COO Gathering, Fokuskan Pada Tren Klaim Kesehatan 2023
Jakarta, 6 Februari 2023 Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia menggelar Chief Operation Officer Gathering di Rumah AAJI. Acara ini merupakan kali pertama para praktisi Chief Operation Officer berkumpul dan berdiskusi terbuka di tahun 2023.
COO Gathering diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Bidang Operasional Excellence, IT & Digital Customer Centricity AAJI, Edy Tuhirman. Dalam sambutannya Edy berucap “Melalui COO Forum ini saya berharap para perwakilan perusahaan saling bertukar informasi dan sharing knowledge sehingga para praktisi perusahaan saling mengetahui tren yang ada dan solusi untuk setiap tantangan di industri”.
Usai sambutan dari Edy Tuhirman, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari dua narasumber. Fransisca Roeswita memandu COO Gathering sebagai moderator. Pemaparan pertama disampaikan oleh Dian Budiani dengan tema Situasi Tren Klaim Kesehatan Industri Asuransi Jiwa”. Pada kesempatan ini, dijelaskan terkait Perbandingan Klaim Kesehatan YTD Q3 2021 vs 2022. Total klaim kesehatan mengalami peningkatan pada Q3 2022 dibandingkan dengan Q3 2021. Total klaim kesehatan individu yang dibayarkan di 2022 meningkat sekitar 40%. Sedangkan untuk total klaim meninggal individu yang dibayarkan di 2022 menurun sekitar 54% dibandingkan 2021.
Merujuk pada presentasi yang disampaikan Dian, kebanyakan klaim kesehatan disebabkan karena penyakit seperti kanker, beragam sakit pencernaan, dan penyakit menular seperti gastroenteritis. Hal ini yang perlu menjadi perhatian para perusahaan untuk dapat memerhatikan kembali penyakit yang dapat diklaim.
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Hendro Sulistio. Dalam pemaparannya Hendro membawakan materi terkait Opsi Pengendalian Klaim Kesehatan. Dijelaskan pada pemaparannya beberapa opsi bagaimana pengendalian klaim kesehatan. Salah satunya cara pengendalian klaim yang dapat dilakukan yaitu bekerja sama dengan rumah sakit hingga melaksanakan event bersama rumah sakit. Selain itu, para tenaga pemasar harus diberikan pemahaman dan sosialisasi terkait Proses LOG (termasuk bahwa tidak semua case bisa mendapatkan layanan LOG, beberapa case harus melakukan reimbursement).
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif dengan para pimpinan operation officer. Melalui acara ini, diharapkan para perusahaan semakin solid untuk memperhatikan tren data klaim dan berbagi pandangan hingga strategi guna kemajuan industri.