GLOSSARY
Pajak asuransi. Pajak yang harus dibayar oleh perusahaan asuransi atas dasar penerimaan premi.
Pajak harta benda. Pajak atas barang / pemilikan / kekayaan.
Panitia / team pemasaran. Team yang anggotanya terdiri dari wakil-wakil dari setiap bagian yang memberikan saran-saran dalam merancang kontrak-kontrak asuransi dengan maslahat dan tarip premi khusus dan jaminan-jaminan yang termasuk dalam kontrak tersebut.
Partisipasi persentase. Di dalam asuransi medis, di mana penanggung dan tertanggung / pemegang polis memikul bersama biaya yang dikeluarkan oleh tertanggung atas dasar persetujuan sebelumnya yang besarnya didasarkan pada persentase. Contoh : 80% dibayar penanggung dan 20% oleh tentanggung / pemegang polis.
Pasar.
- calon-calon pembeli produk yang aktual atau potensial.
- tempat bertemu penjual dan pembeli
- calon-calon pembeli produk yang aktual atau potensial.
- tempat bertemu penjual dan pembeli
Pasar asuransi. Kumpulan dari sejumlah orang / badan usaha yang menjadi sasaran penjualan polis asuransi.
Kewajiban yang harus dibayar / dipenuhi untuk masa kerja yang lalu.
Premi yang dihitung sejak tanggal mulai bekerja atau tanggal yang ditetapkan sebagai tanggal mulainya kepesertaan sampai tanggal jatuh tempo pembayaran premi.
Pecahan perusahaan. Unit-unit atau departemen-departemen dalam satu perusahaan yang masing-masing beroperasi sebagal perusahaan yang independen, meskipun perusahaan induknya adalah pelanggannya yang utama. Pecahan begini dapat pula menawarkan servisnya kepada individu-individu atau organisasi-organisasi lain.
Pedoman pembeli. Suatu publikasi yang diberikan sebagai pedoman bagi konsumen yang bermaksud membeli polis asuransi.
Pejabat penting/kunci (tenaga ahli). Seseorang yang mempunyai kemampuan unik / Iebih untuk hal-hal yang berhubungan dengan kelanjutan keberhasilan perusahaan. Lihat : key person insurance.
Pekerjaan berisiko / berbahaya. Pekerjaan yang mengandung risiko tinggi. Misalnya: penerbang, pembalap, buruh tambang dan lain-lain
Pelanggan. Perorangan atau organisasi yang membeli program blue cross atau blue shields (blue cross dan blue shields) asuransi kesehatan.
Pelapisan. Kombinasi dari berbagai polis, masing - masing polis memberi tambahan uang pertanggungan diatas batas polis sebelumnya. Contoh: polis A menambah US $ 100,000, kemudian polis B menambah U$ 200,000 dan C menambah $ 300,000 dengan keseluruhan jumlah $ 600,000. Dalam beberapa hal, perusahaan tidak bisa mendapatkan pertanggungan yang diperlukan dari satu perusahaan asuransi saja oleh karena itu perusahaan ini harus membeli beberapa polis dari perusahaan asuransi yang berbeda agar dapat memenuhi kebutuhan seluruhnya.
Pelemahan seleksi risiko. Faktor-faktor yang cenderung meningkatkan risiko pemohon diatas normal untuk umurnya.
Pelepas (hak) premi. Ketentuan yang mengatur bahwa polis asuransi dengan syarat tertentu tetap berlaku sepenuhnya tanpa pemungutan premi.
Pelimpahan/pemindahan hak. Pelimpahan semua hak dan kuasa yang tercantum didalam polis kapada orang/lembaga lain berkaitan dengan maslahat polis.
contoh : Polis dijaminkan di Bank untuk mengambil pinjaman, Bank diberi hak untuk mengambil maslahat polis sebesar sisa hutangnya apabila pemilik polis meninggal dunia sebelum hutangnya lunas. Sisa maslahat dibayarkan kepada ahil waris yang ditunjuk oleh pemilik polis.
contoh : Polis dijaminkan di Bank untuk mengambil pinjaman, Bank diberi hak untuk mengambil maslahat polis sebesar sisa hutangnya apabila pemilik polis meninggal dunia sebelum hutangnya lunas. Sisa maslahat dibayarkan kepada ahil waris yang ditunjuk oleh pemilik polis.
Pelunasan angsuran anuitas tentuan. Pembayaran angsuran secara periodik dalam jangka waktu dan jumlah yang ditentukan selama dan anuitan masih hidup.
Pemasaran. Fungsi yang menyeluruh untuk menentukan / kepentingan konsumen, pembuatan produk dan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, cara mempromosikan dan mendistribusikan produk-produk tersebut dan pelayanan terhadap masyarakat.
Pemasaran masal. Pemasaran produk asuransi langsung kepada masyarakat tanpa menggunakan agen pemasaran. biasanya dilakukan melalui mass media.