AAJI Daily News - 29 Mei 2017


Tanggal terbit (29 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. OJK Minta Seluruh Asuransi Terlibat
  2. PROFESIONALISME AGEN ASURANSI : Lisensi Menjadi Kunci Utama
  3. Prudential Bayar Klaim Rp 9,9 Triliun
  4. Wana Artha Dukung Program Literasi Keuangan
  5. Sambut Ramadan, AXA Mandiri Ajak Netizen Berbuat Baik
  6. Sasar UKM, Zurich Tekankan Pentingnya Berasuransi
  7. (Berita Photo) Program Ramadhan AXA Mandiri
  8. (Berita Photo) Karyawan Menawarkan
  9. EMISI SAHAM P3I : OJK Minta Seluruh Asuransi Terlibat

MENGENAI AAJI

OJK Minta Seluruh Asuransi Terlibat

Otoritas Jasa Keuangan meminta seluruh perusahaan asuransi untuk menyerap saham baru yang diterbitkan PT Pusat Pelatihan Perasuransian Indonesia (P3I) dengan nilai total mencapai Rp300 miliar. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani mengatakan bahwa pengembangan mutu sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi pemangku kepentingan di sektor asuransi agar kinerja industri bisa melesat. Sebagai informasi, Hendrisman Rahim, yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Direktur Umum PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjabat sebagai Komisaris Utama Pusat Pelatihan Perasuransian Indonesia. Direktur Utama PT Indolife Pensiontama Andreas Soewatjono akan menjadi komisaris di perusahaan baru tersebut. Sementara itu, dua direksi P3I lainnya adalah Harry Poerwanto, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Pengurus DPLk Indolife, dan Budi Setyarso, yang juga menjabat Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero).

Bisnis Indonesia – 27/05/2017, Hal. 5

Narasumber:

  • Hendrisman Rahim, Ketua Umum, AAJI

PROFESIONALISME AGEN ASURANSI : Lisensi Menjadi Kunci Utama

Masifnya kerja sama antara perusahaan asuransi jiwa dan perbankan mengindikasikan jalur pemasaran banccasurance bakal terus meningkat. Kondisi itu yang membuat para agen asuransi harus putar otak untuk mengembalikan eksistensi lini keagenan. Tentu bukan suatu tugas yang mudah untuk memutar balik lagi keagenan menjadi leader dalam kanal distribrusi pemasaran asuransi. Dalam hal ini, para agen asuransi dituntut lebih profesional supaya nasabah menganggukkan kepala sebagai ungkapan  setuju untuk berasuransi. Untuk menjadi seorang agen asuransi yang profesional tentu tidak instan atau gratis. Nelly Husnayati, Kepala Departemen Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mengatakan untuk menjadi profesional para agen asuransi harus memiliki lisensi. “Lisensi wajib tidak bisa tidak, hal tersebut untuk memproteksi nasabah. Agen tidak bisa menjual tanpa lisensi,” kata Nelly dalam Seminar Agen Asuransi, Kamis(24/5).

Bisnis.com - 26/05/2017

http://koran.bisnis.com/read/20170526/444/656867/Lisensi%20Menjadi%20Kunci%20Utama

Narasumber:

  •   Nelly Husnayati, Kepala Departemen Hubungan Antar Lembaga, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Prudential Bayar Klaim Rp 9,9 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memenuhi kewajiban sebagai perusahaan penanggung risiko dengan membayarkan klaim sebesar Rp 9,9 triliun pada 2016, naik dari Rp 9,1 triliun yang dibayarkan pada 2015. Pembayaran klaim merupakan hak bagi nasabah atas premi yang dibayarkannya sepanjang masa pertanggungan suatu risiko kesehatan seperti penyakit kanker dan jantung. “tahun ini kemungkinan angka klaim akan meningkat, antara lain karena ada inflasi kesehatan,” tuturnya di Jakarta (18/4).

Majalah Investor – Edisi Mei, Hal. 16

Wana Artha Dukung Program Literasi Keuangan

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wana Artha (Wana Artha Life) memiliki komitmen dalam meningkatkan literasi keuangan di masyarakat. Dalam tiga tahun terakhir, perusahaan turut mengedukasi tentang asuransi kepada berbagai kalangan, seperti akademisi, lingkungan pemerintahan, pengemudi ojek, bahkan tukang becak. Bersamaan dengan pembukaan kantor Fortune Agency Solo (6/4).

Majalah Investor – Edisi Mei, Hal. 16

Sambut Ramadan, AXA Mandiri Ajak Netizen Berbuat Baik

Memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H, PT AXA Mandiri Financial services (AXA Mandiri) meluncurkan program   yang   bertajuk Tantangan      Kebaikan.   Program   yang   masih    berada    di    bawah   payung kampanye #Rencanakan Lebih  ini  mengajak  masyarakat  untuk  berbuat  baik  melalui  hal  sederhana, namun berdampak positif bagi sesama dengan memanfaatkan sosial media. President Director of AXA Mandiri, Jean  Philippe Vandenschrick  menjelaskan  bahwa  program  Tantangan  Kebaikan  merupakan inisiatif  yang  dilakukan  AXA  Mandiri  untuk  mengajak  masyarakat  berpartisipasi  langsung  dalam menyebarkan perbuatan baik yang bermanfaat bagi sesama, baik di masa kini maupun di masa depan.  Hal ini sejalan dengan pesan yang disampaikan AXA Mandiri melalui kampanye Rencanakan Lebih, yaitu meningkatkan kualitas hidup dan mencapai impian dengan cara merencanakan lebih dan berbuat lebih dimana perencanaan yang dibuat di masa kini akan mempengaruhi hidup di masa depan.

Wartaekonomi.co.id - 26/05/2017

http://m.wartaekonomi.co.id/berita142453/sambut          -ramadan-axa-mandiri-ajak-netizen-berbuat- baik.html

Sasar UKM, Zurich Tekankan Pentingnya Berasuransi

Penyedia jasa asuransi PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) dan PT Zurich Topas Life (ZTL) menyasar wirausaha kecil dan menengah (UKM) untuk diberikan edukasi terkait asuransi umum dan jiwa lewat kursus asuransi online secara gratis dengan menggandeng HarukaEDU, perusahaan start up berbasis edukasi teknologi (ed- tech). Kewirausahaan memiliki peranan penting dalam menyokong perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99,99 persen dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit usaha. Di sisi lain, kesadaran akan pentingnya asuransi di kalangan wirausaha ini masih terbilang rendah. Sebagai gambaran, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tahun 2013 mencatat hampir 90 persen pelaku UKM di Indonesia belum terlalu memikirkan soal asuransi ataupun bagaimana cara melindungi bisnis mereka. Pengusaha skala kecil dan menengah biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi dengan tingkat ketergantungan yang lebih besar pada pemilik usaha, dibanding perusahaan yang lebih besar. Contoh risiko yang mungkin terjadi misalnya kebakaran pada toko yang dikelola, kecurian, kebanjiran sampai dengan kematian pada pelaku usaha.

Infobanknews.com - 26/05/2017

http://infobanknews.com/sasar-ukm-zurich-tekankan-pentingnya-berasuransi/

(Berita Photo) Program Ramadhan AXA Mandiri

Bisnis Indonesia – 29/05/2017, Hal. 21

(Berita Photo) Karyawan Menawarkan

Bisnis Indonesia – 29/05/2017, Hal. 21

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

EMISI SAHAM P3I : OJK Minta Seluruh Asuransi Terlibat

Otoritas Jasa Keuangan meminta seluruh perusahaan asuransi untuk menyerap saham baru yang diterbitkan PT Pusat  Pelatihan Perasuransian Indonesia (P3I)  dengan nilai total mencapai Rp300 miliar. Dana hasil penerbitan saham baru itu akan digunakan untuk pembangunan pusat pelatihan sumber daya manusia bagi industri asuransi nasional di Bogor, Jawa Barat. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani mengatakan bahwa pengembangan mutu sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi pemangku kepentingan di sektor asuransi agar kinerja industri bisa melesat. Sebagai informasi, Hendrisman Rahim, yang juga merupakan Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Direktur Umum PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjabat sebagai Komisaris Utama Pusat Pelatihan Perasuransian Indonesia. Direktur Utama PT Indolife Pensiontama Andreas Soewatjono akan menjadi komisaris di perusahaan baru tersebut.

Bisnis.com - 27/05/2017

http://koran.bisnis.com/read/20170527/434/657064/emisi-saham-p3i-ojk-minta-seluruh-asuransi-terlibat

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.313

IHSG

5.722,21

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF