Lakukan Transformasi Digital dan Tata Kelola Industri Asuransi Jiwa, AAJI Resmi Luncurkan Roadmap



Lakukan Transformasi Digital dan Tata Kelola Industri Asuransi Jiwa, AAJI Resmi Luncurkan Roadmap

Jakarta, 20 April 2022. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dengan resmi meluncurkan roadmap sebagai bentuk keseriusan industri asuransi jiwa Indonesia dalam melayani masyarakat. Penerbitan roadmap Industri Asuransi Jiwa ini merupakan langkah strategis guna mewujudkan cita-cita bersama. Bertempat di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta Pusat AAJI yang diwakili langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Bapak Budi Tampubolon menyatakan bahwa peresmian roadmap ini memiliki tujuan yang konkret dan selaras dengan perkembangan digitalisasi dunia. 

Dengan kondisi global yang semakin dinamis, segala tantangan juga terbuka dari segala bentuk. AAJI menilai bahwa perlu adanya sikap preventif untuk transformasi industri dalam rangka akselerasi peningkatan kualitas dan pertumbuhan industri asuransi jiwa dengan mengikuti perkembangan digital saat ini. Melalui roadmap ini AAJI berharap industri asuransi jiwa mempunyai gambaran untuk pembuatan kebijakan kedepannya serta memberikan masukan kepada regulator dalam  penyusunan regulasi perasuransian yang sesuai dengan perkembangan bisnis, sehingga kedepannya mampu bersaing di ranah regional maupun global. 

Dalam jumpa pers Bapak Budi Tampubolon menjelaskan, “Penyusunan roadmap industri asuransi jiwa Indonesia dibutuhkan dalam mendukung perkembangan industri asuransi jiwa di Indonesia guna menjadikan industri Asuransi jiwa semakin menjadi bagian dari masyarakat, terus bertumbuh dan mampu terus berkontribusi dalam mendorong pembangunan nasional Indonesia.” Arah pengembangan industri asuransi jiwa  pun disusun berlandaskan visi misi industri asuransi jiwa dengan mempertimbangkan arah kebijakan  yang bersifat luas seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024 dan Master Plan Sektor Jasa Keuangan. 

Setiap pemangku kepentingan diharapkan dapat berkontribusi dalam mengakselerasi transformasi industri asuransi jiwa. Dalam kesempatan ini Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu menegaskan perlu adanya operational excellence. “AAJI berkomitmen untuk  terus meningkatkan kualitas manajemen dan operasional industri asuransi jiwa melalui penguatan struktur organisasi eksekutif berbasis manajemen risiko. Selain itu, AAJI juga mendorong industri untuk membangun memperkuat kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat selama ini melalui peningkatan integritas tata kelola dan penyempurnaan regulasi untuk mendukung kepatuhan terhadap standar pelaporan keuangan internasional.” Hal ini guna penguatan pada aspek  tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG), kepatuhan, dan manajemen risiko.

Peluncuran roadmap IAJ resmi setelah Bapak Budi Tampubolon menandatangani tiga buku roadmap yang diwakili oleh Direktur Eksekutif AAJI dan dua perwakilan CEO Asuransi Jiwa. Dengan peresmian roadmap ini terdapat tiga tujuan utama yang ingin dicapai yaitu menjadikan industri asuransi jiwa semakin bertumbuh, sehat dan berkualitas serta dicintai oleh masyarakat Indonesia.