Yuk Pahami Lebih Jauh Mengenai Asuransi Jiwa Unit Link!



Saat membeli produk asuransi jiwa unit link itu bagai kita menyelam sambil minum air. Sekali membeli, dua keuntungan langsung kita raih. Pertama, memperoleh asuransi jiwa untuk melindungi kita dari kejadian tak terduga di masa depan dan yang kedua, mendapatkan manfaat investasi yang akan menambah aset kita. 

Hal ini karena di dalam skema produk asuransi jiwa unit link, uang yang disetorkan nasabah tidak hanya diperuntukkan membayar premi asuransi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi, agar nilainya terus berkembang.

Dengan kelebihannya asuransi jiwa unit link ini, yaitu proteksi sekaligus investasi banyak konsumen yang tertarik membeli produk asuransi jiwa unit link dibandingkan dengan produk asuransi jiwa tradisional yang hanya fokus menjual proteksi. Dalam 10 tahun terakhir, produk asuransi jiwa unit link telah tumbuh 10 ribu persen. Di sisi lain asuransi jiwa tradisional hanya tumbuh 380 persen.

Tapi, meskipun pertumbuhan penjualan produk asuransi jiwa unit link tergolong tinggi, pemahaman kepada para nasabahnya atau calon nasabahnya ternyata masih rendah, karena masih banyak dari para nasabah maupun calon nasabah yang tidak paham betul informasi juga manfaat dari produk ini.

Perlu disadari bahwa meskipun di dalamnya terdapat unsur investasi, unit link pada dasarnya merupakan produk asuransi jiwa. Premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar proteksi dan sebagian lagi ditempatkan pada produk investasi dalam bentuk unit. Karena jumlah premi yang dibayarkan akan dibagi dalam dua ‘pos’, yaitu investasi dan asuransi, maka harus dipahami bahwa:

  • Nilai pertanggungan nantinya akan bernilai lebih kecil dari yang seharusnya kamu dapatkan jika kamu memilih produk asuransi jiwa murni
  • Return dari investasi yang akan didapatkan, berasal dari sebagian saja dana yang diberi. Jangan hanya berfokus pada keuntungan (timbal balik) investasi dari unit link. Karena unit link bukanlah produk investasi. Nasabah yang hanya berfokus pada hasil investasinya tidak banyak merasakan keuntungan unit link ini secara maksimal, karena kekuatan utamanya tidak terletak pada investasinya

Nah, agar kamu tetap nyaman juga aman, berikut tips dalam memilih produk asuransi jiwa unit link:

  1. Pastikan perusahaan tempatmu akan membeli produk asuransi jiwa sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  2. Pahami bahwa asuransi jiwa unit link merupakan kombinasi antara proteksi juga investasi sehingga tentu tak bebas dari risiko, termasuk risiko penurunan nilai investasi. 
  3. Beritahu kebutuhan serta profil risiko kepada tenaga pemasar asuransi jiwa penjual produk asuransi jiwa unit link, karena perusahaan yang memasarkan produk asuransi jiwa unit link telah diwajibkan untuk memiliki, menerapkan, dan mengembangkan prosedur penilaian kesesuaian produk dengan kebutuhan calon nasabahnya.
  4. Pahami serta pelajari segala hak dan kewajiban sebagai tertanggung yang tercantum dalam polis. Hal ini berguna untuk menghindari potensi terjadinya sengketa, khususnya saat pengajuan dan pembayaran klaim di kemudian hari.
  5. Pastikan bahwa tenaga pemasar asuransi jiwa bersertifikasi khusus dari AAJI jika kamu membeli produk asuransi jiwa unit link lewat tenaga pemasar asuransi jiwa
  6. Selalu minta keterangan perkembangan dana investasi unit link kita, karena perusahaan asuransi jiwa wajib melaporkan perkembangan dana hak pemegang polis kepada pemegang polis yang bersangkutan minimal sekali dalam setahun.

Jadi, kamu sudah siap membeli produk asuransi jiwa unit link? Jika kamu peduli masa depan dan ingin mendapatkan banyak keuntungan dalam satu produk keuangan, gunakan produk asuransi jiwa unit link.

Older Post Newer Post