AAJI Daily News - 31 Januari 2017


Tanggal terbit (31 / 01 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Komunitas Jadi Ladang Baru
  2. Premi Berpotensi Turun
  3. Astra Life Gandeng Astra Mitra Ventura Dukung UMKM Manufaktur
  4. Menanti Sentuhan Erick Thohir Di Bumiputera
  5. Asuransi Ciputra dan Bumiputera Life Ramaikan Industri Asuransi Jiwa 2017
  6. Zurich Topas Life Kerjasama Bancassurance dengan Bank of China
  7. Zurich Topas Life Jalin Kerja Sama Bancassurance dengan Bank of China
  8. (Berita Photo) Panin Dai-ichi Life Edukasi Asuransi Melalui Media Sosial
  9. (Berita Photo) Zurich Gandeng Bank Of China
  10. (Berita Photo) Kerja Sama
  11. (Berita Photo) Tokoh Finansial Indonesia 2016

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Komunitas Jadi Ladang Baru

Komunitas menjadi ladang baru bagi perusahaan asuransi jiwa dalam perekrutan tenaga pemasaran baru yang diharapkan lebih efektif menggaet nasabah. Menjamurnya keberadaan komunitas di Indonesia, mendorong perusahaan asuransi jiwa untuk berinovasi dalam perekrutan tenaga pemasaran. Apabila, sebelumnya proses perekrutan dilakukan secara individual, maka dengan menyasar komunitas perusahaan asuransi jiwa lebih mudah menjaring tenaga pemasar baru. Strategi menyasar komunitas untuk menjaring tenaga pemasar baru sudah dilakukan PT Asuransi Simas Jiwa. Direktur Utama Simas Jiwa I.J. Soegeng Wibowo mengatakan beberapa keuntungan yang didapatkan melalui penerapan strategi tersebut antara lain efisiensi waktu dalam perekrutan serta pangsa pasar baru dari anggota komunitas.

Bisnis Indonesia – 31/01/2017, Hal. 21

Premi Berpotensi Turun

Pendapatan premi PT Avrist Assurance sepanjang 2017 diproyeksikan mencapai Rp1,5 triliun, atau menurun jika  dibandingkan  dengan  tahun  sebelumnya  yang  diperkirakan  Rp2,5  triliun.  Legal  Director  PT  Avrist Assurance (Avrist) Makki I. Kusuma mengatakan pendapatan premi pada tahun ini diproyeksikan menurun lantaran adanya penyesuaian strategi pemasaran dan perubahan internal perusahaan. Adapun, perubahan internal yang dimaksud ialah   perggantian manajemen direksi, lantaran posisi presiden direktur persero- an sempat kosong pada kuartal ketiga tahun lalu. Namun, dia menuturkan, posisi presiden direktur saat ini telah ditempati oleh pejabat baru sesuai  dengan keputusan para pemegang saham. “Secara otomatis pada saat ada pergantian  manajemen, maka   segala   aspek strategi   di bidang lain akan kena juga. Termasuk membentuk kembali format distribusi produk kami di market,” kata Makki kepada Bisnis, Senin (30/1).

Bisnis Indonesia – 31/01/2017, Hal. 21

Astra Life Gandeng Astra Mitra Ventura Dukung UMKM Manufaktur

PT Astra Aviva Life (Astra Life) meresmikan kerjasama dengan PT Astra Mitra Ventura (Astra Ventura) di Jakarta (9/12). Melalui kerjasama tersebut, UMKM Manufaktur yang menjadi mitra kerja Astra Ventura mendapat kemudahan dalam mempermudah dalam memperoleh perlindungan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi yang disediakan Astra Life. Kerjasama tersebut dapat membantu pelaku bisnis UMKM yang bergerak di industri Manufaktur bisa menjelaskan bisnis dengan aman dan nyaman sehingga produktivitasnya tetap terjaga karena mendapat perlindungan asuransi.

Majalah Investor – Edisi Januari, Hal. 14

Menanti Sentuhan Erick Thohir Di Bumiputera

Melalui konsorsiumnya, pengusaha Erick Thohir siap mengucurkan sekitar Rp 2 triliun - Rp 3 triliun untuk memodali PT Asuransi Jiwa Bumiputera. Langkah ini diharapakan bisa mengurai persoalan yang mendera asuransi jiwa bersama Bumiputera 1912 (AJBB). Komitmen Erick Thohir tersebut disampaikan Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani saat laporan akhir tahun 2016 OJK di Jakarta (30/12).

Majalah Investor – Edisi Januari, Hal. 12

Asuransi Ciputra dan Bumiputera Life Ramaikan Industri Asuransi Jiwa 2017

Otoritas menetapkan pemberian izin usaha baru kepada sejumlah pelaku di sektor asuransi jiwa pada awal 2017. Kehadiran pelaku baru dan peningkatan permodalan di industri asuransi itu pun dinilai menjadi salah satu kebutuhan di tengah rendahnya penetrasi sektor tersebut dan meningkatknya jumlah dan pendapatan penduduk. Otoritas Jasa Keuangan, seperti dikutip dari laman resminya, Senin (30/1/2017), mengumumkan penetapan pemberian izin usaha empat perusahaan asuransi jiwa baru pada awal  tahun ini. Perusaha- an-perusahaan  itu  adalah  PT  Asuransi  Ciputra          Indonesia,  PT  Bumiputera  Life  Insurance,  PT  Asuransi Jiwa  Millenium, dan   PT   Pacific   Life    Insurance.   Dalam   pengumuman   tersebut  terungkap     Dewan Komisioner   OJK memutuskan  pemberian  izin usaha kepada PT Bumiputera Life Insurance dan PT Pacific Life Insurance pada 28 November 2016.

Bisnis.com - 30/01/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170130/215/624023/asuransi-ciputra-dan-bumiputera-life-ramaikan- industri-asuransi-jiwa-2017

Zurich Topas Life Kerjasama Bancassurance dengan Bank of China

PT Zurich Topas Life (ZTL) terus memperkuat jalur distribusi bancassurance guna mencapai pertumbuhan premi yang positif. Salah satu upayanya ialah dengan menggandeng Bank of China dengan menyasar produk asuransi untuk kalangan pekerja internasional di Indonesia. Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber mengatakan, ZTL dan Bank of China sama-sama melihat adanya peluang untuk melayani kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi. “Zurich merupakan salah satu perusahaan dengan jaringan asuransi terbesar di dunia. Saat ini Zurich beroperasi di 170 negara di seluruh dunia. Hal ini setidaknya memberikan dua manfaat bagi nasabah.

Wartaekonomi.co.id - 28/01/2017

http://wartaekonomi.co.id/read128649/zurich-topas-life-kerjasama-bancassurance-dengan-bank-of- china.html

Zurich Topas Life Jalin Kerja Sama Bancassurance dengan Bank of China

PT Zurich Topas Life (ZTL) menjalin kemitraan dengan Bank of China untuk membidik kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi melalui bancassurance. Kerja sama Zurich Topas Life dengan Bank of China dinilai sebagai bagian dari strategi bisnis Bank of China, karena pemasaran produk bancassurance adalah salah satu pendukung bisnis perbankan ritel Bank of China dalam memberikan layanan kepada nasabah. Presiden Direktur Zurich Topas Life Peter Huber dalam konferensi pers di Jakarta, 26 Januari 2017 mengatakan bahwa ZTL dan Bank of China sama-sama melihat adanya peluang untuk melayani kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi. “Hal ini setidaknya memberikan dua manfaat bagi nasabah.

Mediaasuransinews.co.id - 27/01/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/01/27/zurich-topas-life-jalin-kerja-sama-bancassurance-dengan-bank- of-china/

Mediaasuransinews.co.id - 30/01/2017 (Berita Photo) Panin Dai-ichi Life Edukasi Asuransi Melalui Media Sosial

https://mediaasuransinews.co.id/2017/01/30/panin-dai-ichi-life-edukasi-asuransi-melalui-media-sosial/

(Berita Photo) Zurich Gandeng Bank Of China

Indopos – 31/01/2017, Hal. 5

(Berita Photo) Kerja Sama

Investor Daily - 30/01/2017, Hal. 23

(Berita Photo) Tokoh Finansial Indonesia 2016

Majalah Investor – Edisi Januari, Hal. 66

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.331

IHSG

5.303,78

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF