AAJI Daily News - 9 Juni 2017


Tanggal terbit (09 / 06 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001

  1. AXA Mandiri Siapkan Produk Baru
  2. Hasil Investasi Susutkan Laba
  3. Allianz Life Giatkan Program Digital Financial
  4. Hasil Investasi Asuransi Jiwa Melempem
  5. Prudential Yakin Premi Naik
  6. Wimboh Santoso Pimpin OJK

INDUSTRI ASURANSI JIWA

AXA Mandiri Siapkan Produk Baru

Perusahaan asuransi jiwa PT AXA Mandiri Financial Services tengah menyiapkan produk baru guna memacu pertumbuhan premi. Henky Oktavianus, Director of Alternative Channel AXA Mandiri, mengatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan meluncurkan produk baru berupa asuransi kesehatan. “Mungkin salah satu yang akan launching bulan Juli, Tropical Diseases namanya,” ujar Henky, di Jakarta. Meski enggan membeberkan lebih jauh, Henky mengatakan produk tersebut merupakan produk asuransi kesehatan yang ditujukan untuk mengantisipasi penyakit yang banyak muncul di daerah tropis.

Bisnis Indonesia – 09/06/2017, Hal. 22

Hasil Investasi Susutkan Laba

Penurunan hasil investasi industri asuransi jiwa yang masih terjadi hingga menjelang pertengahan tahun ini menyebabkan perolehan laba industri menurun. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang ikhtisar data Keuangan industri asuransi jiwa menunjukkan hasil investasi per April 2017 mencapai Rp 8,59 triliun, turun 2,16% dibandingkan dengan April 2016 yang mencapai RP 8,78 triliun. Menurunnya hasil investasi menyebabkan perolehan laba industri hingga bulan keempat juga menyusut. Pada April 2017, perolehan laba industri tercatat Rp 3,14 triliun, turun 2,18% dari Rp 3,21 triliun pada April 2016.

Bisnis Indonesia – 09/06/2017, Hal. 21

Allianz Life Giatkan Program Digital Financial

Lini usaha Emerging Consumers PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life), memiliki komitmen dan fokus untuk memberikan perlindungan asuransi berkualitas kepada masyarakat menengah ke bawah. Hal ini dilakukan melalui program Digital Financial Literacy mengenai asuransi dan perencanaan Keuangan. Lini usaha Emerging Consumers Allianz Life terdiri atas segmen low-mass market dan micro insurance. Apabila sebelumnya hanya berfokus pada masyarakat berpenghasilan rendah, kini strategi bisnis lebih diarahkan pada bagaimana menyediakan produk asuransi dengan harga terjangkau bagi mereka yang membeli produk asuransi atas kesadaran sendiri.

Investor Daily – 09/06/2017, Hal. 23

Hasil Investasi Asuransi Jiwa Melempem

Menjelang tengah tahun, iklim investasi belum ramah bagi asuransi jiwa. Pemain sektor ini mengakui sulit mengerek hasil investasi. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga April 2017, hasil investasi dicatatkan perusahaan asuransi jiwa hanya sebesar Rp 8,59 triliun. Angka ini turun 2,16% dibandingkan periode sama tahun lalu, Rp 8,78 triliun. Direktur PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo mengakui, perolehan hasil investasi mendekati akhir paruh pertama tahun ini masih jauh dari harapan. “Dari target hasil investasi Rp  600 miliar sampai semester I-2017 baru sekitar separuh,” kata dia.

Kontan – 09/06/2017, Hal. 24

Prudential Yakin Premi Naik

PT Prudential Life Assurance yakin iklim bisnis tahun ini akan lebih cerah ketimbang tahun 2016. Hal ini disebabkan permintaan atas asuransi kesehatan yang meningkat di tahun ini. Presiden Direktur Prudential Jens Reisch berharap, setidaknya perolehan premi di tahun ini bisa tumbuh dobel digit. Asal tahu saja, realisasi pendapatan premi Prudential tahun lalu mencapai Rp 26,5 triliun. Nominal tersebut sama dengan perolehan premi di 2015. “Kami yakin tahun ini premi bisa meningkat, tentunya didukung oleh potensi dan penetrasi pasar yang masih begitu besar,” kata dia.

Kontan – 09/06/2017, Hal. 24

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

Wimboh Santoso Pimpin OJK

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat telah menentukan tujuh calon anggota terpilih Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022. Dalam pemungutan suara sesi pertama, Wimboh terpilih menjadi Ketua mengungguli Sigit Pramono. Keenam calon anggota lainnya terpilih dalam sesi kedua. Pemilihan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara secara tertutup di Jakarta. Hadir 55 anggota Komisi XI DPRT. Rapat pemungutan suara dipimpin oleh Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Melchias Markus Mekeng. Pemungutan suara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama khusus untuk memilih Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK). Kandidatnya adalah Wimboh Santoso dan Sigit Pramono.

Kompas - 09/06/2017, Hal. 17

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.330

IHSG (per 8 Juni 2017)

5.707,92

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%


Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan

DOWNLOAD PDF