AAJI Daily News - 1 Agustus 2023


Selasa, 1 Agustus 2023                                                                                           

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

UMKM Binaan Grup PT TASPEN Turut Serta dalam Kegiatan Bazar Reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi

2

35 Aset Terpidana Benny Tjokro Disita

3

Signal Baik Kepercayaan Masyarakat pada Asuransi

4

BRI Life Catat Kenaikan Nilai APE 12 Persen

5

Berita Foto - Serahkan Manfaat Perlindungan

6

Great Eastern Life Raih ESG Initiative of the Year

7

Berita Foto - SERAHKAN KLAIM

8

Pemkot Siap Kelola Vastenburg

9

Prudential Syariah Terus Aktif Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

10

Opsi Akuisisi Kawasan Vastenburg

11

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Luncurkan Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Komprehensif melalui Program Safe School

12

KPKNL Kisaran MoU BRI Cabang Perdagangan

13

Allianz Life Indonesia Catatkan GWP Rp7,5 T

14

Gibran: Benteng Vastenburg Tetap Berfungsi sebagai Ruang Publik

15

Modal Minimum Asuransi Ditinjau Ulang, Pelaku Industri Pasrah

16

Prudential Syariah Raih Penghargaan sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik se-Asia

17

Prudential Indonesia Luncurkan Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana

18

Allianz Life Indonesia Catatkan GWP Rp 7,5 Triliun per Juni 2023

19

Pemdes Cek Aset Benny Tjokro di Grogol Sukoharjo, Kebanyakan Lahan Kosong

20

UMKM Binaan Grup PT TASPEN Turut Serta Dalam Kegiatan Bazar Reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi

21

Indonesia Re Berhasil Catatkan Penurunan Beban Klaim Pada Kuartal I/2023

TENTANG AAJI

Modal Minimum Asuransi Ditinjau Ulang, Pelaku Industri Pasrah

investor.id, 31-07-2023

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon mengakui, penaikan modal asuransi memang perlu dilakukan, sebab dana yang dihimpun dari masyarakat saat ini semakin besar dibandingkan dengan ketentuan modal minimum yang berlaku saat ini sebesar Rp100 miliar. “Adanya penaikan modal membuat kemampuan perusahaan asuransi dalam menyerap risiko kalau terjadi deviasi-deviasi akan lebih baik. Ketika hal ini baik buat perusahaan asuransi dan buat nasabah seharusnya ‘trust’ masyarakat juga meningkat,” tuturnya. AAJI mengusulkan agar tahapan kenaikan modal pertama sebesar Rp 250 miliar di tahun 2026, dan menjadi Rp 500 miliar di tahun 2030. “Kami berharap kalau nanti ada anggota yang masih butuh tambahan waktu untuk memenuhi permodalan yang baru tersebut tetap boleh ada (di industri).

 

 

INDUSTRI & ASURANSI

 

UMKM Binaan Grup PT TASPEN Turut Serta dalam Kegiatan Bazar Reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi

Jambi Express, hal 16/ 31-07-2023

Kegiatan yang berjalan meriah dan sukses ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Drs. H.Abdullah Sani, M.Pd.I, Wakil Walikota Jambi, Dr. dr. H. Maulana, M.K.M. Serta hadir pula alumni kebanggaan SMAN 4 yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir Afriansyah Noor M,SI, dan Direktur Operasional PT TASPEN (Persero), Bpk Ariyandi saat wawancara, Direktur Operasional PT TASPEN (Persero), Bpk Ariyandi, mengatakan sangat bahagia dapat hadir dalam acara reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi. Di mana bisa bertemu kembali dengan teman-teman lama semasa SMA dulu. Sehingga kembali terjalin tali silaturahmi dan kebersamaan yang lebih baik ke depannya.Tujuan dari kegiatan ini adalah hal yang sangat luar biasa. Dan ini harus terus dibangun supaya kita sama-sama merasakan bagaimana satu nasib dan satu sepenanggungan," terangnya

 

35 Aset Terpidana Benny Tjokro Disita

Koran Merapi, hal 5/ 31-07-2023

Camat Grogol Herdis Kurnia Wijaya, Sabtu (29/7) mengatakan, aset terpidana kasus Jiwasraya Benny Tjokro diketahui ada di wilayah Solo Baru Kecamatan Grogol. Total ada 35 aset yang tersebar di sejumlah desa seperti di Desa Gedangan, Desa Madegondo, Desa Telukan dan Desa Kwarasan yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Grogol. Sebanyak 35 aset tersebut berstatus HGB dan salah satunya tempat wisata air Pandawa yang berada di Solo Baru, Kecamatan Grogol. Pemerintah Kecamatan Grogol sudah diajak koordinasi oleh pihak Kejaksaan dan menjadi saksi untuk dititipi aset terpidana kasus Jiwasraya Benny Tjokro agar lahan yang disita tersebut nantinya tidak beralih tangan. Pengawasan juga dilakukan petugas untuk memastikan status penyitaan aset tetap berjalan. "35 HGB yang disita Kejaksaan berada di Solo Baru Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo," ujarnya.

 

Signal Baik Kepercayaan Masyarakat pada Asuransi

Kedaulatan Rakyat, hal 10/ 31-07-2023

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Rudi Kamdani mengatakan, kinerja perusahaan asuransi, juga beragam. Kontraksi tidak dapat dihindari, karena dalam 3 tahun belakangan ini, kita dihadapkan dengan pandemi yang sangat mempengaruhi perekonomian secara global.Namun setelah pandemi, lebih terjaga dengan baik. Adaptasi yang cepat dan perubahan strategi yang dilakukan industri asuransi, juga perlu mendapatkan apresiasi, karena tidak hanya mampu bertahan, namun ada yang tetap mencatatkan kinerja baik.Jumlah tertanggung asuransi jiwa per kuartal satu 2023 tumbuh 16,6 persen secara year on year, yaitu dari 75 juta menjadi 87 juta jiwa.Hal ini tentunya menjadi signal kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi jiwa yang sehat, kata Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Rudi Kamdani dalam acara Insurance Market Leaders Award 2023, di Jakarta, kemarin.

 

BRI Life Catat Kenaikan Nilai APE 12 Persen

Tribun Lampun, hal 2/ 31-07-2023

PT Asuransi BRI Life atau BRI Life membukukan annualized premium equivalent (APE) atau premi baru ekuivalen yang disetahunkan sebesar Rp 1,72 triliun sampai akhir Juni 2023 silam. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 12% secara year on year (YoY).Sebelumnya, pada akhir Mei 2023 BRI Life sebagai asuransi jiwa ini juga mencatatkan kenaikan pada APE sebesar 20% YoY yaitu mencapai Rp 1,46 triliun. Direktur Utama BRI Life Iwan Parsila mengatakan bahwa saat ini perusahaannya terus mendorong portofolio proteksi sesuai dengan kebutuhan di setiap segmen nasabah di Bank BRI. Untuk memastikan kesesuaian manfaat yang diberikan dan untuk memitigasi risiko mis-selling, jelas Iwan pada Kontan, dikutip Minggu (30/7).Iwan juga menambahkan bahwa BRI Life akan terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan perlindungan asuransi di masingmasing segmen nasabah di Bank BRI.

 

Berita Foto - Serahkan Manfaat Perlindungan

Investor Daily, hal 1/ 01-08-2023

Foto : Achmad Tahrori merupakan nasabah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera AXA Mandiri sejak tahun 2020 dan Asuransi Mandiri Elite Plan sejak 2019 dengan perlindungan manfaat santunan meninggal dunia karena sebab apa pun, manfaat santunan ketidakmampuan akibat kecelakaan dan manfaat investasi jika ada. Hingga akhir tahun lalu, AXA Mandiri telah membayarkan klaim dan manfaat senilai hampir Rp 12 triliun. Jumlah ini meningkat 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 9,05 triliun.

 

Great Eastern Life Raih ESG Initiative of the Year

Media Indonesia, hal B2/ 01-08-2023

Great Eastern Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi di Indonesia yang dianugerahi penghargaan tersebut.Sebagai perusahaan asuransi yang telah berdiri lebih dari 26 tahun di Indonesia dan lebih dari 1 abad di Asia, kami memiliki komitmen penuh untuk menerapkan prinsip ESG dalam keberlangsungan bisnis kami, berdampingan dengan upaya kami menciptakan solusi perlindungan yang dibutuhkan masyarakat," ujar Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, Clement Lien Cheong Kiat, saat menerima penghargaan tersebut di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura.Dikutip dari keterangan resmi, kemarin, Clement mengatakan penghargaan itu menjadi bukti keberhasilan Great Eastern Life Indonesia dalam menerapkan ESG (environment, social, and governance) di dalam proses bisnisnya.

 

Berita Foto - SERAHKAN KLAIM

Media Indonesia, hal B4/ 01-08-2023

Foto : Regional CEO Bank Mandiri JatengDIY Hendra Wahyudi (kiri) bersama Direktur AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) Rudi Nugraha (kedua dari kiri) menyerahkan secara simbolis manfaat perlindungan jiwa sebesar lebih dari Rp2 miliar kepada ahli waris almarhum Achmad Tahrori, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/7). Achmad Tahrori merupakan nasabah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera AXA Mandiri sejak tahun 2020 dan Asuransi Mandiri Elite Plan sejak tahun 2019.

 

Pemkot Siap Kelola Vastenburg

Suara Merdeka, hal 16/ 01-08-2023

Pemkot Surakarta siap mengelola Benteng Vastenburg, manakala kawasan cagar budaya tersebut dihibahkan oleh kejaksaan.(Meski demikian, Pemkot mengaku, tetap menghormati proses hukum yang tengah berjala Kalau diberikan amanah seperti itu, kami siap dan senang, tegas Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Senin (317).Namun, Wali Kota tak ingin berkomentar lebih jauh soal kemungkinan hibah aset lahan yang kini disita Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat tersebut Jangan bicara ke situ dulu ya. Biar berproses dulu, kami hormati proses yang ada.

 

Prudential Syariah Terus Aktif Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Ekonomi Neraca, hal 5/ 01-08-2023

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) terus aktif menye ii literasi dan inklusi keuangan 5 melalui Sharia Knowledge Centre (SKC).Menurut Presiden Direktur Prudential Syariah Omar S. Anwar, upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan angka literasi keuangan Syariah yang mencapai 9 persen maupun tingkat inklusi keuangan Syariah sebesar 12 persen."Melihatangka penetrasi asuransi Syariah yangsangat rendah sebesar 0,13 persen , kami terus berkor men untuk memberikan akses perlindungan sesuai prinsip syariah yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan para peserta," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

 

Opsi Akuisisi Kawasan Vastenburg

Radar Solo, hal 1 dan 7/ 01-08-2023

Gerak cepat dilakukan Pemkot Surakarta usai penyitaan limapetaklahan hak guna bangunan di kawasan Benteng Vastenburg oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat. Pemkot bakal berkirim surat untuk bisa mendapatkan hak pengelolaan atau hibah aset sitaan terkaitkasus korupsi Jiwasraya itu.Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah berkoordinasi dengan Kejari Surakarta terkait pemanfaatanlahandi kawasan Benteng Vastenburg pasca penyitaan itu. Koordinasi itu dilakukan karena lahan sitaan tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk penyelengaraan berbagai kegiatan.

 

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Luncurkan Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Komprehensif melalui Program Safe School

Waspada, hal A4/ 01-08-2023

Implementasi Modul SPAB Komprehensifini menargetkan 144.435 pelajar di 176 SMA, SMK dan SLB, dan 107.275 anak, termasuk 6.823 tenaga pendidik di dua provinsi di Indonesia, yakni DI Yogyakarta dan Bali selama 3 tahun.Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources & Community Investment Officer Prudential Syariah Indonesia, menekankan komitmen Prudential dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk anak muda dalam menggapai hidup yang lebih baik melalui aksi nyata, salah satunya melalui berbagai inisiatif Community Investment. Kami percaya bahwa anak-anak muda Indonesia yang tangguh perlu dimulai dari sekolah yang tangguh.

 

KPKNL Kisaran MoU BRI Cabang Perdagangan

Waspada, hal A5/ 01-08-2023

Kisaran.KPKNL Kisaran MoU BRI Cabang Perdagangan KISARAN (Waspada) : Untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan transaksi perbankan, Kantor elayanan Kekayaan Negaradan LelangKisaran (KPKNL) Kisaran melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bank BRI Cabang Kisaran.MoU tersebutditandatanganioleh Kepala KPKNL Kisaran Agus Budianta dan Kepala Bank BRI Cabang Perdagangan Charisma Bayu Aji disaksikan oleh seluruh pegawaiKPKNL Kisarandansejurnlah pegawai perwakilan kantor Bank BRI Cabang Perdagangan. Gi KPKNLKisaran, Senin (31/7).

 

 

Allianz Life Indonesia Catatkan GWP Rp7,5 T

Ujungpandang Ekspres, hal 2/ 01-08-2023

Allianz Life Indonesia Catatkan GWP Rp7,5T PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life Indonesia membukukan total premi bruto atau gross written premium (GWP) sebesar Rp7,5triliunperJuni2023. Angkaini menunjukkan penurunan sebanyak 3% dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.Direktur dan Chief Finanter Gial Officer Allianz Life InEDWINPRAYITNO  donesia Edwin Prayitno mengatakan, penurunanini dipengaruhi oleh premi tunggal, sedangkan untuk premi berkala mengalami peningkatan sebesar 5%.Asuransi Allianz Life Indonesia juga saat ini mencatat kinerja yang on track. Melihat ekonomi kembali lebih normal dan daya beli berangsur tumbuh, Edwin optimis bahwa prospek industri asuransi akan semakin positif ke depannya.Di samping itu, pandemi telah menggugah ke sadaran masyarakat akan pentingnya melindungi diri dan keluarga dengan perlindungan asuransi ujar Edwin.

 

Gibran: Benteng Vastenburg Tetap Berfungsi sebagai Ruang Publik

Tribun Jateng, hal 9/ 01-08-2023

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan, Benteng Vastenburg masih berfungsi sebagai publik space untuk masyarakat usai penyitaan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus). Bahkan jika ada kegiatan yang akan diselenggarakan di Benteng Vastenburg, Gibran membuka lebar untuk akses perizinan penggunaan benteng."Saya tegaskan sekali lagi untuk warga masyarakat, penggunaan Benteng Vastenburg sebagai publik space dan tempat-tempat event akan berjalan seperti biasa. Tenang saja," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (31/7).Gibran memastikan, meski status Benteng Vastenburg disita Kejari Jakpus, benteng tersebut masih bisa dipakai masyarakat.

 

Prudential Syariah Raih Penghargaan sebagai Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik se-Asia

mediaasuransinews.co.id, 31-07-2023

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meraih penghargaan dari Insurance Asia Award 2023 dengan kategori International Sharia Life Insurer of the Year mewakili Indonesia. Penghargaan ini semakin memperkuat posisi Prudential Syariah sebagai perusahaan asuransi jiwa syariah terkemuka di Indonesia dan Asia.Insurance Asia Awards 2023 merupakan ajang penghargaan bergengsi untuk industri asuransi di kawasan Asia Pasifik. Penghargaan ini diberikan kepada pelaku industri yang memberikan dampak positif bagi pesertanya melalui inovasi produk, layanan, serta kinerja bisnis yang baik.

 

Prudential Indonesia Luncurkan Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana

wartaekonomi.co.id, 31-07-2023

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation mendukung peluncuran dan implementasi Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Komprehensif, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Yayasan Plan International indonesia (Plan Indonesia).Peluncuran Modul SPAB Komprehensif ini merupakan salah satu implementasi dari Program Safe School, yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kapasitas sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Tangguh terhadap Bencana, sekaligus mempersiapkan satuan pendidikan termasuk pelajar dan guru dalam menghadapi berbagai ancaman bencana, baik bencana alam dan iklim, ancaman kegagalan teknologi, ancaman bahaya biologis dan kesehatan, ancaman konflik dan kekerasan, hingga ancaman isu sosial seperti perundungan, kekerasan seksual, hingga ketidaksetaraan gender.

 

Allianz Life Indonesia Catatkan GWP Rp 7,5 Triliun per Juni 2023

id.tradingview.com, 31-07-2023

PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life Indonesia membukukan total premi bruto atau gross written premium (GWP) sebesar Rp 7,5 triliun per Juni 2023. Angka ini menunjukkan penurunan sebanyak 3% dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.Direktur dan Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia Edwin Prayitno mengatakan, penurunan ini dipengaruhi oleh premi tunggal, sedangkan untuk premi berkala mengalami peningkatan sebesar 5%.Asuransi Allianz Life Indonesia juga saat ini mencatat kinerja yang on track. Melihat ekonomi kembali lebih normal dan daya beli berangsur tumbuh, Edwin optimis bahwa prospek industri asuransi akan semakin positif ke depannya.

 

Pemdes Cek Aset Benny Tjokro di Grogol Sukoharjo, Kebanyakan Lahan Kosong

solopos.com, 31-07-2023

Pemerintah desa di Kecamatan Grogol, Sukoharjo, pada Senin (31/7/2023) mengecek sejumlah aset milik koruptor Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro di wilayah mereka. Aset tersebut telah disita Kejaksaan Agung (Kejagung). Pemeriksaan aset tersebut dilakukan atas perintah Camat Grogol, Herdis Kurnia Wijaya. Pasalnya Kejagung pada Kamis (27/7/2023) telah menitipkan aset Benny Tjokro kepada Camat Grogol. Aset-aset tersebut disita eksekusi untuk membayar kerugian negara senilai Rp6 miliar akibat kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Promosi   Aset Benny di Sukoharjo yang disita luasnya 83.399 meter persegi. Aset itu tersebar di 35 bidang pada 4 desa di Grogol yakni Gedangan, Telukan, Madegondo, dan Kwarasan.

 

UMKM Binaan Grup PT TASPEN Turut Serta Dalam Kegiatan Bazar Reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi

jambiekspres.disway.id, 31-07-2023

Reuni Adalah Hal Yang Luar Biasa Dan Harus Terus Dibangun.JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Grup PT TASPEN (Persero), yaitu (PT Taspen (Persero), PT Bank Mandiri Taspen dan PT Asuransi Jiwa Taspen) Cabang Jambi, kemarin, Sabtu (29 Juli 2023), turut memeriahkan acara Reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi dan Aniversarry (hari jadi) yang ke-43 tahun.Dengan mengikutsertakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan dibawah Grup PT TASPEN (Persero) KC Jambi, dalam kegiatan bazar yang berlangsung kemarin.Kegiatan yang berjalan meriah dan sukses ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I, Wakil Walikota Jambi, Dr. dr. H. Maulana, M.K.M. Serta hadir pula alumni kebanggaan SMAN 4 yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir Afriansyah Noor M.Si, dan Direktur operasional PT TASPEN (Persero), Bapak Ariyandi.Saat wawancara, Direktur operasional PT TASPEN (Persero), Bapak Ariyandi, mengatakan sangat bahagia dapat hadir dalam acara reuni Akbar SMAN 4 Kota Jambi.

 

Indonesia Re Berhasil Catatkan Penurunan Beban Klaim Pada Kuartal I/2023

paradiksi.com, 31-07-2023

PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) alias Indonesia Re mencatat penurunan nan positif dalam jumlah beban klaim pada kuartal I/2023. Penurunan ini disebabkan oleh pengurangan kenaikan perseiaan klaim dibandingkan periode nan sama tahun 2022.Pada kuartal I/ 2023, terjadi peningkatan perseiaan klaim sebesar Rp87 miliar dibandingkan posisi 31 Desember 2022. Ini menunjukkan adanya peningkatan outstanding klaim sebesar Rp87 miliar. Meskijuga peningkatan ini lebih rendah dibandingkan dengan kuartal I/2022 nan mencapai Rp163 miliar, namun perlu dicatat bahwa secara keseluruhan, perseiaan klaim tetap mengalami peningkatan jika dibandingkan posisi akhir tahun 2022.

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.121,00

IHSG (per 1 Agustus 2023)

6.912,81

BI Rate

5.75 %  

 

 

 

 

 

Sumber Media: Waspada, Media Indonesia, wartaekonomi.co.id, Suara Merdeka, Radar Solo, investor.id, Tribun Lampung, Jambi Express, paradiksi.com, jambiekspres.disway.id, solopos.com, Kedaulatan Rakyat, Tribun Jateng, Koran Merapi, Ujungpandang Ekspres, id.tradingview.com, Investor Daily, Ekonomi Neraca, dan mediaasuransinews.co.id.

DOWNLOAD PDF