Markom Forum 2024: Tingkatkan Pemahaman ESG bagi Praktisi Marketing dan Komunikasi Asuransi Jiwa

Jakarta, 16 Agustus 2024 – Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyelenggarakan forum khusus bagi para praktisi Marketing dan Komunikasi Perusahaan Asuransi Jiwa dengan tujuan memperbarui pemahaman tentang berbagai isu terkini. Forum bertajuk “The Benefit of ESG to Support Business Growth” ini diadakan di Nawasena Resto, Lippo Kuningan, dan dihadiri oleh sekitar 80 orang peserta.
Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Novita Rumngangun, menyampaikan bahwa penerapan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) kini telah menjadi tanggung jawab bersama.
"Saat ini, ESG telah menjadi pilar utama dalam strategi bisnis yang berkelanjutan dan berorientasi ke masa depan. Perusahaan yang mampu mengintegrasikan ESG dalam strategi pemasaran dan komunikasinya akan memiliki keunggulan kompetitif untuk mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang," ujar Novita.
Dalam forum ini, Group Head Halal Beauty Paragon Technology & Innovation, Novia Sukmawaty, turut memberikan paparan dengan judul “Benefit of ESG for CMO to Support Business Growth.”
"CSR bukan hanya sekadar alat untuk membantu, tetapi juga untuk berkontribusi secara signifikan terhadap individu dan lingkungan. Pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan perempuan menjadi fokus utama Paragon Technology and Innovation dalam program CSR kami," ungkap Novia.
Markom Forum juga dihadiri oleh Analis Senior Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Grani Ayuningtyas Harmani, yang mensosialisasikan program edukasi terbaru dari OJK, yaitu Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN).
"Diharapkan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan ini dapat melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat dapat menjadi lebih cerdas secara finansial dan mampu mengambil keputusan keuangan yang tepat, serta terhindar dari berbagai kasus kejahatan finansial," jelas Grani.
Menjelang akhir acara, anggota bidang marketing dan komunikasi masing-masing memaparkan program yang telah dijalankan selama tahun 2023 serta rencana kegiatan di tahun 2024, salah satunya adalah penyelenggaraan Markom Summit yang direncanakan akan digelar pada 21 November 2024.