Chief Financial Officer Forum III 2018


Tanggal terbit (04 / 12 / 2018)

Jakarta, (30/11) Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia kembali menyelenggarakan Chief Financial Officer Forum yang ketiga kalinya untuk tahun 2018.

Pada pertemuan yang ketiga ini topik pembahasan utamanya ialah terkait dengan IFRS 17. Bapak Simon Imanto selaku Ketua CFO Forum membuka acara ini dengan beberapa isu yang sedang berkembang di Industri Asuransi Jiwa terkait dengan bidang keuangan. Bapak Simon mengatakan isu perpajakan terkait dengan biaya cadangan dan klaim merupakan hal yang mendesak dan harus segera dituntaskan.

Agenda pertama pada acara ini ialah pemaparan informasi terbaru dari masing-masing Working Group terkait dengan projek yang sedang atau sudah dikerjakan.

Pemaparan pertama datang dari Ibu Kamariah Chan selaku Ketua Working Group Pajak yang menyampaikan informasi terbaru terkait dengan permasalahan pajak asuransi jiwa namun yang paling utama ialah isu audit pajak terkait dengan Biaya Cadangan dan Biaya Klaim.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Working Group Reporting yang disampaikan oleh Ibu Meylindawati selaku Ketua. Dalam pemaparannya beliau mengucapkan terima kasih atas partisipasi Perusahaan Anggota atas penyampaian laporan kinerja industri pada Sistem E-Reporting yang baru. Selain itu, disampaikan pula perkembangan terkait Rencana Bisnis.

Selanjutnya, pembahasan terkait ED PSAK 74 – IFRS 17 tentang Kontrak Asuransi yang disampaikan oleh Bapak Simon Imanto. Dalam pemaparannya, Bapak Simon mengaharapkan kerjasama dari seluruh Anggota AAJI untuk dapat menyampaikan tanggapan yang serius atas draf tersebut. Selain itu, Bapak Simon juga menyampaikan timeline tindaklanjut yang akan dilaksanakan AAJI terkait dengan Draf Eksposur tersebut.

Acara berlangsung lancar dan para CFO yang hadir turut aktif dalam memlontarkan pertanyaan maupun menyampaikan saran dan tanggapan.

Salam Asuransi…

 

DOWNLOAD PDF