AAJI Daily News - 22 Agustus 2023


Kamis, 26 Januari 2023                                                                                                                                   

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

  1. Kanal Distribusi Keagenan Asuransi Jiwa Bersiap Melanjutkan Pertumbuhan
  2. Perusahaan Asuransi Akan pacu Kualitas Pelayanan Unit Link
  3. Perusahaan Asuransi Pacu Kualitas Pelayanan Unit Link
  4. Sepanjang 2022, Generali indonesia Bayarkan Klaim Nasabah Rp903 Miliar
  5. Berita Foto - Layanan Asuransi
  6. Foto - Sapa Nasabah
  7. Generali Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi Rp 903,7 M
  8. Pembatalan Polis Melonjak
  9. Berita Foto - Pembayaran Klaim Generali
  10. Berita Foto - Klaim Generali Indonesia 2022
  11. Laporan Astra Life ke Polisi
  12. Berita Foto - Klaim Nasabah Asuransi
  13. Kresna Life Menawarkan Skema Baru
  14. Berita Foto - Memenuhi Pembayaran
  15. Berita Foto - Komitmen Generali
  16. Pencairan Dini Polis BRI Life Naik 2 Kali Lipat
  17. Kresna Life Menawarkan Skema Baru Nasabah
  18. Apa Itu Asuransi dan Jenis-jenisnya
  19. Astra Life Laporkan Agen ke Bareskrim Polri
  20. Patuhi SEOJK, AIA Lakukan Terobosan Baru Pemasaran Asuransi Unit Link!
  21. Generali Indonesia Bayarkan Total Klaim Rp 903,7 Miliar Sepanjang Tahun 2022
  22. Asuransi Jiwa Kuasai Daftar Perusahaan Asuransi Terbesar di Hong kong
  23. OJK Segera Lakukan "Fit and Proper Test" Direktur Bisnis dan Komisaris Independen BPA AJB Bumiputera
  24. Kresna Life Tawarkan Rencana Penyehatan Keuangan, Ini Dampaknya ke Pemegang Polis
  25. Sequis Umumkan Tiga Pemenang Sequis Ecopreneur Business Plan Competition
  26. Perkuat Pengentasan Kemiskinan, PT Capital Life Syariah Salurkan Zakat ke BAZNAS

TENTANG AAJI

Kanal Distribusi Keagenan Asuransi Jiwa Bersiap Melanjutkan Pertumbuhan

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyampaikan, dengan dicabutnya masa PPKM secara menyeluruh oleh pemerintah, diharapkan kanal distribusi ini akan kembali menjadi corong utama pertumbuhan industri asuransi jiwa. Dia menilai, pemerintah telah berhasil menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di masa pandemi. Hal ini menjadi salah satu harapan industri untuk tetap bertumbuh, kendati tahun 2023 pun banyak diramal menjadi saat yang sulit dan menantang. Di kesempatan terpisah, Director & GM Agency Manulife Indonesia Novita Rumngangun menerangkan, kanal keagenan memliki nilai lebih karena tatap muka langsung dengan nasabah. Kembalinya aktivitas normal dari pembatasan sosial menjadi angin segar karena terbuka kesempatan bagi agen dan nasabah untuk bertemu secara langsung.

Investor Daily /26-01-2023

Perusahaan Asuransi Akan pacu Kualitas Pelayanan Unit Link

Ketua Bidang I Produk, Manajemen Risiko, dan Good Corporate Governance Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan menegaskan bahwa aturan yang telah diramu OJK tersebut ditujukan untuk kepentingan bersama. Oleh karena itu, inti sari dalam aturan ini juga perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya sebelum seluruh ketentuan berlaku dan terimplementasi mulai 14 Maret 2023 mendatang. Asosiasi bersama anggota kini bersama-sama untuk melakukan penyesuaian sekaligus mengedukasi masyarakat. “Aturan ini membuat unit link lebih transparan. Akibatnya, nanti ketika jualan unit ink, antara satu perusahaan dengan perusahaan lain itu hampir sama, yang membedakan tentunya layanan. Secara harga nanti kurang lebih sama,” ungkap Fauzi saat berkunjung ke Kantor B Universe, Rabu (25/1).

Investor Daily /26-01-2023

Perusahaan Asuransi Pacu Kualitas Pelayanan Unit Link

Ketua Bidang I Produk, Manajemen Risiko, dan Good Corporate Governance Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Fauzi Arfan mengakui bahwa awalnya industri minta agar aturan terbaru tentang unit link tidak seketat yang ada saat ini. Namun demikian, industri asuransi akhirnya menyadari aturan yang telah diramu OJK tersebut ditujukan untuk kepentingan bersama. Dia menjelaskan bahwa ada beberapa alasan yang membuat perusahaan asuransi cenderung akan memacu aspek layanannya. Utamanya tentu perusahaan asuransi dituntut lebih transparan sejak awal menawarkan produk asuransi unit link ke nasabah.

beritasatu.com /26-01-2023

INDUSTRI & ASURANSI

Sepanjang 2022, Generali indonesia Bayarkan Klaim Nasabah Rp903 Miliar

Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326 ribu klaim dengan nilai total Rp903,7 Miliar. Dari total nilai klaim Generali Indonesia tersebut, kendati secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 1.396, klaim kesehatan mengalami peningkatan sebesar 625 dan begitupun jumlah pembayaran klaim penyakit kritis mengalami peningkatan sebesar 7.896 dibandingkan periode yang samadi tahun sebelumnya. Tren kesehatan di Generali Indonesia ini sejalan dengan tren klaim kesehatan secara industri yang meningkat pada kuartal ketiga tahun 2022.

Ekonomi Neraca /26-01-2023

Berita Foto - Layanan Asuransi

Foto: Director & COO PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Jutany Japit (tengah) berbincang dengan Customer Care yang melayani nasabah di kantor Generali Indonesia, di Jakarta, Rabu (25/1). Caption: Sepanjang 2022, Generali Indonesia memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total 903,7 miliar rupiah.

Koran Jakarta /26-01-2023

Foto - Sapa Nasabah

Foto: Direktur & Chief Operation Officer PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) Jutany Japit (tengah) didampingi Chief Agency Officer Sastradinata (kedua kanan) dan Corporate Solutions Group Head Netty Chan (kedua kiri), berbincang dengan nasabah, di kantor Generali Indonesia, Jakarta. Caption: Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah menyalurkan pembayaran lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total Rp 903,7 miliar.

Rakyat Merdeka /26-01-2023

Generali Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi Rp 903,7 M

Direktur & Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit menerangkan bahwa pembayaran klaim sepanjang 2022 merupakan bukti nyata Generali Indonesia menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi nasabah di berbagai kondisi. Dia menjelaskan, inovasi yang dihadirkan Generali Indonesia untuk nembantu nasabah menghadapi tantangan di saat ini. Selain itu, inovasi dirancang dapat mengantisipasi tantangan di masa mendatang. Adapun inovasi-inovasi yang telah dihadirkan misalnya melalui aplikasi iPropose yang memudahkan nasabah dengan mudah berkonsultasi dengan tenaga pemasar dan melakukan pengajuan polis. SeteTah menjadi nasabah, kemudahan layanan disediakan lewat aplikasi Gen iClick untuk mengakses informasi, transaksi, mengajukan klaim secara daring, bahkan memberikan akses kesehatan telemedicine dan tebus obat daring, serta berbagai fiturfitur lainnya.

Investor Daily /26-01-2023

Pembatalan Polis Melonjak

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan total klaim surrender unit-linked tahun lalu mencapai Rp994,2 miliar. “Karena kondisi pasar modal yang sepertinya fluktuatif,” kata Iwan kepada Bisnis, Rabu (25/1). Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa jumlah pemegang polis yang mengajukan klaim surrender tahun lalu melonjak sekitar 75% dari sekitar 82.000 pada 2021. Melihat tingginya klaim surrender, Iwan menyatakan anak usaha bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. itu terus mendorong pemegang polis untuk menjaga status polis tetap in-force agar perlindungan asuransi jiwa tetap berlaku. Iwan mengungkapkan kenaikan klaim surrender tersebut tidak berdampak signifikan pada kinerja perusahaan karena BRI Life sudah melakukan pengelolaan investasi yang baik untuk memastikan dana pemegang polis ada dan dapat dicairkan pada saat terjadi klaim.

Bisnis Indonesia /26-01-2023

Berita Foto - Pembayaran Klaim Generali

Foto: Corporate Solutions Group Head PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Netty Chan (kedua kiri), Direktur & Chief Operation Officer Jutany Japit (tengah) dan Chief Agency Officer Sastradinata, berbincang dengan karyawan Customer Care yang melayani nasabah di kantor Generali Indonesia, di Jakarta, Rabu (25/1). Caption: Sepanjang 2022, perusahaan asuransi itu telah memenuhi pembayaran komitmen lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total Rp903,7 miliar. Secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13%, namun terjadi peningkatan klaim kesehatan sebesar 62%. Jumlah pembayaran klaim penyakit kritis mengalami peningkatan sebesar 78% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Bisnis Indonesia /26-01-2023

Berita Foto - Klaim Generali Indonesia 2022

Foto: Corporate Solutions Group Head PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Netty Chan, Direktur & Chief Operation Officer Jutany Japit dan Chief Agency Officer Sastradinata berbincang dengan nasabah di kantor Generali Indonesia, di Jakarta, Rabu (25/1/2023). Caption: Sepanjang 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total Rp 903,7 Miliar. Dari total nilai klaim tersebut, secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13%, namun terjadi peningkatan klaim kesehatan sebesar 62%.

Investor Daily /26-01-2023

Laporan Astra Life ke Polisi

Astra Life akhirnya menempuh jalur hukum untuk mengusut dugaan penipuan yang dilakukan oleh oknum agen asuransi. Astra Life telah memasukkan laporan tersebut ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada 18 Januari 2023 dan saat ini proses penyelidikan masih terus berlangsung. Kuasa Hukum Astra Life, Otto Hasibuan mengungkapkan, langkah tersebut diambil setelah penelusuran internal mengungkapkan bahwa adanya upaya tindakan yang dilakukan oleh oknum agen. Sebelumnya, ada 24 nasabah Astra Life yang menyampaikan, mereka tidak menerima buku polis. Oleh karenanya, mereka meminta pengembalian premi 100% dengan nilai total sekitar Rp 1,2 miliar.

Kontan /26-01-2023

Berita Foto - Klaim Nasabah Asuransi

Foto: Dari kiri, Corporate Solutions Group Head Asuransi Jiwa Generali Indonesia Netty Chan, Direktur dan Chief Operation Officer Jutany Japit dan Chief Agency Officer Sastradinata berbincang nasabah di kantor Generali Indonesia di Jakarta, Rabu (25/1). Caption: Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah membayar lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total Rp 903,7 Miliar. Nilai klaim tersebut secara total menurun sebesar 13%. Tapi terjadi peningkatan klaim kesehatan sebesar 62%, lalu jumlah pembayaran klaim penyakit kritis melesat 78% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kontan /26-01-2023

Kresna Life Menawarkan Skema Baru

Kresna Life terus berupaya menyelesaikan kewajiban ke pemegang polis. Salah satu cara penyelesaiannya adalah menawarkan perubahan status dari pemegang polis menjadi pemberi pinjaman subordinasi. Rencana ini masuk ke dalam Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) perusahaan yang diajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Alasan perubahan status itu diharapkan bisa mengubah kondisi risk based capital (RBC) perusahaan asuransi jiwa ini. Alhasil, jika RBC perusahaan bisa diperbaiki maka sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) dari OJK bisa dicabut. Berdasarkan penjelasan RPK yang diterima media ini, pinjaman subordinasi ini bisa mengubah RBC Kresna Life menjadi 138%. Ini dengan catatan lebih dari 80% pemegang polis setuju. Per tahun 2021, RBC Kresna life berada di level minus 323%.

Kontan /26-01-2023

Berita Foto - Memenuhi Pembayaran

Foto: Corporate Solutions Group Head PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Netty Chan (kedua dari kiri), Direktur & Chief Operation Officer Jutany Japit (tengah), dan Chief Agency Officer Sastradinata berbincang dengan customer care yang melayani nasabah di Jakarta. Caption:  Sepanjang 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran kornitmen lebih dari 326 ribu klaim dengan nilai total Rp903,7 miliar.

Media Indonesia /26-01-2023

Berita Foto - Komitmen Generali

Foto: Kiri ke kanan. Corporate Solutions Group Head PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia Notty Chan, Direktur & Chief Operation Officer Jutany Japit dan Chief Agency Officer Sastradinata berbincang dengan Customer Care yang melayani nasabah di kantor Generali Indonesia, di Jakarta, Rabu (25/1). Caption: Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326.000 klaim dengan nilai total Rp903,7 Millar, Dari total nilai klaim tersebut, secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13%, namun terjadi peningkatan klaim kesehatan sebesar 62% dan begitupun jumlah pembayaran klaim penyakit kritis mengalami peningkatan sebesar 78% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Ekonomi Neraca /26-01-2023

Pencairan Dini Polis BRI Life Naik 2 Kali Lipat

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan sepanjang 2022, total klaim surrender unit-linked mencapai Rp994,2 miliar secara tahunan (yoy). Menurutnya banyak yang memanfaatkan nilai unit yang naik seiring dengan kenaikan indeks di pasar modal. "Klaim surrender BRI Life naik 2 kali lipat secara yoy sepanjang 2022 naik tinggi karena kondisi pasar modal yang sepertinya fluktuasi dan lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Iwan kepada Bisnis , Rabu (25/1). Melihat tingginya klaim surrender, Iwan menyatakan anak usaha bank pelat merah BBRI itu juga terus mendorong pemegang polis untuk menjaga status polis tetap in-force agar perlindungan asuransi jiwa tetap berlaku.

bisnis.com /26-01-2023

Kresna Life Menawarkan Skema Baru Nasabah

Terkait penawaran tersebut, kuasa hukum dari beberapa nasabah Kresna Life, Benny Wulur, mengungkapkan, beberapa nasabah sepakat dengan skema tersebut. Mengingat, tak ada jalan lain agar uangnya kembali. “Daripada sekarang tidak ada harapan, lebih baik menjadi pinjaman subordinasi tapi ada harapan Kresna Life bisa mencicil dan membayar,” ujar Benny. Namun hingga tulisan ini naik cetak, media ini belum berhasil mendapatkan konfirmasi dari OJK dan Direksi Kresna Life mengenai tawaran baru tersebut. Kresna Life memeliki kewajiban senilai lebih dari Rp5 triliun ke pemegang polis.

kontan.co.id /26-01-2023

Apa Itu Asuransi dan Jenis-jenisnya

Asuransi jiwa merupakan produk yang memberikan perlindungan terhadap tertanggung dengan kondisi kerugian finansial tidak terduga karena meninggal terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Asuransi tersebut dapat memberikan proteksi kepada keluarga yang ditinggalkan apabila, pemegang polis asuransi mengalami kematian atau mengidap penyakit kritis yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

bisnis.com /26-01-2023

Astra Life Laporkan Agen ke Bareskrim Polri

Otto Hasibuan, Kuasa Hukum Astra Life mengatakan pihaknya telah melaporkan tindak agen perusahaan ke Bareskrim Polri pada 18 Januari 2023. Langkah ini setelah 24 nasabah Astra Life di Jawa Timur sebanyak 24 nasabah Astra Life mengaku tidak menerima buku polis dan meminta pengembalian premi sebesar 100 persen. "Ini yang sedang kami selidiki [dugaan fraud ]. Kami juga tidak mau nasabah dan perusahaan rugi, makanya kami menempuh secara hukum," kata Otto usai konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/1). Otto menyampaikan bahwa ditemukan buku polis nasabah yang sudah dikirim ke alamat pemegang polis, namun tidak berhasil terkirim. Alhasil, buku polis tersebut kembali ke pihak Astra Life.

bisnis.com /25-01-2023

Patuhi SEOJK, AIA Lakukan Terobosan Baru Pemasaran Asuransi Unit Link!

Sainthan Satyamoorthy selaku Presiden Direktur AIA mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik keberadaan SEOJK No. 5/2022 untuk perlindungan berbagai pihak baik perusahaan, tenaga pemasar, dan terutama bagi nasabah. "Untuk itu, dukungan besar kami diwujudkan melalui peluncuran AIA Bahagia Bersama sebagai produk asuransi unit link pertama kami yang telah disetujui dan memenuhi regulasi tersebut. Kepemimpinan AIA dalam pengembangan produk dilandaskan pemahaman mendalam pada kebutuhan nasabah, serta memastikan kualitas produk yang mengikuti standar dan ketentuan yang ditetapkan regulator," ungkapnya pada Senin (16/1).

kliklegal.com /25-01-2023

Generali Indonesia Bayarkan Total Klaim Rp 903,7 Miliar Sepanjang Tahun 2022

Direktur & Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit mengatakan bahwa dari total nilai klaim, kendati secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13%, klaim kesehatan mengalami peningkatan sebesar 62%. Begitupun, jumlah pembayaran klaim penyakit kritis yang mengalami peningkatan sebesar 78%, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. "Tren kesehatan di Generali Indonesia ini, sejalan dengan tren klaim kesehatan secara industri yang meningkat pada kuartal ketiga tahun 2022," kata Jutany dalam keterangan resmi, Rabu (25/1). Selanjutnya, ia mengatakan bahwa Generali Indonesia terus berinovasi di berbagai aspek, termasuk dari sisi ragam manfaat asuransi kesehatan, maupun dari sisi layanan dan klaim.

kontan.co.id /25-01-2023

Asuransi Jiwa Kuasai Daftar Perusahaan Asuransi Terbesar di Hong kong

Dikutip dari laman Insurance Asia, ada 30 perusahaan asuransi jiwa masuk dalam daftar 50 besar, dibandingkan 20 perusahaan asuransi umum. Ini berbeda dari peringkat sebelumnya ketika daftar 50 teratas memiliki jumlah yang sama antara asuransi jiwa dan asuransi umum. Berada di posisi nomor satu adalah AIA International, yang asetnya di tahun 2021 naik sebesar 2,38% menjadi US$129 miliar dibandingkan dengan US$126 miliar pada tahun 2020. Sementara itu, Manulife melompat dari posisi keempat untuk mengklaim posisi kedua karena asetnya melonjak sebesar 44,44% menjadi US$91 miliar pada tahun 2021 dibandingkan dengan US$63 miliar pada tahun 2020.

mediaasuransinews.co.id /25-01-2023

OJK Segera Lakukan "Fit and Proper Test" Direktur Bisnis dan Komisaris Independen BPA AJB Bumiputera

Badan Pertimbangan Anggota (BPA) Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 mengatakan, pada pekan ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengadakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Juru Bicara BPA AJB Bumiputera 1912 RM Bagus Irawan mengatakan, OJK akan melakukan fit and proper test terhadap direktur bisnis dan komisaris independen untuk melengkapi jajaran direksi AJB Bumiputera. "Minggu ini akan dilaksanakan fit & proper test oleh OJK RI terhadap direktur bisnis dan komisaris independen untuk melengkapi BoD dan BoC," ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (25/1). Ia menambahkan, pengangkatan direktur bisnis dan komisaris independen tersebut diputuskan dalam sidang luar biasa (SLB) pada 29 November-1 Desember 2022 lalu.

kompas.com /25-01-2023

Kresna Life Tawarkan Rencana Penyehatan Keuangan, Ini Dampaknya ke Pemegang Polis

Seperti diketahui, Kresna Life saat ini dalam kondisi dimana antara Rencana Penyehatan Keuangan Perusahaan (RPKP) disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau pencabutan izin usaha. Pilihan kedua menjadi yang ditakuti pemegang polis. Salah satu poin yang ditawarkan dalam RPKP tersebut ialah melakukan perubahan status dari pemegang polis menjadi pemberi pinjaman subordinasi. Dimana, kondisi tersebut diharapkan bisa merubah kondisi risk based capital (RBC) dan sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) dicabut. Berdasarkan penjelasan RPKP yang diterima media ini, pinjaman subordinasi ini bisa mengubah RBC Kresna Life menjadi 138% dengan catatan lebih dari 80% pemegang polis setuju. Per 2021, RBC Kresna life berada di level negatif 323%.

kontan.co.id /25-01-2023

Sequis Umumkan Tiga Pemenang Sequis Ecopreneur Business Plan Competition

Kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada para milenial menunjukkan kreativitas dalam berinovasi, kemampuan, dan keahlian mereka dalam membuat rencana bisnis yang bermanfaat untuk mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance ( ESG) Sustainability. Rangkaian kegiatan kompetisi yang dibuka sejak Juni 2022 dan ditutup dengan penyerahan penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Direktur Sequis Life Tatang Widjaja kepada tiga tim pemenang. Adapun tiga tim pemenang tersebut yakni tim Chitasil dengan ide bisnis Pelapis Makanan yang dapat Dimakan dari Limbah Cangkang Udang, tim Exit dengan ide Memberdayakan Nelayan Pedesaan dengan Memasang Perahu Listrik, dan tim Siaga Air Bersih dengan Ide Membuat Sistem Pengelolaan Air Digital.

wartaekonomi.co.id /25-01-2023

Perkuat Pengentasan Kemiskinan, PT Capital Life Syariah Salurkan Zakat ke BAZNAS

Diketahui, BAZNAS RI menerima penyaluran zakat perusahaan dari PT. Capital Life Syariah sebesar Rp552.784.755, yang akan ditujukan untuk memperkuat program pengentasan kemiskinan yang digencarkan BAZNAS. Simbolisasi penyerahan zakat perusahaan dilakukan di Kantor BAZNAS RI, Matraman, Jakarta, Selasa (24/1), dengan dihadiri Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan, Deputi I BAZNAS RI, M. Arifin Purwakananta, Direktur Pengumpulan BAZNAS RI, H. Faisal Qosim, dan Direktur Utama PT Capital Life Syariah, Fitri Hartati.

kumparan.com /25-01-2023

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

14.946,95

IHSG (per 26 Januari 2023)

6.857,60

BI Rate

5.75 %

 

 

 

 

 

Sumber Media: Investor Daily, Ekonomi Neraca, Koran Jakarta, Rakyat Merdeka, Bisnis Indonesia, Kontan, Media Indonesia, bisnis.com, kontan.co.id, beritasatu.com, kliklegal.com, mediaasuransinews.co.id, kompas.com, wartaekonomi.co.id, kumparan.com.

DOWNLOAD PDF