Media Workshop AAJI Mengajak Masyarakat Mengenal Lebih Dalam Produk dan Juga Manfaat Unit Link



Media Workshop AAJI Mengajak Masyarakat Mengenal Lebih Dalam Produk dan Juga Manfaat Unit Link

Jakarta, 12 April 2022. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menggelar Media Workshop dengan topik ulasan “Kupas Tuntas Produk Unit Link”. Media workshop ini bertujuan mengajak masyarakat melalui media untuk lebih memahami seluk beluk serta manfaat dari Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI), atau lebih dikenal sebagai produk Unit Link. Acara ini diisi pemaparan narasumber dari internal Pengurus AAJI serta konsultan hukum eksternal, yaitu:

  • Bapak Budi Tampubolon, Ketua Dewan Pengurus AAJI
  • Bapak Paul Setio Kartono, Ketua Departemen R&D dan Pelaporan
  • Bapak Fauzi Arfan, Ketua Bidang Aktuaria dan Manajemen Risiko
  • Bapak Ricardo Simanjuntak, Konsultan Hukum

 

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Bapak Budi Tampubolon menerangkan bahwa pembayaran klaim produk Unit Link juga telah mendukung dua program utama pemerintah yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan program Ketahanan Keuangan Keluarga. Hal ini dibuktikan total klaim dan manfaat pada tahun 2021 yang sudah diterima oleh nasabah Unit Link di Indonesia tercatat sebesar 101,57 triliun Rupiah dengan pertumbuhan sebesar 19,9% jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.  Manfaat unit link tidak hanya dirasakan masyarakat, namun juga berdampak pada pembangunan ekonomi Indonesia.

Ketua Departemen R&D dan Pelaporan AAJI, Bapak Paul Setio Kartono memaparkan mengenai sejarah, karakter dan pengaruh Unit Link terhadap industri asuransi di dunia, khususnya di Indonesia. Produk Unit Link pertama kali diperkenalkan dan dijual di Inggris pada sekitar tahun 1960 untuk kemudian menyebar ke seluruh dunia dan memiliki beragam penamaan hingga kini. Hampir di banyak negara di mana Unit Link dipasarkan, produk ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam tumbuh kembang industri asuransi jiwa.

Seperti produk pada umumnya, beberapa konsumen sempat mengeluhkan manfaat Unit Link. Di kesempatan workshop ini, Konsultan Hukum, Ricardo Simanjuntak, memaparkan penjelasan terkait alur pengaduan atau tata cara penyelesaian sengketa jika terjadi perselisihan. Menurutnya, keluhan terkait dengan polis asuransi harus diselesaikan secara satu per satu, melalui jalur yang sudah ditentukan oleh peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Hal ini disebabkan karena polis merupakan kontrak yang mengikat antar kedua belah pihak semata.”

Kegiatan media workshop yang dihadiri 21 orang jurnalis ini berjalan lancar, antusiasme media terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Acara diakhiri dengan sesi buka puasa bersama.