AAJI Daily News - 5 Mei 2017


Tanggal terbit (05 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Ciputra Life Mulai Garap Pasar Grup Usaha
  2. Gandeng Tunas Group, Ciputra Rambah Industri Asuransi
  3. Allianz Indonesia Bukukan Premi Rp 10,19 Triliun
  4. Aplikasi Digital Cigna
  5. BRI Life Bersama Bank BRI Gelar Seminar Bancassurance
  6. Commonwealth Bank & Commonwealth Life Luncurkan COMM Link Signature Nasabah
  7. (Berita Photo) Seminar Bancassurance Bank BRI & BRI Life
  8. (Berita Photo) Peluncuran Aplikasi Berbasis DIGITAL di Medan

MENGENAI AAJI

Ciputra Life Mulai Garap Pasar Grup Usaha

Pasca mendapatkan izin usaha pada awal Februari 2017, PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) mulai tancap gas. Perusahaan ini merupakan hasil kolaborasi antara Ciputra Group dan Tunas Group. Sebagai permulaan, Ciputra Life akan fokus mengelola asuransi dari internal grup. Hengky Djojosantoso, Direktur Utama Asuransi Ciputra menjelaskan, di tahun pertama beroperasi, pihaknya akan menyasar setidaknya 50% dari total nasabah Ciputra dan Tunas Group. "Kami akan sinergi dengan Ciputra Group dan Tunas Group," ujar dia. Pasalnya, brand Ciputra sudah memiliki kepercayaan di masyarakat. Sementara Tunas Group memiliki lebih dari 200 showroom mobil di Indonesia. "Ini menjadi nilai tambah untuk bisa menambah nasabah yang bisa menjangkau di seluruh Indonesia," ujar Hengky, Rabu (3/5). Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Togar Pasaribu mengatakan,  kehadiran Ciputra Life meningkatkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia. "Bergabungnya Ciputra Life menambah jumlah anggota yang saat ini mencapai 62 perusahaan," ujar dia. Terdiri dari 58 perusahaan asuransi jiwa dan 4 perusahaan reasuransi.

Kontan.co.id - 04/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/ciputra-life-mulai-garap-pasar-grup-usaha

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

Gandeng Tunas Group, Ciputra Rambah Industri Asuransi

Ciputra Group bersama Tunas Group bersinergi merambah industri asuransi jiwa di Indonesia dengan meluncurkan Ciputra Life, perusahaan yang fokus untuk memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan. Managing Director Ciputra Group Harun Hajadi mengatakan peluncuran ini karena pihaknya melihat ada peluang dan kebutuhan yang besar terhadap asuransi jiwa dan kesehatan di indonesia. Dia menambahkan bahwa saat ini Ciputra Group telah mengembangkan proyek properti di berbagai kota besar maupun sekunder di seluruh Indonesia. Untuk itu, ia berharap melalui jejaring pihaknya yang luas, penetrasi asuransi jiwa masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat ditingkatkan. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu menyambut baik kehadiran Ciputra Life sebagai pemain baru dalam industri asuransi jiwa di Indonesia. Ia menyebutkan tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia pada 2016 baru mencapai sekitar dua persen dari total pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. "Kami percaya Ciputra Life bisa menjadi salah satu perusahaan yang akan memiliki sepak terjang yang patut dipantau terus ke depannya," sebut Togar.

Wartaekonomi.co.id - 04/05/2017

http://wartaekonomi.co.id/read139965/gandeng-tunas-group-ciputra-rambah-industri-asuransi.html

Narasumber:

  • Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Allianz Indonesia Bukukan Premi Rp 10,19 Triliun

Allianz Indonesia mencatat Pendapatan Premi Bruto (Gross Written Premium/GWP)  Gabungan (dari lini usahaasuransi jiwa dan umum) sebesar Rp 10,19 triliun di tahun 2016 atau mengalami peningkatan sebesar 1,4% dibandingkan periode yang sama di tahun 2015. Sampai dengan akhir tahun 2016, Allianz Indonesia mencatat laba bersih gabungan sebesar Rp 837,49 miliar, atau turun sangat tipis sebesar 0,3% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh tantangan yang dihadapi oleh lini asuransi umum di tahun 2016. Sedangkan apabila dilihat dari laju pertumbuhan tahunan majemuk (Compounding Annual Growth Rate) perusahaan secara gabungan selama 4 tahun terakhir, Allianz Indonesia tetap menunjukkan tren positif sebesar +4% untuk pendapatan premi bruto dan +17% untuk laba bersih. Total aset gabungan Allianz Indonesia juga mengalami peningkatan sebesar 8,0% dari Rp 29,77 triliun di tahun 2015 menjadi Rp 32,17 triliun di tahun 2016.

Investor Daily – 05/05/207, Hal. 23

Aplikasi Digital Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna) meluncurkan aplikasi digital untuk mendukung kinerja agen dalam memperkuat layanan nasabah serta jalur distribusi keagenan. Dengan sistem yang terintegrasi, aplikasi elektronik (e-apps) memberikan efisiensi dan profesionalitas agen sehingga nasabah cepat dan mudah mengakses produk Cigna. Aplikasi tersebut didesain membantu agen mengenali dan menganalisa kebutuhan finansial nasabah, dan memudahkan pemberian rekomendasi produk yang sesuai dengan nasabah. Pengajuan asuransi juga dapat dilakukan lewat aplikasi yang terintegrasi dengan sistem Cigna. Direktur Cigna Indonesia Herlin Sutanto mengatakan,  salah  satu  kekuatan  Cigna  Indonesia  sehingga  terus  bertumbuh  selama  27  tahun  adalah komitmen terus berevolusi dan berinovasi seiring dengan perkembangan industri dan kebutuhan masyarakat. "Salah satunya di bidang digital,” ujar Herlin dalam keterangan tertulis yang diterima

Harian Kontan – 05/05/2017, Hal. 24

BRI Life Bersama Bank BRI Gelar Seminar Bancassurance

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap potensi dari bisnis bancassurance guna mendukung bisnis bank, Bank BRI berkolaborasi dengan BRIlife menyelenggarakan seminar bancassurance yang dihadiri oleh pelaku industri. Seminar ini diadakan di Ballroom BRI Corporate University, Jakarta, 25 April 2017. Dalam acara ini hadir Direktur Bank BRI Sis Apik Wijayanto serta pembicara Roderick Shay selaku CEO dan Founder dari Simply Talk, yang telah berkecimpung selama 44 tahun di bisnis bancassurance. Selaku praktisi yang kompeten dalam bidang bancassurance, dengan tema optimizing Bancassurance To create Real Added value To The Bank, Roderick Shay menyampaikan manfaat yang didapat dari bisnis bancassurance seperti menjadi penarik dana dan nasabah baru bagi Bank serta mampu memberikan solusi keuangan bagi nasabah. Selain itu, Rod Shay juga menyampaikan faktor faktor penentu kesuksesan dalam bisnis bancassurance.

Mediaasuransinews.co.id - 04/05/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/05/03/bri-life-bersama-bank-bri-gelar-seminar-bancassurance/

Commonwealth Bank & Commonwealth Life Luncurkan COMM Link Signature Nasabah

PT Bank Commonwealth (Commonwealth Bank) dan PT Commonwealth Life (Commonwealth Life), melakukan kerja sama dengan meluncurkan COMM Link Signature. Ini merupakan solusi investasi dan perlindungan asuransi terbaru yang memudahkan nasabah dalam merencanakan dana hari tua dan tujuan finansialnya. Produk yang telah dapat dinikmati masyarakat sejak 17 April 2017 lalu tersebut merupakan satu dari beragam rangkaian produk yang menyediakan jenis investasi dan perlindungan maksimal berdasarkan tujuan dan profil risiko dari berbagai segmentasi Nasabah. Presiden Direktur Commonwealth Life Elvis Liongosari dalam keterangan resminya, 27 April 2017 mengatakan, “Lewat COMM Link Signature, kami berharap mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap peran penting perencanaan dana hari tua, terutama dalam melindungi aset dan memastikan pembiayaan kehidupan keluarga di masa depan”.

Mediaasuransinews.co.id - 04/05/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/05/03/commonwealth-bank-commonwealth-life-luncurkan-comm- link-signature-nasabah/

(Berita Photo) Seminar Bancassurance Bank BRI & BRI Life

Mediaasuransinews.co.id - 03/05/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/05/02/seminar-bancassurance-bank-bri-bri-life/

(Berita Photo) Peluncuran Aplikasi Berbasis DIGITAL di Medan

Tribunnews.com - 03/05/2017

http://www.tribunnews.com/images/regional/view/1699848/peluncuran-aplikasi-berbasis-digital-di-medan

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.329

IHSG

5.673,53

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF