AAJI Daily News - 27 Januari 2023
Jumat, 27 Januari 2023
FM-CC-AAJI-006-00
HEADLINE NEWS
- DPR Akan Sampaikan Keluhan Nasabah Wanaartha Life ke OJK
- Berita Foto - Pembayaran Klaim AXA Mandiri
- Asuransi Jiwa Menggenjot Penjualan Digital
- Asuransi Syariah Incar Pertumbuhan Dua Digit
- Pembayaran Klaim Generali Turun
- RPKP AJB Bumiputera di OJK
- Konversi Premi Kresna, Tanpa Haircut
- Berita Foto - Penyerahan Klaim
- Perusahaan Asuransi Tingkatkan Penjualan Lewat Kanal Digital
- Permudah Kerja Tenaga Pemasar
- Berkat Berzakat
- Berita Foto - Klaim Asuransi
- Monopoli Penyidikan Industri Keuangan
- Luputnya Pengawasan Otoritas
- Awas Salah Pilih! Asuransi Jiwa Tanpa Investasi Itu Ada Dua
- Pembelian Produk Asuransi Melalui Kanal Digital Semakin Digemari Nasabah
- Perkembangan Tugas Penyidikan Otoritas Jasa Keuangan
- Ingin Sanksi PKU Dicabut, Kresna Life Tawarkan Skema Pembayaran ke Pemegang Polis
- Kresna Life Ajukan Skema Penyehatan, ini Untung Ruginya Bagi Pemegang Polis
- Prudential Dirikan Cabang di Makau
- RPKP Sudah Final, AJB Bumiputera 1912: Kami Tunggu Pengesahan dari OJK
- Soal Keluhan Nasabah di Jatim, Astra Life Duga Ada Fraud
- Pencairan Dini Polis BRI Life Naik 2 Kali karena Fluktuasi Pasar
- Komisi XI DPR RI Terima Aliansi Korban Wanaartha Life
- Bayar Klaim, Generali Gelontorkan Rp903,7 Miliar di Sepanjang 2022
- Bos Generali Sebut Nilai Pencairan Dini Polis Asuransi Jiwa Stabil
INDUSTRI & ASURANSI
DPR Akan Sampaikan Keluhan Nasabah Wanaartha Life ke OJK
Komisi XI DPR akan menyampaikan keluhan nasabah Wanaartha Life kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun keluhan yang dimaksud menyangkut legitimasi nama-nama dalam Tim Likuidasi. Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin, Rabu (25/1) menyampaikan bahwa Komisi XI terus mengawal aspirasi Nasabah Wanaartha Life atas penyelesaian masalah perseroan. Salah satunya yaitu mengkomunikasikan keluhan nasabah secara langsung kepada Kepala Eksekutif Pengawas IKNB Ogi Prastomiyono. Dia menuturkan, pihaknya akan meminta penjelasan OJK tentang legitimasi nama-nama Tim Likuidasi dengan dasar bukti-bukti yang dikumpulkan para nasabah.
Investor Daily /27-01-2023
Berita Foto - Pembayaran Klaim AXA Mandiri
Foto dan Caption: Kepala Cabang Bank Mandiri Padang Pariaman Dodi Kurniawan didampingi Area Sales Manager Padang 1 PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) Mirza, District Sales Head AXA Mandiri Perimita Sitepu dan Area Sales Manager Padang 2 AXA Mandiri Didi Rohendi menyerahkan secara simbolis pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp1,1 miliar kepada Rachmawati ahli waris Nurdin Solichul Romadhan, nasabah produk Asuransi Mandiri Jiwa Sejahtera sejak tahun 2020 di Padang Pariaman, Sumatera Barat.
Koran Sindo /27-01-2023
Asuransi Jiwa Menggenjot Penjualan Digital
Direktur Utama PT Asuransi BRI Life Iwan Pasila mengatakan, BRI Life memanfaatkan digital untuk memasarkan produk-produk mikro dan produk simple melalui beberapa fitur digital di BRI seperti BRIspot dan BRImo. "Selama tahun 2022, premi baru dari portofolio penjualan asuransi digital sekitar Rp 1,2 triliun dari sekitar Rp 21 juta polis," beber Iwan, Kamis (26/1). Ia menuturkan, BRI Life terus mengembangkan penetrasi digital melalui kerja sama dengan perusahaan rintisan atau startup untuk menjangkau nasabah non-BRI. Menurut Iwan, transformasi digital merupakan suatu keharusan untuk memungkinkan penetrasi di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sementara itu, Direktur Keuangan BNI Life Insurance Eben Eser Nainggolan mengatakan bahwa meskipun hingga saat ini premi asuransi digital yang dibukukan BNI Life meningkat namun dari sisi jumlah premi digital BNI Life saat ini nilainya belum signifikan. Manajemen BNI Life berharap kanal digital dapat berkolaborasi dengan kanal lain seperti bancassurance, agency, maupun telemarketing guna meningkatkan potensi bisnis kedepannya.
Kontan /27-01-2023
Asuransi Syariah Incar Pertumbuhan Dua Digit
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Erwin Noekman, Rabu (25/1) mengatakan bahwa pertumbuhan itu terjadi baik pada asuransi umum syariah maupun asuransi jiwa syariah. Dia melihat asuransi jiwa syariah sudah menunjukkan pertumbuhan, terutama ditopang oleh sektor properti, kendaraan bermotor, dan asuransi perjalanan. Di sisi lain, Erwin juga melihat adanya beberapa peluang usaha baru, seperti kembali menggeliatnya perjalanan umrah yang harus menggunakan asuransi syariah. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, kinerja asuransi syariah per November 2022 secara umum tumbuh. Aset dan investasi tumbuh 3,7% dan 4,4% YoY. Kontribusi bruto dan hasil investasi masing-masing melesat 12,5% dan 244% YoY. Sebaliknya, klaim bruto turun 7,4% YoY.
Bisnis Indonesia /27-01-2023
Pembayaran Klaim Generali Turun
Direktur & Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit, Kamis (26/1) mengatakan bahwa pembayaran klaim sejalan dengan komitmen perusahaan dalam menjalankan nilai deliver on the promise. Namun, di tengah penurunan secara keseluruhan, klaim kesehatan melonjak 62% dari tahun sebelumnya. Demikian juga dengan pembayaran klaim penyakit kritis yang melesat 78%. Jutany berujar bahwa pembayaran klaim sepanjang 2022 merupakan bukti nyata Generali Indonesia menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi nasabah di berbagai kondisi, khususnya pada saat situasi sulit. Dia menyatakan perusahaan terus berinovasi di berbagai aspek, termasuk dari sisi ragam manfaat asuransi kesehatan maupun dari sisi layanan dan klaim.
Bisnis Indonesia /27-01-2023
RPKP AJB Bumiputera di OJK
Juru Bicara Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera 1912 RM Bagus Irawan mengungkapkan, Kamis (26/1) bahwa RPKP AJB Bumiputera tidak ada pembahasan dan tinggal menunggu persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hanya Bagus masih enggan menjabarkan poin-poin rencana penyehatan keuangan AJB Bumiputera. Alasannya, perusahaan masih menunggu OJK mengesahkan rencana tersebut. Jika sudah keluar dari otoritas, Bagus siap menyampaikannya. Sebelumnya, AJB Bumiputera 1912 berencana melakukan pembayaran klaim kepada pemegang polis pada tahap pertama di Februari tahun ini. Selanjutnya pada tahap kedua pada bulan Februari tahun 2024. Ia berharap RPKP paling lambat bisa disepakati pada bulan Februari tahun ini.
Kontan /27-01-2023
Konversi Premi Kresna, Tanpa Haircut
Kurniadi Sastrawinata Direktur Utama Kresna Life menyatakan, program ini akan mengkonversi kewajiban atau sisa penyelesaian polis menjadi pinjaman subordinasi. Konversi itu akan memperkuat permodalan Kresna, guna memenuhi ketentuan tingkat solvabilitas minimum alias risk based capital (RBC). Ujung-ujungnya Kurniadi berharap OJK mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) yang telah berlangsung sejak 2 tahun 5 bulan silam. "Untuk itu, kami mohon seluruh pemegang polis menyetujui program konversi untuk menghindari sanksi pencabutan izin usaha dan likuidasi terhadap Kresna," tulis Kurniadi dalam suratnya kepada pemegang polis, Rabu (25/1).
Kontan /27-01-2023
Berita Foto - Penyerahan Klaim
Foto: Kepala Cabang Bank Mandiri Padang Pariaman Dodi Kurniawan (kedua dari kiri) didampingi Area Sales Manager Padang 1 PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) Mirza (kiri), District Sales Head AXA Mandiri Perimita Sitepu (kedua kanan), dan Area Sales Manager Padang 2 AXA Mandiri Didi Rohendi (kanan) menyerahkan secara simbolis pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp1,1 miliar kepada Rachmawati, ahli waris Nurdin Solichul Romadhan, nasabah produk Asuransi Mandiri Jiwa Sejahtera sejak 2020 di Padang Pariaman, Sumatra Barat, kemarin. Caption: Produk Asuransi Mandiri Jiwa Sejahtera memberikan perlindungan berupa manfaat santunan meninggal dunia karena sebab apapun, santunan meninggal dunia karena kecelakaan, dan manfaat investasi jika ada.
Media Indonesia /27-01-2023
Perusahaan Asuransi Tingkatkan Penjualan Lewat Kanal Digital
Salah satu pelaku yang memanfaatkan penjualan asuransi melalui kanal digital yaitu BRI Life. Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, BRI Life memanfaatkan digital untuk memasarkan produk-produk mikro dan produk simple melalui beberapa aplikasi digital di BRI seperti BRispot dan BRImo. "Selama tahun 2022, premi baru ekivalen yang disetahunkan (APE) dari portofolio penjualan asuransi digital sekitar Rp 1.2 triliun dari sekitar Rp 21 juta polis," kata Iwan, Kamis (26/1). Iwan menuturkan, BRI Life terus mengembangkan penetrasi digital melalui kerja sama dengan perusahaan rintisan atau startup untuk menjangkau nasabah nonBRI.
Tribun Lampung /27-01-2023
Permudah Kerja Tenaga Pemasar
Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia David Nolan melihat, peran tenaga pemasar sangatlah penting dalam mendukung pertumbuhan bisnis Allianz Indonesia. Oleh karena itu, David bilang pihaknya fokus pada optimalisasi ekosistem digital untuk kemudahan para tenaga pemasar dan nasabah, pengembangan dan peningkatan kualitas solusi dan layanan, pemberdayaan tim, serta literasi finansial yang mendukung upaya peningkatan inklusi dan penetrasi asuransi di Indonesia. “Dengan kerjasama dan dukungan para tenaga pemasar, Allianz Indonesia akan terus memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (26/1). Allianz Life Indonesia saat ini didukung oleh lebih dari 40.000 mitra bisnis yang memberikan kontribusi dari kanal distribusi keagenan.
Tribun Pekanbaru /27-01-2023
Berkat Berzakat
Direktur Utama PT Capital Life Syariah Fitri Hartati, misalnya. "Alhamdulillah, saya merasa ada keberkahan yang tidak bisa saya ungkapkan dari mana asalnya," tuturnya, Selasa (24/1), perempuan asal Sukabumi itu memimpin rombongannya datang ke Baznas untuk menyerahkan zakat senilai Rp 552 juta. Fitri menuturkan, salah satu berkah berzakat yang dia rasakan adalah perusahaan yang Berkah Berzakat tetap tumbuh meski dua tahun perekonomian Indonesia turun akibat pandemi Covid-19. Pada kesempatan itu, Fitri menyambut baik program-program pendayagunaan dana zakat yang kekinian. Salah satunya memberdayakan anak-anak muda alumni program santripreneur untuk bekerja di kedai kopi.
Jawa Pos /27-01-2023
Berita Foto - Klaim Asuransi
Foto: dari Dari kiri ke kanan: Manager Corporate Solutions Group Perusahaan Asuransi Generali Life di Indonesia Kepala Sekolah Netty Chan, COO Jutany Japit dan Kepala Plt Perwira Sastradinata pada kantor Generali Indonesia di Jakarta bersama Staf pusat layanan pelanggan sedang berbicara, Rabu (25/1). Caption: Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah memenuhi lebih dari 326.000 klaim Pembayaran komitmen dengan total nilai Rp 903,7 miliar. dalam klaim tersebut Nilai klaim keseluruhan turun 13% dari nilai total, tetapi klaim kesehatan meningkat sebesar 62%, dan demikian pula, jumlah klaim penyakit kritis yang dibayarkan, Meningkat 78% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
Shang Bao /26-01-2023
Monopoli Penyidikan Industri Keuangan
Salah satunya wewenang tunggal OJK melakukan penyidikan kasus industri jasa keuangan. Di Pasal 48 B UU PPSK disebutkan, OJK berwenang menetapkan dimulainya, tidak dilakukannya, atau dihentikannya penyidikan terhadap tindak pidana sektor jasa keuangan. Dan di Pasal 49 ayat (5) UU PPSK disebutkan bahwa penyidikan atas tindak pidana di sektor jasa keuangan hanya dapat dilakukan oleh penyidik OJK. Meski terkesan OJK berperan dominan, Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU PPSK Dolfie Othniel Frederic Palit menilai wewenang penyidikan tunggal OJK tidak menyalahi Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Dolfie mengatakan, penyidikan tunggal OJK tetap terintegrasi dengan Polri. "Polri berfungsi sebagai Penambahan wewenang kontraproduktif dengan fungsi pengawasan OJK yang selama ini belum berjalan optimal. OJK butuh pembenahan agar bisa menjalankan fungsi penyidikan tunggal. Butuh waktu di saat kasus industri keuangan sedang marak-maraknya.
Gatra /27-01-2023
Luputnya Pengawasan Otoritas
Pada 13 Mei 2020, WAL melakukan audit internal. Proses audit berlangsung maraton dan sempat mendapat hambatan dari pemegang saham. Bersamaan dengan proses audit berlangsung, beberapa direksi melaporkan kejanggalan-kejanggalan tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan pada 30 Juni 2020. Hasilnya nihil. OJK tak menindaklanjuti kejanggalan tersebut jika enggan menyebutnya sebagai pembiaran. “Manipulasi liability ini sudah terjadi bahkan sebelum tahun 2012,” kata sumber Gara tersebut. Kemudian pada November 2020, audit internal menemukan, RBC WAL sudah mencapai -2.049” dengan gagal bayar Rp15,7 triliun. Rekayasa ini berlangsung hingga pelaporan keuangan.
Gatra /27-01-2023
Awas Salah Pilih! Asuransi Jiwa Tanpa Investasi Itu Ada 2
Asuransi jiwa tradisional atau yang tidak dilengkapi investasi, sejatinya memiliki dua jenis yaitu, term life dan whole life. Asuransi jiwa term life adalah jenis asuransi jiwa yang hanya memberikan manfaat perlindungan selama jangka waktu yang telah ditentukan, sebut saja 1, 5, 10, 20, atau 30 tahun saja. Jika pemegang polis mengalami cacat tetap total atau meninggal dunia selama masa perlindungan, maka penerima manfaat akan menerima santunan atau uang pertanggungan. Sedangkan asuransi jiwa whole life memberikan manfaat perlindungan seumur hidup, dan karena masa perlindungannya lama yaitu ingga tertanggung sampai 99 tahun, premi asuransi jiwa whole life lebih mahal ketimbang term life. Asuransi jiwa whole life juga tidak dilengkapi dengan fitur pengembalian premi lantaran asuransi ini akan menanggung nasabah seumur hidup.
cnbcindonesia.com /27-01-2023
Pembelian Produk Asuransi Melalui Kanal Digital Semakin Digemari Nasabah
Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan, BRI Life memanfaatkan digital untuk memasarkan produk-produk mikro dan produk simple melalui beberapa fitur digital di BRI seperti BRIspot dan BRImo. "Selama tahun 2022, premi baru ekivalen yang disetahunkan (APE) dari portofolio penjualan asuransi digital sekitar Rp 1,2 triliun dari sekitar Rp 21 juta polis," kata Iwan kepada Kontan.co.id, Kamis (26/1). Iwan menuturkan, BRI Life terus mengembangkan penetrasi digital melalui kerja sama dengan perusahaan rintisan atau startup untuk menjangkau nasabah non-BRI. Lebih lanjut, BRI Life terus mendorong pertumbuhan keberlanjutan agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat di Indonesia.
kontan.co.id /27-01-2023
Perkembangan Tugas Penyidikan Otoritas Jasa Keuangan
OJK yang memiliki kewenangan penyidikan pada 2022 berhasil menyelesaikan 20 perkara kasus di sektor jasa keuangan yang telah dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (P-21) dan telah dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap 2). Dari 20 perkara tersebut sebanyak 18 perkara sektor Perbankan dan dua perkara sektor IKNB. Sehingga sejak 2014 sampai 2022 Penyidik OJK telah menyelesaikan total 99 perkara yang terdiri dari 78 perkara Perbankan, 5 perkara Pasar Modal dan 16 perkara IKNB. Saat ini, OJK memiliki 17 penyidik yang terdiri dari 12 penyidik Kepolisian dan lima penyidik PNS. Selama 2022, penyidik OJK juga telah melakukan penguatan koordinasi dan komunikasi dalam bentuk edukasi pencegahan tindak pidana sektor jasa keuangan dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur serta Kepolisian dan Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta.
indonesiadaily.co.id /27-01-2023
Ingin Sanksi PKU Dicabut, Kresna Life Tawarkan Skema Pembayaran ke Pemegang Polis
Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata mengatakan, Kresna Life telah menyampaikan rencana penyehatan keuangan (RPK) kepada OJK pada 30 Desember 2022. Harapannya, RPK tersebut dapat membuat sanksi PKU dapat dicabut dan perusahaan dapat melanjutkan proses penyelesaian kewajiban kepada pemegang polis. "Satu-satunya strategi utama saat ini yang dapat ditempuh pada RPK adalah program konversi kewajiban pemegang polis menjadi pinjaman subordinasi (program konversi). Tujuannya adalah membantu Kresna Life dalam memperkuat permodalannya dalam memenuhi ketentuan Tingkat Solvabilitas minimum (RBC) yang dipersyaratkan agar sanksi PKU dapat dicabut," tulis dia dalam surat kepada nasabah, dikutip Kamis (26/1).
kompas.com /26-01-2023
Kresna Life Ajukan Skema Penyehatan, ini Untung Ruginya Bagi Pemegang Polis
RPK itu berisi program konversi kewajiban pemegang polis asuransi jiwa Kresna Link Investa (K-LITA) dan Protecto Investa Kresna (PIK), menjadi pinjaman subordinasi (program konversi). Hal tersebut disampaikan Kurniadi Sastrawinata Direktur Utama Kresna Life, lewat surat nomor 25/DIR-AJK/I/2023 kepada pemegang polis Kresna Life, Rabu (25/1). Lewat pengajuan RPK itu, Kurniadi berharap OJK akan mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) yang telah berlangsung sejak 2 tahun 5 bulan silam. Karena, konversi ini akan memperkuat permodalan Kresna memenuhi ketentuan tingkat solvabilitas minimum alias risk based capital (RBC) yang sebesar minimum 120%.
kontan.co.id /26-01-2023
Prudential Dirikan Cabang di Makau
Lilian Ng, Managing Director, Strategic Business Group, Prudential mengatakan cabang Makau yang baru melengkapi jejak perusahaan di Greater Bay Area (GBA) China. GBA terdiri dari sembilan kota di Provinsi Guangdong dan dua Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan Makau. Populasinya yang berjumlah 86,7 juta orang berkontribusi terhadap 11 persen PDB Tiongkok pada tahun 2021. Menurut Ng, cabang Makau akan memainkan peran penting dalam strategi Prudential untuk membuat perawatan kesehatan dan keamanan finansial lebih mudah diakses oleh orang-orang di GBA, karena Prudential memanfaatkan pengalaman 50 tahun dalam menyediakan asuransi kepada pelanggan di Hong Kong. mediaasuransinews.co.id /26-01-2023
RPKP Sudah Final, AJB Bumiputera 1912: Kami Tunggu Pengesahan dari OJK
Juru Bicara Badan Perwakilan Anggota (BPA) AJB Bumiputera 1912 RM. Bagus Irawan, Kamis (26/1) mengungkapkan bahwa saat ini RPKP sudah benar-benar tidak ada pembahasan dan tinggal menunggu persetujuan OJK. Sayangnya, Bagus masih enggan menjabarkan beberapa poin rencana penyehatan keuangan yang telah dibuat. Alasannya, ia menunggu OJK mengesahkan rencana tersebut baru nantinya akan disampaikan. Sebelumnya, AJB Bumiputera 1912 berencana melakukan pembayaran klaim kepada pemegang polis pada tahap pertama di Februari tahun ini dan selanjutnya tahap kedua pada bulan Februari tahun 2024. Oleh karenanya, Bagus mengisyaratkan bahwa pihaknya berharap RPKP paling lambat bisa disepakati pada Februari ini. "Sebentar lagi kan AJB Bumiputera 1912 ulang tahun di Februari ini, semoga RPKP bisa menjadi hadiah ulang tahun," ujarnya.
kontan.co.id /26-01-2023
Soal Keluhan Nasabah di Jatim, Astra Life Duga Ada Fraud
Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menerangkan, pihaknya telah melakukan penelusuran dan verifikasi secara terperinci terhadap dokumen terkait. Astra Life mengonfirmasi bahwa seluruh polis tersebut telah dikirimkan kepada nasabah yang bersangkutan, namun terdapat dugaan fraud yang dilakukan oleh oknum agen. Karena itu, Astra Life melalui kuasa hukumnya, Otto Hasibuan dari kantor hukum Otto Hasibuan & Associates, telah melaporkan kasus ini ke polisi pada 18 Januari 2023. "Sejak Astra Life didirikan pada tahun 2014, kasus seperti ini belum pernah terjadi. Sejalan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengutamakan aspek perlindungan nasabah, Astra Life melihat bahwa praktik fraud dapat berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi jiwa di Indonesia. Karena itu, perlu adanya tindakan tegas terkait dugaan fraud tersebut," ungkap Winda dalam keterangannya, Senin (23/1).
investor.id /26-01-2023
Pencairan Dini Polis BRI Life Naik 2 Kali karena Fluktuasi Pasar
Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengatakan bahwa sepanjang 2022, total klaim surrender unit-linked mencapai Rp994,2 miliar secara tahunan (YoY). Menurutnya, banyak yang memanfaatkan nilai unit yang naik seiring dengan kenaikan indeks di pasar modal. "Klaim surrender BRI Life naik 2 kali lipat secara YoY sepanjang 2022 naik tinggi karena kondisi pasar modal yang sepertinya fluktuasi dan lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Iwan, Rabu (25/1). Melihat tingginya klaim surrender , Iwan menyatakan bahwa anak usaha bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) itu terus mendorong pemegang polis untuk menjaga status polis tetap in-force agar perlindungan asuransi jiwa tetap berlaku.
bisnisindonesia.id /26-01-2023
Komisi XI DPR RI Terima Aliansi Korban Wanaartha Life
Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin menerima audiensi Aliansi Korban Wanaartha di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (24/1). Para korban yang mewakili 29 Ribu Pemegang Polis Wanaartha yang sudah mengalami CIU atau cabut izin usaha dari OJK menyampaikan penolakannya terhadap Tim Likuidasi WAL. Pasalnya orang yang ditunjuk para Pemegang Saham Pengendali (PSP) adalah buronan Bareskrim Polri alias menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) dan dalam status Red Notice. Menanggapi hal itu, Puteri Komarudin mengungkapkan akan menyampaikan aspirasi dan keluhan korban Wanaartha dan memperjuangkan secara all out kepada pihak OJK. Puteri Komarudin memberikan catatan penting agar pihak OJK bisa menyelesaikan satu persatu carut marut di Industri Keuangan NonBank (IKNB) yang tak lain adalah paling jamak di industri asuransi ini.
suarakarya.id /26-01-2023
Bayar Klaim, Generali Gelontorkan Rp903,7 Miliar di Sepanjang 2022
Direktur & Chief Operation Officer Generali Indonesia, Jutany Japit mengatakan, pembayaran klaim sepanjang tahun 2022 merupakan bukti nyata Generali Indonesia menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi nasabah di berbagai kondisi, khususnya pada saat situasi sulit. "Memahami kebutuhan yang terus berkembang dan guna meningkatkan kemudahan bagi nasabah, kami terus berinovasi di berbagai aspek termasuk dari sisi ragam manfaat asuransi kesehatan maupun dari sisi layanan dan klaim, dimana kami terus mengoptimalkan teknologi dan di waktu yang sama tetap memperhatikan human touch kepada nasabah," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/1).
wartaekonomi.co.id /26-01-2023
Bos Generali Sebut Nilai Pencairan Dini Polis Asuransi Jiwa Stabil
Diketahui bahwa Generali Indonesia menyampaikan nilai surrender atau pencairan dini sebelum masa berakhirnya polis maupun partial withdrawal tahun 2022 masih stabil dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, Generali Indonesia tidak membantah masih adanya polis-polis nasabah yang surrender atau melakukan pembatalan polis, khususnya pada polis single premium unit linked (SPUL) yang sudah jatuh tempo. Begitu pula untuk polis regular premium unit linked (RPUL), namun tidak terjadi peningkatan yang signifikan. "Jumlahnya sendiri masih cenderung tidak jauh berbeda dengan surrender yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya," kata Chief Executive Officer (CEO) Generali Indonesia Edy Tuhirman, Rabu (25/1). Merujuk data kuartal III/2022, Edy menyampaikan bahwa Generali masih menunjukkan kinerja yang cukup baik, tercermin dari perolehan premi yang dibukukan mencapai lebih dari Rp2,2 triliun. Selain itu, premi lanjutan perusahaan juga tumbuh 3 persen secara tahunan (yoy).
bisnis.com /26-01-2023
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR |
14.989,05 |
IHSG (per 27 Januari 2023) |
6.913,89 |
BI Rate |
5.75 % |
Sumber Media: Investor Daily, Koran Sindo, Kontan, Bisnis Indonesia, Media Indonesia, Tribun Lampung, Tribun Pekanbaru, Jawa Pos, Shang Bao, Gatra, cncbcindonesia.com, kontan.co.id, indonesiadaily.co.id, mediaasuransinews.co.id, investor.id, bisnisindonesia.id, suarakarya.id, wartaekonomi.co.id, bisnis.com.
