AAJI Daily News - 6 Maret 2017


Tanggal terbit (06 / 03 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001

  1. Masyarakat Kian Melek Asuransi
  2. Pruprime, Prudential Sasar Segmen Menengah Atas di Makassar
  3. Central Asia Raya Targetka Premi Tumbuh 30%
  4. Allianz Gandeng Standard Chartered Bank dan Artajasa Sediakan Pembayaran Premi Asuransi Jiwa
  5. BRI Life Bakal Luncurkan Asuransi Mikro, Cuma Rp 50.000 Setahun
  6. Strategi BRI Life Bersaing di Tengah Ramainya Perusahaan Asuransi
  7. Beri Apresiasi, BRI Life Terbangkan Sales ke Jepang
  8. Panin Dai-ichi Life Luncurkan Optima Crisis Cover Plus
  9. (Berita Photo) Asuransi Rawat Inap dari Prudential
  10. (Berita Photo) Indonesia RE-PGAI Match Play 2017
  11. (Berita Photo) Peluncuran Produk Optima Crisis dari Panin Dai-Ichi Life
  12. Susun Aturan Asuransi Berbentuk Koperasi, Ini Langkah OJK

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Masyarakat Kian Melek Asuransi

Prudential kembali meluncurkan produk asuransi terbarunya. Kali ini dengan produk PRUprime healthcare yang dinilai sebagai solusi rawat inap yang komprehensif, global dangan manfaat dapat berkembang. Managing Director Value Creation and Innovation Prudential Indonesia, Luskito Hambali mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia memang sudah melek dengan asuransi. Hanya saja masih banyak yang tidak paham akan pentingnya asuransi kesehatan. "Banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari tingginya kenaikan biaya kesehatan. Di Indonesia saja sejak 2010-2014, biaya kesehatan meningkat sekitar 79 persen," jelas Luskito pada acara peluncuran PRUprime healthcare di Hotel Grand Clarion Makassar, Jumat, 3 Maret 2017. Dia menjelaskan produk asuransi terbaru Prudential ini merupakan inovasi yang menunjukkan komitmen Prudential Indonesia terhadap kebutuhan konsumen Indonesia akan solusi rawat inap. Sebelumnya tujuh kota besar lainnya juga telah menjadi lokasi peluncuran produk asuransi PRUprime Healthcare di antaranya, Jakarta, Medan, Bandung, Bali, Semarang, Surabaya, Jogja.

Tribun Timur – 05/03/2017, Hal. 3

Pruprime, Prudential Sasar Segmen Menengah Atas di Makassar

Prudential Indonesia menyasar segmen menengah atas Kota Makassar sebagai pemegang polis produk premium anyar perusahaan, Pruprime healthcare sebagai solusi komprehensif perlindungan kesehatan bagi nasabah. Luskito Hambali, Managing Director Value Creation and Innovation Prudential Indonesia, mengemukakan Makassar merupakan kota kelima di Tanah Air yang menjadi sasaran untuk pemasaran produk Pruprime seiring dengan potensi yang besar ditunjang perekonomian yang relatif stabil. "Tidak hanya nasabah eksisting dari produk Prulink, tetapi kami juga membidik pemegang polis baru di Makassar. Pasarnya sangat potensial di sini," katanya di sela-sela Peluncuran PRUprime healthcare di Makassar, Jumat (3/3/2017). Kendati demikian, Luskito enggan menyebutkan besaran target penghimpunan premi melalui penetrasi produk premium tersebut di Makassar, namun optimistis mampu mengokohkan posisi kota tersebut sebagai kontributor terbesar di wilayah timur terhadap kinerja Prudential secara nasional.

Bisnis.com - 03/03/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170303/215/633770/luncurkan-pruprime-prudential-sasar-segmen-menengah-atas-di-makassar

Central Asia Raya Targetka Premi Tumbuh 30%

PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya  (Asuransi CAR) menargetkan  pertumbuhan premi tahun ini mencapai 30% dibandingkan tahun lalu.  Ekonomi  yang  dinilai membaik diyakini dapat memompa perolehan premi. Direktur Asuransi CAR Antonius Probosanjoyo menjelaskan  pada  tahun  2016,  pihaknya meraih premi di kisaran  Rp  1,3  triliun.  Jumlah tersebut melompat lebih dari 30%  dari pencapaian  tahun sebelumnya. Pada Tahun Ayam Api  ini, pertumbuhan premi diharapkan dapat terjadi sama seperti tahun 2016. Salah satu penggeraknya adalah kondisi ekonomi yang dinilai membaik. Sampai akhir tahun ini, Asuransi CAR menargetkan premi mencapai Rp 1,7 triliun. Antonius menyebutkan,  sebenarnya  perusahanannya  telah menargetkan perolehan premi bisa menembus Rp  1  triliun  sejak 2015 silam. Namun target tersebut meleset  dari  harapan. Di  2015, pendapatan  premi Asuransi CAR tercatat sebesar Rp 936,3 miliar. Kondisi tersebut terjadi karena ekonomi yang lesu sehingga berimbas dari kinerja industri asuransi jiwa. Meski demikian, CAR masih bisa mencatatkan  pertumbuhan premi sebesar 11% ketimbang realisasi di 2014.

Harian Kontan – 06/03/2017, Hal. 24

Allianz Gandeng Standard Chartered Bank dan Artajasa Sediakan Pembayaran Premi Asuransi Jiwa

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) bersinergi dengan Standard Chartered Bank, Indomaret, dan Artajasa memperkenalkan layanan pembayaran premi asuransi jiwa individu Allianz Life melalui kasir Indomaret. Layanan pembayaran premi melalui kasir Indomaret ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah asuransi jiwa individu Allianz Life karena nasabah dapat melakukan pembayaran premi untuk perpanjangan polis di lebih dari 14.150 gerai Indomaret yang ada di seluruh Indonesia. “Pemegang polis asuransi jiwa perlu memastikan agar polisnya selalu dalam keadaan aktif, yang artinya ia perlu memperhatikan agar pembayaran premi tidak melewati jatuh tempo. Dari sisi perusahaan asuransi, penting bagi kami untuk menyediakan berbagai cara pembayaran premi yang nyaman, aman dan memudahkan nasabah,” kata Meylindawati, Direktur Allianz Life Indonesia, mengutip keterangan resminya, Sabtu (4/3).

Bisnis.com - 03/03/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170304/215/633956/allianz-gandeng-standard-chartered-bank-dan-artajasa-sediakan-pembayaran-premi-asuransi-jiwa

BRI Life Bakal Luncurkan Asuransi Mikro, Cuma Rp 50.000 Setahun

PT Asuransi BRI Life tengah fokus untuk penjualan produk asuransi melalui bank atau in branch sales bancassurance. Perusahaan pun berencana akan menambah jumlah tenaga pemasaran hingga 3 ribu orang dalam waktu 2 tahun kedepan. Untuk memaksimalkan tenaga pekerja tersebut, Asuransi BRI Life juga berencana akan menambah jenis produk asuransinya. Anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) itu berencana akan meluncurkan produk asuransi mikro. "BRI itu kan rajanya ekonomi mikro, kenapa kita enggak main asuransi mikro di BRI," kata Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi dalam acara BRI Life Bancassurance Award Night 2017 di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (5/3/2017). Rianto menjelaskan, nanti produk asuransi mikro tersebut akan dijual seharga Rp 50 ribu dengan masa jaminan selama 1 tahun. Nasabah asuransi mikro akan mendapatkan proteksi meningkat dunia karena kecelakaan ataupun karena sakit.

Detik.com - 05/03/2017

https://finance.detik.com/moneter/d-3438893/bri-life-bakal-luncurkan-asuransi-mikro-cuma-rp-50000-setahun

Strategi BRI Life Bersaing di Tengah Ramainya Perusahaan Asuransi

PT Asuransi BRI Life terbilang pemain pemula untuk penjualan produk asuransi melalui bank atau in branch sales bancassurance. Namun perusahaan ini optimis bisa melampaui kompetitornya yang sudah hadir terlebih dahulu. Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi mengatakan, pihaknya menargetkan bisa memperoleh premi dari penjualan bancassurance sebesar Rp 3 triliun. Target tersebut diyakini bisa tercapai dalam waktu dua tahun kedepan. "Di in branch, kita ingin volume penjualan di BRI Life bisa lebih tinggi dari pada apa yang bisa mereka dapatkan di warung sebelah," tuturnya dalam acara BRI Life Bancassurance Award Night 2017 di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (5/3/2017). Rianto mengakui, memang saat ini pihaknya cukup tertinggal dari kompetitor lainnya.

