AAJI Daily News - 21 Maret 2017


Tanggal terbit (21 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Prudential Indonesia Luncurkan PRUprime Healthcare
  2. Sinarmas MSIG Life Bidik 5 Partner Baru
  3. Aset DPLK Tugu Mandiri Capai Rp2,5 Triliun
  4. Panin Dai Ichi Life Hadirkan Inovasi Layanan Klaim Asuransi
  5. ACA Wisuda 61 Orang Talent “Magang Beasiswa dan Professional Insurance”
  6. Marein Selenggarakan Executive Meeting Mengenai Finre
  7. (SEREMONIA) Kerja Sama “Bancassurance” antara Asuransi Jiwa Indosurya Sukses dan PT Bank Andara
  8. (SEREMONIA) Commonwealth Life dan Commonwealth Bank Ajak Nasabah Berdiskusi di 2017 Market Outlook
  9. (Occasion) Penandatanganan Kerjasama Bancassurance Indosurya Life dengan Bank Andara dengan
  10. Model Bisnis Refrensi
  11. (Berita Photo) Rapid Claim 30’ Panian Dai-ichi Life
  12. (BeritaPhoto) Program bebas Bicara FWD Life
  13. OJK Dorong 50% IKNB Investasi di SBN

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Prudential Indonesia Luncurkan PRUprime Healthcare

Prudential Indonesia meluncurkan produk baru, yaitu PRUprime Healthcare, di Kota Batam. Dengan produk ini, diharapkan nasabah Prudential mendapatkan jaminan asuransi rawat inap yang komprehensif berskala global. "PRUprime Healthcare merupakan inovasi yang menunjukkan komitmen Prudential akan solusi rawat inap yang benar-benar komprehensif, global, dan dengan manfaat berkembang. Pelayanan berlaku di seluruh dunia," kata Managing Director Agency Value Creation & Innovation Prudential Indonesia Luskito Hambali pada acara peluncuran PRUprime Healthcare di Hotel Pacific Batam, Rabu (8/3/2017). Khusus di Kota Batam, sudah ada beberapa rumah sakit yang melayani nasabah PRUprime Healthcare, di antaranya Rumah Sakit Awal Bros dan Rumah Sakit Elisabeth. Ia mengatakan produk ini memiliki beberapa keunggulan seperti PRUprime limit booster, yaitu dana tambahan hingga Rp35 miliar bila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai.

Majalah Investor – Edisi Maret 2017, Hal. 14

Sinarmas MSIG Life Bidik 5 Partner Baru

Untuk mengembangkan jalur distribusi bancassurance, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG) berencana menambah lima bank mitra pada tahun ini. Bersamaan dengan itu, Sinarmas MSIG juga akan meluncurkan empat produk anyar untuk mengejar pertumbuhan di atas 20%. "Penambahan lima partner baru kini sedang dalam proses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembukaan jalur distribusi baru tersebut akan menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan," kata President Director Sinarmas MSIG Life Premraj Thuraisingam dalam sebuah diskusi di Jakarta, kemarin (Rabu, 22/2). Menurut Premraj, pihaknya mengembangkan bancassurance dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Meskipun ia harus mengedukasi nasabah, peluang Sinarmas MSIG tumbuh dengan menyasar segmen kelas menengah baru tahun ini masih besar.

Majalah Investor – Edisi Maret 2017, Hal. 14

Aset DPLK Tugu Mandiri Capai Rp2,5 Triliun

Dana Pensiun Lembaga Pensiun Keuangan Tugu Mandiri mencatatkan total aset senilai Rp2,5 triliun sepanjang 2016. Direktur Keuangan dan Investasi PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri Daneth Fitrianto mengatakan peningkatan aset DPLK tidak terlepas dari peningkatan peningkatan yang signifikan pada dana kelolaan PPUKP. Dari total aset yang mencapai Rp2,5 triliun, PPUKP berkontribusi hingga 50%.Padahal, jelasnya, pada akhir 2015 kontribusi PPUKP pada aset DPLK Tugu Mandiri baru mencapai kisaran Rp10 miliar. “Sekarang aset PPUKP Tugu Mandiri sudah mencapai 1,3 triliun,” jelasnya kepada Bisnis, Senin (20/3/2017). Daneth menilai secara industri lonjakan dana kelolaan PPUKP juga bisa dikaitkan dengan peningkatan kesadaran dan kepatuhan perusahaan untuk mencadangkan pesangon. Di sisi lain, jelasnya, terdapat juga desakan dari para pekerja kepada perusahaannya untuk memindahkan pengelolaan pesangon mereka ke pihak ketiga, yakni DPLK. “Perusahaan sudah mulai sadar, walaupun belum 100% funded. Daripada dikelola sendiri, karyawan mendorong agar dikelola DPLK,” jelasnya.

