Tips Menjaga Kerahasian Data Pribadi



Saat teknologi berkembang begitu pesat, tentu ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Akan tetapi menggunakannya tanpa hati-hati dapat memudahkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan datamu. Untuk itulah, kamu perlu mengetahui pentingnya menjaga keamanan data pribadi dan hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi kamu.

Alasan pentingnya menjaga kerahasian data pribadi adalah karena biasanya data pribadimu terkoneksi langsung dengan data finansial kamu. Pihak ketiga seperti bank, kartu kredit, perusahaan, atau asuransi selalu menjaga data nasabahnya. Selain itu juga situs yang berhubungan dengan keuangan dienkripsi, kamu tetap wajib memastikan bahwa data tersebut aman. Untuk itu pastikan nama, alamat, nomor telepon, email, detail bank, informasi kesehatan, dan data pribadi kamu bocor ke orang lain.

Jika informasi ini tersebar luas, bisa saja ada orang yang berpura-pura menjadi kamu secara online. Informasi pribadi tersebut dapat digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, selalu jaga data pribadi kamu sebaik mungkin.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi:

  • Gunakan Password yang “Kuat” Hindari penggunaan untuk akses login ke beberapa situs dengan password yang lemah. Misalnya password yang mudah dikaitkan dengan tanggal lahir atau tahun kelahiran.
  • Ganti Password secara berkala Sebenarnya jika bisa gunakanlah akun dengan password yang berbeda. Namun ini berisiko kamu lupa passwordnya. Untuk itu lakukan saja pergantian password secara berkala
  • Hapus data-data browsing Setelah melakukan browsing sebaiknya hapus penggunaan data browsing kamu. 
  • Hindari menggunakan wifi gratis Sebaiknya hindari penggunaan wifi gratis. Karena jika wifi tersebut dipasang peretas maka dengan mudah akun pribadi kamu diakses.
  • Hindari mengakses link dari email yang tidak dikenal Sebagian besar kejahatan dunia maya dimulai dari phising. Phising merupakan kejahatan melalui dunia maya yang    dilakukan untuk mencuri akun seseorang. Biasanya penjahat siber menargetkan pencurian data melalui email. Sehingga sebaiknya hindari mengakses link dari email yang tidak dikenal.

Yuk bersama kita jaga kerahasian data pribadi agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Older Post Newer Post