AAJI Daily News - 4 Mei 2017


Tanggal terbit (04 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Ciputra Life Mulai Garap Pasar Grup Usaha
  2. Ciputra Life Bidik 50% Nasabah Dari Ciputra-Tunas Group
  3. Ciputra Life Ramaikan Industri Asuransi Jiwa
  4. Ciputra & Tunas Masuk Bisnis Asuransi Jiwa
  5. Ciputra Ekspansi ke Bisnis Asuransi
  6. AXA Beri Cuti Melahirkan Selama Empat Bulan
  7. OJK Siapkan Aturan Pemasaran Asuransi Digital

MENGENAI AAJI

Ciputra Life Mulai Garap Pasar Grup Usaha

Pasca mendapatkan izin usaha pada awal Februari 2017, PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) mulai tancap gas. Perusahaan ini merupakan hasil kolaborasi antara Ciputra Group dan Tunas Group. Sebagai permulaan, Ciputra Life akan fokus mengelola asuransi dari internal grup. Hengky Djojosantoso, Direktur Utama Asuransi Ciputra menjelaskan, di tahun pertama beroperasi, pihaknya akan menyasar setidaknya 50% dari total nasabah Ciputra dan Tunas Group. "Kami akan sinergi dengan Ciputra Group dan Tunas Group," ujar dia. Pasalnya, brand Ciputra sudah memiliki kepercayaan di masyarakat. Sementara Tunas Group memiliki lebih dari 200 showroom mobil di Indonesia. "Ini menjadi nilai tambah untuk bisa menambah nasabah yang bisa menjangkau di seluruh Indonesia," ujar Hengky, Rabu (3/5). Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Togar Pasaribu mengatakan,  kehadiran Ciputra Life meningkatkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia. "Bergabungnya Ciputra Life menambah jumlah anggota yang saat ini mencapai 62 perusahaan," ujar dia. Terdiri dari 58 perusahaan asuransi jiwa dan 4 perusahaan reasuransi.

Harian Kontan – 04/05/2017, Hal. 24

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

Ciputra Life Bidik 50% Nasabah Dari Ciputra-Tunas Group

Industri Asuransi Jiwa di Indonesia tengah diramaikan oleh pendatang baru yakni Ciputra Life. Kehadiran Ciputra Life ini tentu akan meramaikan pasar di industrinya untuk menggaet para nasabah yang membutuhkan perlindungan jiwa dan kesehatan dari perusahaan asuransi. Direktur Utama Ciputra Life Hengky Djojosantoso mengatakan, untuk tahap awal operasinya, Ciputra Life akan fokus membidik nasabah dari grup bisnis Ciputra Group dan Tunas Group. Di mana Ciputra Life sendiri dibentuk dari hasil kolaborasi Ciputra Group dan Tunas Group. “Pada tahun pertama operasi, Ciputra Life ditargetkan untuk menyasar setidaknya 50 persen dari total nasabah Ciputra dan Tunas Group,” ujarnya, di Jakarta, Rabu, 3 Mei 2017. Berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, total pendapatan industri asuransi jiwa pada 2016 mencapai Rp208,92 triliun atau naik 57,4 persen dibanding dengan tahun sebelumnya. Ke depan, AAJI memproyeksikan pertumbuhan sebesar 10-30 persen. Menurut Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu, hal tersebut tentunya akan menciptakan peluang besar bagi kelompok usaha di Indonesia untuk melakukan ekspansi bisnisnya ke  industri asuransi jiwa.

Infobanknews.com - 03/05/2017

http://infobanknews.com/ciputra-life-bidik-50-nasabah-dari-ciputra-tunas-group/

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

Ciputra Life Ramaikan Industri Asuransi Jiwa

Managing Director Ciputra Group Harun Hajadi mengatakan, pihaknya melihat adanya peluang dan kebutuhan yang besar terhadap asuransi jiwa dan kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu, Ciputra Group dan Tunas Group bersinergi untuk meluncurkan Ciputra Life. , Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyambut baik kehadiran Ciputra Life sebagai pemain baru dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Menurutnya, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia pada 2016 baru mencapai sekitar 2 persen dari total pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. “Kami percaya Ciputra Life bisa menjadi salah satu perusahaan yang akan memiliki sepak terjang yang patut dipantau terus ke depannya,” ucap Togar. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, total pendapatan industri asuransi jiwa hingga Maret 2017 mencapai Rp40,92 triliun atau tumbuh 21,2 persen jika dibandingkan dengan jumlah pendapatan pada periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar Rp33,76 triliun.

Infobanknews.com - 03/05/2017

http://infobanknews.com/ciputra-life-ramaikan-industri-asuransi-jiwa/

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Ciputra & Tunas Masuk Bisnis Asuransi Jiwa

Ciputra Group, konglomerasi pengembang properti, bersinergi dengan Tunas Group, kelompok usaha di sektor otomotif, mendirikan perusahaan asuransi jiwa baru yang diberi nama Ciputra Life dengan modal awal Rp100 miliar. Direktur Utama Ciputra Life Hengky Djojosantoso mengatakan, penyaluran modal tersebut sesuai dengan ketentuan minimal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selanjutnya, pemegang saham telah berkomitmen akan menambah modal untuk memperkuat perusahaan. “Sebelumnya sudah masuk dari pemegang saham sebesar Rp30 miliar, ke depan pemegang saham akan terus meningkatkan modal sesuai dengan pengembangan bisnis,” kata Hengky usai peluncuran Ciputra Life di Jakarta, Rabu (3/5). Sedangkan dari sisi target market, Ciputra Life memilih jalur distribusi melalui sang induk, yakni Ciputra Group dan Tunas Group, guna memperluas penetrasi nasabah. Pada tahun pertama pengoperasian, Ciputra Life akan menyasar 50% dari total konsumen Ciputra dan Tunas Group.

Bisnis Indonesia – 04/05/2017, Hal. 21

Ciputra Ekspansi ke Bisnis Asuransi

PT Asuransi Ciputra Indonesia (Asuransi Ciputra) yang merupakan hasil kolaborasi antara Ciputra Group dengan Tunas Group mulai tancap gas. Pasca mendapatkan izin usaha pada awal Februari 2017, Ciputra Life akan fokus  mengelola asuransi yang  berasal  dari  internal  group.  Hengky  Djojosantoso,  Direktur Utama Asuransi Ciputra menjelaskan, pada tahun pertama beroperasi Ciputra Life ditargetkan dapat menyasar setidaknya 50% dari total nasabah Ciputra dan Tunas Group. "Kami akan bersinergi dengan Ciputra Group dan Tunas Group," ujar Hengky, Rabu (3/5). Ciputra Life saat ini sedang menggarap asuransi kecelakaan diri. Ia mencontohkan jika nasabah ingin melakukan pembelian kredit properti di Ciputra, nantinya akan dicover dengan asuransi kecelakaan diri dari Ciputra Life senilai dengan harga rumahnya maksimal Rp 3 miliar, dengan tenggang waktu satu tahun.

Jawapos – 04/05/2017

Berita Serupa :

  • Kontan.co.id - 03/05/2017 Strategi Ciputra Life kembangkan bisnis asuransi

http://keuangan.kontan.co.id/news/strategi-ciputra-life-kembangkan-bisnis-asuransi

  • Kontan.co.id - 03/05/2017 Ciputra Life Bidik 50% Nasabah

http://keuangan.kontan.co.id/news/ciputra-life-bidik-50-nasabah-dari-internal

  • Bisnis.com - 03/05/2017 Baru, Ciputra dan Tunas Luncurkan Perusahaan Asuransi Jiwa

http://finansial.bisnis.com/read/20170503/215/650430/baru-ciputra-dan-tunas-luncurkan- perusahaan-asuransi-jiwa

AXA Beri Cuti Melahirkan Selama Empat Bulan

Mulai tahun ini, AXA Financial Indonesia memberikan cuti melahirkan selama 16 minggu atau empat bulan bagi karyawan perempuannya serta cuti kelahiran empat minggu bagi karyawan laki-laki. Aturan ini tentunya disambut  baik  oleh  para  karyawan  AXA  Financial  sekaligus  menjadi  kado  istimewa  untuk  momentum Hari Buruh Internasional (May Day) yang diperingati setiap 1 Mei. Meski memberikan masa cuti yang lebih lama ketimbang aturan pemerintah, AXA Financial menjamin semua hak karyawan tetap diperhatikan. Di dalam pasal  82  ayat  (1)  Undang-Undang  Ketenagakerjaan  disebutkan  bahwa  karyawan  perempuan  berhak memperoleh istirahat selama 1,5 bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. Direktur AXA Financial Indonesia Nina Ong mengatakan, karyawan  perempuan  yang  melahirkan  tetap  mendapat  gaji  penuh  selama  cuti."Kebijakan  ini  guna memberikan dapak positif bagi kehidupan karyawan dalam menyambut anggota baru dan di masa depan bisa mendukung kesinambungan bisnis AXA jangka panjang," katanya kepada KONTAN, belum lama ini. Nina menjelaskan, hak cuti melahirkan yang lebih panjang hanya sebagian dari program yang diberikan kepada karyawan perempuan yang dianggap sudah memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan perusahaan.

Kontan.co.id - 03/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/axa-beri-cuti-melahirkan-selama-empat-bulan

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

OJK Siapkan Aturan Pemasaran Asuransi Digital

Perkembangan teknologi yang berlangsung cepat dinilai bisa berdampak pada pemasaran produk asuransi. Untuk itu, Otoritas JasaKeuangan (OJK) akan mengeluarkan aturan terkait hal tersebut. Meski begitu, Deputi Komisioner Pengawas IKNB OJK Dumoly Pardede menyebut, pengaturan pemasaran asuransi secara digital bakal dilakukan secara bertahap. Untuk langkah awal, regulator akan mengatur soal pemasaran lewat website masing-masing perusahaan asuransi. Untuk tahap ini, ia menyebut, aturan yang bakal dikeluarkan dalam bentuk surat edaran ini tidaklah begitu ketat. Bisa dibilang, aturan yang saat ini sedang disusun lebih bersifat guideline bagi pelaku usaha. Soalnya, Dumoly bilang, praktik yang ada sekarang rata-rata sudah sesuai dengan yang akan disusun oleh regulator. "Jadi yang akan kita keluarkan sebentar lagi agar ada standardisasi saja," katanya, Rabu (3/5).

Kontan.co.id - 03/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-siapkan-aturan-pemasaran-asuransi-digital

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.315

IHSG

5.661,97

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF