AAJI Daily News - 11 Oktober 2021


Senin 11 Oktober 2021                                                                                                                                    

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. BERITA FOTO – Kenaikan Klaim Asuransi Meninggal Dunia
  2. PAAI Buka Suara Soal Unit-linked
  3. Korban Asuransi Pertanyakan Klaim Axa Mandiri
  4. Korban Asuransi Pertanyakan Klaim Axa Mandiri
  5. Produk Unitlink Kembali Diminati
  6. AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital dan Hadirkan Inovasi Berkelanjutan
  7. AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital
  8. Jaga keberlangsungan bisnis, AXA Mandiri percepat transformasi digital
  9.  AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital & Inovasi
  10. AXA Mandiri
  11. Pelaku Industri Asuransi Perkuat Pemasaran Lewat Kanal Digital
  12. AXA Siapkan Layanan Telemedicine
  13. AXA Mandiri Garap Peluang Baru dari Induk Usaha
  14. Cigna Jual Bisnis Asuransi ke Chubb US$5,75 M, Termasuk di RI
  15. Cigna akan jual beberapa unit bisnis ke Chubb dengan nilai capai US$ 5,75 miliar
  16. Cigna Menjual Lini Bisnis
  17. Chubb Akuisisi Bisnis Asuransi Cigna Senilai US$ 5,75 Miliar
  18. Sequis Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 327 Miliar
  19. Sequis Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 327,94 Miliar
  20. Gandeng IFG Life, BTN tunda keinginan punya asuransi jiwa sendiri
  21. Meningkat 178%, IFG Catatkan Laba Rp1,8 Triliun di Semester I-2021
  22. Holding Asuransi Catat Laba Rp1,8 Triliun Dalam 6 Bulan, Meningkat 178 Persen
  23. Semester I, IFG Catatkan Laba Rp 1,8 Triliun
  24. IFG Raup Laba Rp 1,8 Triliun
  25. Penting! Ini Alasan Harus Kelola Finansial dan Dilengkapi Asuransi
  26. Masa Depan Aman dan Nyaman dengan Literasi Keuangan Manulife
  27. Pentingkan Dana Pensiun dan Asuransi, Cara Ibu Milenial Kelola Keuangan Keluarga
  28. Mempersiapkan Masa Depan Cerah Sejak Dini, Ini yang Harus Dilakukan
  29. Optimalkan Distribusi, Asuransi Simas Jiwa Tumbuh Impresif
  30. OJK Akan Memperketat Aturan Dan Edukasi Unitlink

TENTANG AAJI

BERITA FOTO – Kenaikan Klaim Asuransi Meninggal Dunia

AAJI mencatat total manfaat klaim meninggal dunia yang dibayarkan oleh industri asuransi jiwa sepanjang semester 1/2021 naik menjadi Rp7,84 triliun. Realisasi ini meningkat 42,6% dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Bisnis Indonesia/11-10-2021

INDUSTRI & ASURANSI

PAAI Buka Suara Soal Unit-linked

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) merepons atas munculnya aduan terkait dengan investasi atau unit-linked. Ketua Bidang Investasi dan Pajak PAAI Henny E. Dondocambey mengatakan bahwa praktik ketidaksesuaian penjualan atau (mis-selling) yang terjadi di lapangan dapat disebabkan agen asuransi tidak paham secara menyeluruh atas produk yang dijualnya atau agen memiliki motivasi yang berorientasi terhadap penjualan sehingga kurang transparan dalam menjelaskan produk yang dijualnya.

Bisnis Indonesia/8-10-2021

Korban Asuransi Pertanyakan Klaim Axa Mandiri

Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mempertanyakan klaim PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) yang telah melakukan penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link, sesuai dengan rambu-rambu yang ada. Dia menuturkan kebanyakan korban dijanjikan produk asuransi unit link sebagai investasi atau tabungan dengan menawarkan asumsi imbal hasil yang tinggi.

Tempo.co/9-10-2021

Korban Asuransi Pertanyakan Klaim Axa Mandiri

Koordinator Komunitas Korban Asuransi Maria Trihartati mempertanyakan klaim PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) yang telah melakukan penjualan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit link, sesuai dengan rambu-rambu yang ada. Dia menuturkan kebanyakan korban dijanjikan produk asuransi unit link sebagai investasi atau tabungan dengan menawarkan asumsi imbal hasil yang tinggi.

