AAJI Daily News - 30 Maret 2017


Tanggal terbit (30 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-006-01
  1. BNI Life Optimis Tumbuh Positif
  2. Premi Astra Life Naik 115%
  3. Marein Kejar Pertumbuhan Premi 35%
  4. (Berita Photo) Konter Khusus
  5. Rupiah Rabu Sore Bergerak Menguat Tipis

 INDUSTRI ASURANSI JIWA

BNI Life Optimis Tumbuh Positif

Manajemen PT BNI Life Insurance (BNI Life) optimistis memperoleh pertumbuhan positif hingga akhir 2017. Target pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan premi industri yang dipatok oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sebesar 20%. Sepanjang tahun 2016, BNI Life mampu membukukan kinerja prima yang tercermin dari perolehan pendapatan premi yang mencapai Rp 4,75 triliun atau tumbuh 46% dibandingkan dengan 2015 sebesar Rp 3,25 triliun. Direktur Utama BNI Life, Budi Tampubolon, mengatakan optimisme tersebut mengacu pada tren pertumbuhan industri asuransi di Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh positif. "Kami optimistis BNI Life akan meneruskan tren positif pada tahun ini, setelah pencapaian 2016 yang tumbuh seiring dengan semakin tingginya awareness dan kesadaran masyarakat terhadap asuransi," ujar Budi. Untuk mendorong kinerja 2017, BNI Life menghadirkan produk-produk berkualitas dan memberikan layanan lebih melalui empat saluran distribusi, yaitu Bancassurance, Employee Benefits, Agency, dan Syariah di mana jalur Bancassurance menjadi kontributor terbesar.

Detik.com - 29/03/2017

http://finance.detik.com/advertorial-news-block/3459667/bni-life-optimis-tumbuh-positif

Premi Astra Life Naik 115%

PT Astra Aviva Life (Astra Life) mencetak raihan positif sepanjang tahun 2016 dengan meningkatnya pertumbuhan premi bruto menjadi Rp2,9 triliun atau tumbuh sebesar 115%. Sementara aset perusahaan alami peningkatan menjadi Rp3,8 triliun dibandingkan periode 2015 sebesar Rp1,9 triliun. Presiden Direktur Astra Life, Auddie A. Wiranata mengatakan bahwa pencapaian ini menjadi dorongan bagi perseroan untuk terus bekerja dan berkarya lebih baik lagi demi menjadikan Astra Life bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Terutama menurutnya di tengah keadaan perekonomian serta penerimaan terhadap asuransi yang masih menantang. Selama dua tahun Astra Life beroperasi, perseroan bekerja keras untuk mewujudkan ‘Asuransi Jiwa adalah untuk semua orang’ melalui pesan-pesan Love Life di seluruh jaringan distribusi serta mitra Astra Life.

Wartaekonomi.co.id - 29/03/2017

http://wartaekonomi.co.id/read135780/premi-astra-life-naik-115.html

Marein Kejar Pertumbuhan Premi 35%

Prospek bisnis reasuransi masih terbuka di 2017. PT Maskapai Reasuransi Indonesia (Marein) optimistis bisa menjaga pertumbuhan premi di tahun ini. Direktur Utama Marein Robby Loho menyebut, potensi yang bisa dimanfaatkan dalam menggenjot kinerja adalah berakhirnya kontrak beberapa perusahaan asuransi jiwa dengan reasuradur asing di tahun ini. Dus, Marein bisa menarik banyak bisnis dari perusahaan penanggung atau ceding company. Defisit premi reasuransi menurun OJK buka opsi bisnis reasuransi finansial Robby mengakui, hingga tahun lalu potensi menyerap premi reasuransi dari perusahaan asuransi jiwa dari dalam negeri bisa jauh lebih tinggi. Namun masih terkendala dengan perjanjian kerja sama dengan sejumlah mitra reasuransi asing.

Kontan.co.id - 29/03/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/marein-kejar-pertumbuhan-premi-35

(Berita Photo) Konter Khusus

Harian Kontan – 30/02/3017. Hal. 24

EKONOMI MAKRO & REGULASI

Rupiah Rabu Sore Bergerak Menguat Tipis

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu sore, bergerak menguat tipis sebesar dua poin menjadi Rp13.315, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.317 per dolar AS. Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di  Jakarta, Rabu mengatakan bahwa sentimen positif dari pernyataan Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang akan mengeluarkan kebijakan pemerataan ekonomi, salah satunya memberikan modal kepada rakyat guna mengurangi ketimpangan sosial menjadi sentimen positif bagi rupiah. "Ekonomi yang kondusif akan menarik minat investor mengakumulasi aset berdenominasi rupiah," katanya. Ia menambahkan bahwa potensi kenaikan peringkat utang Indonesia menjadi layak investasi oleh lembaga pemeringkat Standard & Poors (S&P) juga masih menjadi salah satu faktor yang menjaga fluktuasi rupiah stabil di area penguatan.

Antaranews.com - 29/03/2017

http://www.antaranews.com/berita/621074/rupiah-rabu-sore-bergerak-menguat-tipis

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.309

IHSG

5.574,78

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor

DOWNLOAD PDF