AAJI Daily News - 28 Februari 2017


Tanggal terbit (28 / 02 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Klaim Asuransi Jiwa Bisa Naik Dua Digit
  2. Hasil Investasi Dorong Pendapatan Industri Asuransi Jiwa
  3. Indonesia Re Kejar Pertumbuhan 8%
  4. Sun Life Dorong Literasi Asuransi Syariah
  5. Commonwealth Life Luncurkan Comm Family Protection
  6. Bank Dan Asuransi Giatkan Bancassurance
  7. Astra Life Raih Dua Penghargaan Awal 2017
  8. Sun Life Berikan Edukasi Asuransi Syariah untuk Masyarakat Aceh
  9. Sun Life dan University of Waterloo Tunjuk Ken Seng Tan Jadi Pengelola Beasiswa
  10. Astra Life Raih Dua Penghargaan di Awal Tahun 2017
  11. (SEREMONIA) Commonwealth Life Raih Excellent Service Experience Award 2017
  12. Memilih Jenis Asuransi Yang Tepat

MENGENAI AAJI

Klaim Asuransi Jiwa Bisa Naik Dua Digit

Industri asuransi jiwa sepertinya masih akan menanggung pertumbuhan beban klaim dan manfaat cukup tinggi di tahun ini. Kondisi ini sepertinya mengulang di 2016. Ketua Bidang Regulasi dan Best Practices Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Maryoso Sumaryono menyebut, beban klaim dan manfaat yang di- bayar pelaku industri sepanjang tahun 2016 menembus Rp 96,05 triliun. Klaim dan manfaat sebesar itu, naik 32,4% dari tahun sebelumnya sebesar Rp 72,57 triliun. Tahun ini, Maryoso menilai pertumbuhan klaim diprediksi tumbuh dua digit. Potensi kenaikan klaim ini didorong beberapa sebab. Pertama, kebutuhan dana oleh para nasabah. Tak jarang untuk memenuhi kebutuhan dananya, sejumlah nasabah menebus kontrak. Artinya bila kebutuhan dana di masyarakat meningkat, maka kenaikan klaim pun tinggi. Kedua yang membuat klaim menggemuk adalah pergerakan sejumlah instrumen investasi.

Harian Kontan – 28/02/2017, Hal. 24

Narasumber :

-            Maryoso Sumaryono, Ketua Bidang Regulasi dan Best Practices Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

Hasil Investasi Dorong Pendapatan Industri Asuransi Jiwa

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat industri asuransi jiwa pada 2016 memperoleh pendapatan sebesar Rp 208,92 triliun, yang terdorong dari meningkatnya hasil investasi. "Semakin baiknya pergerakan IHSG turut mempengaruhi hasil investasi industri asuransi jiwa terkait pasar modal dan porsi di deposito geser ke reksa dana," ujar Ketua Umum AAJI, Hendrisman Rahim di Jakarta, Kamis (16/2/2017). Menurutnya, pada 2016 jumlah investasi asuransi jiwa sebesar Rp 395,96 triliun dari total aset sebesar Rp 435,53 triliun, dimana penempatan dana ke produk investasi tersebut mengalami peningkatan 25,9 persen dari tahun sebelumnya Rp 314,58 triliun. Hendrisman merinci, porsi investasi terbesar ada pada instrumen reksa dana mencapai Rp 126,3 triliun, selanjutnya diikuti oleh saham sebesar Rp 116,02 triliun, Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp 58,03 triliun, deposito sebesar Rp 49,73 triliun, tanah dan bangunan sebesar Rp 10,04 triliun.

Tribunnews.com - 16/02/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/02/16/hasil-investasi-dorong-pendapatan-industri-asuransi-jiwa

Narasumber:

-             Hendrisman Rahim, Ketua Umum, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Indonesia Re Kejar Pertumbuhan 8%

PT Reasuransi Indonesia Utama Indonesia (Persero) atau Indonesia Re menargetkan imbal hasil investasi sepanjang tahun ini mencapai kisaran 8%, atau lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang tercatat 7%. Direktur Utama Indonesia Re Frans Y. Sahusilawane mengatakan, untuk meningkatkan imbal hasil investasi, pihaknya berencana memacu penempatan investasi pada instrumen obligasi korporasi khususnya yang diterbitkan oleh BUMN di bidang infrastruktur serta meningkatkan porsi investasi pada instrumen reksa dana. “Dalam memilih penempatan investasi kami cenderung mengutamakan asas kehati-hatian dan keamanannya. Kedua instrumen itu memenuhi kriteria. Selain itu, yield yang ditawarkan cukup menarik, makanya kami targetkan imbal hasil investasi tahun ini bisa di kisaran 8%,” kata Frans pekan lalu.

Bisnis Indonesia – 28/02/2017, Hal. 22

Sun Life Dorong Literasi Asuransi Syariah

PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) mendorong tingkat pemahaman masyarakat terhadap asuransi syariah dengan menggelar rangkaian seminar di beberapa daerah. Upaya ini dilakukan agar tingkat literasi terhadap asuransi syariah dapat meningkat. Pekan lalu, Sun Life bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah menggelar seminar di Aceh. Sun Life menghadirkan pembicara dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), MES, dan tentunya dari Sun Life. Seminar serupa akan kembali digelar di Solo, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur, pada Maret 2017. Chied Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia Norman Nugraha mengatakan, tujuan kerja sama Sun Life dengan MES untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan finansial syariah. Selain itu, untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah, khususnya di Aceh.

Republika – 28/02/2017, Hal. 16

Commonwealth Life Luncurkan Comm Family Protection

PT Commonwealth Life (Commlife) menggandeng PT Bank Commonwealth sebagai mitra untuk memasarkan produk terbaru Commlife, Comm Family Protection. Kebutuhan perlindungan buat keluarga menjadi hal yang penting saat ini. Presiden Direktur Commlife Elvis Liongosari mengatakan, kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan klaim bertambah, disisi lain pemahaman terhadap perencanaan keuangan pun makin meningkat. Karena itu, Commlife menawarkan produk yang lengkap terdiri dari Maxiwealth Link, Comm Classy Care, dan Comm Extra Care.

Majalah Investor – Edisi Februari, Hal. 14

Bank Dan Asuransi Giatkan Bancassurance

Distribusi bancassurance menjadi pilihan perusahaan asuransi dalam mendorong pendapatan premi secara cepat. Di sisi lain, produk bancassurance menjadi salah satu alternatif meningkatkan pendapatan bagi perbankan ditengah menurunnya pertumbuhan kredit. Pemasaran asuransi memang identik dengan keagenan. Namun sejalan perkembangan dan perubahan di masyarakat, pemasaran produk asuransi semakin beragam. Kemunculan beberapa saluran distribusi tersebut membuat perusahaan asuransi memiliki opsi dalam mempercepat perolehan bisnis dengan menekan biaya operasional. Distribusi yang paling banyak diminati dan kontribusinya semakin signifikan adalah bancassurance. Kerja sama dengan industri perbankan adalah cara paling efektif membidik pendapatan premi, sebab pasar yang digarap sudah ada.

Majalah Investor – Edisi Februari, Hal. 20 & 22

Astra Life Raih Dua Penghargaan Awal 2017

Di awal tahun 2017 ini PT Astra Aviva Life (Astra Life) meraih penghargaan bergengsi di dua acara yang berbeda pada  bulan  Januari  2017  lalu. Penghargaan  pertama  adalah Special  Mention  as  Potential  Brand  Award 2017 untuk kategori asuransi jiwa di ajang Indonesia Prestige Brand Award (IPBA) 2017 yang diadakan oleh Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan kedua yang diterima oleh Astra Life adalah STAR PARTNER AWARD dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Group yang merupakan salah satu diantara lebih dari 750 rekanan rumah sakit yang menjadi mitra bisnis Astra Life.

Majalah Investor – Edisi Februari, Hal. 16

Sun Life Berikan Edukasi Asuransi Syariah untuk Masyarakat Aceh

PT Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar seminar edukatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Aceh terhadap asuransi syariah. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Sun Life, MES, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan pemahaman komprehensif tentang nilai-nilai  utama  dan  manfaat  ekonomi  dan  asuransi  syariah.  Chief  Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia Norman Nugraha mengatakan tujuan kerja sama Sun Life dengan MES adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan finansial syariah. Selain untuk meningkatkan pangsa pasar asuransi syariah khususnya di Aceh, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk membuka wawasan baru mengenai besarnya peluang bisnis yang ditawarkan oleh asuransi syariah.

Wartaekonomi.co.id - 28/02/2017

http://wartaekonomi.co.id/read132258/sun-life-berikan-edukasi-asuransi-syariah-untuk-masyarakat- aceh.html

Sun Life dan University of Waterloo Tunjuk Ken Seng Tan Jadi Pengelola Beasiswa

Sun Life Financial Asia (Sun Life Asia) dan University of Waterloo mengumumkan penunjukkan Profesor Ken Seng Tan sebagai pengelola beasiswa Sun Life di bidang ilmu aktuaria internasional. Sebagai anggota kehormatan (fellow) Sun Life di bidang ilmu aktuaria internasional, Profesor Tan akan berperan sebagai chief actuarial advisor untuk proyek READI (Risk  Management, Economic Sustainability and Actuarial Science Development in Indonesia/Manajemen Risiko, Ekonomi yang Berkesinambungan dan Pengembangan Ilmu Aktuaria di Indonesia) yang saat ini sedang diterapkan oleh University of Waterloo bersama dengan Pemerintah Kanada, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan beberapa mitra lain. "Kami gembira mengumumkan Profesor Ken Seng Tan sebagai pengelola beasiswa Sun Life di bidang ilmu aktuaria internasional dan kami yakin beliau adalah orang yang tepat untuk memimpin upaya kami dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang aktuaria dan risiko di Indonesia," ujar President Sun Life Financial Asia Kevin Strain dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Wartaekonomi.co.id - 28/02/2017

http://wartaekonomi.co.id/read132259/sun-life-dan-university-of-waterloo-tunjuk-ken-seng-tan-jadi- pengelola-beasiswa.html

Astra Life Raih Dua Penghargaan di Awal Tahun 2017

Terus  mengukir  prestasi,  di  awal  tahun  2017  ini  PT  Astra  Aviva  Life  (Astra  Life)  kembali  meraih  dua penghargaan dalam dua acara yang berbeda pada bulan Januari 2017 lalu. Penghargaan pertama adalah Special Mention as Potential Brand Award 2017 untuk kategori asuransi jiwa di ajang Indonesia Prestige Brand Award (IPBA) 2017. Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi kepada brand-brand terbaik di Indonesia   yang   memiliki awareness tinggi   melalui   IPBA   2017.   Pemilihan brand terbaik   ini   dilakukan berdasarkan  riset  dan  survei  Warta  Ekonomi  yang  bekerja  sama  dengan  JAKPAT  sebagai  penyedia layanan mobile  survey  online. Survei dilakukan di bulan  Desember  2016 kepada  3.000 responden  yang tersebar di Jabodetabek dan 5 kota besar di seluruh Indonesia. Survei ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi smartphone yang terhubung pada Facebook responden yang berasal dari Status Ekonomi Sosial A,B,C.

Kompas.com - 27/02/2017

http://biz.kompas.com/read/2017/02/27/171224728/astra.life.raih.dua.penghargaan.di.awal.tahun.2017

(SEREMONIA) Commonwealth Life Raih Excellent Service Experience Award 2017

Ajang Penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2017 kembali digelar pada Rabu, (22/2) di Hotel Mulia, Jakarta. Commonwealth Life meraih penghargaan ESEA 2017 dalam kategori yang sama seperti tahun lalu, yakni Kategori Insurance Health & Life dengan presentase nilai “baik”. Penghargaan diterima oleh Associate Director Operations Commonwealth Life Denny Karim.

Kompas – 28/02/2017, Hal 28

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

Memilih Jenis Asuransi Yang Tepat

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Adalah asuransi tanpa investasi/nonsaving dengan perjanjian jangka waktu tertentu, satu atau maksimal sampai peserta berusia 75, 90 tahun misalnya. Jika dalam jangka waktu tersebut peserta meninggal dunia maka ahli waris akan menerima uang santunan/uang pertanggungan (UP). Tetapi jika peserta hidup sampai akhir perjanjian (lebih dari 75 tahun misalnya) maka premi yang telah disetorkan akan seluruhnya menjadi dana kebajikan (tabarru) yang akan digunakan untuk menolong peserta yang lain (asuransi syariah) atau menjadi hak milik perusahaan (konvensional).

Asuransi Jiwa Term Life (Asuransi Jiwa Murni)

Tidak ada saving/bagi hasil yang diberikan di akhir perjanjian, kecuali ada surplus underwriting, meski ada biasanya angkanya relatif sangat kecil.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Pada prinsipnya sama dengan term life, tetapi perjanjiannya seumur hidup nasabah, tidak dibatasi waktu atau dibatasi tetapi jauh di atas rata-rata usia hidup manusia pada umumnya.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Selain UP/santunan ketika meninggal, peserta juga menerima nilai tunai di akhir perjanjian.

Wartaekonomi.co.id – 28/02/2017

http://wartaekonomi.co.id/read132215/memilih-jenis-asuransi-yang-tepat.html

 

USD/IDR

13.336

IHSG

5.396,64

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF