AAJI Daily News - 27 Maret 2017


Tanggal terbit (27 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Pembiayaan Estafet Potensial Dijalankan
  2. Sun Life Pacu Penetrasi Asuransi Syariah di Solo
  3. Pengelola Statuter AJBB Luncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera
  4. Komitmen Berikan Solusi Tepat Demi Penuhi Kebutuhan Nasabah, Perkuat Brand AXA Financial
  5. Indonesia
  6. AXA Mandiri Ingatkan Masyarakat Pentingnya Perencanaan Keuangan
  7. Astra Life Bukukan Premi Bruto Rp2,9 Triliun
  8. Asuransi Amanah Githa Bidik Target Optimistis Tahun Ini
  9. Astra Life Raih Premi Rp2,9 Triliun

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Pembiayaan Estafet Potensial Dijalankan

Pelaku usaha industri keuangan nonbank menilai konsep pembiayaan estafet berpeluang diterapkan, tetapi membutuhkan sosialisasi yang detail. Pembiayaan estafet dinilai menjadi salah satu alternatif menarik bagi lembaga jasa keuangan nonbank untuk berinvestasi keproyek infrastruktur dengan jangka waktu pendek. Maryoso Sumaryono, Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life), mengatakan konsep estafet financing tersebut relatif baru di Indonesia. “Masih perlu sosialisasi lebih detail kalau mau diterapkan, tetapi mekanisme     perggantian   pemilik   obligasi  itu bisa  jadi pilihan di industri asuransi dan dana  pensiun,” kata Maryoso  kepada Bisnis, Minggu (26/3). Menurut  Maryoso, apabila  perusahaan  asuransi dan dana pensiun hanya      membutuhkan investasi yang relatif pendek, pembiayaan estafet bisa menjadi altenatif. Pasalnya melalui  mekanisme  tersebut  perusahaan  diperbolehkan  untuk berinvestasi  proyek  infrastruktur dengan jangka waktu 2 tahun, dan akan dilanjutkan perusahaan lainnya.

Bisnis indonesia – 27/03/2017, hal. 21

Sun Life Pacu Penetrasi Asuransi Syariah di Solo

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) membidik Kota Solo dan sekitarnya dalam penetrasi produk asuransi syariah. Aktivitas bisnis yang tinggi mendorong masyarakat menjadi pasar potensial. Chief Agency Officer Syariah Sun Life Norman Nugraha mengatakan, wilayah eks Karisidenan Surakarta menjadi kota perdagangan terpenting di Jawa Tengah. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 6.12 juta jiwa, memiliki aktivitas bisnis tinggi yang selama ini berperan menggerakkan roda perekonomian. "Sehingga menjadi pasar potensial untuk pengembangan asuransi syariah," kata Norman di sela sela seminar edukatif bertema sejahtera bersama asuransi syariah di Kota Solo, Kamis (23/3/2017).

Koran Sindo – 24/03/2017, Hal. 20

Komitmen Berikan Solusi Tepat Demi Penuhi Kebutuhan Nasabah, Perkuat Brand AXA Financial Indonesia

Ajang penghargaan Indonesia Prestige Brand 2017 yang diadakan oleh Warta Ekonomi menempatkan AXA Financial Indonesia sebagai salah satu pemenang. Hasil riset Tim Riset Warta Ekonomi, perusahaan asuransi ini mendapat titel Brand Used Most Often (BUMO) 1st untuk asuransi kesehatan BUMO 3rd untuk kategori produk asuransi kecelakaan diri. Berkaitan dengan hasil riset tersebut, Direktur AXA Financial Indonesia Nina Ong mengatakan, di sebuah perusahaan lembaga keuangan non bank seperti asuransi, kepercayaan adalah hal yang paling utama. Sebab, nasabah akan mencari brand tertentu untuk mempercayakan perlindungan, perencanaan keuangan dan investasi guna menjamin masa depannya yang lebih baik.

Warta Ekonomi – Edisi Maret 2017, Hal. 36

Pengelola Statuter AJBB Luncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera

Pengelola  Statuter (PS)  Asuransi J iwa Bersama  Bumiputera 1912 (AJBB) resmi meluncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT. AJB),  guna menggantikan dan meneruskan    bisnis AJBB  dalam menjual produk - produk  baru asuransi. Koordinator  PS AJBB Didi Achdijat yakin PT. AJB  bakal  mewarnai  bisnis asuransi di tanah air. Pasalnya     meskipun baru, PT. AJB    merupakan "bayi raksasa" karena membawa nama besar Bumiputera  dengan 365  kantor cabang di 25 wilayah  Indonesia. Adapun PT. AJB dipimpin oleh Wiroyo Karsono selaku   Direktur Utama, Rully Safari   selaku Direktur SDM   dan Umum, serta Lina Bong Selaku Direktur      Operasi    dan  Marketing.  "Dengan   jajaran  direksi  yang  berpengalaman  di  industri  asuransi (modern),  PT.  AJB  akan      menjadi    perusahaan  asuransi  nasional  yang  sudah  melegenda  tapi  dengan semangat baru dan kekuatan baru," kata Didi di Jakarta, Minggu (12/2/2017).

Warta Ekonomi – Edisi Maret 2017, Hal. 98

AXA Mandiri Ingatkan Masyarakat Pentingnya Perencanaan Keuangan

Perusahaan Asuransi PT AXA Mandiri mendorong kepada masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan demi mewujudkan masa depan sejahtera melalui kegiatan diskusi bertema "Rencanakan Lebih" di salah satu hotel di Surabaya, kemarin. Director of In Branch Chanel AXA Mandiri Tisye Diah Retnojati mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan yang baik. "Perencanaan keuangan yang baik akan dimulai sejak dini, penting dilakukan guna mengurangi angka putus sekolah akibat biaya. Kesulitan ekonomi akibat tingginya biaya pengobatan hingga perebutan warisan orang tua," katanya.

Wartaekonomi.co.id - 25/03/2017

http://wartaekonomi.co.id/read135362/axa-mandiri-ingatkan-masyarakat-pentingnya-perencanaan-

keuangan.html

Astra Life Bukukan Premi Bruto Rp2,9 Triliun

PT Astra Aviva Life (Astra Life) pada akhir tahun 2016 berhasil membukukan premi bruto Rp2,9 triliun atau naik 115 persen dari pencapaian tahun 2015 sebesar Rp1,4 triliun. Sedangkan total aset tercatat sebesar Rp3,8 triliun, atau naik 100 persen dibandingkan Rp1,9 triliun pada tahun sebelumnya. Sementara itu rasio solvabilitas (RBC) perseroan mencapai 1.289 persen (unaudited). Presiden Direktur Astra Life Auddie A Wiranata dalam keterangan resminya, 23 Maret 2017 mengatakan bahwa pencapaian ini menjadi dorongan bagi perseroan  untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik  lagi. Hal  itu diperlukan  untuk  menjadikan Astra Life bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia terutama di tengah keadaan perekonomian serta penerimaan terhadap asuransi yang  masih  menantang.  “Selama  dua  tahun Astra Life beroperasi kami bekerja keras untuk mewujudkan ‘Asuransi Jiwa adalah untuk semua orang’, melalui pesan–pesan Love Life di seluruh jaringan distribusi serta mitra kami.

Mediaasuransinews.co.id - 25/03/2017

http://mediaasuransinews.co.id/2017/03/24/astra-life-bukukan-premi-bruto-rp29-triliun/

Asuransi Amanah Githa Bidik Target Optimistis Tahun Ini

PT AJS Amanahjiwa Giri Artha atau Amanah Githa memproyeksikan mengantongi kontribusi atau premi mencapai Rp60,6 miliar pada tahun ini.  Direktur Utama Amanah Githa Salim Al Bakry mengatakan target tersebut  tumbuh  signifikan   jika  dibandingkan  dengan  tahun  2016  yang  mencapai  Rp23,6  miliar.  Guna meningkatkan target tersebut, dia mengatakan salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menyasar pengelolaan asuransi jamaah haji. Apalagi cakupan jamaah haji berasal dari seluruh Indonesia. “Kontribusi premi yang paling besar memang asuransi jamaah haji,” kata Salim saat dihubungi Bisnis, Kamis(23/3). Sepanjang 2016, menurut Salim perusahaan telah mengelola asuransi jamaah haji mencapai Rp9,4 miliar, selanjutnya pihaknya menargetkan dapat meningkatkan menjadi Rp11,3 miliar pada tahun ini. “Tahun ini kuota  jamaah  haji  bertambah  menjadi 221  ribu  jamaah,  ini  jadi  potensi  besar  bagi  perusahaan  untuk menambah kontribusi, dengan asumsi per jamaah tetap sebesar Rp50.000,” ujarnya.

Bisnis.com - 24/03/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170324/215/640149/asuransi-amanah-githa-bidik-target-optimistis- tahun-ini

Astra Life Raih Premi Rp2,9 Triliun

PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) mencatatkan pertumbuhan premi bruto menjadi Rp 2,9 triliun. Premi Astra Life sepanjang 2016 ini tumbuh 115%. Pada periode tersebut, aset Astra Life tumbuh sebesar 100% menjadi Rp 3,8 triliun. Fokus kerja Astra Life dikerahkan untuk membangun fondasi bisnis yang kokoh untuk menjadi perusahaan yang memiliki multi channel, multi product serta multi segment customers. Hal ini dicapai melalui sinergi kemitraan yang erat, kuat dan luas serta strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif dalam menghadirkan variasi jenis produk bagi segmen konsumen yang luas dengan memanfaatkan jalur distribusi yang beragam.

Infobanknews.com - 24/03/2017

http://infobanknews.com/astra-life-raih-premi-rp29-triliun/

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.308

IHSG

5.559,42

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF