AAJI Daily News - 23 Mei 2017


Tanggal terbit (23 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Marein Yakin Raih Laba Rp 166 Miliar
  2. Marein Tagetkan Laba Rp 166 Miliar
  3. Tahun Ini Marein Kejar Premi Rp 1,9 Triliun
  4. Secercah Harapan Lini Keagenan
  5. Cigna Perkuat Keagenan Dan Layanan Digital
  6. FWD Life Ekspansi Ke Sumatera
  7. Bidik Pasar Sumatra, FWD Life Ekspansi Ke Pekanbaru
  8. (Seremonia) Commonwealth Life Resmikan Kantor Pemasaran Ke-26 Di Indonesia
  9. (Berita Photo) Aplikasi FWD Mobile
  10. (Berita Photo) Pembukaan Kantor Cabang
  11. (Berita Photo) Peluncuran Simas Kid Insurance

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Marein Yakin Raih Laba Rp 166 Miliar

Pemain Reasuransi PT Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein) mematok target pertumbuhan laba lebih tinggi dari capaian tahun lalu. Perseroan ini optimistis proyeksi keuntungan di tahun ini bakal terdorong bergairahnya industri reasuransi domestik. Direktur Marein Yanto Wibisono menyebut, sepanjang 2016, pihaknya membukukan laba bersih Rp 135,5 miliar, naik 7,6% dari realisasi 2015. Nah di 2017, perusahaan ini mematok target pertumbuhan laba 13,9% jadi Rp 166 miliar. Menurut Yanto, perolehan laba di tahun ini lantaran target pertumbuhan premi meningkat. Pada 2017, perusahaan ini mengejar premi Rp 1,9 triliun, naik 31,3% secara year-on-year (yoy). Ia mengakui, target pertumbuhan laba yang dipasang lebih rendah ketimbang target kenaikan premi. Hal ini merupakan bagian dari strategi mendukung kinerja jangka panjang.

Kontan – 23/05/2017, hal. 24

Marein Targetkan Laba Rp 166 Miliar

Pemain reasuransi PT Maskapai Reasuransi Indonesia alias Marein mematok target pertumbuhan laba yang lebih tinggi dari capaian tahun lalu. Perseroan optimis capaian keuntungan di tahun ini bakal terdorong makin bergairahnya industri reasuranasi nasional. Direktur Marein Yanto Wibisono menyebut di sepanjang tahun 2016 kemarin pihaknya membukukan laba bersih sebesar Rp 135,5 miliar. Angka tersebut naik 7,6% dari realisasi tahun sebelumnya. Nah untuk tahun ini, perseroan mematok target pertumbuhan laba sebesar 13,9%. Artinya sampai penhujung tahun nanti, target laba yang dikejar Marein berada di angka Rp 166 miliar. Menurut Yanto, perolehan laba di tahun ini diharapkan pada pertumbuhan premi yang dikejar pada tahun ini. Dimana pada 2017 perseroan mengejar perolehan premi sebesar Rp 1,9 triliun alias naik 31,3% dari capaian di tahun kemarin.

Kontan.co.id - 21/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/marein-targetkan-laba-rp-166-miliar

Tahun Ini Marein Kejar Premi Rp 1,9 Triliun

PT Maskapai Reasuransi Indonesia alias Marein optimis kinerja premi masih akan terbantu oleh program optimalisasi kapasitas domestik. Dengan begitu aliran premi reasuransi dari ceding company di dalam negeri masih akan terus bertambah. Direktur Marein Yanto Wibisono bilang pada 2017 ini perseroan mengejar perolehan premi sebesar Rp 1,9 triliun alias naik 31,3% dari capaian di tahun kemarin. Dampak dari aturan ini memang diakuinya masih akan banyak terjadi di segmen reasuransi umum. Dus, kontribusi premi dari segmen ini pun diprediksi akan mengalami kenaikan meski secara komposisi premi dari reasuransi jiwa masih tetap jadi yang dominan.

Kontan.co.id - 21/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/tahun-ini-marein-kejar-premi-rp-19-triliun

Secercah Harapan Lini Keagenan

Sebagai kanal distribusi tertua, lini keagenan sedikit tergerus lantaran beberapa perusahaan mulai gencar melirik kanal distribusi bancassurance. Namun masih ada secercah harapan, karena beberapa perusahaan asuransi berusaha memperkuat kembali kanal keagenan sepanjang tahun ini. Seperti yang dilakukan oleh PT Taspen Life, yang akan merekrut 100 agen pada tahun ini sekaligus menambah kantor cabang pemasaran. “Bulan ini sudah tambah satu kantor lagi dan bertahap di 2017 akan membangun lima kantor lagi,” kata Direktur Utama PT Taspen Life Maryoso Sumaryono kepada Bisnis belum lama ini. Maryoso berharap dengan ekspansi tersebut pihaknya dapat mengoptimalkan pendapatan premi perseroan. “Kami berupaya terus menggenjot pendapatan premi baru dan pengembangan jalur agensi khususnya untuk segmen individu.” Menurut dia, kontribusi premi dari segmen individu cenderung rendah.

Bisnis Indonesia – 23/05/2017, Hal. 21

Cigna Perkuat Keagenan Dan Layanan Digital

Perusahaan asuransi jiwa cigna indonesia terus melakukan peningkatan layanan sekaligus penetrasi pasar untuk menjangkau lebih banyak lagi nasabah. Salah satunya dengan memperkuat jalur distribusi di Jawa Timur melalui peresmian kantor pemasaran baru di Surabaya, sekaligus memperkenalkan inovasi layanan baru lewat aplikasi berbasis digital. “Ini sejalan dengan strategi bisnis Cigna Indonesia untuk mengembangkan multijalur distribusi yang menawarkan solusi perlindungan jiwa dan kesehatan, kami ingin memperkuat bisnis keagenan di wilayah-wilayah potensial,” ujar Direktur Cigna Indonesia Herlin Sutanto dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Koran Sindo – 23/05/2017, Hal. 19

FWD Life Ekspansi Ke Sumatera

PT FWD Life Indonesia lebarkan sayap ke wilayah Sumatera. Pemain asuransi jiwa ini membuka kantor pemasaran di Pekanbaru. Dengan ekspansi ini, kini FWD Life punya sembilan kantor pemasaran di Indonesia. “Kehadiran FWD Life di Pekanbaru merupakan salah satu upaya kami untuk menghadirkan pengalaman dan layanan berasuransi yang berbeda, mudah dan sederhana didukung dengan inovasi teknologi digital," kata Presiden Direktur FWD Life Rudi Kamdani dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/5). Menurutnya pembukaan kantor ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk menjangkau sekitar 6,5 juta jiwa penduduk di Provinsi Riau. Khususnya di Kota Pekanbaru yang punya 1,1 juta jiwa. Wilayah ini merupakan salah satu pendorong pertumbuhan roda ekonomi di Sumatera, khususnya Provinsi Riau. Dimana hingga Kuartal I 2017, Provinsi Riau mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 2.82% atau naik 2.74% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kontan.co.id - 22/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/fwd-life-ekspansi-ke-sumatera

Bidik Pasar Sumatra, FWD Life Ekspansi Ke Pekanbaru

Perusahaan Asuransi FWD Life resmi membuka kantor pemasarannya di Pekanbaru, sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan penetrasi asuransi di Indonesia. FWD Life Indonesia kini memiliki 9 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia dan hadir di 4 kota di Sumatra, termasuk Medan, Palembang dan Batam. Kantor pemasaran di Pekanbaru diresmikan Minggu 21 Mei 2017 di Komplek Riau Bisnis Centre. Presiden Direktur FWD Life, Rudi Kamdani menjelaskan Kehadiran FWD Life di Pekanbaru merupakan salah satu upaya kami untuk menghadirkan pengalaman dan layanan berasuransi yang berbeda, mudah dan sederhana didukung dengan inovasi teknologi digital. “Dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus naik, Pekanbaru juga menjadi pasar penting bagi FWD Life untuk mendekatkan akses masyarakat terhadap rangkaian produk asuransi serta investasi yang inovatif, mulai dari kesehatan, kecelakaan, pendidikan serta pensiun.

Bisnis.com - 22/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170522/215/655900/bidik-pasar-sumatra-fwd-life-ekspansi-ke- pekanbaru

(Seremonia) Commonwealth Life Resmikan Kantor Pemasaran Ke-26 Di Indonesia

Commonwealth Life meresmikan kantor pemasaran baru di Menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih Raya Nomor 75, Menteng, Jakarta, pada Rabu (17/5). Ini merupakan kantor pemasaran ke-26 di Indonesia. Kantor pemasaran ini menjadi salah satu upaya Commonwealth Life dalam memperluas dan meningkatkan kualitas pelayanan melalui akses produk asuransi jiwa yang lebih baik. Peresmian ini dibuka dengan pemotongan pita oleh Presiden Direktur Commonwealth Life.

Kompas - 23/05/2017, Hal.14

(Berita Photo) Aplikasi FWD Mobile

Bisnis Indonesia – 23/05/2017, Hal. 21

(Berita Photo) Pembukaan Kantor Cabang

Kontan – 23/05/2017, Hal. 24

Antarafoto.com - 21/05/2017 (Berita Photo) Peluncuran Simas Kid Insurance

http://www.antarafoto.com/bisnis/v1495364711/peluncuran-simas-kid-insurance

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.291

IHSG

5.761,93

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

 

DOWNLOAD PDF