CFO Forum Progress Meeting Awal Tahun


Tanggal terbit (04 / 02 / 2016)

Jakarta, 12 Januari 2016Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) membuka awal tahun 2016 dengan menggelar pertemuan dengan para perusahaan anggota melalui CFO Forum. Pertemuan regular CFO Forum kali ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar hasil kerja working group sepanjang tahun 2015 dan rencana kerja di tahun 2016.

Simon Imanto selaku Kepala Departemen Keuangan, Pajak dan Investasi AAJI memimpin pertemuan CFO Forum. Selain itu, beberapa ketua working group seperti John Oehmke selaku Ketua Working Group Taxation; Edy Purwanto selaku Ketua Working Group Accounting; Paul S. Kartono selaku Ketua Working Group Reporting; dan Lilyan Hidayat selaku Ketua Working Group Investment turut menjadi pembicara dan memberikan informasi terkini seputar perkembangan dari masing-masing working group dan rencana kerja di tahun 2016.

Disampaikan dalam kesempatan ini, anggota AAJI melalui CFO Forum telah secara aktif berpartisipasi dalam workshop maupun training yang diadakan oleh AAJI maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk semakin meningkatkan kapasitas industri dan pelaku industri asuransi jiwa di Indonesia. Adapun beberapa diantaranya adalah berperan aktif dalam Indonesia Investment Club (IIC), focus group discussion (FGD) terkait Bond Future, working group IFRS, pelatihan ERM, pelatihan PSAK dan masih banyak lainnya.

Dalam kesempatan ini, para ketua working group juga memberikan informasi terkait kinerja working group. Working Group Taxation telah secara aktif melakukan diskusi dengan berbagai pihak diantaranya Direktorat Jendral Pajak (DJP) dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mengenai pengenaan pajak penghasilan bagi agen asuransi dan aturan cadangan teknis; sementara working group Investment telah berdiskusi dengan OJK terkait pemisahan policy holder dengan share holder fund. Di sisi lain, pada rencana kerja tahun 2016, working group Reporting dan working group Accounting akan berupaya untuk melakukan standarisasi penyajian laporan tahunan dan penggunaan PSAK sehingga industri memiliki data yang lebih seragam.

Kedepannya, baik CFO Forum maupun seluruh working group yang bekerja dibawahnya, berkomitmen untuk terus secara aktif memberikan masukan-masukan yang berharga yang akan membawa keuntungan bagi industri asuransi jiwa di Indonesia. Acara ditutup dengan paparan Edy Tuhirman, selaku Ketua Bidang Keuangan, Keanggotan dan Kepatuhan AAJI,  yang memberikan apresiasi secara langsung atas partisipasi dan kerja aktif dari CFO Forum dan seluruh working group. Melalui upaya-upaya ini, AAJI optimis industri asuransi jiwa akan terus maju dan menjadi salah satu pilar kokoh perekonomian Indonesia.