AAJI Daily News - 6 September 2023
HEADLINE NEWS
TENTANG AAJI
Kinerja Asuransi Jiwa Akan Pulih di 2024
Kontan, hal 10/ 06-09-2023
Pendapatan premi asuransi jiwa dalam tujuh buIan di tahun ini kembali mengalami penurunan, Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Juli 2023, premi asuransi jiwa menurun sebesar 7,854 secara tahunan menjadi Rp 102,12 12023. Angka ini menurun dari periode yang sama di 2022, yakni sebesar Rp 110,81 triliun.Penurunan tersebut, menurut Kepala Eksekutif Pen; awas Perasuransian, Penj minan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono, disebabkan normalisasi kinerja pendapatan premi pada lini usaha produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau biasa disebut unitlink.Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu mengatakan, perusahaan asuransi jiwa sudah seharusnya mengatur ulang PAYDI agar sesuai dengan aturan. "Memang pengaturan tersebut turut menyebabkan kontraksi padakinerja perusahaan asuransi jiwa," ujar Togar, Senin (5/9).Namun, Togar menilai di semester dua ini perusahaan asuransi jiwa sudah mulai selesai mengatur ulang PAYDI, sesuai dengan ketentuan OJK.
INDUSTRI & ASURANSI
PT. Taspen Sediakan Banyak Kemudahan ke Nasabah
Cendrawasih Pos, hal 16/ 05-09-2023
Branch Manager PT Taspen (Persero) Cabang Jayapura, Ferinandus Baunik mengatakan, menyambut hari pelanggan, PT Taspen (Persero) menyediakan berbagai kemudahan bagi nasabahnya.Khusus pelayanan di Taspen hari ini (4/9), semua pelayanan dicover langsung oleh pejabat-pejabat PT Taspen Jayapura. Selain itu kami juga membagikan kupon hadiah bagi para nasabah yang beruntung, khusus pada momen hari pelanggan, katanya kepada Cenderawasih Pos, Senin (4/9) kemarin.
NASIB NASABAH TUNGGU REVISI RPK
Bisnis Indonesia, hal 15/ 06-09-2023
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tengah merevisi rencana penyehatan keuangan atau RPK perusahaan yang antara lain akan memasukkan klausul penanganan nasabah Jiwasraya yang menolak program restrukturisasi.ebagian nasabah Jiwasraya yang tergabung dalam 1% nasabah diketahui menolak proposal restrukturisasi Jiwasraya. Mereka yang umumnya nasabah bancassurance itu menang dalam putusan inkracht pengadilan. Jiwasraya diperintahkan untuk membayar klaim penggugat paling lama 30 hari setelah putusan keluar pada 2021.Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono mengatakan Jiwasraya akan melakukan program untuk likuidasi guna mengakomodasi para pemegang polis yang tetap tidak bersedia ikut restrukturisasi meskipun telah ditawarkan kembali oleh Jiwasraya.
MEMAKNAI ARTI PELANGGAN
Marketing, hal 16 17 dan 18/ 06-09-2023
Christopher Pangestu, Presiden Direktur Asuransi Astra Sebagai perusahaan asuransi umum, Asuransi Astra memiliki komitmen untuk memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan dengan mengutamakan kepuasan serta pengalaman positif dari pelanggan. Bagi kami, pelanggan juga merupakan bagian dari perusahaan yang turut membantu perkembangan dan pertumbuhan perusahaan ke arah yang lebih positif guna mencapai tujuan sebagai the most sustainable general insurance in Indonesia. Harapannya, melalui Hari Pelanggan Nasional ini menjadi hari pengingat bahwa perusahaan tumbuh dan berkembang jika memusatkan perhatian kepada pelanggan. Dalam arti yang lebih luas, pelanggan menjadi next process.Indra Falatehan, Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kepuasan pelanggan merupakan tujuan Bank Muamalat yang mendorong kami untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan terbaik.
Pendapatan Premi Asuransi Terkontraksi
Ekonomi Neraca, hal 5/ 06-09-2023
Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono melaporkan pendapatan premi industri asuransi nasional mencapai Rp177, 13 wiliun selama periode Januari sampai Juli 2023.Capaian tersebut terkontraksi 2,34 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya pada Juli 2022, ungkap Ogi dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Komisioner (RDK) Bulanan Agustus 2023 di Jakarta, Selasa (5/9).Untuk akumulasi premi asuransi jiwa, Ogi mengungkapkan terkontraksi sebesar 7,85 persen (yoy) menjadi senilai Rp102, 12 triliun pada Juli 2023, yang didorongoleh normalisasi kinerja pendapatan premi pada lini usaha Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi atau PAYDI. Di sisi lain, lanjutnya, akumulasi premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh positif 6,30 persen (yoy) menjadi senilai Rp75,02 triliun sampai Juli 2023.
Tingkatkan Layanan Nasabah Melalui Aplikasi
Marketing, hal 87/ 06-09-2023
Tingkatkan Layanan Nasabah Melalui Aplikasi Hadir dengan tagline Teman Sejati, aplikasi Emma memberikan pengalaman lebih personal layaknya seorang asisten virtual.Pertumbuhan industri 4.0 semakin pesat. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada 2023, meningkat 2,674 dibandingkan periode sebelumnya. Semua pihak tak terkecuali perusahaan asuransi, melakukan berbagai inovasi dan mengakselerasi transformasi digital mereka guna memberikan layanan terbaik bagi para nasabahnya.Layanan digital yang memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan dalam genggaman. Hal itulah yang mendasari AXA Financial Indonesia meluncurkan aplikasi Emma, layanan digital yang memudahkan nasabah dalam mengelola polis dan mendapatkan ragam informasi keuangan dan kesehatan.
Donor Darah hingga Customer Visit
Sumatera Ekspres, hal 9 dan 13/ 06-09-2023
Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth Palembang) menggelar aksi donor darah hingga melakukan customer visi. Kepala Unit Pelayanan Pelanggan, Catur Rio Wahyudi menyampaikan pihaknya gelar beberapa kegiatan dalam rangka Hari Pelanggan Nasional. = Baca Donor... Hal 13 : Peserta yang mendonorkan darahnya mendapatkan apresiasi dari Mandiri Inhealih. Ini sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan kepada pelanggan loyalitas yang selama ini sudah mempercayakan asuransi kesehatannya pada Inhealth. "Beberapa kegiatna itu mulai dari customer visit mengunjungi peserta rawat inap maupun post rawatinap, melakukan aksi donor darah, health talk, dan kunjungan ke badan usaha," sampainya, Selasa (5/9).
Ubah Tantangan Jadi Peluang
Marketeers, hal 6 dan 7/ 06-09-2023
Director of Compliance, Legal & Corporate Secretary PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Ubah Tantangan Jadi Peluang erempuan ini tidak menyangka akan bekerja di bidang hukum. Selepas lulus D3, ia bekerja di sebuah firma hukum sebagai Executive Legal Secretary. Terinspirasi oleh pekerjaan dan tantangannya, serta dorongan dari atasan, ia memutuskan untuk kuliah hukum, meskipun awalnya berminat di bidang akuntansi.Kariernya di bidang legal bermula saat ia bekerja di sebuah perusahaan asuransi jiwa sebagai Chief Financial Officer Secretary, la mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam proyek merger akuisisi. Padahal, saat itu ia masih menjabat sebagai sekretaris. Ketika perusahaan tersebut membutuhkan departemen legal, ia pun akhirnya mengajukan diri dan memulai karier pertamanya di bidang legal Saat ini, Florence Army menjabat sebagai Director of Compliance, Legal & Corporate Secretary di PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia.
Power Lunch - Pertumbuhan Premi Asuransi Jiwa Terkontraksi, Premi Asuransi Umum Tumbuh Positif
CNBC INDONESIA, 05-09-2023
Dan sebetulnya itu dari industri asuransi pendapatan premi asuransi jiwa tercatat masih mengalami kontraksi di Juli 2023. Sebalik yang industri asuransi umum dan re-asuransi mencatat pertumbuhan pendapatan premi 6,3 persen secara tahudahan. Akumulasi pendapatan premi sektor asuransi selama periode Januari sampai dengan juri 2023 mencapai 177,13 bilion rupiah atau terkontraksi 2,34 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya di mana juri 2022 tercatat 1,31 persen. Pertumbuhan akumulasi premi asuransi jiwa perkontraksi sebesar. 7,85 persen year-on-year dengan nilai sebesar 102,12 ribu rupiah perjuli 2023 didorong oleh normalisasi kinderja benapetan premi pada lini usaha pehidup.
Update Bisnis - Literasi Jadi Tantangan Utama Industri Asuransi Syariah
Jawa Pos TV, 05-09-2023
Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk perencanaan keuangan Sedangkan kebutuhan perencanaan keuangan sangat tinggi membuat potensi produk asuransi di Indonesia cukup besar sehingga literasi perlu jalan keuangan menjadi tantangan tersendiri industri asuransi.Rendahnya tingkat literasi masih menjadi tantangan bagi industri keuangan syariah termasuk asuransi jiwa syariah. Belum memadainya pemahaman masyarakat membuat tingkat inklusi asuransi syariah masih tertinggal dari konvensional. Hal itu disampaikan Paul Setio Kartono saat meluncurkan produk Pro Anugrah Syariah untuk pasar Jawa Timur. Berdasarkan laporan OJK, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah masyarakat Jawa Timur mencapai 28,27% dan 23,56%. Paul juga menyebut jika perencanaan keuangan di Indonesia masih sangat rendah namun kebutuhan perencanaan keuangan sangat tinggi.
OJK Catat Pendapatan Premi Asuransi Turun 2,34 Persen, Gara-Gara Unit Link?
infobanknews.com, 05-09-2023
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kinerja akumulasi pendapatan premi sektor asuransi hingga Juli 2023 mengalami kontraksi sebesar 2,34 persen mencapai Rp177,13 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono menyatakan, bahwa adanya kontraksi pada pendapatan premi sektor asuransi masih didukung oleh premi asuransi jiwa yang terkontraksi 7,85 persen yoy menjadi sebesar Rp102,12 triliun per Juli 2023 akibat normalisasi lini usaha PAYDI."Di sisi lain, akumulasi pendapatan premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh positif 6,3 persen year on year menjadi Rp75,02 triliun," ucap Ogi dalam RDKB OJK di Jakarta, 5 September 2023.
Semarak Hari Pelanggan Nasional, Astra Life Hadirkan Rangkaian Program Menarik
indoposnews.id, 05-09-2023
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) menghadirkan rangkaian program menarik, baik bagi seluruh nasabah, maupun karyawan di sekitar kantor pusat Astra Life di Pondok Indah Jakarta.Alkaf Ghozali selaku Direktur Astra Life mengatakan, momen Hari Pelanggan Nasional kami manfaatkan dengan berbagai program sebagai wujud apresiasi kami terhadap nasabah yang selama ini sudah mempercayakan perlindungan jiwa dan kesehatannya kepada Astra Life."Harapannya kami dapat terus meningkatkan pelayanan, memberikan yang terbaik untuk nasabah, selaras dengan semangat Love Life yang kami bawa sejak tahun 2014," jelasnya dalam keterangan persnya.Cashback rewards voucer belanja hingga Rp1 juta Peserta dapat mengikuti Program dengan melakukan pembelian produk asuransi Flexi Life, Flexi Critical Illness, Flexi Health, Flexi Hospital & Surgical, Flexi Life Syariah, atau Flexi Saving di website ilovelife.co.id selama periode program dengan memasukkan kode promo: HARPELNAS.
Empati dan Terima Kasih BRI Life Untuk Nasabah di Hari Pelanggan Nasional 2023
jakarta.suaramerdeka.com, 05-09-2023
Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) yang jatuh pada tanggal 4 September 2023, diperingati secara istimewa oleh Asuransi BRI Life. Serangkaian kegiatan dilaksanakan untuk menunjukan perhatian dan kepedulian BRI Life dengan memberikan bingkisan dan gift berupa Tumbler dan Kartu Brizzy senilai Rp. 100 ribu kepada nasabah yang melakukan kunjungan atau walk-in di 26 kantor layanan BRI Life di seluruh Indonesia pada tanggal 4 September kemarin. Kegiatan lainnya adalah berupa kunjungan seluruh Direksi BRI Life untuk menyampaikan empati serta memberikan apresiasi dan perhatian penuh kepada nasabah, yang saat ini sedang dirawat di beberapa rumah sakit yang berada di Jakarta, Cibubur dan Bekasi.
Penjelasan Pihak Sinarmas MSIG Life Terkait Laporan yang Bergulir di Polda Sulut
indimanado.com, 05-09-2023
Dua karyawan Sinarmas MSIG Life memenuhi panggilan Polda Sulawesi Utara pada Jumat (1/9/2023), terkait laporan para korban dalam kasus yang melibatkan Swita Glorite Supit selaku mantan pemasar Sinarmas MSIG Life.Setelah menjalani pemeriksaan selama lebih kurang 7 jam, Kuasa Hukum Sinarmas MSIG Life Jhonshon Manik, SH MH dari ANR Law Firm memberikan penjelasan terkait jalannya kasus tersebut.Jhonshon Manik mengatakan, menyikapi kasus yang sedang berlangsung, Sinarmas MSIG Life, seperti pihak-pihak lainnya yang mengalami kerugian finansial, juga merupakan korban dari tindakan kriminal Swita Glorite Supit.Untuk itu, Sinarmas MSIG Life akan tetap mematuhi proses hukum yang berlaku dan menjunjung tinggi transparansi sesuai dengan prinsip-prinsip perusahaan.
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.301,00 |
IHSG (per 6 September 2023) |
7.000,45 |
BI Rate |
5.75 % |
Sumber Media: Bisnis Indonesia, Cendrawasih Pos, CNBC INDONESIA, Ekonomi Neraca, indimanado.com, indoposnews.id, infobanknews.com, jakarta.suaramerdeka.com, Jawa Pos TV, Kontan, Marketeers, Marketing, dan Sumatera Ekspres.
DOWNLOAD PDF