Nkriku.com/9-10-2021

Produk Unitlink Kembali Diminati

Berdasarkan data OJK, jumlah nasabah unit link mengalami penurunan 25,24% tahun 2020 lalu. Pertengahan tahun ini, nampaknya, masyarakat mulai berminat lagi pada produk unit link. Tampak bahwa sampai bulan Juni 2021, pendapatan premi dari unit link tumbuh 17% menjadi Rp 64,44 triliun. Tren pertumbuhan bisnis unit link diperkirakan berlanjut hingga akhir tahun 2021. Pasalnya, banyak nasabah yang memilih produk imillink untuk investasi sekaligus proteksi.

Kontan Tabloid/11-10-2021

AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital dan Hadirkan Inovasi Berkelanjutan

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) terus melakukan adaptasi melalui transformasi digital dan inovasi berkelanjutan dengan menghadirkan sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan dan inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital.

Industry.co.id/8-10-2021

AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) berupaya untuk tetap adaptif dengan mempercepat transformasi digital. Hasilnya, sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan, dan berbagai inisiatif lainnya berhasil direalisasikan untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Investor.id/8-10-2021

Jaga keberlangsungan bisnis, AXA Mandiri percepat transformasi digital

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mempercepat transformasi digital dan inovasi berkelanjutan. AXA Mandiri telah menghadirkan sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan dan inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan nilai lebih, guna melindungi yang terpenting bagi masyarakat dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Kontan.co.id/8-10-2021

AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital & Inovasi

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah gesit beradaptasi melalui transformasi digital dan inovasi berkelanjutan. Memegang teguh visi from payer to partner, AXA Mandiri telah menghadirkan sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan dan inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan nilai lebih, guna melindungi yang terpenting bagi masyarakat dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Cnbcindonesia.com/8-10-2021

AXA Mandiri Percepat Transformasi Digital

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah gesit beradaptasi melalui transformasi digital dan inovasi berkelanjutan. Memegang teguh visi from payer to partner, AXA Mandiri telah menghadirkan sederet solusi proteksi, cara baru pemberian layanan dan inisiatif yang memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan nilai lebih, guna melindungi yang terpenting bagi masyarakat dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Ekonomi Neraca/11-10-2021

Pelaku Industri Asuransi Perkuat Pemasaran Lewat Kanal Digital

Pelaku industri asuransi semakin gencar memperkuat pemasaran melalui kanal distribusi digital. Langkah ini seiring dengan terakselerasinya pemanfaatan teknologi digital di tengah pandemi Covid-19. PT Asuransi Astra Buana bekerja sama dengan platform digital Halodoc untuk memasarkan produk asuransi kesehatan perorangan berbasis digital. PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) juga terus mengembangkan jalur pemasaran digitalnya dengan mengeksplorasi potensi kerja sama dengan platform digital.

Bisnis.com/10-10-2021

AXA Siapkan Layanan Telemedicine

PRESIDEN Direktur AXA Mandiri Handojo G Kusuma berujar pihaknya menyiapkan layanan telemedicine ke nasabah. Handojo menerangkan layanan tersebut untuk memudahkan para nasabah mendapatkan konsultasi medis. Handojo mengatakan, AXA Mandiri tengah mengembangkan ekosistem digital lewat Emma, untuk mengintegrasikan pengalaman nasabah, distributor produk, dan pegawainya.

Tribun Pekanbaru/8-10-2021

AXA Mandiri Garap Peluang Baru dari Induk Usaha

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) akan memperkuat kerja sama dengan induk perusahaannya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., untuk memperluas pemasaran produk asuransinya. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengatakan, transformasi digital terbaru Bank Mandiri dengan peluncuran aplikasi Livin' by Mandiri menjadi peluang baru untuk AXA Mandiri

Bisnis.com/10-10-2021

Cigna Jual Bisnis Asuransi ke Chubb US$5,75 M, Termasuk di RI

Cigna Corp, perusahaan asuransi jiwa yang bermarkas di Connecticut, AS, akan menjual bisnis asuransi jiwa, kecelakaan diri, dan manfaat tambahannya senilai US$5,75 miliar. Penjualan itu dilakukan Cigna kepada Chubb Ltd melalui perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak.

Cnnindonesia.com/8-10-2021

Cigna akan jual beberapa unit bisnis ke Chubb dengan nilai capai US$ 5,75 miliar

Perusahaan asuransi kesehatan Cigna Corp telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan asuransi Chubb Ltd untuk menjual bisnis asuransi jiwa, kecelakaan, dan manfaat tambahannya di tujuh negara seharga US$ 5,75 miliar secara tunai.

Kontan.co.id/8-10-2021

Cigna Menjual Lini Bisnis

Perusahaan asuransi kesehatan Cigna Coip telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan asuransi Chubb Ltd untuk menjual bisnis asuransi jiwa, kecelakaan, dan manfaat tambahannya di tujuh negara. Transaksi tunai senilai US$ 5,75 miliar.

Kontan/9-10-2021

Chubb Akuisisi Bisnis Asuransi Cigna Senilai US$ 5,75 Miliar

Chubb Limited mengumumkan kesepakatan definitif untuk mengakuisisi perusahaan asuransi jiwa dan nonjiwa Cigna Corporation di tujuh negara, termasuk Indonesia. Nilai transaksi dari akuisisi bisnis asuransi kecelakaan diri dan kesehatan, serta asuransi jiwa itu mencapai US$ 5,75 miliar.

Investor Daily/11-10-2021

Sequis Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 327 Miliar

PT Asuransi Jiwa Sequis Life tercatat telah membayar klaim terkait Covid-19 senilai Rp 327 miliar sampai dengan September 2021. Pembayaran klaim sebagai komitmen perusahaan terhadap nasabahnya itu terbilang meningkat signifikan.

Investor Daily/11-10-2021

Sequis Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 327,94 Miliar

PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) tercatat telah membayar klaim terkait Covid-19 senilai Rp 327 miliar sampai dengan September 2021. Pembayaran klaim sebagai komitmen perusahaan terhadap nasabahnya itu terbilang meningkat signifikan.

Investor.id/11-10-2021

Gandeng IFG Life, BTN tunda keinginan punya asuransi jiwa sendiri

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menunda keinginan memiliki anak usaha yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Setiyo Wibowo, Direktur Risk Management and Transformation BTN bilang rencana akuisisi mengikuti arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham.

Kontan.co.id/8-10-2021

Meningkat 178%, IFG Catatkan Laba Rp1,8 Triliun di Semester I-2021

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan secara konsisten menunjukkan kinerja positif. Di semester pertama 2021, IFG berhasil membukukan laba tahun berjalan konsolidasi sebesar Rp1,8 triliun atau setara dengan 180% dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) semester I-2021 sebesar Rp1 triliun.

Rctiplus.com/8-10-2021

Holding Asuransi Catat Laba Rp1,8 Triliun Dalam 6 Bulan, Meningkat 178 Persen

BUMN Holding Asuransi dan Penjaminan , Indonesia Financial Group ( IFG ) membukukan laba Rp1,8 triliun atau setara dengan 180% dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) pada semester I 2021, yang berada di angka Rp1 triliun.

Suara.com/10-10-2021

Semester I, IFG Catatkan Laba Rp 1,8 Triliun

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Perasuransian dan Penjaminan secara konsisten menunjukkan kinerja positif. Di semester pertama 2021, IFG berhasil membukukan laba tahun berjalan konsolidasi Rp 1,8 triliun atau setara 180 persen dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) semester I - 2021 sebesar Rp 1 triliun. Secara year on year (yoy) laba perusahaan dibandingkan semester 1 2020 terjadi peningkatan 178 persen.

Republika.co.id/10-10-2021

IFG Raup Laba Rp 1,8 Triliun

IFG meraup laba tahun berjalan konsolidasi sebesar Rp 1,8 triliun atau setara dengan 180 persen dari target rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) semester 12021 yang sebesar Rp 1 triliun. Direktur Keuangan dan Umum IFG Rizal Ariansyah mengatakan, pencapaian laba ini sebagian besar dihasilkan dari pertumbuhan laba anak perusahaan asuransi dan penjaminan dengan rata-rata kenaikan mencapai 55 persen.

Republika/11-10-2021

Penting! Ini Alasan Harus Kelola Finansial dan Dilengkapi Asuransi

Chief Agency Officer PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Jeffrey Kie menilai bahwa pada dasarnya orang-orang mempunyai kesadaran akan pentingnya pengelolaan finansial. Kepemilikan asuransi dapat mendorong pengelolaan keuangan yang lebih baik bagi seseorang. Asuransi pun menjadi aspek penting dalam kehidupan, sebagai instrumen untuk melindungi keuangan dari berbagai risiko. Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu memiliki pandangan serupa, bahwa asuransi bisa memberikan keamanan finansial bagi setiap orang dalam berbagai kondisi.

Bisnis.com/9-10-2021

Masa Depan Aman dan Nyaman dengan Literasi Keuangan Manulife

Vincentia Litha Sukses berkarier sebagai sales executive di Hotel Citradream Semarang. Ia cukup realistis dalam menjalani hidup. Termasuk cermat dan bijak dalam mengatur finansial pribadi yang salah satunya dialokasikan untuk asuransi jiwa. Asuransi sifatnya berjaga-jaga, tidak bermaksud mengharapkan celaka sehingga segala sesuatu bisa ditanggung perusahaan asuransi.

Jateng.idntimes.com/9-10-2021

Pentingkan Dana Pensiun dan Asuransi, Cara Ibu Milenial Kelola Keuangan Keluarga

Generasi milenial biasanya merujuk kepada mereka yang lahir dari awal 1980-an hingga 2000an. Eva (28) misalnya, wanita lulusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menikah pada Maret 2019. Menurut Eva, keberadaan dana darurat sangat penting untuk mengantisipasi risiko di masa depan. Eva memilih Manulife yang dinilai cocok dengan dirinya. Eva mengaku, pemasukan dari obligasi itu ia gunakan untuk pendidikan anak jangka panjang.

Liputan6.com/9-10-2021

Mempersiapkan Masa Depan Cerah Sejak Dini, Ini yang Harus Dilakukan

Asuransi Mikro PIJAR (Proteksi Aman Sejahtera) dari BRI Life akan memberikan perlindungan menyeluruh dari berbagai risiko yang mungkin datang, baik risiko kecelakaan, gangguan kesehatan, hingga meninggal dunia. Beragam keuntungan dan kemudahan pun bisa didapatkan, seperti premi terjangkau mulai Rp 100-200 ribu saja, dan proses pengajuan yang mudah.

Kumparan.com/8-10-2021

Optimalkan Distribusi, Asuransi Simas Jiwa Tumbuh Impresif

PT Asuransi Simas Jiwa (ASJ) dalam beberapa tahun terakhir tumbuh impresif dan menjadi salah satu asuransi dengan aset besar. Berdasarkan laporan keuangan kuartal kedua 2021, aset yang dimiliki mencapai Rp34,1 triliun dan pendapatan premi sebesar Rp10,4 triliun. Pertumbuhan impresif tersebut tidak terlepas dari optimalisasi semua jalur distribusi yang dimiliki perusahaan, seperti bancassurance, agency, digital insurance, ekosistem internal, juga syariah dan DPLK.

Investor.id/9-10-2021

REGULASI & EKONOMI MAKRO

OJK Akan Memperketat Aturan Dan Edukasi Unitlink

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sepanjang tahun lalu jumlah pengaduan konsumen mengenai unitlink telah mencapai 593 pengaduan. Mayoritas aduan terkait adanya kasus mis-selling. Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 2A OJK, Ahmad Nasrullah menyatakan, dari dua fakta itu, regulator tidak bisa langsung menghilangkan langsung produk unitlink ini mengingat kontribusinya yang cukup tinggi. Oleh karenanya, OJK saat ini sedang mengatur regulasi untuk memperketat pengaturan pergualan produk unitlink ini.

Kontan/11-10-2021

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.225.00

IHSG (per 8 Oktober 2021)

6.481,77

BI Rate

3,50%

 

 

 

 

 

Sumber Media:

Kontan.co.id, kompas.com, Investor Daily, Kontan, Kompas, wartaekonomi.co.id, cnbcindonesia.com, kompas.com, bisnis.com, Bisnis Indonesia, investing.com

 

DOWNLOAD PDF