Manfaat Welcoming Call Bagi Calon Nasabah Asuransi
Otoritas Jasa Keuangan menerbitkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 5/SEOJK.05/2022 tentang Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (SEOJK PAYDI) atau yang biasa dikenal dengan produk unit link. Dalam SEOJK PAYDI mengatur penyelenggaraan dari proses pemasaran, transparansi informasi, tata kelola aset produk PAYDI, perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi syariah, termasuk unit usaha syariah mulai berlaku sejak 14 Maret 2022.
Aturan ini hadir sebagai salah satu upaya peningkatan tata kelola perlindungan konsumen di industri jasa keuangan. Salah satu ketentuan dan prosedur yang harus dilaksanakan pada pemasaran produk PAYDI adalah “Welcoming Call”. Setelah penerbitan polis dilakukan, tepatnya selama periode mempelajari polis, Perusahaan Asuransi akan melakukan welcome call ke nasabah.
Program welcoming call harus dilakukan perusahaan asuransi dalam masa free look period untuk seluruh polis dan direkam. Adanya welcoming call ini bertujuan untuk memastikan apakah produk yang dibeli oleh nasabah telah sesuai dan dapat dipahami dengan baik. Serta perusahaan memastikan bahwa nasabah memahami manfaat, risiko, dan prosedur pengajuan klaim. Dengan begitu, nasabah dapat mengoptimalkan manfaat produk sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya.
Hal – hal yang harus kamu perhatikan saat mendaftar asuransi jiwa sesuai dengan aturan OJK terbaru, sebagai berikut:
- Mengisi data SPAJ dengan benar
Pastikan kamu melakukan pengisian Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ). Pengisian SPAJ penting dilakukan untuk menentukan uang pertanggungan (UP), manfaat, serta besaran premi. Oleh sebab itu, saat mengisi SPAJ, calon nasabah diharuskan jujur dan rinci. Apabila SPAJ yang diisi terindikasi palsu dan ada yang ditutup-tutupi, maka risiko yang harus ditanggung cukup besar dan bisa jadi merugikan calon nasabah itu sendiri. Pada pengisian SPAJ juga penting memeberikan kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan. Dalam proses welcoming call kamu akan dihubungi oleh pihak perusahaan melalui data yang sudah kamu isikan di lembar SPAJ.
- Menjawab Welcoming Call dari Perusahaan Asuransi
Pada proses pembelian produk PAYDI, nasabah harus menjawab welcoming call yang dilakukan oleh perushaaan. Dengan menjawab welcoming call, nasabah asuransi menjadi lebih memahami apa yang dibeli dan memiliki informasi yang dibutuhkan untuk memanfaatkan layanan dan produk yang Anda beli. Selain itu, dengan welcoming call membantu perusahaan asuransi meningkatkan layanannya dan memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk dan layanannya. Melakukan welcoming call juga dapat membantu membangun citra perusahaan dan memastikan bahwa pelanggan terus memilih perusahaan untuk kebutuhan asuransi mereka.
- Memahami produk dan jangka waktu polis
Pastikan bahwa Anda memahami produk asuransi jiwa yang Anda beli dan jangka waktu polis. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda. Pastikan Anda memanfaatkan masa free look period untuk memahami dan mempelajari setiap klausal dari polis asuransi jiwa. Dengan mempelajari isi polis asuransi jiwa, pemegang polis dapat memastikan bahwa mereka memahami hak dan kewajiban mereka sebagai pemegang polis, serta memastikan bahwa penerima manfaat akan menerima uang tunai setelah kematian pemegang polis.
Dari adanya penjelasan diatas manfaat dari welcoming call hingga beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendaftar asuransi jiwa, penting untuk Anda mengikuti setiap langkah – langkah yang diberikan oleh perusahaan asuransi jiwa.