AAJI Daily News - 3 Maret 2017


Tanggal terbit (07 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Asuransi Jiwa Genjot Investasi di SUN
  2. Target Premi BRI Life Naik Tiga Kali Lipat
  3. BRI Life Incar 2.000 Tenaga Pemasar “Bancassurance”
  4. BRI Life Kembangkan Produk Asuransi Mikro
  5. BRI Life Andalkan Induk Usaha
  6. Produk Unit Link Avrist Raih Bintang 5 Dari Infobank
  7. Kinerja 11 Produk Unit Link AJ CAR Tokcer
  8. Produk Unit Link Jiwasraya Sabet Award Infobank
  9. Cara Avrist Manjakan Pengunjung Java Jazz Festival 2017

MENGENAI AAJI

Asuransi Jiwa Genjot Investasi di SUN

Industri asuransi jiwa memiliki pekerjaan rumah memenuhi kuota minimal penempatan investasi di surat utang negara (SUN). Secara rata-rata, porsi investasi asuransi jiwa di SUN masih jauh dari batas minimum. Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total dana investasi industri asuransi jiwa per akhir 2016 mencapai Rp 395,9 triliun, atau tumbuh 25,8%. Dari dana tersebut baru Rp 58 triliun atau setara 14,7% yang parkir di SUN. Padahal, OJK mewajibkan perusahaan asuransi jiwa menempatkan dana di SUN dengan porsi 20%. Ketua Bidang Regulasi dan Best Practices AAJI Maryoso Sumaryono bilang, porsi ini belum mencerminkan kemampuan seluruh perusahaan asuransi jiwa. Pasalnya, ada sejumlah perusahaan yang sudah memenuhi aturan. Meski begitu, Maryoso mengakui, masih ada beberapa pemain yang kesulitan. Terlebih bagi perusahaan yang portofolio bisnisnya didominasi produk asuransi tradisional.

Harian Kontan – 07/03/2017, Hal. 24

Narasumber :

  • Maryoso Sumaryono, Ketua Bidang Regulasi dan Best Practices AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Target Premi BRI Life Naik Tiga Kali Lipat

PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera (BRI Life) memasang target tinggi di tahun ini. Untuk merealisasikannya, perusahaan ini banyak berharap pada sinergi dengan induk usaha, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi mengatakan, pada tahun ini pihaknya memasang target premi bisnis baru atawa annualized new business premium senilai Rp 1,1 triliun, lebih tinggi tiga kali lipat dari tahun 2016. Optimisme ini bersandar pada potensi dari hasil sinergi dengan Bank BRI. Kata Rianto, sinergi dengan BRI masih sangat besar, untuk kemudian dieksplorasi oleh BRI Life, terutama lewat bancassurance. Upaya peningkatan sinergi ini sendiri makin kuat setelah BRI mengakuisisi perusahaan asuransi jiwa ini dari Dana Pensiun BRI pada akhir 2015 lalu. "Kami akan tingkatkan kerjasama seperti in branch bancassurance yang didukung oleh banyaknya jaringan yang dimiliki BRI," terang Rianto, Minggu (6/3).

Harian Kontan – 07/03/2017, Hal. 24

BRI Life Incar 2.000 Tenaga Pemasar “Bancassurance”

PT Asuransi BRI Life menyelenggarakan acara Bancassurance Award Night 2017 seiring dengan pertumbuhan kinerja perseroan yang semakin membaik sampai dengan akhir tahun 2016 yang lalu. Hal ini turut didukung oleh kinerja jalur distribusi In Branch Sales Bancassurance BRI life yang terus bertumbuh, terlebih setelah menjadi anak perusahaan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. “Bancassurance Award Night 2017 merupakan bentuk apresiasi perusahaan dengan memberikan penghargaan bagi karyawan berprestasi khususnya tim pemasar di jalur distribusi In Branch Sales, dan kegiatan ini merupakan acara malam penghargaan yang pertama kali digelar BRI Life, setelah kepemilikan saham diambil alih oleh BRI pada Desember 2015,” kata Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi di Jakarta, Minggu (5/3).

Suara Pembaruan - 06/03/2017, Hal. 8

BRI Life Kembangkan Produk Asuransi Mikro

PT Asuransi BRI Life tengah fokus untuk penjualan produk asuransi melalui bank atau in branch sales bancassurance. Perusahaan pun berencana akan menambah jumlah tenaga pemasaran hingga 3 ribu orang dalam waktu 2 tahun kedepan. Untuk memaksimalkan tenaga pekerja tersebut,  Asuransi BRI Life juga berencana akan menambah jenis produk asuransinya. Anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) itu berencana akan meluncurkan produk asuransi mikro. "BRI itu kan rajanya ekonomi mikro, kenapa kita enggak main asuransi mikro di BRI," kata Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi dalam acara BRI Life Bancassurance Award Night 2017 di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (5/3/2017). Rianto menjelaskan, nanti produk asuransi mikro tersebut akan dijual seharga Rp 50 ribu dengan masa jaminan selama 1 tahun.

Investor Daily – 07/03/2017, Hal. 24

BRI Life Andalkan Induk Usaha

PT BRI Life akan mengembangkan produk asuransi mikro dengan memanfaatkan jaringan pemasaran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi mengatakan, produk asuransi mikro memiliki potensi yang besar. Apalagi, induk usaha perusahaan, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), telah memiliki layanan keuangan mikro yang cukup banyak, baik melalui BRILink maupun Teras BRI. “BRI itu kan rajanya ekonomi mikro, mengapa tidak main di asuransi mikro,” kata Rianto seusai Banccassurance Award Night BRI Life 2017, Minggu (5/3). Dia mengatakan produk asuransi mikro tersebut nantinya akan dipasarkan seharga Rp50.000 dengan masa jaminan selama satu tahun. Proteksi yang ditawarkan antara lain jaminan kecelakaan dan jaminan ketika pemegang polis sakit.

Bisnis Indonesia – 07/03/2017, Hal. 21

Berita Serupa :

  • Kontan.co.id - 06/03/2017 BRI Life Akan Tambah 1.500 Tenaga Bancassurance

http://keuangan.kontan.co.id/news/bri-life-akan-tambah-1500-tenaga-bancassurance

  • Wartaekonomi.co.id - 06/03/2017 Bermimpi Peroleh Premi Rp 3 Triliun, Ini Jurus Jitu BRI Life

http://wartaekonomi.co.id/read132868/bermimpi-peroleh-premi-rp-3-triliun-ini-jurus-jitu-bri- life.html

  • Okezone.com - 06/03/2017 BRI Bakal Sasar Asuransi Mikro

http://economy.okezone.com/read/2017/03/06/320/1635857/bri-bakal-sasar-asuransi-mikro

  • Detik.com - 06/03/2017 Apresiasi Karyawan Berprestasi, BRI Life Gelar Bancassurance Award Night 2017

https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-3438907/apresiasi-karyawan-berprestasi-bri-life-gelar- bancassurance-award-night-2017

  • Tribunnews.com - 06/03/2017 Asuransi BRI Life Kejar Total Aset Rp 8,2 Triliun Hingga Akhir Tahun

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/03/06/asuransi-bri-life-kejar-total-aset-rp-82-triliun-

hingga-akhir-tahun

Produk Unit Link Avrist Raih Bintang 5 Dari Infobank

Produk AVRIST Link ASY A Cash IDR Fund milik Avrist Assurance berhasil mencetak return positif dengan risiko rendah. Produk ini menjadi salah satu produk dengan predikat bintang lima di acara “Infobank 2nd Unit Link Awards 2017“. Berdasarkan data rating unit link 2017, produk unit link dari perusahaan asuransi yang sebagian sahamnya dimiliki oleh Meiji Yasuda Life Insurance Company, perusahaan asuransi jiwa asal Jepang ini, dalam lima tahun menghasilkan total return 35,72 persen atau 6,30 persen jika disetahunkan dengan risiko o,3o persen. Atas pencapaian itu, AVRIST Link ASYA Cash IDR Fund sukses meraih total skor 32,20, sekaligus berhak menyandang predikat “bintang lima”, di kelompok produk unit link pasar uang dengan return lima tahun.

Infobanknews.com - 03/03/2017

http://infobanknews.com/produk-unit-link-avrist-raih-bintang-5-dari-infobank/

Kinerja 11 Produk Unit Link AJ CAR Tokcer

PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (AJ CAR) memperoleh banyak penghargaan dari Infobank untuk kinerja produk unit linknya. Tercatat kurang lebih ada 11 produk AJ CAR yang memperoleh predikat bintang 5 atau predikat sangat bagus di “Infobank 2nd Unit Link Awards 2017“. Sebut saja yang pertama produk unit link Carlisya Pro- Mixed, produk ini tercatat memberikan imbal hasil investasi lima tahunan hingga 81,87%. Produk unit link jenis campuran ini sudah ada sejak tahun 2010 dan merupakan gabungan dana tabarru dan dana investasi dengan skema penempatan investasi diserahkan ke nasabah. Sedangkan Carlink Pro-Fixed, produk yang diluncurkan sejak tahun 2004 ini menghasilkan return 46,10 persen dalam lima tahun. Hingga akhir November 2016, dana kelolaan dari produk ini mencapai Rp344,82 miliar.

Infobanknews.com - 06/03/2017

http://infobanknews.com/kinerja-11-produk-unit-link-aj-car-tokcer/

Produk Unit Link Jiwasraya Sabet Award Infobank

PT Infoarta Pratama (Infobank) bersama Infovesta telah menyelenggarakan “Infobank 2nd Unit Link Awards 2017” di Hotel Hilton Double Tree, Jalan Pegangsaan Timur Jakarta kemarin. Beberapa produk yang berhasil memenangkan penghargaan dengan predikat “bintang lima” di antaranya produk JS Balanced Fund milik PT Asuransi Jiwasraya. Produk unit link jenis campuran ini besaran alokasi investasi sebesar 35 persen hingga maksimal 65 persen pada ketiga aset, yaitu saham, pasar uang, dan obligasi. Produk unit link yang diluncurkan 2008 lalu ini berhasil membukukan return lima tahunan sebesar 50,54 persen dengan risiko per tahun 14,06 persen dengan total skor 63,40.

Infobanknews.com - 03/03/2017

http://infobanknews.com/produk-unit-link-jiwasraya-sabet-award-infobank/

Cara Avrist Manjakan Pengunjung Java Jazz Festival 2017

Perusahaan asuransi Avrist Assurance, memberikan konsep yang berbeda dalam meramaikan sekaligus mendukung acara Java Jazz Festival 2017. Kali ini, booth Avrist menampilkan konsep rumah yang diberi nama 'Rumah Avrist'. Dengan gaya rustic, bangunan rumah kayu ini memberikan kenyamanan sekaligus keseruan bagi pengunjung Java Jazz Festival 2017. Director of Legal and Compliance Avrist Assurance, Makki I. Kusuma, mengatakan, di Rumah Avrist yang dijaga para Avrist Angels, pengunjung bisa menikmati berbagai keseruan sambil menunggu konser, mulai dari digital puzzle game, lucky wheel, dan berpose gaya dengan instaprint. "Menariknya lagi, booth ini bukan sekadar menjadi tempat singgah sambil bersantai menikmati minuman dingin yang telah disediakan gratis, tetapi juga banyak hadiah dibagikan kepada pengunjung," ujar Makki, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (6/3).

Beritasatu.com - 06/03/2017

http://www.beritasatu.com/asuransi/417911-cara-avrist-manjakan-pengunjung-java-jazz-festival-2017.html

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.338

IHSG

5.409,79

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF