AAJI Daily News - 8 Februari 2023
Rabu, 08 Februari 2023
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- OJK Tingkatkan Perlindungan Konsumen
- Yang Perlu Disiapkan Calon Orang Tua Sebelum Punya Anak dari Segi Keuangan
- Asuransi Qoala Plus Tumbuh Sepuluh Kali Lipat
- Tuntaskan Permasalahan Asuransi
- Kinerja Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera
- OJK Sodorkan Syarat Penjaminan Polis
- OJK Bereskan 90% Kasus Unit-Linked
- Refund Asuransi Jiwa karena KPR Lunas di Tengah Jalan
- 2022, Marein Cetak Laba Rp 64,90 Miliar
- Hasil Penjualan Aset Jiwasraya Rp 3,1 T Masuk Kas Negara
- Reasuransi BUMN Masih dalam Tekanan
- Qoala Plus Solusi Akses Asuransi Digital di Medan
- Jadi Korban Investasi dan Pinjol Bodong Rakyat Menangis
- Qoala Plus Catat Pertumbuhan Asuransi 3 Kali Lipat di Sumatera
- Alodokter Tersedia di FWD MAX, Makin Mudah Konsultasi Dokter
- Manulife Mengawali 2023 dengan Berbuat Baik, Bangun Sarana Air Bersih di Pandeglang
- Sejak Diperkenalkan, Asuransi Unit Link sudah Bikin Dosa
- Marein Cetak Laba Bersih Rp 64,90 Miliar Sepanjang 2022
- OJK Awasi 13 Perusahaan Asuransi
- Jokowi Minta Pengawasan Asuransi dan Pinjol Lebih Intensif
- BEI Paparkan Strategi Deteksi Saham Gorengan, Apakah Efektif?
- Unit Link Sering Dikeluhkan Nasabah Asuransi, Ternyata Ini Akar Masalahnya
- Digitalisasi Asuransi Syariah, Maskapai Indonesia (MREI) Suntik Modal Kitabisa
- Kasus AJB Bumiputera hingga Wanaartha Bikin Premi Asuransi Jiwa Kontraksi
INDUSTRI & ASURANSI
OJK Tingkatkan Perlindungan Konsumen
Dalam informasi tertulisnya, Selasa (7/2), OJK menyebutkan akan terus memperkuat industri asuransi yang semakin melindungi konsumen serta membenahi pengaturan dan pengawasan sektor asuransi. OJK antara lain menindaklanjuti penyelesaian pengaduan nasabah produk asuransi serta mendorong perbaikan dalam hal pemasaran dan pengelolaan Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) oleh perusahaan asuransi sehingga sejalan dengan SEOJK PAYDI (SEOJK 5/2022) OJK juga mendorong kesiapan pelaku industri asuransi untuk menjalankan kegiatan usaha sesuai international standard and best practices, diantaranya dalam hal penerapan PSAK 74 tentang Kontrak Asuransi.
Bisnis Bali /08-02-2023
Yang Perlu Disiapkan Calon Orang Tua Sebelum Punya Anak dari Segi Keuangan
Menurut CEO organisasi bantuan utang IE Hub (iehub.co.uk), Dylan Jones menegaskan bahwa asuransi jiwa adalah bagian penting dari keamanan finansial yang sering diabaikan oleh orang tua. Asuransi jiwa memastikan keluarga akan tetap diurus jika ada kasus kejadian terburuk. Hal yang terbaik adalah membeli asuransi jiwa sebelum memiliki anak sehingga Anda segera terlindungi. Selain itu, lihat jaringan dukungan Anda Rencanakan ke depan dan ketahui seperti apa jaringan pendukung Anda. Hal ini seperti tinggal di dekat keluarga yang akan membantu ketika keadaan menjadi sulit, misalnya, ika biaya pengasuhan anak terlalu tinggi.
Mata Banua /08-02-2023
Asuransi Qoala Plus Tumbuh Sepuluh Kali Lipat
Direktur Bisnis Qoala Plus, Tirto Utomo, Selasa (7/2) menyatakan Qoala Plus telah hadir menjadi solusi asuransi masyarakat wilayah Sumatera selama beberapa tahun terakhir. Melalui bantuan para tenaga pemasar atau yang kami sebut Mitra Qoala Plus, masyarakat terbantu dalam seluruh proses asuransi mulai dari penerbitan polis hingga saat melakukan klaim. Para mitra Qoala Plus inilah yang menjadi roda penggerak pertumbuhan asuransi di Sumatera, Qoala Plus menjadi solusi asuransi bagi masyarakat Indonesia di wilayah Sumatera baik dari sisi pelanggan maupun tenaga pemasar asuransi Pelayanan asuransi lewat aplikasi user-friendly yang memiliki banyak variasi produk asuransi serta mempercepat proses verifikasi, penerbitan polis hingga bantuan penanganan klaim.
Singgalang /08-02-2023
Tuntaskan Permasalahan Asuransi
Diketahui, ada beberapa kasus perusahaan asuransi seperti PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, PT Asuransi Jiwa Kresna Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera, dan Asuransi Jiwasraya. "Beberapa kasus perusahaan asuransi itu secara intensif terus dilakukan proses penyelesaian sesuai ketentuan yang berlaku," kata Kepala Grup Komunikasi Publik OJK, Darmansyah, dalam keterangan persnya pada awal Februari ini. Untuk kasus PT WAL, OJK telah mencabut izin usahanya pada Desember lalu. OJK terus memantau pelaksanaan program kerja Tim Likuidasi (TL) yang sudah diajukan oleh Pemegang Saham dalam RUPS LB. Sesuai UU 40/2007 tentang Perusahaan Terbatas dan anggaran dasar PT WAL, pembentukan TL sepenuhnya merupakan kewenangan dari RUPS. Adapun kewenangan OJK atas pembentukan TL adalah melakukan verifikasi terhadap persyaratan administratif calon TL yang diajukan oleh pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk Kresna Life, OJK sudah memeriksa Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) yang diajukan pada 30 Desember 2022. Dokumen itu memuat rencana konversi kewajiban perusahaan menjadi pinjaman subordinasi.
Koran Sindo Makasar /08-02-2023
Kinerja Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera
Direktur Bisnis Qoala Plus Tirto Utomo mengungkapkan, pihaknya mulai hadir di wilayah Sumatera dalam beberapa tahun terakhir. Di wilayah tersebut, perusahan menawarkan solusi bagi pelanggan asuransi maupun tenaga pemasar asuransi. “Melalui bantuan para tenaga pemasar atau yang kami sebut Mitra Qoala Plus, masyarakat terbantu saat melakukan klaim. Para mitra Qoala Plus inilah yang menjadi roda penggerak pertumbuhan asuransi di Sumatera,” ungkap Tirto dalam keterangannya, Selasa (7/2/2023).
Investor Daily /08-02-2023
OJK Sodorkan Syarat Penjaminan Polis
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Ogi Prastomiyono mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggelar pertemuan dengan LPS untuk membicarakan teknis dari pelaksanaan program tersebut. "LPS mengharapkan penetapan dari perusahaan asuransi sehat yang bisa ikut program penjaminan polis adalah dari OJK," ujar Ogi, Senin (6/2). Namun demikian, Ogi belum memberikan detail yang bakal masuk sebagai kriteria asuransi sehat. Ia menyebutkan, masih akan ada diskusi lanjutan yang membahas persyaratan tersebut. Hanya saja, sudah ada kesepakatan terkait produk-produk asuransi apa saja yang bisa mendapat penjaminan polis. Yakni hanya produk asuransi yang bersifat proteksi yang dijamin. Konsekuensinya, produk yang berhubungan dengan investasi tidak dijamin. "Sudah sama persepsi antara LPS dengan OJK. Namun, tindak lanjutnya perlu ada pendalaman menyangkut hal-hal lain," ujarnya.
Kontan /08-02-2023
OJK Bereskan 90% Kasus Unit-Linked
Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Sektor Keuangan (PUJK), Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan 90% kasus unit linked gelombang pertama sudah diselesaikan. “Sisanya 10% masih dalam proses,” katanya dalam konferensi pers acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Kenangan 2023, Senin (6/1). Friderica tidak menyebutkan secara pasti angka aduan konsumen terkait produk unit link tersebut. Namun, dia menyebutkan adanya gelombang kedua terkait produk asuransi jiwa itu. Di samping itu juga, Friderica menyampaikan bahwa OJK terus meningkatkan perlindungan konsumen. Pertama, OJK berkoordinasi sangat erat dengan pengawas untuk menyelesaikannya. Kedua, OJK terus berupaya untuk melakukan penguatan market conduct. Regulator akan menyosialisasikan pengawasan perilaku sektor jasa keuangan tersebut, misalnya berdiskusi dengan forum komunikasi direktur kepatuhan.
Bisnis Indonesia /08-02-2023
Refund Asuransi Jiwa karena KPR Lunas di Tengah Jalan
Dalam opini itu disebut bahwa nasabah BSI dari Surabaya menggunakan Program KPR BSI dengan durasi pelunasan 15 tahun dan sebagaimana lazimnya, nasabah diwajibkan menggunakan asuransi jiwa dan kebakaran. Penunjukannya sepenuhnya wewenang bank Nasabah hanya membayar premi asuransi. Pada 2 Januari 2023, ia melakukan pelunasan pada tahun ke-8. Pelunasan KPR itu diarahkan ke BSI Dharmahusada, Surabaya, dengan marketing berinisial M. Setelah pelunasan itu, ia baru mengetahui asuransi jiwa kerja sama dengan PT Asuransi Takaful Keluarga dan asuransi kebakaran dengan Adira Insurance. Dua minggu setelah pelunasan tersebut, dia baru tahu informasi dari nasabah lain bahwa asuransi jiwa untuk KPR yang lunas di tengah jalan bisa di-refund. Pada 18 Januari 2023, ia mencoba konfirmasi kepada marketing apakah bisa dilunaskan dan dijawab bisa dicairkan dengan durasi waktu yang agak lama (tanpa kepastian, baik nominal maupun waktu pencairan). Menurutnya, hal ini tidak fair sebab pihak BSI (BSM) lah yang sepenuhnya menunjuk jasa asuransi jiwa pada awal KPR.
Jawa Pos /08-02-2023
2022, Marein Cetak Laba Rp 64,90 Miliar
PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein/ MREI) mencetak laba bersih sebesar Rp 64,90 miliar pada 2022. Nilai itu tumbuh 122,304 dibandingkan rugi bersih tahun 2021 sebesar Rp 291,04 miliar. Mengacu laporan keuangan perseroan, premi bruto memang hanya tumbuh 5,074 secara year on year (yoy) menjadi Rp 2,17 triliun pada 2022. Sementara itu, klaim bruto berhasil ditekan sama dengan 18% (yoy) menjadi sebesar Rp 1,77 triliun. Dari perolehan itu Marcin mencatatkan hasil underwriting yang lebih baik. Pada 2021, perseroan mencatat negatif hasil underwriting sebesar Rp 385,98 miliar, turun sampai 86,37% (yoy) sehingga negatif hasil underwriting tersisa Rp 52,60 miliar. “Tren perbaikan kinerja keuangan ini diikuti hasil investasi yang terjaga malandai atau tumbuh 1,126 (yoy) menjadi Rp 167,21 miliar. Alhasil, Marein berhasil untuk kembali mencetak laba bersih menjadi sebesar Rp 64,90 miliar pada 2022.
Investor Daily /08-02-2023
Hasil Penjualan Aset Jiwasraya Rp 3,1 T Masuk Kas Negara
Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung Syaifudin Tagamal mengatakan pemulihan aset ini terdiri dari berbagai penjulan dan lelang. Awal tahun ini, PPA disebut telah menyelesaikan barang rampasan negara memilih Jiwasraya dan menyetorkan sebesar Rp 1,45 triliun ke kas negara. “Pemulihan aset berasal dari uang rampasan, penjualan lelang, penjualan langsung, penjualan efek, pencairan reksa dana, dan penetapan status penggunaan,” ujar Syaifudin dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2). Syaifudin mengatakan setoran pemulihan aset ini berarti penegakan hukum tidak hanya berorientasi pada pelaku kejahatan, tetapi juga dalam rangka pemulihan aset. Menurut Syaifudin, masih banyak barang rampasan negara milik Jiwasraya yang remit aset berasal dari uang rampasan, penjualan lelang, penjualan langsung, penjualan efek, pencairan reksa dana, dan penetapan status penggunaan.
Tribun Jabar /08-02-2023
Reasuransi BUMN Masih dalam Tekanan
Kinerja BUMN reasuransi secara umum masih dalam tekanan, tecermin pada rasio solvabilitas perusahaan yang turun maupun di bawah ambang batas minimal yang ditetapkan regulator. Bandingkan misalnya Risk-based capital (RBC) PT Tugu Reasuransi Indonesia atau Tugure turun menjadi 221% pada 2022 dari 230% pada tahun sebelumnya, menurut laporan keuangan perseroan. RBC PT Reasuransi Nasional Indonesia atau Nasre bahkan terjun bebas dari 121,47% pada 2021 menjadi 1,09% tahun lalu. Hanya PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) yang mengalami kenaikan RBC dari 124,84% menjadi 129,09%. RBC mencerminkan tingkat kesehatan perusahaan asuransi. Secara sederhana, RBC adalah rasio modal atau ekuitas perusahaan asuransi dibandingkan dengan nilai risiko atau liabilitas yang dihadapinya. Direktur Keuangan Tugu Reasuransi Indonesia Dradjat Irwansyah menjelaskan penurunan RBC Tugure terjadi karena perusahaan tengah memperkuat cadangan teknik agar RBC tetap di atas 200%.
Bisnsis Indonesia /08-02-2023
Qoala Plus Solusi Akses Asuransi Digital di Medan
Direktur Bisnis Qoala Plus, Tirto Utomo, Selasa (7/2) mengatakan bahwa Qoala Plus telah hadir menjadi solusi asuransi masyarakat wilayah Sumatera selama beberapa tahun terakhir. Dikatakannya juga, Qoala Plus hadir di beberapa kota-kota besar wilayah Sumatera seperti Kota Medan, Lampung dan Batam, dari tahun 2021 hingga 2022, khusus wilayah Sumatera mencatatkan angka pertumbuhan sebesar 3 kali lipat dengan produk asuransi yang paling banyak terjual adalah asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.
Tribun Medan /08-02-2023
Jadi Korban Investasi dan Pinjol Bodong Rakyat Menangis
Presiden Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih mengintensifkan pengawasan terhadap asuransi, pinjaman online (pinjol) dan investasi karena dalam beberapa waktu terakhir banyak masyarakat mengeluh menderita kerugian. “Hati-hati, namanya pengawasan harus lebih diintensifkan. Sering pelaporan keluhan, pelaporan keluhan sudah tahun 2022 sampai sekarang tahun 2023 juga belum tuntas,” kata Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 di Jakarta, Senin. Jokowi mengingatkan agar tidak terjadi lagi penyalahgunaan dana nasabah seperti yang pernah terjadi di perusahaan asuransi PT Asabri Persero, dan PT Jiwasraya Persero. “Jangan sampai kejadian yang sudah-sudah, Asabri, Jiwasraya (kerugian) Rp17 triliun, (kerugian) Rp23 triliun. Ada lagi Indosurya, ada lagi Wanaartha. sampai hafal saya itu karena baca,” ujar dia.
Harian Terbit /07-02-2023
Qoala Plus Catat Pertumbuhan Asuransi 3 Kali Lipat di Sumatera
Direktur Bisnis Qoala Plus Tirto Utomo menyatakan, Qoala Plus telah hadir menjadi solusi asuransi masyarakat wilayah Sumatera selama beberapa tahun terakhir. "Melalui bantuan para tenaga pemasar atau yang kami sebut Mitra Qoala Plus, masyarakat terbantu dalam seluruh proses asuransi mulai dari penerbitan polis hingga saat melakukan klaim," ucapnya. Pelayanan asuransi lewat aplikasi user-friendly yang memiliki variasi produk asuransi serta mempercepat proses verifikasi, penerbitan polis hingga bantuan penanganan klaim. Kemudahan ini membantu tenaga pemasar kami meraih pendapatan instan dan tak terbatas dengan kebebasan waktu. Di sisi lain, para tenaga pemasar sekaligus menjadi penyedia solusi asuransi bagi pelanggan.
duitologi.com /08-02-2023
Alodokter Tersedia di FWD MAX, Makin Mudah Konsultasi Dokter
Co-Founder dan Presiden Direktur Alodokter Suci Arumsari juga menjelaskan bahwa kerja sama ini dapat mempermudah nasabah FWD Insurance menjadwalkan perjanjian tatap muka dengan dokter dan mengecek riwayat perawatan kesehatan dengan rumah yang sudah dikunjungi melalui fitur kesehatan digital Alodokter. "Melalui kerja sama ini, nasabah FWD Insurance dapat dengan mudah menjadwalkan perjanjian tatap muka dengan dokter di rumah sakit yang diinginkan serta mengecek riwayat perawatan kesehatan dengan rumah sakit maupun dokter yang sudah dikunjungi dengan lebih mudah, kapanpun dan dimanapun," ungkap Suci.
telset.id /08-02-2023
Manulife Mengawali 2023 dengan Berbuat Baik, Bangun Sarana Air Bersih di Pandeglang
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia ("MAMI") yang merupakan perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia, serta PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia ("AJMI") secara bersama-sama meresmikan fasilitas sarana air bersih yang telah selesai dibangun di Desa Kadubera, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (7/2/2023). Inisiatif ini merupakan bagian dari program Manulife Act of Kindness yang diinisiasi oleh Manulife di seluruh dunia. Akhir tahun lalu, perusahaan multinasional Manulife memberikan hadiah berupa sejumlah dana bagi semua karyawannya di seluruh dunia untuk berbuat baik pada masyarakat melalui program Manulife Act of Kindness.
sinarharapan.id /08-02-2023
Sejak Diperkenalkan, Asuransi Unit Link sudah Bikin Dosa
Mengutip buku Dosa-Dosa Unit Link (2022), konsumen kerap kali dibohongi perusahaan asuransi karena hanya memaparkan laporan perkembangan asuransi secara umum, sekaligus hanya memberi tahu biaya premi tiap bulannya. Minimnya literasi keuangan nasabah ini kemudian jadi celah kejahatan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dan permasalahan ini terus berjalan dari dulu sampai sekarang. Berbagai aturan tentang asuransi pun tetap saja tidak menghilangkan permasalahan. Hingga akhirnya, nasabah lagi-lagi dirugikan karena tidak menerima hasil sesuai janji perusahaan.Berdasarkan data perasuransian OJK tahun 2015, nilai premi produk unit link telah mencapai Rp 57,21 triliun atau 45,1% dari total premi seluruh asuransi jiwa. Namun, pada 2019, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 360 pengaduan terkait unit link. Setahun berikutnya, jumlah aduan melonjak 65% menjadi 593. Gara-gara polemik itu, ada 2,4 juta nasabah yang harus sampai tutup asuransi.
keuangannews.id /08-02-2023
Marein Cetak Laba Bersih Rp 64,90 Miliar Sepanjang 2022
PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk ( Marein /MREI) mencetak laba bersih mencapai Rp 64,90 miliar pada tahun 2022. Nilai itu tumbuh 122,30% dibandingkan rugi bersih tahun 2021 sebesar Rp 291,04 miliar. Mengacu laporan keuangan perseroan, premi bruto memang hanya tumbuh 5,07% (yoy) menjadi 2,17 triliun pada tahun 2022. Sementara itu, klaim bruto berhasil ditekan sampai dengan 18,00% year on year (yoy) menjadi sebesar Rp 1,77 triliun, dari tahun sebelumnya Rp 2,16 triliun. Direktur Kepatuhan Marein Tamara Arista Salim mengatakan, sepanjang tahun 2022 Marein terus mengimplementasikan manajemen risiko yang prudent dan komprehensif. "Kami fokus untuk melakukan perbaikan dari segi kualitas akseptasi risiko serta proses kontrol terhadap portofolio bisnis yang kami miliki, dan bersama perusahaan asuransi serta perusahaan retro untuk melakukan mitigasi yang sama," ungkap Tamara Arista Salim, Selasa (7/2/2023).
beritasatu.com /07-02-2023
OJK Awasi 13 Perusahaan Asuransi
Saat ini Industri asuransi mengalami kondisi yang kurang baik. Sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia terjerat permasalahan, salah satunya gagal bayar. Hal ini membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengambil tindakan pengawasan khusus terhadap 13 perusahaan asuransi. Kebanyakan dari perusahaan ini memiliki masalah dengan para nasabahnya. Seperti WanaArtha Life, Kresna Life, sampai Asuransi Jiwasraya.Dedi Kristanto selaku Pengamat Asuransi mengatakan, industri asuransi tengah berada pada masa pemulihan dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat. Banyak kasus-kasus sebelumnya yang belum terselesaikan sepenuhnya. Menurutnya, kabar menyangkut langkah OJK yang melakukan pengawasan ketat terhadap perusahaan tersebut membuat masyarakat lebih waspada dalam memilih asuransi. Namun demikian, kepercayaan masyarakat juga akan berangsur-angsur pulih berkat langkah ini.
selular.id /07-02-2023
Jokowi Minta Pengawasan Asuransi dan Pinjol Lebih Intensif
Presiden Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih mengintensifkan pengawasan terhadap asuransi, pinjaman online (pinjol) dan investasi karena dalam beberapa waktu terakhir banyak masyarakat mengeluh menderita kerugian. "Hati-hati namanya pengawasan harus lebih diintensifkan. sering pelaporan keluhan, pelaporan keluhan sudah tahun 2022 sampai sekarang tahun 2023 juga belum tuntas," kata Presiden Jokowi seperti dilansir Antara dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 di Jakarta, Senin (6/2). Jokowi mengingatkan agar tidak terjadi lagi penyalahgunaan dana nasabah seperti yang pernah terjadi di perusahaan asuransi PT Asabri Persero, dan PT Jiwasraya Persero. Presiden juga menyinggung mengenai kasus di KSP Indosurya dan PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) yang merugikan masyarakat.
hukumonline.com /07-02-2023
BEI Paparkan Strategi Deteksi Saham Gorengan, Apakah Efektif?
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pasar modal saat ini telah menerapkan berbagai langkah awal untuk mendeteksi alias mengendus saham yang berpotensi menjadi saham gorengan. Pertama, BEI menerapkan notasi khusus untuk memberikan informasi kepada investor terkait kondisi yang dialami perusahaan. "Dari kami bursa sudah menerapkan beberapa hal, yang pertama notasi khusus, kita sudah sematkan kode khusus setelah kode saham untuk memberikan informasi kepada investor terkait dengan kondisi yang dialami perusahaan sudah kita sematkan itu namanya notasi khusus," kata Nyoman saat ditemui di BEI, Selasa (7/2/2023). Kedua, terdapat saham-saham yang berada dalam pemantauan khusus. Tujuannya, agar saham tersebut diisolasi dalam kondisi-kondisi tertentu. "Kedua, ada saham-saham dalam pemantauan khusus. Jadi sama juga tujuannya dalam kondisi-kondisi tertentu kita isolasi saham-saham tersebut yang kondisi-kondisi secara legal ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian buat investor," kata dia. Ketiga, ada yang namanya immidiate action, tindakan yang dilakukan oleh bursa itu di periode perdagangan yang sedang berlangsung. BEI hadir di periode ini untuk memastikan pasar yang telah terwajar dan efisien.
liputan6.com /07-02-2023
Unit Link Sering Dikeluhkan Nasabah Asuransi, Ternyata Ini Akar Masalahnya
Dalam laman OJK, Taufik Gumulya, CEO TGRM Financial Planning Services mengungkapkan, investasi dalam unit link tidak menghasilkan pertumbuhan yang optimal jika dibandingkan dengan produk investasi terpisah, misalnya reksa dana. "Jangan berharap akan meraih investasi optimal di lima tahun pertama. Pasalnya, di periode tersebut, hasil investasi akan dikurangi dengan biaya akuisisi. Bahkan, ada produk asuransi link unit yang membebankan biaya akuisisi kepada nasabah hingga 41 persen dari setoran premi asuransi untuk lima tahun pertama," kata Taufik seperti dikutip dalam laman OJK. Sayangnya, informasi penting tentang risiko investasi maupun biaya-biaya yang timbul dari pembelian unit link ini sering kali tidak diketahui oleh konsumen. Ditenggarai hal ini kerap karena faktor agen yang kurang jelas memberikan informasi penting tersebut, sehingga konsumen merasa terjebak. Sebagai informasi, unit link merupakan produk asuransi dengan skema penempatan pada dua sisi satu sisi untuk proteksi dan sisi lainnya, investasi. Dalam skema produk unit link, uang yang disetorkan nasabah tidak hanya diperuntukkan membayar premi asuransi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi, agar nilainya terus berkembang.
tempo.co /07-02-2023
Digitalisasi Asuransi Syariah, Maskapai Indonesia (MREI) Suntik Modal Kitabisa
Penyertaan langsung itu dilakukan melalui Unit Usaha Syariah. Perjanjian investasi itu telah diteken pada 6 Februari 2023. Transaksi penyertaan langsung itu, diharap dapat mempercepat pertumbuhan, dan penguatan bisnis internal Unit Usaha Syariah perseroan. Selain itu, juga dapat mengembangkan, dan mendorong terbentuknya ekosistem digital asuransi jiwa syariah nasional. Kitabisa Indonesia merupakan perusahaan crowdfunding sosial terpercaya. Selanjutnya, Kitabisa akan melakukan pengembangan berbasis digital pada perusahaan asuransi syariah. Data dan fakta tersebut tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan publik. "Kami berharap membawa dampak positif secara luas," harap Tamara Arista Salim, Direktur Kepatuhan/Sekretaris Perusahaan Maskapai Reasuransi Indonesia.
emitennews.com /07-02-2023
Kasus AJB Bumiputera hingga Wanaartha Bikin Premi Asuransi Jiwa Kontraksi
Kasus gagal bayar sejumlah perusahaan asuransi jiwa mempengaruhi kepercayaan masyarakat. Adapun beberapa perusahaan asuransi jiwa yang bermasalah antara lain Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912, Kresna Life, dan Wanaartha Life. Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) melaporkan premi asuransi jiwa mengalami kontraksi 7,8 persen pada 2022. Sementara itu, premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh pada periode yang sama. "Premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh 13,9 persen mencapai Rp19 triliun. Namun premi asuransi jiwa tahun lalu mengalami kontraksi 7,8 persen," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, dikutip dari kanal YouTube OJK, Senin (6/2/2023). Mahendra menyebutkan kondisi tersebut menunjukan mutlaknya penyelesaian masalah-masalah sejumlah asuransi jiwa dalam waktu dekat. Dia menambahkan bahwa pihaknya memiliki beberapa strategi untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi jiwa.
bisnis.com /07-02-2023
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
15.116,85 |
IHSG (per 8 Februari 2023) |
6.930,37 |
BI Rate |
5.75 % |
Sumber Media: Bisnis Bali, Mata Banua, Singgalang, Koran Sindo Makassar, Investor Daily, Kontan, Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Tribun Jabar, Tribun Medan, Harian Terbit, duitlogi.com, telset.id, sinarharapan.id, keuangannews.id, beritasatu.com, selular.id, hukumonline.com, liputan6.com, tempo.co, emitennews.com, bisnis.com.
DOWNLOAD PDF