AAJI Daily News - 5 Desember 2023


Selasa, 05 November 2023                                                                                                                                  

FM-CC-AAJI-006-00

HEADLINE NEWS

1

AAJI Catat Investasi Asuransi Jiwa Turun Tipis Jadi Rp 534 Triliun, Ini Pemicunya

2

OJK Awasi 12 Dapen dan Tujuh Asuransi Bermasalah

3

Halo Pemilik Perusahaan Asuransi,  Siap-Siap Tambah Modal!

4

Pendapatan Premi Asuransi Tumbuh 3,54%

5

STATUS DAPEN BERGANTUNG PENYEHATAN ASURANSI

6

Tujuh Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus

7

The Finance Gelar  “TOP 20 Financial Institution Awards 2023”

8

Hanwha Life Jalin Kerja Sama dengan KTO

9

Membanding Strategi Investasi Asuransi Jiwa dalam Konglomerasi BUMN (IFG Life, BRI Life, dan BNI Life)

10

Iklan - PT ASURANSI JIWA ADISARANA  WANAARTHA

11

Kriteria Top 100 CEO 2023 Versi Infobank

12

Mereka yang Muda dan Siap Menjadi Nahkoda

13

Budi T.A Tampubolon Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia

14

Andreas S. Soedjojanto Indolidfe Pensiontama

15

Christine W. Setyabudhi Asuransi Jiwa BCA

16

Figur-Figur Istimewa yang Akan Makin Bersinar

17

Freddy Thamrin Asuransi Jiwa Central Asia Raya

18

Handojo Gunawan Kusuma AXA Mandiri Financial Services

19

Hanindio W Hadi Perta Life Insurance

20

Hery Suprianto Asuransi Jiwa Reliance Indonesia

21

I Dewa GedeAgung  BRI Life

22

Ibnu Hasyim Asuransi Jiwa Taspen

23

Michellina Laksmi Triwardhany Prudential LIfe Assurance

24

Pemimpin Harus Peka & Paham Kondisi Tim

25

Radius Bayu Irawan  Asuransi Jiwa Taspen

26

Rudi Nugraha AXA Mandiri Financial Services

27

Ryan Diastana Firman Asuransi Jiwa IFG

TENTANG AAJI

AAJI Catat Investasi Asuransi Jiwa Turun Tipis Jadi Rp 534 Triliun, Ini Pemicunya                                        

kontan.co.id, 04/12/2023

Ketua Bidang Pengembangan dan Pelatihan SDM (Center of Excellent) Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Handojo G. Kusuma menyampaikan total investasi asuransi jiwa turun 0,9% pada kuartal III-2023 menjadi Rp 534,1 triliun. Dia menyebut, aset investasi ini memiliki porsi sebesar 87,4% dari total keseluruhan aset industri asuransi jiwa.

INDUSTRI & ASURANSI

OJK Awasi 12 Dapen dan Tujuh Asuransi Bermasalah                                      

Kontan, hal 10, 05/12/2023

Industri jasa keuangan sedang tidak sehat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut ada 12 perusahaan dana pensiun (dapen) masih dalam status pengawasan khusus. Bahkan tujuh di antaranya adalah pelat merah. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan, 12 dapen ini masih mampu membayar manfaat pensiun, meski pendanaannya masuk kategori pendanaan tiga.

Halo Pemilik Perusahaan Asuransi,  Siap-Siap Tambah Modal!                       

Info Bank, hal 76&77, 05/12/2023

OJK berencana meningkatkan modal minimum perusahaan asuransi secara bertahap menjadi Rp1 triliun. Ketentuan ini jadi makin challenging di tengah kewajiban penerapan IFRS 17 atau PSAK 74 pada 2025. Siapa terlempar?

Pendapatan Premi Asuransi Tumbuh 3,54%                                                      

Ekonomi Neraca, hal 5, 05/12/2023

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono mengatakan pendapatan prcmi asuransi selama Januari sampai akhir Oktober 2023 mencapai Rp264,23 triliun atau tumbuh 3,54 persen secara tahunan.

STATUS DAPEN BERGANTUNG PENYEHATAN ASURANSI                                  

Bisnis Indonesia, hal 15, 05/12/2023

Otoritas Jasa Keuangan menyorot sebanyak 3 dari 12 dana pensiun yang berstatus di bawah pengawasan khusus, memiliki kaitan dengan bisnis di perusahaan asuransi yang juga tengah dalam pemantauan oleh regulator. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan bahwa penyehatan ketiga dana penisun (dapen) itu sangat bergantung pada penyelesaian kasus perusahaan asuransi bermasalah itu.

Tujuh Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus                      

Koran Jakarta, hal 12, 05/12/2023

Tujuh Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus JAKARTA - Sebanyak tujuh perusahaan asuransi masih berada dalam pengawasan khusus per awal Desember 2023. Outstanding per Senin (4/12), perusahaan asuransi yang dalam pengawasan khusus itu tinggal tujuh perusahaan karena yang tiga sudah dicabut izin usahanya. Demikian dikatakan Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, ”— Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono, dalam konferensi pers Hasil Rapat DK OTK November 2023 yang dipantau di Jakarta, Senin (4/12).

The Finance Gelar  “TOP 20 Financial Institution Awards 2023”                      

Info Bank, hal 82, 05/12/2023

THE Finance member of Infobank Media Group kembali menyelenggarakan gelaran “TOP 20 Financial Institutions Awards”. Pada gelaran kali ini atau “TOP 20 Financial Institutions Awards 2023”, The Finance memberikan penghargaaan kepada 75 lembaga keuangan, terdiri dari 20 bank, 13 perusahaan asuransi jiwa, 20 perusahaan asuransi umum, 20 perusahaan multifinance, dan 2 perusahaan reasuransi yang dinilai berhasil menjadi yang terbaik.

Hanwha Life Jalin Kerja Sama dengan KTO                                                                                                                                       

mediaindonesia.com, 04/12/2023

HANWHA Life, perusahaan asuransi Korea Selatan (Korsel) yang telah beroperasi selama satu dekade di Indonesia, menjalin kerja sama dengan Korea Tourism Organization (KTO) pada Kuartal IV 2023. Chief of Global Business Officer Hanwha Life Insurance Co., Ltd Kim Dong Wook dan Executive Director of Hallyu (Korean Wave) Contents Department Korea Tourism Organization (KTO)  Cho Hee Jin menandatangani nota kesepahaman (MoU) antar Hanwha Life dan KTO.

Membanding Strategi Investasi Asuransi Jiwa dalam Konglomerasi BUMN (IFG Life, BRI Life, dan BNI Life)

bisnis.com, 05/12/2023

Perusahaan asuransi jiwa dalam konglomerasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kini paling banyak menempatkan investasinya pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN).  Instrumen tersebut umumnya dianggap sebagai investasi yang lebih aman karena merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Imbal hasil SBN juga biasanya lebih stabil dan memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen seperti saham.

Iklan - PT ASURANSI JIWA ADISARANA  WANAARTHA           

Kontan, hal 9, 05/12/2023

Kriteria Top 100 CEO 2023 Versi Infobank                               

Info Bank, hal 19, 05/12/2023

MAJALAH Infobank pada edisi Desember 2023 menerbitkan kembali laporan tentang para leader bertajuk "Top 100 CEO 2023". Para chief executive officer (CEO) yang ditampilkan adalah pemimpin-pemimpin perusahaan dari industri atau sektor perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, badan usaha milik negara (BUMN), dan pendukungsektor keuangan. Perlu diketahui, jumlah perusahaan dari sektor atau industri tersebut sangatlah banyak, lebih dari 500 perusahaan. Mengingat adanya keterbatasan, termasuk keterbatasan halaman pada Majalah Infobank, Dewan Redaksi Infobank memutuskan untuk hanya menampilkan 100 CEO.

Figur-Figur Istimewa yang Akan Makin Bersinar                     

Info Bank, hal 42&43, 05/12/2023

TAHUN INI, INFOBANK MENERBITKAN SATU FORUM baru untuk para leader, yakni "Top Young CEO". Forum ini diramaikan oleh para chief executive officer (CEO) terpilih yang berusia di bawah 50 tahun. Dari data para CEO yang berhasil dihimpun Biro Riset Infobank (birl), yang jumlahnya lebih dari 200 orang berasal dari sektor atau industri perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan perusahaan BUMN tak banyak yang usianya di bawah 50 tahun. Dan, untuk tahun ini, terpilih 13 pemimpin muda untuk masuk dalam forum Top Young CEO 2023 Versi Infobank ini.

Pemimpin Harus Peka & Paham Kondisi Tim                          

Info Bank, hal 26, 05/12/2023

ELIN WATY, PRESIDEN DIREKTUR PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia), merupakan figur pekerja keras dan berdedikasi tinggi. Hingga saat ini, hampir tiga dekade ia berkarier di industri asuransi. la menapaki perjalanan kariernya dari bawah. Sebagai CEO, Elin selalu menerapkan caring leadership kepada seluruh karyawannya. Ia pun mengajarkan gaya kepemimpinan itu kepada seluruh leader di timnya. Caring leadership, kata Elin, menuntut pemimpin untuk lebih peka dan memahami kondisi tim dengan melihat apa yang terjadi di sekitar.

Mereka yang Muda dan Siap Menjadi Nahkoda                     

Info Bank, hal 52-65, 05/12/2023

REGENERASI TAMPUK KEPEMIMPINAN DALAM sebuah organisasi maupun perusahaan adalah sebuah keniscayaan. Cepat atau lambat, estafet tongkat kepemimpinan harus diserahkan kepada talenta-talenta muda terbaik. Menjadi bahaya bila suatu perusahaan tidak memiliki kandidat potensial yang kompeten dan siap menjadi nakhoda untuk menduduki posisi orang nomor satu. Prosesnya memang tidak bisa instan. Generasi berikutnya harus disiapkan menjadi seorang leader. Maka, kaderisasi menjadi sebuah keharusan.

Budi T.A Tampubolon Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia        

Info Bank, hal 20, 05/12/2023

BUDI T.A. TAMPUBOLON, DIREKTUR UTAMA Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, mempunyai jam terbang lebih dari 20 tahun berkecimpung di industri asuransi Tanah Air. Sarjana matematika terapan yang diperolehnya dari Universitas de Nantes, Prancis, ini mengawali karier di Axa Life Indonesia. Kemudian, ia sempat berpindah ke beberapa perusahaan asuransi seperti Asuransi Jiwa John Hancock Indonesia, Asuransi Cigna, BNI Life, AXA Financial Services, dan Lippo Life Assurance. Di perusahaan[1]perusahaan itu, Budi dipercaya mengisi sejumlah posisi penting, termasuk direktur utama. Sebelum kembali bergabung dengan AJ Inhealth Indonesia sebagai presiden direktur pada 2020 lalu, ia menjabat sebagai Presiden Direktur Lippo Life Assurance. Selain itu, saat ini Budi merupakan Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Andreas S. Soedjojanto Indolidfe Pensiontama

Info Bank, hal 22, 05/12/2023

ANDREAS S. SOEDJIJANTO menjabat sebagai Direktur Utama Indolife Pensiontama sejak 1996. Kecakapannya dalam memimpin lembaga perasuransian membuat kinerja Indolife Pensiontama berjalan stabil dan positif. Per semester pertama 2023, perusahaan asuransi jiwa ini mencatatkan kenaikan laba hingga 45,78% yoy menjadi Rp109,89 miliar.

Christine W. Setyabudhi Asuransi Jiwa BCA                            

Info Bank, hal 23, 05/12/2023

CHRISTINA W. Setyabudhi menjabat kembali sebagai Presiden Direktur (Presdir) Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) sejak April 2022. Ia pernah menempati jabatan yang sama sebagai Presdir BCA Life pada 2014 sampai dengan 2017. Peraih M.B.A. jurusan marketing and finance dari European University ini juga sempat ditunjuk menjadi Presiden Komisaris BCA Life. Wanita satu ini punya pengalaman panjang di industri asuransi dan keuangan nasional.

Freddy Thamrin Asuransi Jiwa Central Asia Raya                   

Info Bank, hal 27, 05/12/2023

DIREKTUR UTAMA ASURANSI Jiwa Central Asia Raya (CAR Life Insurance), Freddy Thamrin, memiliki kualitas kepemimpinan yang mumpuni. Hal itu terlihat dari kinerja bisnis perusahaan asuransi jiwa ini. Pada 2022, CAR Life Insurance membukukan pertumbuhan laba setelah pajak 11,24% yoy menjadi Rp200,28 miliar.

Handojo Gunawan Kusuma AXA Mandiri Financial Services  

Info Bank, hal 28, 05/12/2023

PERJALANAN LEBIH DARI TIGA dekade di industri asuransi telah dilakoni Handojo G. Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri). Dedikasi dan kerja kerasnya menjadikannya sebagai salah satu profesional terbaik di industri asuransi jiwa yang dimiliki Indonesia saat ini. Alumnus Western Michigan University, Amerika Serikat (AS), ini mulai memimpin AXA Mandiri pada November 2018. Di bawah kepemimpinannya, AXA Mandiri terus tumbuh dan melakukan banyak inovasi. Handojo pun dinobatkan sebagai salah satu CEO of The Year 2022 versi Infobank.

