AAJI Daily News - 22 Mei 2017


Tanggal terbit (22 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. AJB Targetkan Premi Tumbuh 25%
  2. PS Asuransi Bumiputera: Juni Harus Ada Kejelasan Right Issue
  3. Aset IKNB Bakal Tumbuh Signifikan
  4. Juni Harus Ada Kepastian Rights Issue
  5. Jumlah Tenaga Aktuaris Masih Minim
  6. Danamon-Manulife Luncurkan Produk Proteksi Prima Amanah
  7. Simas Kid Insurance Amankan Dana Pendidikan Anak
  8. Asuransi Jiwa Sinarmas Targetkan 1.000 Nasabah Baru
  9. (Berita Photo) Kerja Sama
  10. (Berita Photo) program sehat pensiun
  11. (Berita Photo) Layanan Kesehatan
  12. Ada Aturan Pembukaan Informasi Keuangan, Dana Nasabah Tidak Terganggu
  13. BI: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Diikuti Peningkatan Investasi Baru

INDUSTRI ASURANSI JIWA

AJB Targetkan Premi Tumbuh 25%

PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) menargetkan, pendapatan premi tahun ini tumbuh 20-25%. Sementara itu, hingga Maret 2017, AJB membukukan premi Rp 50 miliar per bulan, premi tersebut diperoleh dari 12 ribu pemegang polis. "Kami baru resmi beroperasi pada Maret 2017. Pertumbuhan premi lumayan bagus sekitar Rp 50 miliar per bulan, itu dari sekitar 12 ribu pemegang polis," kata Direktur Utama AJB Wiroyo Karsono di sela acara penandatanganan kerja sama cash management AJB dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) di Jakarta, Kamis (18/5). Wiroyo menegaskan, tahun ini adalah masa konsolidasi dengan memperkuat fundamental layanan. "Kami punya produk yang mirip (dengan AJBB 21912), tetapi kami modifikasi.

Investor Daily – 20-21/05/2017, Hal. 8

PS Asuransi Bumiputera: Juni Harus Ada Kejelasan Right Issue

Pengelola Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB) memberikan tenggat hingga Juni 2017 kepada PT Evergreen Invesco Tbk. untuk merealisasikan suntikan dana kepada PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB). PS AJBB bidang SDM, Umum dan Komunikasi Adhie Massardi menjelaskan dalam rencana yang disusun suntikan dana senilai Rp2 triliun akan masuk ke AJB, cucu usaha AJBB, melalui right issue yang dilakukan PT Evergreen Invesco Tbk. Kendati terus tertunda, dia mengatakan PS memberikan tenggat realisasi aksi korporasi emiten dengan kode saham GREN itu pada akhir semester pertama ini. “Juni harus ada kepastian dari right issue itu,” ungkapnya kepada Bisnis, Minggu (21/5/2017). Adhie mengatakan pihak GREN sebenarnya telah menyatakan bahwa right issue tersebut dapat dilakukan antara Mei atau Juni 2017.

Bisnis.com – 22/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170522/215/655736/ps-asuransi-bumiputera-juni-harus-ada-kejelasan- right-issue

Aset IKNB Bakal Tumbuh Signifikan

Presiden Direktur PT Maskapai Reasuransi Indonesia Indonesia Tbk. (Marein) Roby Loho menyatakan akan merealisasikan sejumlah rencana pengembangan bisnis untuk mencapai target pertumbuhan aset sepanjang 2017 yang diperkirakan bisa mencapai Rp2,51 triliun atau naik 37,3% jika dibandingkan dengan total aset pada tahun sebelumnya yaitu Rp1,83 triliun. Dia menuturkan, total aset pada tahun ini diprediksi bisa meningkat, karena perusahaan juga menargetkan peningkatan yang signifikan dari sisi perolehan premi, laba dan hasil investasi. Sepanjang 2017, perseroan menargetkan pendapatan premi bisa mencapai Rp1,9 triliun atau naik 31,3% secara year-on-year (yoy). “Kontributor utama terhadap pertumbuhan premi hingga akhir tahun ini diprediksi masih akan berasal dari lini bisnis reasuransi jiwa dengan porsi sekitar 60%, sedangkan 40% sisanya berasal dari lini bisnis reasuransi umum,” kata Roby pada akhir pekan lalu.

Bisnis Indonesia – 22/05/2017, Hal. 25

Juni Harus Ada Kepastian Rights Issue

Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB), bidang SDM, Umum dan Komunikasi, Adhie Massardi menjelaskan, dalam rencana yang disusun, suntikan dana itu akan masuk ke PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB), cucu usaha Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJBB), melalui rights issue yang dilakukan PT Evergreen Invesco Tbk. (GREN). Kendati terus tertunda, dia mengatakan PS memberikan tenggat realisasi aksi korporasi emiten dengan kode saham GREN itu pada akhir semester I. “Juni harus ada kepastian dari rights issue itu,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (21/5). Adhie mengatakan pihak GREN sebenarnya telah menyatakan bahwa rights issue itu dapat dilakukan antara Mei atau Juni 2017.

Bisnis Indonesia – 22/05/2017, Hal. 26

Jumlah Tenaga Aktuaris Masih Minim

Perusahaan asuransi AXA Indonesia terus mendorong bertambahnya tenaga aktuaris di Indonesia. Keahlian ini sangat diperlukan seiring berkembangnya industri jasa keuangan di Tanah Air. Berdasarkan data yang terdaftar dalam Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), saat ini jumlah aktuaris baru sekitar 400 orang. Jumlah tersebut dinilai masih kurang karena kebutuhannya cukup tinggi. Chief Corporate Affairs Officer AXA Indonesia Benny Waworuntu mengatakan, kebutuhan industri terus meningkat seiring dengan semakin berkembangnya industri jasa keuangan. Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencanangkan program 1.000 aktuaris. ”Kami bekerja sama dengan UGM (Universitas Gajah Mada) dalam mengembangkan tenaga aktuaris profesional masa depan guna membantu perkembangan jasa keuangan nasional,” kata Benny di sela-sela program Siswa Cerdas Siswa Mandiri yang digelar di SMA Negeri 1 Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (20/5).

Sindo – 22/05/2017, Hal. 19

Danamon-Manulife Luncurkan Produk Proteksi Prima Amanah

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) menjalin kerjasama dengan Manulife  Indonesia melucurkan produk Proteksi Prima Amanah (PPA). Produk ini merupakan asuransi jiwa berjangka waktu yang menggunakan prinsip syariah. Lewat produk ini, para nasabah akan terlindung dari risiko hilangnya pendapatan serta berdampak finansial yang muncul akibat kejadian yang tak terduga seperti kematian atau cacat total permanen. Proteksi Prima Amanah (PPA) ditawarkan melalui jaringan sales dan distribution Bank Danamon Indonesia. “Ini merupakan kerjasama sama pertama Bank Danamon Indonesia dengan Manulife untuk produk asuransi jiwa berjangka berbasis syariah,” ujar Direktur Syariah dan Operation Bank Danamon Herry Hykmanto, di Mataram, Jumat, 19 Mei 2017.

Infobanknews.com - 19/05/2017

http://infobanknews.com/danamon-manulife-luncurkan-produk-proteksi-prima-amanah/

Simas Kid Insurance Amankan Dana Pendidikan Anak

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) menggandeng PT Bank Sinarmas Tbk untuk meluncurkan Simas Kid Insurance. Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan Direktur Sinarmas MSIG Life Hamid Hamzah dan Group Head National Sales and Distribution Bank Sinarmas Miko Andidjaja di Festival Citylink, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/5/2017). Direktur Sinarmas MSIG Life Hamid Hamzah mengatakan pendidikan yang menawarkan beragam manfaat tidak hanya untuk tertanggung tapi juga pemegang polis. Simas Kid Insurance memberikan pembayaran manfaat secara berkala di setiap kenaikan jenjang pendidikan dengan pilihan kemudahan sistem pembayaran tahunan, semester, triwulan, dan bulanan. "Setiap orang tua ingin mempersiapkan yang terbaik bagi anak, termasuk pendidikan. Namun, biaya pendidikan selalu meningkat sekitar 10% setiap tahunnya.

