AAJI Daily News - 23 November 2023
Kamis, 23 November 2023
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
AAJI Menggelar Seminar Digital Entering The New World 4.0
Media Asuransi, hal 46, 23/11/2023
Untuk keenam kalinya Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), menyelenggarakan seminar digital yang di kenal dengan DRIM. Setelah beberapa kali diadakan di Bali, tahun 2023 AAJI memilih Yogyakarta sebagai lokasi seminar, 18-20 Oktober 2023. Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan pembicara tidak hanya dari asuransi, tapi juga pembicara dari berbagai sektor industri di luar asuransi. Sekitar 250 peserta ikut dalam seminar digital ini. Meski dihelat oleh industri asuransi jiwa, tapi peserta seminar tidak semuanya berasal dari asuransi jiwa.
DRiM 2023 Persiapkan Industri Asuransi Hadapi Tantangan Baru di Sektor Digital
Media Asuransi, hal 44&45, 23/11/2023
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) kembali menyelenggarakan kegiatan seminar digital International Digital & Risk Management in Insurance (DRIM) 2023 pada 18-20 Oktober lalu di Yogyakarta. Bertemakan Entering The New World 4.0 Technology Beyond Imagination. Tempat perhelatan DRIM ke-6 yang biasanya diadakan di Pulau Dewata, baru kali ini diadakan di luar Bali. Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk adaptasi industri dalam menghadapi tantangan-tantangan perkembangan teknologi serta sebagai alarm kepada perusahaan bahwa setiap perkembangan teknologi yang diterapkan pasti berkaitan erat dengan kemungkinan timbulnya risiko baru.
Entering The New World 4.0 1
Media Asuransi, hal 48, 23/11/2023
Testimoni Michel H. Feijen dan Michellina Laksmi
Entering The New World 4.0 2
Media Asuransi, hal 49, 23/11/2023
Testimoni Alexander Grenz dan Mikiko Steven
INDUSTRI & ASURANSI
Asuransi Panen Pengaduan Konsumen
Solo Pos, hal 10, 22/11/2023
Penataan pelayanan industri asuransi masih perlu dilakukan. Sebab, seribuan pengaduan layanan asuransi diterima oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merilis data pengaduan konsumen terkait asuransi yang mencapai 1.400 dari 19.400 pengaduan konsumen per 10 November 2023. Angka pengaduan itu setara dengan 7,4% dari total pengaduan konsumen. Deputi Direktur EPK Regional OJK, Gatot Yulianto, mengatakan salah satu jenis pengaduan yang mendominasi adalah terkait klaim asuransi yang menyulitkan. "Faktornya itu macam-macam, salah satunya adalah klaim. Klaimnya kok dirasa susah, itu agak berbeda dengan yang lain," kata Gatot saat ditemui di Jakarta, Selasa (21/11/2023).
Pertumbuhan Tren Halal Lifestyle Jadi Fokus Allianz Syariah
Harian Surya, hal 5, 23/11/2023
Setelah diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maaruf Amin pada 16 November kemarin di Jakarta sebagai entitas baru yang berfokus pada penyediaan proteksi asuransi berbasis syariah, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) langsung tancap gas melakukan roadshow ke beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya Kota Surabaya Jawa Timur pada hari ini, Selasa (21/11).
Competition in Tech Startups Digital Winner Will Always Emerge
Media Asuransi, hal 36&37, 23/11/2023
Competition in Tech Startups Digital Winner Will Always Emerge As time goes by, digital technology continues to advance in Indonesia. The data survey published by the Indonesian Internet Service Providers Association (APJII) shows that as of March 2023, the internet penetration in Indonesia has reached 78.19 percent or 215.63 million people out of a total population of 275.78 people. This condition sparks massive growth of digital-based companies in the country.
Menjalankan Transformasi Digital secara Governance
Media Asuransi, hal 6&7, 23/11/2023
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan sebagai ketentuan yang memayungi pengawasan dan pengaturan industri keuangan digital. OJK juga menerbitkan peraturan antara lain Peraturan OJK (POJK) No. 4/2021 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Lembaga Jasa Keuangan Non- Bank dan POJK No. 11/2022 tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi oleh Bank Umum serta Surat Edaran OJK (SEOJK) No. 29/2022 tentang Ketahanan dan Keamanan Siber bagi Bank Umum. OJK pun terus mendorong penerapan dan penguatan tata kelola digital di Industri Jasa Keuangan (IJK) untuk meningkatkan kinerja, layanan, dan pengawasan yang pada akhirnya akan berdampak positif pada perlindungan konsumen.
Memastikan Eksekusi Roadmap Perasuransian
Media Asuransi, hal 4, 23/11/2023
Pada tanggal 23 Oktober 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan roadmap atau peta jalan Pengembangan dan Penguatan Industri Perasuransian 2023-2027. Tema yang dicanangkan adalah “Restoring Confidence Through Industrial Reform Stronger Together”. Roadmap ini memang dirilis oleh OJK, tetapi proses penyusunannya melibatkan seluruh stakeholder industri perasuransian Tanah Air. Ada enam asosiasi yang terlibat dalam penyusunan roadmap ini yaitu Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APPARINDO), dan Asosiasi Penilai Kerugian Indonesia (APKAI).
Daftar Peraih Digital Fianancial Excellence Award 2023 Media Asuransi
Media Asuransi, hal 14, 23/11/2023
Indikator dan Cara Penilaian Peraih Digital Financial Excellence Awards 2023
Media Asuransi, hal 12&13, 23/11/2023
Di tengah dinamika transformasi digital dan Al (artificial intelligence), peran industri sektor jasa keuangan semakin vital. Industri ini dituntut untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan yang kompetitif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat di era digital. Penghargaan Digital Financial Excellence Awards 2023 Media Asuransi dengan tema "Adapting and Advancing: Strengthening Business Sustainability through Digital Transformation in the Era of AI', bertujuan untuk memberikan pengakuan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan dalam industri jasa keuangan yang telah berhasil melakukan transformasi digital dan memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui inovasi digital.
PT Asuransi Reliance Indonesia Terus Tingkatkan Digitalisasi
Media Asuransi, hal 22, 23/11/2023
PT Asuransi Reliance Indonesia (Reliance Insurance) berhasil menempati peringkat kedua kelompok perusahaan asuransi umum konvensional dengan ekuitas kurang dari Rp1 triliun, dalam ajang Digital Financial Excellence Award 2023 Media Asuransi.
PT BNI Life Insurance Terus Kembangkan Produk Digital
Media Asuransi, hal 23, 23/11/2023
PT BNI Life Insurance melalui BNI Life Mobile berhasil menempati peringkat 2 kategori asuransi jiwa dengan ekuitas Rp1,5 triliun ke atas, pada event Digital Financial Award 2023 Media Asuransi. Perusahaan berhasil memperoleh skor 15 untuk indikator trust level (security) dan skor 10 untuk indikator channel mix (socmed) dan sentiment. Sedang untuk 5 indikator penilaian lainnya mendapat skor 5, yakni untuk loyalty, customer satisfaction, overall UI/ UX experience, customer insight, dan used of Al insight generator.
PT Central Asia Finansial Dapat Lakukan Klaim Tercepat
Media Asuransi, hal 25, 23/11/2023
PT Central Asia Financial (CAF) yang lebih dikenal dengan brand JAGADIRI berhasil menjadi pemenang di kategori Full Stacks Insurance dalam ajang Digital Financial Excellence Award 2023 Media Asuransi. Berdasar hasil riset Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) Bersama Advisia, JAGADIRI berhasil mendapat skor 15 untuk indikator penilaian trust level (security) dan skor 8 untuk indikator penilaian channel mix (socmed). Selain itu perusahaan asuransi ini mendapat skor 5 untuk indikator penilaian loyalty, overall UI/UX experience, dan used of Al insight generator.
PT MNC Life Assurance Rebranding Berbuah Kinerja Bagus
Media Asuransi, hal 24, 23/11/2023
PT MNC Life Assurance (MNC Life) berhasil meraih peringkat 2 kategori Asuransi Jiwa dengan Ekuitas Kurang dari Rp1,5 Triliun dalam Digital Financial Excellence Award 2023 Media Asuransi.
PT Sun Life Financial Indonesia Tidak Bisa ‘Lari’ dari Digitalisasi
Media Asuransi, hal 23, 23/11/2023
PT Sun Life Financial Indonesia berhasil menempati peringkat 1 kategori Asuransi Jiwa dengan Ekuitas Rp1,5 Triliun ke Atas dalam ajang Digital Financial Excellence Award 2023 Media Asuransi.
FWD Group Mengumumkan Desy N. Widjaya sebagai Direktur Utama FWD Insurance
wartaekonomi.co.id, 22/11/2023
FWD Group Holdings Limited (FWD Group) mengumumkan penunjukan Desy N. Widjaya, sebagai Direktur Utama PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 7 November 2023.
Kerugian Cat Tembus US$100 Miliar, Hard Market Berlanjut?
mediaasuransinews.co.id, 22/11/2023
Raksasa reasuransi global Swiss Re memperkirakan kerugian industri asuransi dari peristiwa bencana alam (Cat) akan melebihi US$100 miliar lagi pada tahun 2023. Sehingga mereka memperkirakan bahwa kondisi hard market untuk asuransi jiwa akan berlanjut hingga tahun 2024.
Mayoritas Perusahaan Asuransi Punya Ekuitas di Bawah Rp1 Triliun, Amankah? Ini Penjelasan OJK
bacakoran.co, 22/11/2023
Ekuitas mencerminkan nilai yang dimiliki oleh pemegang saham setelah memenuhi semua kewajiban. Dimana jumlah ekuitas perusahaan asuransi menunjukkan kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam jangka panjang dan memberikan imbal hasil kepada pemegang saham.
Gelapkan Uang Nasabah Sinarmas Rp144 Miliar, Swita Supit Dijerat UU Tindak Pidana Pencucian Uang
komentar.id, 22/11/2023
Polda Sulawesi Utara berhasil meringkus seorang perempuan bajingan pelaku tindak pidana pencucian uang Asuransi Sinarmas MSIG Life Manado dengan total kerugian nasabah 114 miliar rupiah. Pelaku bernama Glorite Supit alias Swita ini ditangkap penyidik Subdit Perbankan Ditreskrimsus Polda Sulut di salah satu apartemen yang berada di Tangerang Selatan.
Avrist Sukes Gelar Edukasi Asuransi dan Kesehatan bersama RS Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur
mediaindonesia.com, 22/11/2023
CORPORATE & Marketing Communications bekerja sama dengan tim Agency Avrist Assurance, sukses menggandeng Rumah Sakit (RS) Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) menyelenggarakan edukasi asuransi dan Kesehatan pada Selasa (14/11) di salah satu hotel berbintang di Balikpapan, Kalimantan Timur.
DPLK Tugu Mandiri Segera Ganti Nama Jadi DPLK PertaLife
investortrust.id, 22/11/2023
Menyusul perubahan nama PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri menjadi PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance), maka dengan mengikuti aturan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri menjadi DPLK Perta Life Insurance.
Mengenal Mitra Asri dari Asuransi Bumiputera 1912 yang Ditawarkan ke Nasabah Berhasil Cairkan Klaim
bisnis.com, 22/11/2023
Manajemen Asuransi Jiwa Bersama atau AJB Bumiputera 1912 memastikan pihaknya tidak pernah memaksa nasabahnya untuk membeli produk asuransi Mitra Asuransi Rakyat Indonesia (Mitra ASRI). Termasuk bagi pemegang polis yang akan melakukan pencairan klaim polis tertunda bulan November 2023.
Berita Foto - Perlindungan Generali Untuk Borobudur Marathon
Investor Daily, hal 16, 23/11/2023
Chief Executive Officer PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Edy Tuhirman (kanan) bersama Chief Marketing Officer Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama, saat Borobudur Marathon 2023 di Magelang, Jawa Tengah, kemarin. Sebagai Official insurance partner Borobudur Marathon yang keenam kalinya , Generali Indonesia telah memberikan perlindungan kepada 10.000 pelari Borobudur Marathon 2023 atas risiko meninggal dunia dan perawatan rumah sakit yang diakibatkan kecelakaan termasuk berbagai risiko yang berhubungan langsung dengan olahraga lari selama acara berlangsung.
Klaim Asuransi Yang Sulit Masih Dikeluhkan
Bisnis Indonesia, hal 15, 23/11/2023
Otoritas Jasa Keuangan menerima 1.400 pengaduan konsumen yang terkait dengan asuransi per 10 November, dengan kesulitan klaim masih mendominasi aduan. Deputi Direktur Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) Regional OJK Gatot Yulianto menyebutkan aduan konsumen perasuransian mencapai 7,496 dari total pengaduan konsumen tentang layanan jasa keuangan yang mencapai 19.400. Masalah lainnya yang sering diadukan konsumen adalah restrukturisasi pembiayaan.
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.593,30 |
IHSG |
6.997,30 |
BI Rate |
6.00 % |
Sumber Media:
Media Asuransi, Solo Pos, Harian Surya, wartaekonomi.co.id, mediaasuransinews.co.id, bacakoran.co, komentar.id, mediaindonesia.com, investortrust.id, bisnis.com, Investor Daily
DOWNLOAD PDF