Bangun Budaya Riset di Lingkungan Industri Asuransi Jiwa, AAJI Jalin Kerja Sama dengan IRSA



Bangun Budaya Riset di Lingkungan Industri Asuransi Jiwa, AAJI Jalin Kerja Sama dengan IRSA

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melakukan kerja sama dengan Indonesian Regional Science Association (IRSA). Rangkaian kerja sama yang dilakukan AAJI dengan IRSA ialah penandatanganan MOU, yang dilaksanakan dalam acara The 17th IRSA International Conference 2022. Acara tersebut digelar di Lombok pada 18 – 19 Juli 2022 dengan dihadiri langsung Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon, serta Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu.

IRSA International Conference merupakan acara tahunan yang mempromosikan kemajuan penelitian di seluruh negeri. Konferensi ini akan memfasilitasi diskusi, transfer pengetahuan, dan sharing pengalaman antara para akademisi dan pembuat kebijakan. Adanya konferensi ini guna memperbaiki public policy yang terkait dengan ekonomi wilayah di Indonesia.

Konferensi diadakan di seluruh provinsi Indonesia secara bergiliran dan diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang sudah menjadi mitra IRSA. Di mana pada tahun 2022 konferensi dilaksanakan di Lombok atas Kerja sama dengan Universitas Mataram. Pada 2022 IRSA diselenggarakan dengan mengusung tema COVID-19 Disruption and Regional Development in Small Island Economies.

“Kami sangat menyambut baik Prakarsa dari AAJI untuk berkolaborasi dengan IRSA, harapan IRSA bisa turut membantu menyelenggarakan riset yang berkaitan dengan perasuransian di Indonesia.” Ucap Prof. Sony Priyarsono selaku Advisory Board IRSA. Langkah kerja sama AAJI dengan IRSA merupakan awalan yang sangat baik untuk perkembangan Industri Asuransi Jiwa maupun bagi perkembangan riset di tanah air. Dengan adanya kerja sama ini bertujuan untuk dapat membangun budaya riset sekaligus menghasilkan research based policy di lingkungan Industri Asuransi Jiwa.

Dari pertemuan ini, AAJI dan IRSA sepakat untuk menjalankan research agenda yang terdiri dari kegiatan riset dan berbagai kegiatan pendukung riset. Sebagai langkah awal kerja sama tersebut, AAJI dan IRSA menggelar Systematic Review Award (SRA) sebagai suatu ajakan bagi para peneliti di Indonesia maupun luar negeri untuk membuat proposal penelitian dengan tema “Penentu Perkembangan Asuransi Jiwa Dalam Konteks Negara Berkembang dan Implikasinya Terhadap Indonesia”. Terdapat total pendanaan untuk dua proposal yang terpilih yaitu sebesar 5000 US Dollar. Untuk informasi lebih lanjut terkait program ini dapat dilihat pada link berikut https://aaji.or.id/page/aaji-irsa-systematic-review-awards-2022