Bisnis.com - 20/03/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170320/215/638690/aset-dplk-tugu-mandiri-capai-rp25-triliun

Panin Dai Ichi Life Hadirkan Inovasi Layanan Klaim Asuransi

Direktur PT Panin Dai-Ichi Life Andrew Bain (kiri) bersama Direktur Kenichi Fukuda memperkenalkan fitur layanan klaim cepat RAPID CLAIM 30′ di Jakarta, Jum’at (17/3/17). RAPID CLAIM 30′ adalah layanan prima untuk proses klaim nasabah dengan mudah dan cepat yang dapat dinikmati oleh pemegang polis Panin Dai- Ichi Life, dimana hanya dalam waktu 30 menit, nasabah bisa mendapatkan konfirmasi persetujuan klaim secara instan. Jenis klaim yang berlaku untuk layanan ini adalah klaim kesehatan dan klaim meninggal dun ia sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Mediaasuransinews.co.id - 20/03/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/03/20/panin-dai-ichi-life-hadirkan-inovasi-layanan-klaim-asuransi/

ACA Wisuda 61 Orang Talent “Magang Beasiswa dan Professional Insurance”

Presiden Direktur ACA, Teddy Hailamsah. Selaku Kepala Direktorat Human Capital and General Administra- tion  ACA   dan                penggagas   PIP,   Dr.   A.   Anton   Lie, Presiden Direktur ACA,   Teddy   Hailamsah   (kedua dari   kiri)   disaksikan   Kepala Direktorat   Human   Capital   and   General Administration ACA dan penggagas PIP, Dr. A. Anton Lie (kiri), memberikan sertifikat kepada peserta Program Magang Beasiswa angkatan XXII serta  Professional  Insurance  Program Batch V, VI dan VII di Jakarta, Kamis (13/3/17).  Program   Magang Beasiswa   ACA  merupakan  program  pengembangan  internal  talent  yang dirancang untuk menghasilkan karyawan yang mampu mendukung peningkatan kompetensi bidang Asuransi Umum (General Insurance). Program ini  merupakan program untuk memberikan kesempatan kepada siswa/i lulusan  SMA/sederajat yang  kurang  mampu  secara  financial,  namun  memiliki  prestasi  akademis  yang cemerlang.

Mediaasuransinews.co.id - 20/03/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/03/20/aca-wisuda-61-orang-talent-magang-beasiswa-dan- professional-insurance/

Marein Selenggarakan Executive Meeting Mengenai Finre

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Firdaus Djaelani (empat dari kiri bawah) didampingi Presiden Direktur Marein Robby Loho (tiga dari kiri bawah) berfoto bersama dengan peserta Executive Meeting, di Jakarta, Selasa (14/3/17).  PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (Marein) menyelenggarakan Executive Meeting dengan tema Capital Solution/Financial Reinsurance yang dihadiri oleh CEO,COO dan aktuaris beberapa perusahan asuransi jiwa. Hadir juga sebagai pembicara dari Munich Re yakni Mr. Maple Lam, Head of Business Development Asia Pacific, Middle East & Africa dan Mr. Graham Bancroft, Head of Structured Solutions Asia Pacific, Middle East & Africa.