Detik.com - 05/03/2017

https://finance.detik.com/moneter/d-3438892/strategi-bri-life-bersaing-di-tengah-ramainya-perusahaan-asuransi

Beri Apresiasi, BRI Life Terbangkan Sales ke Jepang

PT Asuransi BRI Life hari ini menyelenggarakan acara Bancassurance Award Night 2017. Acara tersebut sebagai pemberian penghargaan bagi karyawannya yang berprestasi. Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi mengatakan, kinerja Asuransi BRI Life yang semakin membaik di 2016 didukung oleh kinerja jalur distribusi in branch sales bancassurance. Sehingga perusahaan tergerak untuk memberikan apresiasi. "Kami ingin me-recognize teman BRI Life yang berhasil. Ini bentuk apresiasi," tuturnya di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (5/3/2017). Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan pada acara kali ini. Antara lain kategori best premi, best polis dan fee based income. Untuk kategori best premi dan best polis bukan hanya diberikan untuk tenaga pemasaran Asuransi BRI Life, tapi juga tenaga pemasar berprestasi bancassurance dari karyawan BRI mulai dari level wilayah, cabang hingga pekerja.

Detik.com - 05/03/2017

https://finance.detik.com/moneter/d-3438891/beri-apresiasi-bri-life-terbangkan-sales-ke-jepang

Berita Serupa :

  • Detik.com - 06/03/2017 Ambisi BRI Life Rajai Industri Asuransi Jiwa

https://finance.detik.com/moneter/d-3439051/ambisi-bri-life-rajai-industri-asuransi-jiwa

  • Detik.com – 06/03/2017 BRI Life yakin Produk Asuransi Mikro Bakal Jadi Andalan di Masa Depan

https://finance.detik.com/moneter/d-3439033/bri-life-yakin-produk-asuransi-mikro-bakal-jadi-

Panin Dai-ichi Life Luncurkan Optima Crisis Cover Plus

Panin Dai-ichi Life meluncurkan Optima Crisis Cover Plus, guna memberikan solusi proteksi terhadap penyakit kritis untuk masyarakat Indonesia. Peluncuran produk tersebut diadakan di kantor pusat Panin Dai-ichi Life, Jakarta pada 2 Maret 2017, dihadiri oleh  selaku Wakil Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life Simon Imanto, Wakil Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life Masayuki Tanaka, dan Direktur Panin Dai-ichi Life Kenichi Fukuda. Simon Imanto mengatakan bahwa keunggulan utama dari produk ini adalah  perlindungan dari tahap awal (early stage) terhadap 150 kondisi penyakit kritis dengan rentang usia masuk mulai satu bulan hingga 70 tahun. Adapun total manfaat yang dapat diperoleh nasabah untuk produk ini mencapai hingga 180 persen dari Uang Pertanggungan, beserta manfaat tambahan lain. “Sesuai kebutuhan masyarakat yang unik dan beragam, kami terus berinovasi untuk menghadirkan solusi proteksi sesuai kebutuhan di setiap tahap kehidupan. 

Mediaasuransinews.co.id - 06/03/2017

https://mediaasuransinews.co.id/2017/03/06/panin-dai-ichi-life-luncurkan-optima-crisis-cover-plus/

(Berita Photo) Asuransi Rawat Inap dari Prudential

Bisnis Indonesia – 06/03/2017, Hal. 22

(Berita Photo) Indonesia RE-PGAI Match Play 2017

Bisnis Indonesia – 06/03/2017, Hal. 22

(Berita Photo) Peluncuran Produk Optima Crisis dari Panin Dai-Ichi Life

03/03/2017 http://www.antarafoto.com/korporasi/v1488450901/peluncuran-optima-crisis-cover-plus

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

Susun Aturan Asuransi Berbentuk Koperasi, Ini Langkah OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera melakukan public hearing dalam penyusunan regulasi terkait asuransi dan asuransi syariah berbentuk koperasi dan usaha bersama. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) I A OJK Yusman menjelaskan setelah meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat sejak pertengahan bulan lalu, otoritas akan melaksanakan public hearing pada Senin (6/3/2017). Setelah itu, jelasnya, pihaknya akan membahas kembali rumusan Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (RPOJK) tersebut. Dia memperkirakan dalam waktu dua bulan ke depan regulasi tersebut akan rampung. “Setelah itu [hearing] kami tabulasi tanggapan dan dibahas lagi di internal. Mungkin dua bulan lagi deh [POJK rampung],” jelasnya kepada Bisnis pada Minggu (5/3/2017). Menurutnya, otoritas mendorong penyusunan ketentuan tersebut karena merupakan amanah Undang-undang No. 40/2014 tentang Perasuransian.

Bisnis.com - 06/03/2017

http://finansial.bisnis.com/read/20170306/215/634241/susun-aturan-asuransi-berbentuk-koperasi-ini-langkah-ojk

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.352

IHSG

5.393,78

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%


Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF