AAJI Daily News - 8 Mei 2023


Senin, 08 Mei 2023                                                                                                              FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

Industri Asuransi Masih Butuh Diskusi

2

Ruang Diskusi Diperlukan

3

OJK Perketat Investasi Sektor Asuransi

4

Pemegang Polis Kresna Minta Batas Waktu Jelas

5

Berita Foto - Juara FBC ke 13/2023

6

Berita Foto - Distribusi Alternatif Asuransi

7

Kresna Life Diminta Tuntaskan Konversi Polis ke Pinjaman Subordinasi

8

Prudential Gandeng Bank Mandiri Percepat Layanan Klaim Kesehatan

9

Agen Asuransi Bermasalah Jadi Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi

10

OJK Atur Ulang Batas Investasi Asuransi Jiwa

11

Astra Financial Catatkan Laba Rp1,9 T

12

Wafat di Pesawat Terima Rp 125 Jt

13

JCH akan Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

14

Berita Foto - Serahkan Award

15

Kerja Sama Klaim Cepat Prudential-Bank Mandiri

16

Awas Kena Rayuan Agen Asuransi

17

PT SAM Hormati Putusan Kasasi MA

18

Ketentuan Modal Minimum Asuransi Bakal Naik Sampai Rp 1 Triliun

19

Dibayangi Krisis, Kinerja Perbankan Dalam Negeri Tetap Positif

20

MSIG Life

21

Prudential Menggandeng Bank Mandiri

22

Kredit Perbankan Tumbuh, Premi Asuransi Terkontraksi

23

Pemegang Polis Rugi Rp 200 Miliar

24

Agen Asuransi Gelapkan Dana Nasabah

25

Lini Usaha Produk Melemah

25

Percepat Proses Klaim Nasabah

27

Berita Foto - Penghargaan

28

MA Putuskan Sinarmas Asset Management Terlibat Pencucian Uang

29

iNews Pagi - Digitalisasi Dunia Asuransi

30

Kejagung Serahkan Sitaan Jiwasraya-ASABRI ke Kementerian BUMN

31

Kemenag Pastikan Jemaah Haji Indonesia Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

32

Waspada Pemalsuan Polis Asuransi, Perhatikan Tips Berikut

33

Polemik Kasus AJB Bumiputera, Pengamat Beberkan Cara Terbaik Saat Ini

34

Ketika Digitalisasi Layanan Generali Indonesia Manjakan Nasabah

35

OJK Terapkan PSAK 74 per 1 Januari 2025, Asuransi Sudah Siap?

36

Modal Seret, Indosurya Life Tawarkan Saham Untuk Bayar Utang ke Nasabah

37

Ada Agen Asuransi Sinarmas MSIG Hingga Astra Life Palsukan Polis, Pengamat Dorong Pembenahan

38

Ada Nasabah AJB Bumiputera Tolak Penurunan Nilai Manfaat, Ini Penjelasan OJK

39

Rugi Rp 1,3 Miliar, Korban Asuransi Gugat PT BNI Life

40

OJK Berikan Waktu Kresna Life Tangani Permasalahan, Ini Harapan Pemegang Polis

41

Kasus Agen Asuransi Nakal Kembali Mencuat, Ini Respons OJK

42

Perusahaan Asuransi Jiwa Ini Perluas Layanan di Jawa Tengah

43

OJK Tinjau Aturan Permodalan Asuransi

44

Tim Likuidasi Wanaartha Life Sudah Tunjuk Kantor Akuntan Publik, OJK: Kami Pantau Hasil Audit

45

Sinarmas MSIG Life Salahkan Agen Asuransi Swita Glorite

46

Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

47

Premi Industri Asuransi Jiwa Kuartal I-2023 Turun 9,81 Persen, Ini Sebabnya

48

Terseret Kasus Gagal Bayar, OJK Desak Manajemen Kresna Life Tuntaskan Program Konversi

49

Apresiasi Agen Asuransi Dukung Strategi Keuangan Inklusif

50

Milad ke-7, ReINDO Syariah Usung Tema Perubahan

51

Pemanfaatan Digital Buat BRI Life Hasilkan Premi Rp222,3 Miliar

52

Tak Terima Keuntungan, Sinarmas MSIG Life Kecam Tindak Pidana yang Dilakukan Swita Glorite

53

Sinarmas MSIG Ajukan Banding dalam Perkara Perdata Terkait Swita Glorite

54

Nasabah Bakal Ajukan Gugatan Class Action ke AJB Bumiputera 1912

55

Prudential Indonesia dan UOB Indonesia Bidik Segmen Nasabah Mapan Lewat PAYDI

56

OJK Menilai Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Nasional Tetap Terjaga

57

PT SAM Hargai Putusan MA Usai Dinyatakan Terbukti Korupsi Kasus Jiwasraya

58

Ini Lima Cara Agar Terhindar dari Pemalsuan Polis Asuransi

TENTANG AAJI

Industri Asuransi Masih Butuh Diskusi

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkapkan pihaknya juga mendukung dan sepakat dengan rencana OJK menaikkan modal minimum perusahaan asuransi. Hanya, besaran penambahan modal minimum dan penerapan waktu aturan itu perlu didiskusikan terlebih dulu dengan industri terkait. Penerapan kebijakan itu perlu dilakukan hati-hati lantaran tergolong sebagai isu yang sensitif. “Intinya perlu diskusi yang melibatkan semua pihak hingga dicapai kesepakatan, baik besaran maupun periode waktu implementasinya,” tutur Togar.

Media Indonesia/08-05-2023

Ruang Diskusi Diperlukan

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengungkapkan bahwa peningkatan ekuitas tersebut tetap harus didiskusikan bersama dengan semua pihak secara intensif, baik asosiasi hingga pelaku usaha jasa keuangan (PUJK). “Kami sepakat dan satu pemahaman mengenai hal ini (peningkatan batas ekuitas modal minimum perusahaan asuransi), karena mengingat pertumbuhan bisnis asuransi yang semakin besar di masa depan,” katanya kepada Bisnis, Minggu (7/5). Namun, Togar menyatakan bahwa besaran modal dan periode implementasi juga perlu didiskusikan intensif dengan semua pelaku bisnis atau pemilik perusahaan hingga tercapai kesepakatan.

Bisnis Indonesia/08-05-2023

OJK Atur Ulang Batas Investasi Asuransi Jiwa

Direktur Eksekutif Asostasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkapkan bahwa batasan tersebut bisa mengurangi risiko investasi dengan cara melakukan diferenstasi portoflo itu sendiri. “Saat ini ya masih ada saja yang (banyak) berinvestasi di perusahaan afiliasinya,” ujar Togar. Hanya saja, ia menegaskan bahwa bukan berarti berinvestasi di saham-saham afiliasi itu buruk. Terlebih, jika saham-saham afiliasi tersebut memang memiliki fundamental yang bagus. “Kayak grup-grup konglomerasi konglomerat itu kan juga bagus, misalnya grupnya Salim, meskipun dia sebar juga investasinya," tambah Togar.

Tribun Kaltim/08-05-2023

Ketentuan Modal Minimum Asuransi Bakal Naik Sampai Rp 1 Triliun

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengungkapkan, inisiatif usahaan asuransi dinilai sudah tepat. Namun, nilai ekuitas minimum yang dicanangkan terbilang cukup tinggi. “Sudah seharusnya memang ada penambahan. Cuma berapa besarnya itu perlu didiskusikan lagi. Kenapa? Karena tidak semua perusahaan asuransi jiwa khususnya punya kemampuan itu. Jangan sampai terjadi masalah di kemudian hari,” ujarnya. Konsolidasi Menurut dia, selain guna memperkuat ketahanan industri, tujuan peningkatan ekuitas disadari AAJI sebagai upaya perlindungan konsumen oleh OJK. “Jangan nanti gara-gara regulasi ini, lalu perusahaan tutup. Nah, itu bagaimana nasib konsumen,” ujar Togar.

Investor Daily/06-05-2023

Pemegang Polis Rugi Rp 200 Miliar

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (MSIG Life) tengah menghadapi kasus penggeJapan yang dilakukan oleh agennya di Manado. Beberapa pemegang polis menyebut mengalami kerugian sekitar Rp200 miliar. Salah satu pemegang polis MSIG Life, JT. mengungkapkan bahwa kerugian tersebut dialami oleh 20 pemegang polis yang menjadi nasabah dari Swita Glorite Supit yang merupakan Relationship Director MSIG Life untuk wilayah Sulawesi.

Tribun Batam/06-05-2023

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Perketat Investasi Sektor Asuransi

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengungkapkan, pengaturan batasan terbaru ini berkaca dari beberapa masalah yang terjadi di perusahaan asuransi belakangan ini. "Beberapa permasalahan terjadi di perusahaan asuransi adalah investasi pada pihak terkait yang sangat besar," ujar Ogi, Jumat (5/5). Meskipun tak disebutkan secara gamblang, PT Asuransi Jiwa Kresna menjadi salah satu yang mengalami masalah tersebut dan akhirnya gagal bayar. Seperti diketahui, portofolio produk asuransi Kresna Life banyak berbasis saham perusahaan terafiliasi. Pembatasan investasi tersebut berlaku untuk produk unitlink dan yang bukan investasi dari produk unitlink, alias investasi perusahaan.

Kontan/08-05-2023

Pemegang Polis Kresna Minta Batas Waktu Jelas

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono menyampaikan, keleluasaan waktu diberikan dengan pertimbangan utama kepentingan pemegang polis. Sebagian besar pemegang polis meyakini ada opsi penyelesaian yang lebih baik. Terakhir OJK memberikan waktu kepada manajemen untuk segera menuntaskan program konversi, dengan mengirimkan perjanjian konversi pemegang polis menjadi pinjaman subordinasi (SOL) yang telah ditandatangani para pihak ke OJK," papar Ogi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5).

Kontan/08-05-2023

Berita Foto - Juara FBC ke 13/2023

Foto: Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Pimpinan Pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Junaedi Edi Rusli (tengah) dan Jurnalis Senior (Sindo) Astra Bonardo (kanan) menyaksikan penyerahan hadiah kepada pemenang FBC ke 13/2023 oleh Sekretaris FBC Stiadi Pamungkas usai kompetisi bowling jurnalis dan korporasi di WTC Matahari, BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (6/5/2023). Caption: Kompetisi yang didukung sejumlah korporasi seperti BNI, Telkom, BSI, Adaro Energy Indonesia, BCA, Bank Mandiri, BTN, IFG Life, XL Axiata, Allianz, Telkomsel, dan Garudafood ini diikuti para jurnalis, perwakilan korporasi, dan millenial pecinta bowling. Kegiatan diselingi penyerahan santunan kepada anak yatim dari perwakilan jurnalis.

Investor Daily/08-05-2023

Berita Foto - Distribusi Alternatif Asuransi

Foto: Asuransi Agen asuransi menjelaskan produk asuransi melalui aplikasi di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pekan lalu. Toko online menjadi salah satu komponen pada kanal distribusi alternatif asuransi yang meningkat 492,9% dibandingkan 2021. Caption: Berdasar Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) kanal distribusi keagenan turun 0,4%, kanal distribusi bancassurance turun 10,1%, dan kanal distribusi alternatif secara keseluruhan juga turun 1,7% disbanding 2021.

Investor Daily/08-05-2023

Kresna Life Diminta Tuntaskan Konversi Polis ke Pinjaman Subordinasi

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, OJK kembali memberikan waktu kepada manajemen Kresna Life untuk menyelesaikan permasalahan keuangan. Kali ini, pihak pengawas memberi waktu kepada perusahaan untuk menuntaskan program konversi polis ke pinjaman subordinasi. Dalam pelaksanaan penandatanganan program konversi tersebut, OJK juga meminta perusahaan menerapkan sejumlah pendekatan dalam rangka perlindungan konsumen.

Investor Daily/08-05-2023

Prudential Gandeng Bank Mandiri Percepat Layanan Klaim Kesehatan

Prudential Indonesia dan PT Bank Mandiri Persero Tbk (Bank Mandiri) menjalin kemitraan untuk memperluas layanan PRUSpeed Claim ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Kemitraan ini untuk membantu nasabah dalam mempercepat proses penyelesaian klaim di rumah sakit rekanan Prudential Indonesia yang juga mitra Bank Mandiri seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga Kemayoran.

Investor Daily/08-05-2023

Agen Asuransi Bermasalah Jadi Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi

Belakangan kembali mencuat perilaku agen asuransi nakal atau bermasalah yang merugikan para nasabah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan, kejadian seperti ini seharusnya menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi. “Perusahaan asuransi yang menggunakan agen asuransi dalam memasarkan produknya, maka perusahaan asuransi itu yang bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan oleh agen sebatas pada ha-hal yang diatur dalam kontrak,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono, pekan lalu.

Investor Daily/08-05-2023

Astra Financial Catatkan Laba Rp1,9 T

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro mengungkapkan bahwa kenaikan itu disebabkan oleh peningkatan kontribusi bisnis pembiayaan konsumen dan alat berat. Ia mencatat nilai pembiayaan baru pada bisnis pembiayaan konsumen meningkat 24% menjadi Rp 30,6 triliun. Kontribusi laba bersih dari perusahaan yang fokus pada pembiayaan mobil meningkat 45% menjadi Rp 557 miliar sedangkan untuk yang fokus pada sepeda motor meningkat 26% menjadi Rp 948 miliar. “Ini disebabkan jumlah pembiayaan yang lebih besar dan provisi kerugian pinjaman yang lebih rendah,” ujar Djony.

Ujungpandang Ekspres/08-05-2023

Wafat di Pesawat Terima Rp 125 Juta

Calon jamaah haji akan mendapatkan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan yang melekat sejak masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika masih di asrama saat pemulangan. Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab, mengatakan jika setelah masuk asrama, wafat, jamaah dapat asuransi sesuai Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yang disetorkan. "Kalau kecelakaan, ada hitungannya. Tahun lalu tidak ada asuransi kecelakaan, tahun ini ada," ujar Saiful di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (6/5/2023).

Tribun Pekanbaru/07-05-2023

JCH akan Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab, mengatakan, jamaah calon haji (JCH) akan mendapatkan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan yang melekat sejak masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika masih di asrama saat pemulangan “Jika setelah masuk asrama, wafat, jamaah dapat asuransi sesuai Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yang disetorkan. Kalau kecelakaan, ada hitungannya Tahun lalu tidak ada asuransi kecelakaan, tahun ini ada,” ujar Saiful, Sabtu (6/5/2023).

Serambi Indonesia/07-05-2023

Berita Foto - Serahkan Award

Foto: Chief Financial Officer FWD Insurance Praveen Paladugu (kedua kanan) dan Chief Distribution Strategy FWD Insurance Anantharaman Sridharan (kanan), menyerahkan penghargaan kepada pemenang Agent of The Year 2022, di acara FWD Agency Award, di Jakarta, Jumat (5/5). Caption: FWD Insurance telah memiliki lebih dari 6.000 agen asuransi. FWD akan terus menambah agen untuk memperluas jangkauan layanan keuangan untuk masyarakat.

Rakyat Merdeka/06-05-2023

Kerja Sama Klaim Cepat Prudential-Bank Mandiri

Kerja sama ini guna mempercepat proses penyelesaian klaim di dua rumahsakit rekanan Prudential Indonesia, yang juga mitra Bank Mandiri, yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga Kemayoran. Dian Budiani, Chief Operations & Health Prudential Indonesia, menyebutkan, kerja sama dengan Bank Mandiri ini dapat memperluas jangkauan layanan Pru Speed Claim, sehingga semakin banyak nasabah yang memperoleh kemudahan dari layanan ini. Ia mengatakan bahwa salah satu fasilitas yang akan diperoleh nasabah adalah kemudahan mengurus proses kepulangan dari rumahsakit lebih cepat, dengan hold limit kartu kredit menggunakan mesin EDC dari Bank Mandiri.

Kontan/06-05-2023

Awas Kena Rayuan Agen Asuransi

Pengamat Asuransi sekaligus Dosen Program MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Kapler A. Marpaung menyebutkan masyarakat harus waspada jika meneken polis asuransi.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang paling utama, jangan mudah terpengaruh dengan bujuk rayu agen asuransi. Terutama soal besaran imbal hasil. Kapler menyarankan nasabah selalu meminta tanda pengenal agen asuransi lalu konfirmasi ke kantor asuransi untuk mengecek status agen tersebut.

Kontan/06-05-2023

PT SAM Hormati Putusan Kasasi MA

“Kami masih dalam pembahasan bersama kuasa hukum atas upaya yang dapat kami lakukan terhadap putusan yang dijatuhkan kepada kami, meski sebelumnya Pengadilan Tinggi (PT) menyatakan SAM tidak bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan,” kata Jamial Salim, Direktur Sinarmas Asset Management lewat keterangan tertulis kemarin.Ditegaskan, upaya yang tempuh PT SAM senantiasa berpedoman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Media Relations PT SAM, Sari Syahrial menambahkan perusahaan berkomitmen mematuhi proses hukum. Ini diwujudkan dengan menitipkan dana terkait perkara Jiwasraya ke Kejaksaan Agung.

Rakyat Merdeka/06-05-2023

Dibayangi Krisis, Kinerja Perbankan Dalam Negeri Tetap Positif

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai dengan triwulan I-2023, penyaluran kredit bank mencapai Rp 6446 triliun atau tumbuh 993 persen secara tahunan. Pertumbuhan penyaluran kredit ditopang kredit investasi yang tumbuh 114 persen secara tahunan. Adapun kredit modal kerja dan konsumsi masing-masing tumbuh 9,52 persen dan 9,20 persen secara tahunan.Risiko kredit juga melanjutkan tren penurunan dengan rasio kredit berperforma buruk (nonperforming loan/NPL) net perbankan Maret 2023 sebesar 0,72 persen setelah pada Februari 2023 pada level 0,75 persen. Begitu pula dengan NPL gross Maret 2023 pada level 249 persen, menurun dari Februari yang sebesar 2,58 persen. Pada saat yang sama, penghimpunan  dana pihak ketiga (DPK) juga bertumbuh.

Kompas/06-05-2023

MSIG Life

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (MSIG Life) tengah menghadapi kasus penggelapan yang dilakukan agennya di Manado. Beberapa pemegang polis mengalami kerugian sekitar Rp 200 miliar. JT, salah satu pemegang polis MSIG Life, mengungkapkan bahwa kerugian tersebut dialami oleh 20 pemegang polis yang menjadi nasabah dari Swita Glorite Supit yang merupakan Relationship Director MSIG Life untuk wilayah Sulawesi.

Kontan/06-05-2023

Prudential Menggandeng Bank Mandiri

Prudential Indonesia) dan PT Bank Mandiri Persero Tbk (Bank Mandiri) menjalin kemitraan untuk memperluas layanan PRUSpeed Claim kepada masyarakat Indonesia. Kerja sama ini guna mempercepat proses penyelesaian klaim di dua rumah sakit rekanan Prudential Indonesia, yang juga mitra Bank Mandiri, yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga Kemayoran.Layanan PRUSpeed Claim memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan proses pengumpulan dokumen pendukung, prosedur administrasi, hingga pengiriman dokumen yang dilakukan langsung oleh rumah sakit melalui PRUMedical Network (PMN), layanan penjaminan klaim nontunai berbasis web yang dikelola langsung oleh Prudential Indonesia.

Tribun Jabar/06-05-2023

Kredit Perbankan Tumbuh, Premi Asuransi Terkontraksi

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OTK Dian Ediana Rae dalam jumpa pers bulanan yang dipantau secara virtual, Jumat (5/5) di Jakarta melaporkan, pertumbuhan kredit perbankan ditopang oleh kredit investasi yang tumbuh 114086 (voy) sementara kredit modal kerja dan konsumsi masing-masing tumbuh 9,52% dan 9.20%. Dian menuturkan secara month to month (mtm) kredit perbankan naik 1,10% menjadi Rp70.14 triliun. Sementara itu, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Maret 2023 tercatat melanda: dengan tumbuh 7% (yoy) menjadi Rp8.005,6 triliun, utamanya didorong oleh penurunan pada giro.

Analisa Daily/06-05-2023

Agen Asuransi Gelapkan Dana Nasabah

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (MSIG Life) tengah menghadapi kasus penggelapan yang dilakukan oleh agemnya di Manado. Beberapa pemegang polis menyebut mengalami kerugian sekitar Rp 200 miliar, Salah satu pemegang polis MSIG Life, JT, mengungkapkan bahwa kerugian tersebut dialami oleh 20 pemegang polis yang menjadi nasabah dari Swita Glorite Supit yang merupakan Relationship Director MSIG Life untuk wilayah Sulawesi. Berbagai langkah telah dilakukan pemegang polis melalut upaya perdata dan pidana.

Tribun Batam/06-05-2023

Lini Usaha Produk Melemah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membukukan bahwa premi asuransi jiwa masih kontraksi di tiga bulan pertama atau kuartal I tahun 2023. Bahkan penurunannya cukup signifikan dibandingkan periode Februari 2023.Berdasarkan data OJK, premi asuransi jiwa tercatat senilai Rp 44,84 trillun pada Maret 2023, nilai tersebut menurun 9,81% secara year on year (yoy), dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 49,72 triliun.

Tribun Pekanbaru/06-05-2023

Percepat Proses Klaim Nasabah

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Bank Mandiri Persero Tbk (Bank Mandiri) menjalin kemitraan untuk memperluas layanan PRUSpeed Claim ke lebih banyak masyarakat Indonesia. Kerja sama ini guna mempercepat proses penyelesaian klaim di dua rumah sakit rekanan Prudential Indonesia yang juga mitra Bank Mandiri yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Mitra Keluarga. Kemayoran. Layanan PRUSpeed Claim memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan proses pengumpulan dokumen pendukung, prosedur administrasi, hingga pengiriman dokumen yang dilakukan langsung oleh rumah sakit melalui PRUMedical Network (PMN), layanan penjaminan klaim non tunai berbasis web yang dikelola langsung oleh Prudential Indonesia.

Tribun Pekanbaru/06-05-2023

Berita Foto – Penghargaan

Foto: Executive Director Agency Development FWD Insurance Rinaldi Mudahar (kiri) bersama Director, Chief Financial Officer FWD Insurance Desy Natalia Widjaya (kedua kanan), Chief Distribution Strategy FWD Insurance Praveen Paladugu (kedua kiri) dan Group Chief of Agency Distribution FWD Group Anantharaman Sridharan (kanan) saat penyerahan penghargaan Agent of The Year di acara FWD Agency Award di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Caption: FWD Insurance telah memiliki lebih dari 6.000 agen asuransi dan terus bertambah, sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) untuk memperluas jangkauan layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Tribun Pontianak/06-05-2023

MA Putuskan Sinarmas Asset Management Terlibat Pencucian Uang

Mahkamah Agung (MA) memutuskan PT Sinarmas Asset Management (PT SAM) terlibat dalam kasus korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Jiwasraya. MA menerima keberatan jaksa atas pembatalan pembebasan PT SAM terhadap kasus korupsi Jiwasraya pada tahun lalu. Perkara telah diputus dan dalam proses minutasi oleh Majelis. "Amar putusan JPU (Jaksa Penuntut Umum) batal judexfacti”, tulis putusan tersebut pada 2 Mei 2023, dikutip dari Laman MA Kamis (4/5/2023).

DI's Way Kaltim/05-05-2023

iNews Pagi - Digitalisasi Dunia Asuransi

PT MNC Life Assurance hadir pada gelaran Asian Banking & Finance Forum 2023. Dalam acara tersebut, MNC Life memaparkan peran media sosial atau medsos sebagai game changer dalam memasarkan dan memberitakan produk asuransi jiwa.

iNewsTV/07-05-2023

Kejagung Serahkan Sitaan Jiwasraya-ASABRI ke Kementerian BUMN

Kejaksaan Agung menyerahkan pengelolaan Asset perkara Jiwasraya dan ASABRI yang menjadi barang sitaan kepada kementerian BUMN. Acara penyerahan ini dihadiri langsung Jaksa Agung RI ST Burhanuddin dan Menteri BUMN Erick Thohir.

postfed.online/08-05-2023

Kemenag Pastikan Jemaah Haji Indonesia Dapat Asuransi Jiwa dan Kecelakaan

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jemaah haji Indonesia akan mendapatkan asuransi jiwa dan kecelakaan. Asuransi diberikan sejak jemaah masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika masih di asrama saat pemulangan."Jika setelah masuk asrama wafat, jemaah dapat asuransi sesuai Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yang disetorkan. Kalau kecelakaan, ada hitungannya. Tahun lalu tidak ada asuransi kecelakaan, tahun ini ada," kata Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab saat meninjau kesiapan Asrama Haji Indramayu di Indramayu, Sabtu (6/5/2023).

sindonews.com/07-05-2023

Waspada Pemalsuan Polis Asuransi, Perhatikan Tips Berikut

Bisnis asuransi di Tanah Air kini kembali dirundung masalah. Kali ini menimpa PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (LIFE) yang menemukan kasus pemalsuan polis oleh salah satu agen di Manado. Kasus pemalsuan polis ini perlu diwaspadai oleh para pemegang polis di mana pun mereka menempatkan uangnya. Pengamat Asuransi sekaligus Dosen Program MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Kapler A Marpaung memberikan sejumlah saran bagi perusahaan asuransi agar kejadian serupa tidak terulang.

kontan.co.id/07-05-2023

Polemik Kasus AJB Bumiputera, Pengamat Beberkan Cara Terbaik Saat Ini

Para pemegang polis (pempol) yang menolak Penurunan Nilai Manfaat (PNM) PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera) masih terus mengawal perkembangan kasus tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh salah satu pemegang polis dan Koordinator Tim Biru, Dwi Purwati. Dia menyebut saat ini para pempol masih dalam situasi libur lebaran. "Kami masih pantau dan lihat situasi/kondisi perkembangan saat ini. Apalagi setelah lebaran, pempol-pempol masih banyak yang liburan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Jumat (28/4).

kontan.co.id/07-05-2023

Ketika Digitalisasi Layanan Generali Indonesia Manjakan Nasabah

PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) menyadari sepenuhnya perkembangan dan perubahan teknologi era digital tersebut. Terbukti dengan diaplikasikannya digitalisasi pada setiap aspek kegiatan bisnisnya, yang mengarah kepada kemudahan yang dirasakan para nasabahnya maupun calon nasabahnya. Generali Indonesia berhasil membuat layanan serba digital dan semakin memanjakan nasabahnya. Layanan Digital iServicesiSERVICES merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Generali kepada nasabah dalam bentuk portal web.

kampusmedan.com/07-05-2023

OJK Terapkan PSAK 74 per 1 Januari 2025, Asuransi Sudah Siap?

OJK berupaya mendorong peningkatan kredibilitas industri asuransi nasional dengan memastikan kesiapan pelaku industri untuk mengimplementasikan PSAK 74 tentang Kontrak Asuransi pada 1 Januari 2025. Presiden Direktur PT Asuransi Bintang Tbk, Hastanto Sri Margi Widodo mengatakan saat ini industri asuransi tengah memasuki persiapan paralel run guna mengimplemntasikan PSAK 74.

cnbcindonesia.com/07-05-2023

Modal Seret, Indosurya Life Tawarkan Saham Untuk Bayar Utang ke Nasabah

Di tengah kondisi keuangan yang seret, PT Asuransi Jiwa Indosurya Life (Indosurya Life) menawarkan saham perusahaan sebagai solusi untuk membayar utang kepada para pemegang polis.Rencana ini masuk dalam skema restrukturisasi Policyholder Buy-Out (PBO) yang saat ini masih terus berjalan. Melalui skema ini, perusahaan akan mengalihkan utang klaim nasabah polis single premium dengan ekuitas perusahaan. Dari situ, ekuitas perusahaan diambilalih oleh nasabah, selanjutnya dijual ke investor. Kemudian hasil penjualan tersebut akan menjadi sumber pembayaran polis nasabah yang telah mengikuti skema PBO. Melalui kesepakatan tersebut, pemegang saham pengendali akan keluar dan digantikan oleh nasabah sebagai pemegang saham. Tujuannya untuk menjaga aset perusahaan dan nilai lisensi dalam kendali nasabah.Ternyata solusi ini banjir peminat.

finance.wartaekonomi.co.id/07-05-2023

Ada Agen Asuransi Sinarmas MSIG Hingga Astra Life Palsukan Polis, Pengamat Dorong Pembenahan

Pengamat Asuransi yang juga Dosen Program MM Fakuktas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM) Kapler Marpaung mengatakan bahwa pembenahan agen merupakan hal yang mendesak di industri asuransi. Masalah agen asuransi memang ini terlambat dibenahi baik oleh asosiasi, perusahaan maupun oleh regulator. Malah cenderung memberikan ruang istimewa kepada agen selama ini. “Saya sebagai pengamat sudah sering mengingatkan bahwa pembenahan agen sangat mendesak, tetapi kelihatannya kurang direspons baik oleh stakehokder,” kata Kapler kepada Bisnis, akhir pekan lalu (4/5/2023). Namun demikian, Kapler berharap dengan adanya kejadian pemalsuan polis oleh eks tenaga pemasar ini regulator, asosiasi agen, dan asosiasi perusahaan asuransi  bisa lebih serius dalam pembenahan agen.

bisnis.com/07-05-2023

Ada Nasabah AJB Bumiputera Tolak Penurunan Nilai Manfaat, Ini Penjelasan OJK

Dalam jawaban tertulis ke para wartawan setelah jumpa pers Jumat (5/5), Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menjelaskan, AJB Bumiputera merupakan perusahaan asuransi berbentuk usaha bersama (mutual).  Artinya pemegang polis merupakan pemilik perusahaan yang diwakili oleh Peserta Rapat Umum Anggota (RUA) yang dulu disebut Badan Perwakilan Anggotan (BPA). Kebijakan Penurunan Nilai Manfaat telah ditetapkan dalam Sidang RUA dengan mengacu pada prinsip-prinsip usaha bersama yang diatur dalam Anggaran Dasar AJB Bumiputera. Menurut Ogi, pemegang polis yang menolak Penurunan Nilai Manfaat dapat menghubungi pihak AJB Bumiputera.

fintechnesia.com/07-05-2023

Rugi Rp 1,3 Miliar, Korban Asuransi Gugat PT BNI Life

Para korban meminta PT BNI Life (Tergugat I) bertanggung jawab atas dugaan perbuatan oknum mantan pegawainya itu. "Atas gugatan ini, kami meminta agar PT BNI Life selaku tergugat I harus bertanggung jawab," kata Andi Baroar Nasution didampingi Arip Wampasena dari Law Office Wampasena and Associates selaku kuasa hukum para penggugat dalam konferensi persnya di Jakarta Timur, Jumat (5/5) kemarin. Andi Baroar mengatakan bahwa kliennya mengalami kerugian sebesar Rp1.301.532.975, atas dugaan perbuatan mantan pegawai Bancassurance PT BNI Life yang bernama Tubagus Muttaqy Ikhsani selaku Tergugat II dalam gugatan tersebut. "Makanya, kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati jika ada oknum pegawai dari perusahaan asuransi yang menawarkan untuk menjadi nasabah. Sebab ini sudah banyak korban dari rakyat kecil," ungkapnya.

monitorindonesia.com/07-05-2023

OJK Berikan Waktu Kresna Life Tangani Permasalahan, Ini Harapan Pemegang Polis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberi keleluasaan waktu bagi manajemen dan pemegang saham PT Asuransi Jiwa Kresna atau Kresna Life untuk menangani permasalahan perusahaan. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menyampaikan bahwa keleluasaan waktu diberikan dengan pertimbangan utama kepentingan pemegang polis yang sebagian besar meyakini terdapat opsi penyelesaian yang lebih baik. "Terakhir OJK memberikan waktu kepada manajemen untuk segera menuntaskan program konversi dengan mengirimkan ke OJK perjanjian konversi pemegang polis menjadi pinjaman subordinasi (SOL) yang telah ditandatangani para pihak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5).

kontan.co.id/07-05-2023

Kasus Agen Asuransi Nakal Kembali Mencuat, Ini Respons OJK

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono menyampaikan, sejatinya upaya untuk mengurangi pemunculan masalah yang disebabkan oleh agen asuransi sudah dilakukan pihak regulator. OJK mendorong perusahaan asuransi memperbaiki pengelolaan agen dengan cara memberikan pelatihan. "Perusahaan asuransi yang menggunakan agen asuransi dalam memasarkan produknya, maka perusahaan asuransi itu yang bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan oleh agen sebatas pada hal-hal yang diatur dalam kontrak," kata Ogi Prastomiyono dikutip Investor Daily , Minggu (7/5/2023).

beritasatu.com/07-05-2023

Perusahaan Asuransi Jiwa Ini Perluas Layanan di Jawa Tengah

Avrist Assurance, perusahaan terkemuka di Indonesia meresmikan pembukaan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) baru Bernama Victory Agency yang berlokasi di di Gedung Hartono Trade Centre, Sukoharjo, Jawa Tengah. Tujuan pembukaan KPM ini adalah ingin memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih dekat dengan masyarakat setempat. Turut hadir Simon Imanto selaku President Director Avrist Assurance, Jos Chandra selaku Direktur Bisnis Avrist Assurance, Khanti Surya Dharmadji Tan selaku Regional Head of Agency Central Avrist Assurance, Iqbal Zuhdi Ardian dan IIka Sulistyowati selaku Pemilik KPM Victory Agency, Kepala Sub Bagian Pengawasan OJK Solo Nining Ariyanti, perwakilan karyawan, Agency Force dan tak ketinggalan nasabah setia Avrist.

mediaindonesia.com/06-05-2023

OJK Tinjau Aturan Permodalan Asuransi

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun  Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Ogi Prastomiyono mengatakan sedang meninjau ulang peraturan terkait permodalan perusahaan asuransi dan reasuransi. "Modal minimum yang sekarang disyaratkan untuk perusahaan asuransi dan reasuransi terlalu rendah dibandingkan risiko yang ada di usaha bisnis masing-masing," kata Ogi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, (5/5). Saat ini OJK sedang menunggu pandangan perusahaan asuransi dan reasuransi, baik yang konvensional maupun umum, serta pelaku usaha jasa keuangan, terkait ketentuan permodalan minimal tersebut.

mediaindonesia.com/06-05-2023

Tim Likuidasi Wanaartha Life Sudah Tunjuk Kantor Akuntan Publik, OJK: Kami Pantau Hasil Audit

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono menyebut Tim Likuidasi Wanaartha Life telah menunjuk kantor akuntan publik (KAP) yang terdaftar di OJK. Hal ini sebagai tahap awal proses audit neraca penutupan perusahaan asuransi yang izinnya dicabut pada 5 Desember lalu. "OJK akan terus memantau hasil audit neraca penutupan yang akan disampaikan oleh Tim Likuidasi," kata Ogi, Jumat, 5 Mei 2023.

tempo.co/06-05-2023

Sinarmas MSIG Life Salahkan Agen Asuransi Swita Glorite

Head of Customer & Marketing Sinarmas MSIG Life Lukman Auliadi menyatakan bahwa perusahaan turut dirugikan atas perbuatan Swita. Menurutnya, perbuatan Swita tak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Perusahaan tidak pernah memberikan persetujuan kepada tenaga pemasar untuk menerima premi maupun kontribusi dari pemegang polis atau peserta. Prosedur yang berlaku, yakni setiap dana wajib disetorkan ke rekening resmi perusahaan," ucap dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Jumat (5/5).  Lukman mengatakan kasus penipuan yang dilakukan murni tindakan Swita terkait penyalahgunaan data nasabah bersama dengan eks karyawan salah satu bank.

kontan.co.id/06-05-2023

Lama dan Ribetnya Klaim Asuransi Jiwa Allianz

Saya mengajukan klaim asuransi ke kantor pusat Allianz sejak 15 Januari 2023 dan telah melengkapi semua dokumen yang pihak Allianz minta. Tanggal 1 Februari 2023, saya terima surat melalui email dari Allianz dengan nomor ref: S00508, yang isinya menyampaikan mereka butuh 45 hari untuk verifikasi data.Kemudian pada tanggal 19 Maret 2023, saya ke kantor pusat Allianz untuk menanyakan hasil klaim asuransi. CS-nya mengatakan bahwa saya sudah dikirim surat melalui email. Padahal saya sudah cek email bolak-balik, tidak ada surat dari Allianz yang masuk.

mediakonsumen.com/06-05-2023

Premi Industri Asuransi Jiwa Kuartal I-2023 Turun 9,81 Persen, Ini Sebabnya

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin dan Dana Pensiun Ogi Prastomiyono mengatakan, penurunan premi tersebut didorong oleh penurunan premi di lini usaha PAYDI atau unit link. "Normalisasi kinerja pertumbuhan premi dari lini usaha PAYDI tersebut telah diantisipasi oleh OJK," ujar dia dalam konferensi pers hasil rapat Dewan Komisioner OJK bulan April yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (5/5/2023). Ia menambahkan, penurunan premi tersebut merupakan bagian dari tahapan reformasi yang dilakukan OJK pada sektor industri asuransi. Dengan begitu, industri asuransi diharapkan dapat berjalan dengan lebih transparan. Secara keseluruhan, Ogi melaporkan pendapatan premi sektor asuransi selama kuartal I-2023 mencapai Rp 78,5 triliun, atau terkontraksi 1,33 persen secara tahunan.

kompas.com/06-05-2023

Terseret Kasus Gagal Bayar, OJK Desak Manajemen Kresna Life Tuntaskan Program Konversi

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Bidang Perasuransian, Penjaminan, dan Pengawasan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono mengatakan, OJK telah memberikan keleluasaan waktu bagi manajemen dan pemegang saham untuk menangani permasalahan perusahaan. "Keleluasaan waktu ini diberikan dengan pertimbangan utama kepentingan pemegang polis yang sebagian besar meyakini terdapat opsi penyelesaian yang lebih baik," ujar Ogi dalam Rapat Dewan Komisioner secara virtual, Jumat (5/5).

finance.wartaekonomi.co.id/06-05-2023

Apresiasi Agen Asuransi Dukung Strategi Keuangan Inklusif

Dukung strategi nasional keuangan inklusif, FWD Insurance berikan apresiasi kepada agen asuransi. FWD Insurance, perusahaan asuransi jiwa berbasis digital telah memiliki lebih dari 6.000 agen asuransi dan terus bertambah, sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) untuk memperluas jangkauan layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia.

detik.com/05-05-2023

Milad ke-7, ReINDO Syariah Usung Tema Perubahan

Anak usaha BUMN reasuransi Indonesia Re, PT Reasuransi Syariah Indonesia (ReINDO Syariah), memperingati Milad ke-7 yang jatuh pada 4 Mei 2023 di kantor pusar ReINDO Syariah. Direktur Utama ReINDO Syariah Tati Febriyanti menyampaikan, di Milad ke-7 ini, pihaknya mengusung tema "Transform to Recover and Perform Better" yang merupakan manifestasi dari harapan dan doa agar ReINDO Syariah dapat senantiasa memberikan pelayanan terbaik, terpecaya bagi mitra bisnis dan dapat terus bertumbuh guna meningkatkan performa kinerja perusahaan.

ambon.antaranews.com/05-05-2023

Pemanfaatan Digital Buat BRI Life Hasilkan Premi Rp222,3 Miliar

Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi BRI Life (BRI Life) mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk mendongkrak bisnis. Pemanfaatan teknologi ini dilakukan dalam semua aspek usaha.Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengantarkan bahwa melalui platform digital, pihaknya mampu mengantongi premi senilai Rp222,3 miliar pada tiga bulan pertama 2023."Sampai akhir Maret 2023, kami mengumpulkan premi dari produk mikro yang menggunakan platform digital ini sebesar Rp222,3 miliar," kata Iwan kepada Bisnis pada pekan ini.

bisnisindonesia.id/05-05-2023

Tak Terima Keuntungan, Sinarmas MSIG Life Kecam Tindak Pidana yang Dilakukan Swita Glorite

Head of Customer & Marketing Sinarmas MSIG Life, Lukman Auliadi meluruskan bahwa perusahaan turut dirugikan atas perbuatan Swita. Perusahaan tidak pernah memberikan persetujuan kepada tenaga pemasar untuk menerima premi maupun kontribusi dari pemegang polis atau peserta, karena prosedur yang berlaku adalah setiap dana wajib disetorkan ke rekening resmi perusahaan. Pelanggaran yang dilakukan oleh Swita dilaporkan oleh perusahaan dan Swita telah dinyatakan bersalah berdasarkan putusan pidana yang berkekuatan hukum tetap. Lukman mengatakan kasus penipuan yang dilakukan murni tindakan Swita terkait penyalahgunaan data nasabah yang dilakukannya dengan eks karyawan salah satu bank sehingga kedua pelaku menerima sejumlah uang yang tidak sepatutnya.

emitennews.com/05-05-2023

Sinarmas MSIG Ajukan Banding dalam Perkara Perdata Terkait Swita Glorite

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) tengah dihadapkan kasus pemalsuan polis oleh agennya di Manado, Swita Glorite Supit. Saat ini, emiten asuransi tersebut telah mengajukan banding dalam perkara perdata. Menanggapi perkara itu,  Head of Customer & Marketing  Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Lukman Auliadi menyatakan putusan perdata dari Pengadilan Negeri Manado terkait perkara tersebut masih belum bersifat berketetapan hukum tetap atau inkrah. "Saat ini, kami juga telah menggunakan hak hukum dengan mengajukan upaya hukum banding dalam perkara perdata ke pengadilan tingkat lanjut PN Manado," ucap dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (5/5).

kontan.co.id/05-05-2023

Nasabah Bakal Ajukan Gugatan Class Action ke AJB Bumiputera 1912

Nasabah Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) Bumiputera 1912 akan mengajukan gugatan class action. Hal tersebut diungkapkan oleh nasabah asal Makassar bernama Sabaruddin, yang keberatan dengan pemotongan klaim atau Pengurangan Nilai Manfaat (PNM).Dia merupakan pemegang polis AJB Bumiputera 1912 dengan jumlah polis 13 dan nilai klaim Rp845 juta. Dia mengatakan bahwa pemotongan hak-hak pemegang polis merupakan kejahatan luar biasa, karena berdampak luas dan sistematik serta menimbulkan kerugian secara masif.

postfed.online/05-05-2023

Prudential Indonesia dan UOB Indonesia Bidik Segmen Nasabah Mapan Lewat PAYDI

Diversifikasi produk ini mempertegas dan menyempurnakan langkah-langkah Prudential Indonesia dalam penjualan PAYDI yang sesuai dengan aturan baru OJK, guna menjaga profesionalitas dalam memenuhi berbagai kebutuhan proteksi dan tata kelola aset nasabah sesuai dengan keterjangkauannya. PRUInvestor Ultima Account dan PRUWealth Prime Account memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus potensi mendapatkan hasil investasi yang sesuai dengan profil risiko dan pilihan dana investasi nasabah/calon nasabah. Sementara PRUPrime Healthcare Plus Pro memberikan pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit dan plan yang dipilih. Menurut Ivy Widjaja, Chief Partnership Distribution Prudential Indonesia kerjasama ini membuat pihaknya optimis mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia melalui mitranya.

industry.co.id/05-05-2023

OJK Menilai Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Nasional Tetap Terjaga

Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 3 Mei 2023 menilai stabilitas sektor jasa keuangan nasional tetap terjaga dengan permodalan dan likuiditas yang baik, sehingga mampu berdaya tahan dalam menghadapi gejolak global. Eskalasi tensi geopolitik, berlanjutnya permasalahan perbankan AS serta tingkat inflasi global yang meskipun menurun masih bertahan di tingkat yang tinggi menjadi sumber potensi kerentanan utama bagi stabilitas sektor keuangan global.

indexperience.id/05-05-2023

PT SAM Hargai Putusan MA Usai Dinyatakan Terbukti Korupsi Kasus Jiwasraya

PT Sinarmas Asett Management (SAM) menghormati putusan Majelis Hakim Kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan perusahannya terbukti korupsi dalam kasus Jiwasraya . Walaupun, sebelumnya PT SAM divonis bebas oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Meski menerima, Direktur Sinarmas Asett Management, Jamial Salim mengatakan pihaknya saat ini tengah membahas upaya lanjutan yang dapat ditempuh terkait putusan MA. "PT SAM tengah dalam pembahasan bersama kuasa hukum atas upaya yang dapat kami lakukan terhadap putusan yang dijatuhkan kepada kami, meski sebelumnya Pengadilan Tinggi (PT) menyatakan PT SAM tidak bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan," ujar Jamial dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 Mei 2023.

viva.co.id/05-05-2023

Ini Lima Cara Agar Terhindar dari Pemalsuan Polis Asuransi

Pengamat Asuransi sekaligus Dosen Program MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Kapler A Marpaung memberikan sejumlah saran bagi perusahaan asuransi agar kejadian serupa tidak terulang. Di antaranya, memberdayakan secara optimal fungsi dan peran komite audit, internal auditor, evaluasi secara rutin dan berkala terhadap kegiatan agen hingga rotasi pegawai di keagenan secara berkala seperti yang berlaku di bank. "Menurut saya ini salah satu kelemahan tidak berjalannya fungsi kontrol dari kantor pusat kepada Kantor Keagenan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (5/5).

kontan.co.id/05-05-2023

                                                   

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14,721.70

IHSG (per 8 Mei 2023)

6,783.54

BI Rate

5.75 %

 

 

 

 

 

Sumber Media: Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily, Tribun Kaltim, Ujungpandang Ekspres, Tribun Pekanbaru, Serambi Indonesia, Rakyat Merdeka, Kompas, Tribun Jabar, Tribun Batam, Tribun Pekanbaru, Tribun Pontianak, DI;s Way Kaltim, iNews TV, postfed.online, sindonews.com, kontan.co.id, kampusmedan.com, cnbcindonesia.com, wartaekonomi.co.id, bisnis.com, fintechnesia.com, monitorindonesia.com, beritasatu.com, mediaindonesia.com, tempo.co, mediakonsumen.com, kompas.com, detik.com, antaranews.com, bisnisindonesia.id, emitennews.com, industry.co.id, indexperience.id, viva.co.id..

DOWNLOAD PDF