Mediaasuransinews.co.id - 20/03/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/03/20/marein-selenggarakan-executive-meeting-mengenai-finre/

(SEREMONIA) Kerja Sama “Bancassurance” antara Asuransi Jiwa Indosurya Sukses dan PT Bank Andara

PT. Asuransi Jiwa Indosurya Sukses (Indosurya Life) kembali mengembangkan sayap bisnisnya dengan menandatangani kerjasama Bancassurance dengan PT Bank Andara (Part Family members of APRO Financial Service Group) untuk melakukan kerjasama asuransi jiwa kredit. Penandatanganan kerjasama ini guna menyediakan program asuransi jiwa kredit yang dirancang untuk memberikan Jaminan Perlindungan bagi nasabah Bank Andara, dari kerugian keuangan akibat datangnya musibah yang tidak terduga karena sakit dan kecelakaan. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Wakil Direktur Indosurya Life Bpk. Kukuh Prihadi dan Bpk. Antonius H. Danurdoro (Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Bank Andara).

Kompas – 21/03/2017, Hal. 4

(SEREMONIA) Commonwealth Life dan Commonwealth Bank Ajak Nasabah Berdiskusi di 2017 Market Outlook

Pada Senin (13/3) Commonwealth Life berkolaborasi dengan Commonwealth Bank mengundang nasabah bancassurance pada acara 2017 Market Outlook – Indonesian Economy : “Opportunities and Challenges” dengan menghadirkan pengamat ekonomi Faisal Basri. Acara yang berlangsung di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, ini juga dihadiri oleh Presiden Direktur Commonwealth Life Elvis Liongosari dan Direktur Retail Banking Commonwealth Bank Rustini Dewi.

Kompas – 21/03/2017, Hal. 4

(Occasion) Penandatanganan Kerjasama Bancassurance Indosurya Life dengan Bank Andara dengan Model Bisnis Refrensi

PT. Asuransi Jiwa Indosurya Sukses (Indosurya Life) kembali mengembangkan sayap bisnisnya dengan menandatangani kerjasama Bancassurance dengan PT Bank Andara (Part Family members of APRO Financial Service Group) untuk melakukan kerjasama asuransi jiwa kredit. Penandatanganan kerjasama ini guna menyediakan program asuransi jiwa kredit yang dirancang untuk memberikan Jaminan Perlindungan bagi nasabah Bank Andara, dari kerugian keuangan akibat datangnya musibah yang tidak terduga karena sakit dan kecelakaan. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Wakil Direktur Indosurya Life Bpk. Kukuh Prihadi dan Bpk. Antonius H. Danurdoro (Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Bank Andara). Seremoni penandatanganan kerjasama ini dilaksanakan di Hotel Le Grandeur Mangga Dua Jakarta, pada 10 Maret 2017. Acara dilanjutkan dengan pertukaran plakat secara simbolis dan foto bersama.

Bisnis Indonesia – 21/03/2017, Hal. 24

(Berita Photo) Rapid Claim 30’ Panian Dai-ichi Life

Investor Daily – 21/02/2017, Hal. 23

(BeritaPhoto) Program bebas Bicara FWD Life

Tribunnews.com - 21/03/2017

http://www.tribunnews.com/images/regional/view/1693317/program-bebas-bicara-fwd-life

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

OJK Dorong 50% IKNB Investasi di SBN

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperbesar porsi kewajiban investasi berupa pembelian Surat Berharga Negara (SBN) oleh Industri Keuangan Non Bank (IKNB) di tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Firdaus Djaelani mengungkapkan, peningkatan porsi investasi di SBN pemerintah ini tetap mengacu pada aturan yang dibentuk OJK pada awal tahun lalu, yakni Peraturan OJK (POJK) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Investasi SBN bagi Lembaga Jasa Keuangan Non Bank. Berdasarkan landasan hukum tersebut, asuransi jiwa memiliki kewajiban untuk melakukan investasi di SBN pemerintah sebanyak 30 persen dari total investasi perusahaan. Lalu, asuransi umum berkewajiban investasi di SBN pemerintah sebanyak 20 persen dari total investasi perusahaan. Sedangkan lembaga penjamin syariah memiliki porsi kewajiban sebesar 20 persen dari seluruh investasi lembaga penjaminan dan lembaga dana pensiun memiliki porsi kewajiban sebanyak 30 persen dari seluruh jumlah investasi dana pensiun pemberi kerja.

Investor Daily – 21/03/2017, Hal. 23

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.307

IHSG

5.546,87

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF