AAJI Daily News -3 Mei 2017


Tanggal terbit (03 / 05 / 2017)

HEADLINE NEWS

FM-CC-AAJI-06-001
  1. Raihan Premi Dongkrak Pertumbuhan 21%
  2. Pelaku Genjot Pemasaran AJK
  3. Berebut Nasabah Asuransi
  4. Commonwealth Luncurkan COMM Link Signature
  5. COMM Link Signature Janjikan Kemudahan Nasabah Merencanakan Warisan
  6. BTN Bentuk Dua Anak Usaha Asuransi Tahun Ini

MENGENAI AAJI

Raihan Premi Dongkrak Pertumbuhan 21%

Pendapatan industri asuransi jiwa sampai dengan kuartal pertama tahun ini mencatatkan pertumbuhan sebesar 21% yang didorong oleh pertumbuhan yang cukup signifikan dari sisi pendapatan premi. (OJK) menunjukkan total pendapatan industri asuransi jiwa per Maret 2017 mencapai Rp40,92 triliun atau tumbuh 21,2% dibandingkan jumlah pendapatan pada periode yang sama tahun lalu yaitu Rp33,76 triliun. Berdasarkan data tersebut, pertumbuhan pendapatan industri ditopang oleh pendapatan premi yang meningkat signifikan. Sampai dengan Maret 2017, pendapatan premi asuransi jiwa mencapai Rp33,14 triliun atau naik 27,6% dibandingkan capaian pada Maret 2016 yang mencapai Rp25,97 triliun. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui pasti instrumen investasi apa yang menyebabkan hasil investasi industri asuransi jiwa mengalami penurunan.

Bisnis Indonesia – 03/05/2017, Hal. 21

Narasumber:

-             Togar Pasaribu, Direktur Eksekutif, AAJI

INDUSTRI ASURANSI JIWA

Pelaku Genjot Pemasaran AJK

Sejumlah pelaku asuransi jiwa memacu pemasaran produk asuransi jiwa kredit melalui kerja sama dengan lembaga keuangan lain untuk menunjang pencapaian target sepanjang 2017. Direktur Utama PT Capital Life Indonesia Antony Japari menjelaskan, hingga saat ini sekitar 98% kontribusi premi bersumber dari kanal pemasaran bancassurance dan bentuk kerja sama lain dengan perbankan. Namun, dia mengatakan kontribusi produk asuransi jiwa kredit (AJK) masih minim untuk pendapatan premi anak usaha dari PT Capital Financial Indonesia Tbk. (CASA) di sektor asuransi jiwa konvensional ini. “Masih minim AJK, lebih dominan produk endowment dari bancassurance,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (2/5). Kendati begitu, Antony mengatakan pihaknya berencana untuk mendorong pemasaran produk AJK dengan membuka kesempatan kerja sama dengan lembaga keuangan lain, seperti perbankan, perusahaan pembiayaan dan koperasi.

Bisnis Indonesia – 03/05/2017, Hal. 21

Berebut Nasabah Asuransi

Sejak mengenal pentingnya memiliki asuransi jiwa sekitar 10 tahun lalu, Maslinda hanya percaya pada produk asuransi jiwa yang ditawarkan oleh kenalannya, seorang agen di salah satu perusahaan asuransi besar. Setiap bulan, Maslinda harus rutin menyetorkan premi melalui mesin ATM atau jalur lainnya seperti internet banking atau mobile banking. Saluran pembayaran yang beragam memang memudahkan Maslinda membayar premi, namun ada satu hal yang belum terselesaikan, yakni ketepatan waktu. Seringkali dia merasa ragu apakah sudah menunaikan kewajibannya. “Repot dan kadang saya tidak ingat apakah sudah transfer atau belum. Saya tidak tahu kalau sekarang sudah bisa juga membeli asuransi di bank,” kata ibu lima anak yang tinggal di Bekasi Jawa Barat itu. Maslinda agak menyesal karena terlambat tahu adanya produk asuransi di bank. Padahal, perempuan 40 tahun ini sudah menjadi nasabah salah satu bank pelat merah sejak masih bekerja di pabrik di Kawasan Berikat Nusantara pada awal 2000-an.