Hanindio W Hadi Perta Life Insurance                                     

Info Bank, hal 28, 05/12/2023

HANINDIO W. HADI menjabat sebagai Direktur Utama Perta Life Insurance sejak 2020. Di bawah kepemimpinannya, Perta Life Insurance berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 48,084 menjadi Rp72.95 miliar di 2022. Sebelumnya, ia pernah menjadi Ast. Manager Non-Marine Insurance dan Financial Risk & Insurance Manager PT Pertamina. Ia juga pernah menduduki beberapa posisi penting, seperti Group Head Oil & Gas 2 Group, Account Director Oil & Gas 1Group, dan Account Manager Oil & Gas I Group di PT Tugu Pratama Indonesia.

Hery Suprianto Asuransi Jiwa Reliance Indonesia                  

Info Bank, hal 58, 05/12/2023

HERY Suprianto lahir di Jakarta pada 1985. la memulai kariernya di Asuransi Jiwa Mega Life pada 2007. Alumnus Universitas Krisnadwipayana ini pertama kali bergabung. dengan Asuransi Jiwa Reliance Indonesia pada 2013. Dua tahun kemudian, pindah ke AXA Mandiri Finandal Services. Pada 2021, ia kembali ke Asuransi Jiwa Reliance Indonesia sebagai direktur.

I Dewa GedeAgung  BRI Life                                                     

Info Bank, hal 58, 05/12/2023

I Dewa Gede Agung bergabungdengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sejak 2008 etelah sebelumnya bekerjadibeberapa perusaIhaan besar di Indonesia, seperti Bussan Auto Finance dan Bank Mandiri. Saat ini, pria kelahiran 1983 ini berkarya untuk BRI Life. la menjabat direktur kepatuhan dan merangkap menjadi pit direktur utama.

Ibnu Hasyim Asuransi Jiwa Taspen                                          

Info Bank, hal 31, 05/12/2023

IBNU HASYIM, DIREKTUR UTAMA Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life), memiliki segudang pengalaman di industri asuransi. Ia pernah berkarya sebagai Direktur Operasional dan Aktuaria Asuransi Jiwa Taspen, Chief Actuary and Product Development China Life Insurance Indonesia, Actuarial and Insurance Director KPMG Siddharta Advisory Indonesia, hingga Operation and Actuary Director Avrist Assurance. Di bawah kepemimpinannya, Taspen Life tumbuh sangat baik. Misalnya, kinerja yang cemerlang di 2022, dengan mencatatkan kenaikan laba bersih 379 yoy menjadi Rp86,38 miliar dan pertumbuhan premi bruto 14,694 yoy menjadi Rp1,45 triliun.

Michellina Laksmi Triwardhany Prudential LIfe Assurance    

Info Bank, hal 34, 05/12/2023

MICHELLINA LAKSMI Triwardhany menjabat sebagai Direktur Utama Prudential Life Assurance sejak September 2021. Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Dhany ini berkarya di Bank Danamon dengan jabatan terakhir sebagai wakil direktur utama.

 

Radius Bayu Irawan  Asuransi Jiwa Taspen                             

Info Bank, hal 62, 05/12/2023

RADIUS Bayu Irawan lahir pada 12 Juli 1978, Seatini menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Investasi Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life). Sebelum bergabung den gan perusahaan asuransi jiwa yang berdir sejak 2014, penyandang gelar sarjana ekonomi dari Universitas Padjadjaran ini berkarya untuk PTTaspen dan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra).

Rudi Nugraha AXA Mandiri Financial Services                         

Info Bank, hal 63, 05/12/2023

RUDI Nugraha menjabat Direktur AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) sejak Agustus 2020. latar belakangnya adalah bankir. Tercatat, Rudi pernah pernah dinobatkan sebagai karyawan terbaik Bank Mandiri pada 2016. la sempat menempati sejumlah posisi penting. Terakhir sebagai Area Head Bank Mandiri Kediri sebelum bergabung dengan AXA Mandiri.

 

Ryan Diastana Firman Asuransi Jiwa IFG                                 

Info Bank, hal 63, 05/12/2023

ASURANSI Jiwa IFG menunjuk Ryan Diastana Firman untuk menduduki kursi direktur keuangan pada Februari 2023 ketika ia berusia 32 tahun. Peraih gelar sarjana manajemen keuangan dari Universitas Indonesia ini memiliki segudang pengalaman di sektor keuangan. Tercatat, Ryan pernah, berkarier di Mandiri Sekuritas selama sembilan tahun serta Asuransi Jiwasraya selama setahun.

INFORMASI KEUANGAN

USD/IDR

15.493,90

IHSG

7.078,60

BI Rate

6.00 %

 

 

 

 

 

Sumber Media:

kontan.co.id, Kontan, Info Bank, Ekonomi Neraca, Bisnis Indonesia, Koran Jakarta, mediaindonesia.com, bisnis.com

DOWNLOAD PDF