Wartaekonomi.co.id -21/05/2017

http://m.wartaekonomi.co.id/berita141858/simas-kid-insurance-amankan-dana-pendidikan-anak.html

Asuransi Jiwa Sinarmas Targetkan 1.000 Nasabah Baru

Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG membidik sekitar 600-1.000 nasabah baru di Indonesia untuk produk asuransi terbarunya Simas Kid Insurance atau asuransi pendidikan untuk anak. "Jawa Barat adalah pasar yang besar dan potensial untuk produk asuransi kita setelah Jakarta dan Medan, kami targetkan sekitar 600 hingga 1.000 nasabah baru untuk produk Simas Kid Insurance," kata Group Head Product Liabilities Bank Sinarmas Untung Kurniawadi, di Bandung, Minggu. Menurut dia, selain memiliki pelanggan yang relatif besar di Jawa Barat, produktivitas Bank Sinarmas di Jawa Barat di kuartal pertama 2017 juga menggembirakan, yaitu 36 persen lebih besar dari target awal.

Wartaekonomi.co.id - 21/05/2017

http://m.wartaekonomi.co.id/berita141839/asuransi-jiwa-sinarmas-targetkan-1000-nasabah-baru.html

(Berita Photo) Kerja Sama

Investor Daily – 20-21/05/2017, Hal. 8

(Berita Photo) program sehat pensiun

Investor Daily – 22/05/2017, Hal. 15

(Berita Photo) Layanan Kesehatan

Kontan – 22/05/2017, Hal. 24

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

Ada Aturan Pembukaan Informasi Keuangan, Dana Nasabah Tidak Terganggu

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan. Aturan ini berlaku sejak diundangkan, yakni 8 Mei 2017. Aturan ini diterbitkan untuk kepentingan perpajakan guna memenuhi standar kebijakan internasional terkait Automatic Exchange of Information (AEoI). Otomatis, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan pemerintah bisa mengintip data nasabah yang ada di perbankan. Sempat ada kekhawatiran bahwa aturan ini akan menyebabkan terjadinya perpindahan dana nasabah. Sehingga, dana pihak ketiga (DPK) perbankan dikhawatirkan bakal tergerus. Meskipun demikian,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  bahwa aturan tersebut tidak membuat DPK perbankan terganggu. Pasalnya, kerahasiaan bank tetap dikedepankan.

Kompas.com - 18/05/2017

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/05/18/221948026/ada.aturan.pembukaan.informasi.keuang

an.dana.nasabah.tidak.terganggu

BI: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Diikuti Peningkatan Investasi Baru

Bank Indonesia menilai pertumbuhan ekonomi nasional yang dicanangkan pada kisaran 5,4%-6,1% tahun depan harus diikuti oleh peningkatan investasi baru. Selain itu, bank sentral beranggapan pertumbuhan ekonomi yang tinggi harus bersifat sustainable atau berkelanjutan, serta tidak memberikan tekanan kepada inflasi dan nilai tukar. Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengungkapkan kunci untuk tumbuh di atas 5,6% adalah investasi baru sehingga kemampuan PDB potensial kita meningkat. "Untuk menjadi PDB potensial itu meningkat kuncinya new investment, membeli mesin baru atau mendirikan pabrik baru, yang akhirnya pada saat ada tekanan di PDB actual kita itu tidak akan memberikan dorongan kepada inflasi," ujarnya, Jumat (19/5).

Bisnis.com - 21/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170521/9/655692/bi-pertumbuhan-ekonomi-perlu-diikuti-peningkatan-

investasi-baru

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.293

IHSG

5.828,35

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

 

DOWNLOAD PDF