Bisnis Indonesia – 03/05/2017, Hal. 21

Commonwealth Luncurkan COMM Link Signature

PT Bank Commonwealth (Commonwealth Bank Indonesia) bersama PT Commonwealth Life (Commonwealth Life), kembali melakukan kerja sama dengan meluncurkan COMM Link Signature. Produk ini diyakini bisa menjadi solusi investasi dan perlindungan asuransi terbaru yang memudahkan nasabah dalam merencanakan dana hari tua dan tujuan finansialnya.Produk yang telah dapat dinikmati masyarakat sejak 17 April 2017 lalu tersebut merupakan satu dari beragam rangkaian produk yang menyediakan jenis investasi dan perlindungan maksimal berdasarkan tujuan dan profil risiko dari berbagai segmentasi Nasabah. Presiden Direktur Commonwealth Life, Elvis Liongosari, menjelaskan pentingnya perencanaan dana hari tua dalam memastikan keamanan finansial keluarga, terutama ketika menghadapi risiko-risiko tidak terduga. “Ketika sudah berkeluarga, risiko-risiko finansial tidak hanya berpotensi berdampak pada diri sendiri, namun juga seluruh anggota keluarga lainnya. Walaupun begitu, seringkali perencanaan dana hari tua belum menjadi prioritas dalam perencanaan keuangan keluarga,” jelas Elvis di Jakarta, Selasa, 2 Mei 2017.

Infobanknews.com - 02/05/2017

http://infobanknews.com/commonwealth-luncurkan-comm-link-signature/3/

COMM Link Signature Janjikan Kemudahan Nasabah Merencanakan Warisan

PT   Bank   Commonwealth (Commonwealth   Bank)   dan   PT Commonwealth   Life (Commonwealth   Life), menghadirkan COMM   Link   Signature,   sebuah   produk   investasi   dan   perlindungan   asuransi   terbaru yang dijanjikan memudahkan nasabah dalam merencanakan dana hari tua dan tujuan finansialnya. Produk yang rilis sejak 17 April 2017 ini merupakan satu dari beragam rangkaian produk yang menyediakan jenis investasi dan perlindungan maksimal berdasarkan tujuan dan profil risiko dari berbagai segmentasi nasabah. Presiden Direktur Commonwealth Life, Elvis Liongosari, menjelaskan pentingnya perencanaan dana hari tua dalam memastikan keamanan finansial keluarga, terutama ketika menghadapi risiko-risiko tidak terduga. “Ketika sudah berkeluarga, risiko-risiko finansial tidak hanya berpotensi berdampak pada diri sendiri, namun juga seluruh anggota keluarga lainnya. Walaupun begitu, seringkali perencanaan dana hari tua belum menjadi prioritas dalam perencanaan keuangan keluarga," ungkapnya.

Infobanknews.com - 02/05/2017

http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/05/02/comm-link-signature-janjikan-kemudahan-nasabah- merencanakan-warisan

EKONOMI MAKRO DAN REGULASI

BTN Bentuk Dua Anak Usaha Asuransi Tahun Ini

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyiapkan anggaran sebesar Rp 700 miliar untuk memantapkan rencana anorganik perseroan pada tahun ini. Dengan anggaran tersebut, BTN berencana membentuk dua anak usaha asuransi, yakni asuransi jiwa dan asuransi umum. Direktur Keuangan dan Tresuri BTN, Iman Nugroho Soeko menyebut, untuk asuransi umum pihaknya akan mengakuisisi PT Asuransi Binagriya Upakara. Sementara untuk asuransi jiwa, BTN akan menggandeng PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). "Khusus untuk asuransi jiwa, kami joint dengan Jasindo untuk buat baru. Porsi kepemilikan nantinya BTN akan lebih besar karena captive market-nya lebih banyak BTN," kata Iman di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/5). Iman menjelaskan kemungkinan kepemilikan di atas 50% , karena perusahaan asuransi tersebut untuk menjaring nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) BTN. Selain itu, ia meyakini, rencana perseroan membentuk anak usaha asuransi ini tidak perlu menunggu rencana holding perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor keuangan.

Kontan.co.id - 02/05/2017

http://keuangan.kontan.co.id/news/btn-bentuk-dua-anak-usaha-asuransi-tahun-ini

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

13.290

IHSG

5.675,53

BI Rate (per 17 Maret 2016)

6,75%

Sumber Kontan.com , Bi Rate

Sumber Media:

Kompas, Bisnis Indonesia, Investor Daily, Kontan, Jakarta Post, Seputar Indonesia, Republika, Media Indonesia, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, Indopos, Warta Kota, Jawa Pos (Jatim), Pikiran Rakyat (Jabar), Suara Merdeka (Jateng), Analisa (Medan), Tribun Timur (Sulsel), Detik.Com, Kompas.Com, Antara.Com, Antarafoto.Com, Tribunnews.Com, Okezone.Com, Beritasatu.Com, Vivanews.Co.Id, Media Asuransi, Warta Ekonomi, Majalah Infobank, Majalah Investor.

DOWNLOAD PDF