnis.com/read/20170216/215/629371/asuransi-jiwa-hasil-investasi-2016-melonjak-lebih- dari-2.000

http://keuangan.kontan.co.id/news/pemasar-asuransi-jiwa-2016-mencapai-543192-orang

−    Mediaasuransinews.co.id - 17/02/2017 Premi Industri Asuransi Jiwa Tumbuh Luar Bisa Sepanjang 2016

https://mediaasuransinews.co.id/2017/02/17/premi-industri-asuransi-jiwa-tumbuh-luar-bisa-sepanjang-2016/

  • Tempo.co - 17/02/2017  Kuartal IV, Pendapatan Asuransi Jiwa Tumbuh 57 Persen

https://m.tempo.co/read/news/2017/02/16/090847175/kuartal-iv-pendapatan-asuransi-jiwa- tumbuh-57-persen

  • Okezone.com - 16/02/2017 Total Pendapatan Asuransi Jiwa 2016 Tembus Rp208 Triliun

http://economy.okezone.com/read/2017/02/16/320/1620008/total-pendapatan-asuransi-jiwa-

2016-tembus-rp208-triliun?utm_source=finance_bt

  • Pikirianrakat.com - 16/02/2017 2016, Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 57,4 Persen

http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2017/02/16/2016-industri-asuransi-jiwa-tumbuh-574-

persen-393660

  • Analisadaily.com - 17/02/2017 Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Rp208,92 Triliun

http://harian.analisadaily.com/ekonomi/news/pendapatan        -industri-asuransi-jiwa-rp20892-

triliun/320579/2017/02/17

(Berita Photo) Investasi Asuransi Jiwa Melonjak

Bisnis Indonesia – 18/02/2017, Hal. 4

INDUSTRI ASURANSI JIWA

AJB Incar Premi Rp 1,5 T

Pasca beroperasi, PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB) menargetkan perolehan premi Rp 1,4 triliun-Rp 1,5 triliun di tahun ini. PT AJB telah menetapkan strategi bisnis jangka pendek dan panjang agar target tercapai. Direktur Utama PT AJB Wiroyo Karsono mengatakan, strategi jangka pendek dengan menjadi 10 besar perusahaan asuransi di Indonesia. Caranya dengan merilis produk baru dan cross sell kepada 6,5 juta pemegang polis AJB Bumiputera. Sementara strategi jangka panjangnya dengan ekspansi agen ke segmen menengah atas lewat pengembangan telemarketing dan bancassurance. Nantinya seluruh usaha asuransi seperti penjualan polis baru dialihkan ke AJB, sehingga bisa berkontribusi terhadap AJB Bumiputera "Tapi ini bukan hadiah tapi pembayaran atas penggunaan intagible asset AJB Bumiputera yang dipakai PT AJB seperti nama Bumiputera, jaringan, SDM dan agen," terang Wiroyo, Minggu (19/2).

Harian Kontan – 20/02/2017, Hal. 24

AJB Bidik Pertumbuhan 25%

Manajemen PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) optimistis pertumbuhan premi bisnis baru perseroan hingga akhir 2017 dapat mencapai 20%-25% dari perolehan tahun lalu sekitar Rp1,2 triliun. Hal itu dikemukakan Direktur Utama PT AJB Wiroyo Karsono di Jakarta, akhir pekan lalu "Kami melihat potensi luar biasa dan strategi manajemen. Kami juga memperkuat proses bisnis untuk meningkatkan layanan nasabah dan agen serta memastikan 25 ribu agen Bumiputera tetap produktif. Dua hingga tiga tahun ke depan Bumiputera bisa kembali masuk 10 besar  perusahaan asuransi di Indonesia," kata Wiroyo. PT AJB resmi diluncurkan pada 12 Februari 2017, bertepatan dengan peringatan 105 tahun Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB). Untuk merealisasikan target masuk 10 besar itu, lanjut Wiroyo, pihaknya telah meluncurkan produk baru dan cross sell kepada 6,5 juta pemegang polis AJBB. Sementara itu, strategi jangka panjang ialah ekspansi ke segmen menengah atas, pengembangan channel telemarketing, dan bancassurance.

Media Indonesia – 20/02/2017, Hal. 10

Asuransi Jiwa Bumiputera Targetkan Premi Tumbuh 25%

Manajemen PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) menargetkan pertumbuhan premi bisnis baru sebesar 20-25% dari  perolehan pada  2016  sebesar  Rp1,2  triliun,  saat  masih  di  bawah  bendera  Asuransi  Jiwa  Bersama Bumiputera 1912 (AJBB).  Hal itu melihat potensi yang ada di Bumiputera dan strategi yang ditetapkan manajemen.  “Prioritas  utama  kami  meningkatkan  etos  kerja  dan  kompetensi  karyawan.  Kami  juga memperkuat  proses  bisnis  dalam  rangka  meningkatkan  pelayanan  kepada  nasabah  dan  agen serta memastikan  25.000  agen  Bumiputera  tetap   produktif,” ujar   Direktur  Utama  PT AJB Wiroyo Karsono dalam  keterangan       tertulisnya      kemarin.   Wiroyo  optimistis,    dalam    waktu    2-3    tahun  ke depan, Bumiputera      bisa kembali  masuk  10 besar  perusahaan asuransi di Indonesia. Dia menjelaskan, strategi jangka  pendek  untuk merealisasikan  target  masuk 10 besar itu adalah dengan meluncurkan produk baru dan  cross  sell  kepada 6,5 juta pemegang polis AJBB. Sedangkan, strategi jangka panjang adalah melakukan ekspansi agency ke segmen menengah  atas, pengembangan  channel  telemarketing  dan bancassurance Langkah-langkah  itu  juga  untuk menepis  isu  negatif yang masih menyelimuti Bumiputera.  “Bumiputera bisa kembali diperhitungkan setelah berbagai isu negatif tentang Bumiputera berlalu.

Investor Daily – 20/02/2017, Hal. 23

Berita Serupa :

  • Koran Sindo – 20/02/2017, Hal. 19 AJB Bumiputera Targetkan Bisnis Baru Tumbuh 25%

FWD Life Buka Kantor Pemasaran Di Batam

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) resmi membuka kantor pemasaran ke-8 di kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Langkah perusahaan asuransi jiwa berbasis digital ini, merupakan komitmen perseroan dalam memperluas jangkauan pasar asuransi di wilayah Indonesia Bagian Barat, setelah sebelumnya FWD Life telah hadir di Medan, Sumatera Utara dan Palembang. Batam merupakan kawasan strategis untuk mendukung FWD Life dalam menjaring semakin banyak masyarakat, sehingga dapat menopang bisnis perusahaan terutama penetrasi akan produk dan layanan serta meningkatkan jumlah agen FWD Life. Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani mengatakan, FWD Life telah mencatat pertumbuhan bisnis yang positif sejak pertama berdiri pada tahun 2014. Kinerja bisnis tersebut memicu kebutuhan perusahaan untuk terus melakukan ekspansi di beberapa kota besar, salah satunya Batam.

http://keuangan.kontan.co.id/news/fwd-life-buka-kantor-pemasaran-di-batam

(Berita Photo) Pembukaan Kantor Pemasaran

Harian Kontan – 20/02/2017, Hal. 24

(Berita Photo) Perluas Jangkauan

Media Indonesia – 18/02/2017, Hal. 14

 

USD/IDR

13.347

IHSG

5.367,20

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF