AAJI Daily News - 26 Mei 2017


Tanggal terbit (29 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Saatnya Berburu Obligasi dan SBN
  2. Masih Pentingkah Peran Agen Asuransi?
  3. Premi Asuransi Syariah Hanya Tumbuh Mini
  4. Manulife Indonesia Gelar CSR Zoning
  5. DPLK Manulife Indonesia Catat Peringkat Tinggi
  6. Hello Astra Life Raih Penghargaan Excellence Award
  7. FWD Life Kreasikan Click To Meet Untuk Pilih Agen
  8. Sambut Ramadhan, Axa Mandiri Luncurkan Program Amal
  9. Kuartal I, Premi Bruto Allianz Life Capai Rp3,03 Triliun
  10. Pendapatan Premi Bruto Allianz Life Tumbuh 33% di Kuartal I 2017
  11. Kuartal I, Allianz Bayar Klaim Rp526 Miliar
  12. MNC Life Kerjasama dengan Bandara Husein Sastranegara, Ini Untungnya!
  13. (Berita Photo) Seminar Agen Asuransi
  14. (Berita Photo) Program Ramadhan
  15. (Berita Photo) Program Tantangan Bulan Ramadan
  16. Ini Tantangan DK-OJK Selanjutnya di Mata Perbanas

MENGENAI AAJI

Saatnya Berburu Obligasi dan SBN

Pelaku industri keuangan nonbank saat ini dinilai perlu memanfaatkan momentum dengan membeli surat berharga negara (SBN) dan obligasi korporasi. Hal itu melihat potensi penurunan imbal hasil instrumen tersebut setelah Indonesia mendapat predikat layak investasi dari Standar and Poor’s pada akhir pekan lalu. Direktur Eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Bambang Sri Muljadi mengatakan setelah diraihnya predikat investment grade, dapat meningkatkan aliran dana asing ke Indonesia, khususnya ke pasar modal, dan meningkatkan permintaan atas instrumen investasi,  termasuk SBN dan obligasi  korporasi. Direktur Eksekutif  Asosiasi  Asuransi  Jiwa  Indonesia  (AAJI)  Togar  Pasaribu  mengatakan  bagi  sektor  asuransi  jiwa pemberian investment grade itu akan meningkatkan potensi hasil investasi sepanjang tahun ini, karena akan meningkatkan  kepercayaan  investor  terhadap  surat utang  yang diterbitkan  oleh  pemerintah  Indonesia. Permintaan akan instrumen ini pun diproyeksikan meningkat, meski juga dapat mempengaruhi imbal hasilnya menjadi lebih kecil. Namun, Togar menilai secara umum kinerja investasi industri asuransi jiwa pada tahun ini mampu bertumbuh optimal.

Bisnis Indonesia – 26/05/2017, Hal. 21

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

Masih Pentingkah Peran Agen Asuransi?

Kepala Departemen Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Nelly Husnayati mengatakan agen asuransi masih memiliki potensi peran penting bagi perkembangan bisnis asuransi. Dia mengatakan bisnis asuransi masih akan terus bertumbuh. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan premi yang ditelah dihimpun oleh industri asuransi. "Premi yang terkumpul hingga 2016 sebesar Rp167 triliun, atau meningkat sekitar 30% dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar Rp128,6 triliun," katanya dalam Seminar Agen Asuransi dengan tema Melangkah Bersama Menuju Agen Asuransi yang Lebih Profesional, yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia dan Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Rabu (24/5/2015).

Bisnis.com - 24/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170524/215/656568/masih-pentingkah-peran-agen-asuransi

Narasumber:

  •   Nelly Husnayati, Kepala Departemen Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Premi Asuransi Syariah Hanya Tumbuh Mini

Kinerja asuransi syariah belum maksimal. Di kuartal I 2017, kontribusi bruto atau premi hanya tumbuh 11%. Pertumbuhan premi asuransi syariah tersebut jauh di bawah pertumbuhan premi asuransi konvensional yang mencapai 28%. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) total premi asuransi syariah per Maret 2017 mencapai Rp 3,03 triliun atau tumbuh 11% secara year on year (yoy). Kontribusi premi asuransi jiwa mencapai Rp 2,3 triliun, sedangkan premi asuransi umum sebesar Rp 513 miliar. Sejumlah perusahaan asuransi seperti PT Reliance Asuransi Indonesia berencana memacu bisnis asuransi syariahnya. Direktur Reliance Asuransi Indonesia Heru Prasetya mengatakan, tahun ini setelah mendapat izin dari OJK, unit usaha syariah ditargetkan dapat berkontribusi Rp 30 miliar atau 8% dari total premi. Hingga kuartal I 2017, Reliance telah menghimpun premi sekitar Rp 100 miliar. Perusahaan ini yakin premi pada kuartal II dan kuartal III akan lebih deras mengalir.

Kontan – 26/05/2017, Hal. 24

Manulife Indonesia Gelar CSR Zoning

Direktur & Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun didampingi Direktur & Chief Financial Officer Manulife Indonesia, Colin Starup berbagai pengetahuan mengenai dasar-dasar perencanaan keuangan   dengan para ibu dan anak-anak binaan taman bacaan perusahaan Pekayonan disela acara CSR Zoning di Bekasi, Jumat (21/4) sampai dengan akhir kuartal keempat 2016, Manulife mencetak perolehan premi bisnis baru sebesar Rp 3,5 triliun atau meningkat 22% dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Majalah Investor – Edisi Mei 2017, Hal. 14

DPLK Manulife Indonesia Catat Peringkat Tinggi

Direktur dan Chief of Employee Benefit PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Karjadi Pranoto, mengklaim dana pensiun lembaga keuangan (DLPK) Manulife Indonesia sebagai salah satu pemegang investasi ekuitas terbesar di industri DPLK. "Kalau dilihat dari 20 hingga 24 pemain DPLK di industri, saat ini posisi Manulife di nomor dua, di bawah DPLK BNI," ujar Karjadi, Selasa (23/5/2017). Karjadi mengatakan berdasarkan capaian per Desember 2016, total aset dana kelolaan Manulife Indonesia mencapai Rp12,431 triliun. Sementara DPLK BNI mencatatkan total dana kelolaan senilai Rp16,88 triliun. "Saat ini total aset dana kelolaan industri mencapai Rp62 triliun. Ini berarti Manulife mengelola 20% dana pensiun dari total industri," kata Karjadi.

Bisnis.com - 24/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170524/215/656351/dplk-manulife-indonesia-catat-peringkat-tinggi

Hello Astra Life Raih Penghargaan Excellence Award

Untuk  kedua  kalinya  Hello  Astra  Life,  layanan  Contact  Center  PT  Astra  Aviva  Life  (Astra  Life)  meraih penghargaan “Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) 2017” untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dengan Grade Exceptional. Penghargaan tersebut diberikan majalah Service Excellence dari Group Majalah Marketing bekerjasama dengan Carre-Center For Customer Satisfaction dan Loyalty (Care CCSL), sebuah lembaga konsultan riset kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dari hasil riset dan penilaian selama periode Juli-Desember 2016 diperoleh Index Service Level yang disebut Contact Center Service Excelle Index (CCSEI) dan dijadikan sebagai patokan untuk mengukur kinerja Contact Center yang ada di Indonesia. 

Majalah Investor – Edisi Mei 2017, Hal. 16

FWD Life Kreasikan Click To Meet Untuk Pilih Agen

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) membuat terobosan dalam menjembatani interaksi nasabah dan agen melalui aplikasi Click to Meet. Dengan aplikasi tersebut seorang calon nasabah bisa memilih agen untuk berkonsultasi mengenai produk atau rencana asuransi yang diinginkannya. Pada aplikasi tersebut akan muncul profil agen, minat atau bidang yang disukai, atau tipe agen. Presiden Direktur FWD Life Rudy Kamdani mengatakan, aplikasi ini merupakan yang pertama di indonesia, dan sesuai dengan visi perusahaan yang ingin mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Majalah Investor – Edisi Mei 2017, Hal. 16

Sambut Ramadhan, Axa Mandiri Luncurkan Program Amal

Memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H, PT AXA Mandiri Financial services (AXA Mandiri) meluncurkan program yang bertajuk #Tantangankebaikan, yang merupakan bagian dari kampanye #RencanakanLebih. Program ini ditujukan untuk mengajak masyarakat untuk berbuat baik melalui hal-hal sederhana, namun berdampak positif bagi sesama dengan memanfaatkan sosial media selama 30 hari di bulan Ramadhan. Dimana masyarakat khususnya netizen yang mengunggah foto kegiatan ke media sosial sesuai tema yang ditentukan. Pada akhir program, AXA Mandiri akan mendonasikan sejumlah uang yang dihitung dari setiap foto yang diunggah.

Bisnis.com - 25/05/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170525/215/656636/sambut-ramadhan-axa-mandiri-luncurkan-program- amal

Kuartal I, Premi Bruto Allianz Life Capai Rp3,03 Triliun

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) mencatat, sepanjang kuartal I 2017 total pendapatan premi bruto sebesar Rp3,03 triliun atau meningkat sebesar 33 persen (unaudited) jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Presiden Direktur Allianz Life Indonesia Joachim Wessling mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan kepada nasabah telah berdampak positif terhadap kinerja keuangan Allianz Life. Perseroan berkomitmen untuk memberikan perlindungan finansial terbaik bagi nasabahnya melalui produknya.“Kami senantiasa melakukan berbagai upaya untuk mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan nasabah dan mengoptimalkan sumber daya yang kami miliki untuk memenuhinya,” ujar Joachim dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa, 23 Mei 2017.

Infobanknews.com - 23/05/2017

http://infobanknews.com/kuartal-premi-bruto-allianz-life-capai-rp303-triliun/

Pendapatan Premi Bruto Allianz Life Tumbuh 33% di Kuartal I 2017

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) berhasil membukukan pendapatan premi bruto pada kuartal I 2017 sebesar Rp3,03 triliun atau meningkat sebesar 33% (unaudited) jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Sementara jumlah total klaim asuransi jiwa dan kesehatan yang dibayarkan sebesar Rp526 miliar, seiring dengan jumlah polis aktif yang meningkat seb esar 8%. Allianz Life juga memiliki rasio kecukupan modal (risk-based capital) yang sangat baik sebesar 408%, atau berada jauh di atas ketentuan minimum yang  ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Republik Indonesia sebesar 120%. Presiden Direktur Allianz Life Indonesia, Joachim Wessling mengatakan bahwa kinclong kinerja keuangan Allianz Life tak lepas dari komitmen perusahaan dalam meningkatkan kualitas Pelayanan bagi konsumen. Berdasarkan survei yang dilakukan kepada nasabah, kemudahan membayar premi dan kelancaran proses klaim menjadi dua hal utama yang diharapkan nasabah dalam bertransaksi.

Wartaekonomi.co.id - 24/05/2017

http://wartaekonomi.co.id/read142211/pendapatan           -premi-bruto-allianz-life-tumbuh-33-di-kuartal-i-

2017.html

Kuartal I, Allianz Bayar Klaim Rp526 Miliar

PT Asuransi Allianz Life Indonesia, pada kuartal I 2017, membukukan total Pendapatan Premi Bruto (PPB) tercatat sebesar Rp3,03 triliun atau meningkat sebesar  33%  (unaudited), jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Seiring dengan jumlah polis aktif yang meningkat sebesar 8%, jumlah total klaim asuransi jiwa dan kesehatan yang dibayarkan sebesar Rp526 miliar. Allianz Life juga memiliki rasio kecukupan modal (risk-based capital) yang sangat baik sebesar 405%, atau berada jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia sebesar 120%. “Kami ingin berbagai inisiatif pelayanan yang ada akan terus berkembang hingga ke tahap berikutnya. Kami senantiasa melakukan berbagai upaya untuk mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan nasabah dan mengoptimalkan sumber daya yang kami miliki untuk memenuhinya,” Kata Presiden Direktur Allianz Life Indonesia, Joachim Wessling .

Wartaekonomi.co.id - 24/05/2017

http://wartaekonomi.co.id/read142169/kuartal         -i-allianz-bayar-klaim-rp526-miliar.html

MNC Life Kerjasama dengan Bandara Husein Sastranegara, Ini Untungnya!

PT MNC Life Assurance (MNC Life), hari ini, Rabu (24/5/2017), melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan salah satu mitra MNC Life, yang bekerjasama dengan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung. Penandatanganan ini dilakukan Chief of Distribution Officer (CDO) MNC Life Aldi Rinaldi dan Mitra MNC Life Budiyanto Wijaya, dengan disaksikan oleh CJM Bandara Husein Sastranegara Bandung, Aminudin Hendriyanto. "Peluang pasar asuransi di Indonesia masih sangat potensial dan akan terus berkembang. Perkembangan juga dipacu dengan semakin beragamnya jalur distribusi penjualan asuransi, walaupun jalur melalui keagenan masih memegang peranan penting, penjualan melalui pemasaran lainnya termasuk dengan kerja sama mitra asuransi juga memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan asuransi," ujar Aldi.

Okezone.com - 24/05/2017

http://economy.okezone.com/amp/2017/05/24/320/1698999/mnc-life-kerjasama-dengan-bandara-husein- sastranegara-ini-untungnya

(Berita Photo) Seminar Agen Asuransi

Bisnis Indonesia – 26/05/2017, Hal. 8

(Berita Photo) Program Ramadhan

Republika – 26/05/2017, Hal. 4

(Berita Photo) Program Tantangan Bulan Ramadan

Kontan – 26/05/2017, Hal. 24

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

Ini Tantangan DK-OJK Selanjutnya di Mata Perbanas

Ke-14 nama calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) periode 2017-2022 sedang digodok DPR-RI yang nantinya akan diseleksi menjadi 7 anggota DK-OJK. Anggota DK-OJK selanjutnya dinilai memiliki tantangan yang tidak ringan, salah satunya mendorong industri keuangan untuk berkontribusi pada pembangunan nasional. Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2017. Menurutnya, selain berkontribusi kepada pembangunan nasional, ada beberapa tantangan lainnya yang bakal dihadapi oleh DK-OJK selanjutnya. Di tengah pembangunan infrastruktur nasional yang gencar dilakukan pemerintah, dibutuhkan pendanaan yang  besar juga.  Oleh sebab itu, OJK sebagai regulator harus bisa mendorong industri keuangan nasional. Di sisi lain, OJK harus bertransformasi untuk memperluas kebijakannya, sehingga industri keuangan bisa turut andil dalam pembangunan nasional.

Infobanknews.com - 24/05/2017

http://infobanknews.com/ini-tantangan-dk-ojk-selanjutnya-di-mata-perbanas/3/

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.290

IHSG

5.718,00

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

 

DOWNLOAD PDF