AAJI Daily News - 13 November 2019
FM-CC-AAJI-06-001
Rabu, 13 November 2019
HEADLINE NEWS
1. Ruang Tumbuh Premi Asuransi Masih Besar
2. Pemain asuransi jiwa optimistis premi tahun depan bakal meningkat
3. Tingkatkan Kepuasan Nasabah, Manulife Terapkan Kaizen
4. Edukasi Pola Hidup Sehat [Foto]
5. Mengurai Benang Kusut Jiwasraya
6. Allianz dan Gojek Perluas Manfaat Asuransi GoRide
7. Healthy Camp Sun Life [Foto]
8. Edukasi Diabetes [Foto]
9. Survei Asuransi [Foto]
10. Healthy Camp SUN LIFE [Foto]
11. Pemerintah Kaji Opsi Penyelamatan Jiwasraya
12. Hanwha Life & IBK Indonesia Jalin Kerja Sama Bancassurance [Photo]
13. Gaet Bank IBK, Hanwha Life Kejar Target APE Rp36 Miliar
14. AXA Mandiri genjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan
15. Fokus Proteksi, Laba AXA Mandiri Ku
16. Selamatkan Jiwasraya, Kementerian BUMN & Kemenkeu Putar Otak
17. Terungkap, Orang Kaya RI Lebih Doyan Berobat ke Luar Negeri
18. Produk Asuransi Berobat di Luar Negeri Makin Ngetren
19. Pemerintah Masih Putar Otak Bereskan Masalah Jiwasraya
20. Di Tengah Kondisi Sulit, Laba AXA Mandiri Bisa Sentuh Rp 1 Triliun
21. Strategi Asuransi Axa Mandiri Genjot Kinerja di Kondisi Ekonomi Saat Ini
22. Jiwasraya Butuh Rp32,89 Triliun, Kementerian BUMN Akan Konsultasi ke Sri Mulyani
23. AXA Mandiri genjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan
24. Bidik Kaum Muda, Avrist Bekali Agen Milenial dengan Teknologi Digital
25. AXA Mandiri Bukukan Premi 6,9 Triliun
26. Bidik Milenial Sequis Luncurkan Super You
27. Ketua Umum SP NIBA Ungkap AJB Bumiputera Komitmen Membayar Klaim Nasabah
28. Kuartal III, Laba AXA Mandiri Naik 10,66%
TENTANG AAJI
Ruang Tumbuh Premi Asuransi Masih Besar
PT Capital Life Indonesia mencatatkan pendapatn premi sebesar Rp8,5 triliun, meningkat 32% dari periode sama tahun lalu. Capital Life memperbesar porsi produk unitlink dengan premi tunggal. PT AXA Mandiri Financial Services mencatatkan pendapatan premi bruto Rp6,9 triliun, 6% lebih tinggi daripada periode sama tahun lalu. Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma menyatakan, peningkatan tersebut berkat produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan yang meningkat 50%. Menurut data OJK, sampai September 2019, pendapatan premi industri asuransi jiwa turun tipis 3,08% yoy menjadi Rp136,78 triliun dari Rp141,14 triliun pada September 2018.
Kontan – 12/11/2019 Hal. 19
Pemain asuransi jiwa optimistis premi tahun depan bakal meningkat
Pemain asuransi jiwa berkeyakinan bisnis mereka bisa meningkat di tahun depan. Keyakinan tersebut dibarengi oleh pertumbuhan premi di kuartal III 2019 yang menunjukkan kenaikan. PT Capital Life Indonesia (Capital Life) mencatatkan pendapatan premi Rp 8,5 triliun dari Januari hingga Oktober 2019 atau meningkat 32% dari tahun lalu Rp 6,4 triliun. Dari realisasi tahun tersebut, Direktur Capital Life Robin Winata percaya target premi 2020 naik. PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mencatatkan pendapatan premi bruto (GWP) Rp 6,9 triliun di triwulan II 2019. Jumlah tersebut meningkat 6% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menyatakan peningkatan tersebut berkat produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan yang meningkat menjadi 50% dari total pendapatan bisnis atau polis baru, atau lebih tinggi dari tahun lalu yakni 36%.
Kontan.co.id – 11/11/2019
INDUSTRI ASURANSI JIWA
Tingkatkan Kepuasan Nasabah, Manulife Terapkan Kaizen
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) menerapkan budaya kerja baru yakni program kaizen untuk meningkatkan performa kerja karyawan yang dampaknya akan mendongkrak tingkat kepuasan nasabah. Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia Ryan Charland mengatakan, lewat program itu, beberapa peningkatan layanan terlihat dari kesuksesan follow up call setiap hari yang meningkat, dari rata-rata sekita 50 layanan panggilan, menjadi 80 layanan panggilan.
Suara Pembaruan – 12/11/2019 Hal. 10
Edukasi Pola Hidup Sehat [Foto]
VP Brand & Communication Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit dan Duta Kampanye Sun Life Live Healthier Lives Ibnu Jamil bersama siswa Cakra Buana pada acara Healthy Camp di Depok, Selasa (12/11). Sun Life Indonesia memberikan edukasi tentang nutrisi dan gizi seimbang agar terhindar dari diabetes.
Bisnis Indonesia – 13/11/2019 Hal. 9
Mengurai Benang Kusut Jiwasraya
Nasib PT Jiwasraya bergantung pada rencana penyelamatan senilai Rp32,89 triliun. Total aset merosot dari Rp45,68 triliun pada 2017 menjadi Rp25,68 triliun per 30 September 2019. Ekuitas berbalik dari RP5,57 triliun menjadi minus Rp23,92 triliun. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bahwa pihaknya masih menyelesaikan perhitungan atas permohonan bailout Jiwasraya. Pengamat asuransi Irvan Rahardjo menilai bahwa penyelamatan Jiwasraya perlu berdasarkan pada temuan BPK dalam audit investigatifnya.
Bisnis Indonesia – 13/11/2019 Hal. 17
Allianz dan Gojek Perluas Manfaat Asuransi GoRide
Allianz Indonesia hari ini mengumumkan perluasan kerja sama strategis dengan Gojek dan PasarPolis dalam memberikan asuransi perjalanan terhadap layanan GoRide. Penumpang GoRide dan mitra driver Gojek kini mendapat perlindungan lengkap selama perjalanan, mulai dari titik penjemputan hingga lokasi tujuan. Asuransi perjalanan sebelumnya mencakup penggantian biaya pengobatan, risiko cacat permanen hingga risiko kematian karena kecelakaan. Melalui perluasan kerja sama, manfaat bagi penumpang GoRide kemudian bertambah meliputi perlindungan risiko kerusakan atau kehilangan barang karena tindak kriminal. Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia mengatakan, "Kami berharap kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi yang aman dan nyaman. Hingga hari ini, kami sudah memberikan perlindungan kepada jutaan mitra driver dan puluhan juta penumpang Gojek. Kami ingin menjadikan proteksi sebagai bagian dari gaya hidup, dan berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan komprehensif bagi masyarakat luas." Christopher Kustono, Chief Operating Officer PasarPolis mengatakan dengan mengedepankan teknologi, PasarPolis menjadikan proses asuransi nasabah semakin mudah dan cepat.
HE Neraca – 13/11/2019 Hal. 5
Healthy Camp Sun Life [Foto]
VP Brand & Communication Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit dan Duta Kampanye Sun Life Live Healthier Lives Ibnu Jamil bersama siswa Cakra Buana pada acara Healthy Camp di Depok, Selasa (12/11). Sun Life Indonesia memberikan edukasi tentang nutrisi dan gizi seimbang agar terhindar dari diabetes.
Investor Daily – 13/11/2019 Hal. 23
Edukasi Diabetes [Foto]
VP Brand & Communication Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit dan Duta Kampanye Sun Life Live Healthier Lives Ibnu Jamil bersama siswa Cakra Buana pada acara Healthy Camp di Depok, Selasa (12/11).
Kontan – 13/11/2019 Hal. 19
Survei Asuransi [Foto]
Berdasarkan survei Lie Insurance Gap, hanya 10% generasi milenial yang memiliki asuransi jiwa. Padahal, memiliki asuransi jiwa dapat melindungi keluarga mereka.
Kontan – 13/11/2019 Hal. 19
Healthy Camp SUN LIFE [Foto]
VP Brand & Communication Sun Life Indonesia Kaiser Simanungkalit dan Duta Kampanye Sun Life Live Healthier Lives Ibnu Jamil bersama siswa Cakra Buana pada acara Healthy Camp di Depok, Selasa (12/11). Sun Life Indonesia memberikan edukasi tentang nutrisi dan gizi seimbang agar terhindar dari diabetes.
Koran Sindo – 13/11/2019 Hal. 16
Pemerintah Kaji Opsi Penyelamatan Jiwasraya
Pemerintah sudah memiliki beberapa opsi penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya. Saat ini, Jiwasraya membutuhkan suntikan modal Rp32,89 tirliun untuk bisa memenuhi rasio kecukupan modal berbasis risiko (RBC) 120%. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan adalah membawa masalah asuransi hingga ke bendahara negara. Direktur BTN Nixon Napitupulu mengaku BTN siap menjadi pemegang saham Jiwasraya Putra tetapi hal ini bisa dilakukan setelah Jiwasraya memperoleh mitra strategis.
Koran Sindo – 13/11/2019 Hal. 16
Hanwha Life & IBK Indonesia Jalin Kerja Sama Bancassurance [Photo]
Hanwha Life Insurance Indonesia dan Bank IBK Indonesia merupakan sesama perusahaan finansial asal Korea Selatan. Kerja sama bancassurance Hanwha Life Insurance Indonesia dengan Bank IBK Indonesia merupakan representasi dari dua perusahaan jasa keuangan besar asal negeri ginseng.
Infobanknews.com – 11/11/2019
Gaet Bank IBK, Hanwha Life Kejar Target APE Rp36 Miliar
PT Hanwha Life Insurance Indonesia (Hanwha Life) dan PT Bank IBK Indonesia Tbk (Bank IBK) secara resmi menjalin kerja sama bancassurance. Kemitraan ini bersifat jangka panjang dan menargetkan premi tahunan ekuivalen (APE) sebesar Rp36,65 miliar selama lima tahun ke depan. Keduanya mengeluarkan produk perdana hasil kerja sama mereka, yakni Sejahtera Maxima Link yang menyediakan perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun, serta fleksibilitas dalam menentukan penempatan dana investasi dan memilih asuransi tambahan (rider) yang sesuai dengan kebutuhan.
Wartaekonomi.co.id – 11/12/2019
AXA Mandiri genjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan
PT AXA Mandiri akan menggenjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan dengan porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan produk investasi. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengatakan pada kuartal III-2019, kinerja produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan meningkat menjadi 50 persen dari total pendapatan bisnis atau polis baru di tahun 2019. Komisaris Utama AXA Mandiri Agus Haryoto Widodo berharap manajemen AXA Mandiri mampu menjaga konsistensi pertumbuhan dengan terus mencari potensi pasar yang belum tergarap, sambil terus menjaga kepercayaan dan kenyamanan nasabah eksisting.
Antaranews.com – 12/11/2019
Fokus Proteksi, Laba AXA Mandiri Ku
PT AXA Mandiri akan menggenjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan dengan porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan produk investasi. Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengatakan pada kuartal III-2019, kinerja produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan meningkat menjadi 50 persen dari total pendapatan bisnis atau polis baru di tahun 2019. Komisaris Utama AXA Mandiri Agus Haryoto Widodo berharap manajemen AXA Mandiri mampu menjaga konsistensi pertumbuhan dengan terus mencari potensi pasar yang belum tergarap, sambil terus menjaga kepercayaan dan kenyamanan nasabah eksisting.
Beritasatu.com – 12/11/2019
Selamatkan Jiwasraya, Kementerian BUMN & Kemenkeu Putar Otak
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan untuk membawa masalah asuransi jiwa pelat merah ini hingga ke bendahara negara. Menteri BUMN Erick Thohir memang berkomitmen memprioritaskan Jiwasraya untuk diselesaikan, bersama dengan BUMN baja yakni PT Krakatau Steel Tbk. Said Didu menilai, strategi menyelamatkan Jiwasraya tidak cukup hanya meminta BUMN lain menyuntik dana untuk membeli produk Jiwasraya melainkan harus mengundang mitra strategis baru.
Cnbcindonesia.com – 12/11/2019
Terungkap, Orang Kaya RI Lebih Doyan Berobat ke Luar Negeri
Asuransi jiwa milik PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI), PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) menyebutkan dalam beberapa waktu terakhir, banyak muncul permintaan asuransi proteksi yang meng-cover biaya perawaran hingga ke luar negeri, terutama ke negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. CEO AXA Mandiri Handojo G. Kusuma mengatakan saat ini banyak konsumen yang mencari manfaat dari asuransi yang tak hanya menyediakan pengobatan di dalam negeri saja, namun juga hingga ke luar negeri, terutama untuk kalangan yang memiliki fasilitas provate banking alias orang kaya. Hingga saat ini perusahaan baru mampu menggarap 25% dari total kalangan kelas atas yang sudah menjadi nasabah Mandiri dengan layanan bancassurance yang ditawarkan asuransi ini. Sementara, 75% dari kalangan ini masih belum terjamah.
Cnbcindonesia.com – 12/11/2019
Produk Asuransi Berobat di Luar Negeri Makin Ngetren
Presiden Direktur PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) Handojo G. Kusuma mengatakan, pihaknya melihat peluang yang besar dari masyarakat segmen kelas atas. Terutama bagi nasabah yang sudah mapan. AXA Mandiri sendiri mulai memperbesar porsi bisnisnya di sektor perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan dibandingkan dengan produk investasi. Hingga kuartal III-2019 porsi produk asuransi jiwa dan kesehatan AXA Mandiri mencapai 50%, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yang mencapai 36%.
Detik.com – 12/11/2019
Pemerintah Masih Putar Otak Bereskan Masalah Jiwasraya
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menyelesaikan masalah keuangan yang dialami oleh perusahaan asuransi milik negara yang tengah dililit masalah pembayaran polis jatuh tempo, PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini pihaknya tengah mempertimbangkan untuk membawa masalah asuransi jiwa pelat merah ini hingga ke bendahara negara. Menteri BUMN Erick Thohir memang berkomitmen memprioritaskan Jiwasraya untuk diselesaikan, bersama dengan BUMN baja yakni PT Krakatau Steel Tbk. Sekretaris Kementerian BUMN periode 2005-2010, Said Didu, juga menyoroti kesulitan likuiditas yang dialami perusahaan asuransi jiwa warisan Belanda yang bernama Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij van 1859 itu. Kondisi likuiditas ini membuat perusahaan menunda pembayaran kewajiban polis jatuh tempo.
Detik.com12/11/2019
Di Tengah Kondisi Sulit, Laba AXA Mandiri Bisa Sentuh Rp 1 Triliun
Di tengah penurunan kinerja industri asuransi jiwa, PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) hingga kuartal III 2019 masih mencatatkan kinerja positif. President Director dan CEO AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma, menyatakan pendapatan premi hingga kuartal III 2019 mencapai Rp 6,9 triliun atau tumbuh 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara perolehan premi industri asuransi jiwa secara nasional pada Januari-September 2019, sebesar Rp 136,78 triliun. Presiden Komisaris AXA Mandiri, Agus Haryoto Widodo, memaparkan strategi usaha yang akan dijalankan di 2020. Yakni memperkuat produk-produk proteksi, mengembangkan layanan digital, serta mengembangkan produk-produk asuransi untuk segmen yang berbeda-beda.
Kumparan.com – 12/11/2019
Strategi Asuransi Axa Mandiri Genjot Kinerja di Kondisi Ekonomi Saat Ini
PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) meyakini kinerja perusahaan tetap baik di tengah kondisi ekonomi saat ini. Perusahaan akan menggenjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan dengan porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan produk investasi. Presiden Komisaris AXA Mandiri, Agus Haryoto Widodo, memaparkan strategi usaha yang akan dijalankan di 2020. Langkahnya antara lain melalui penguatan produk-produk proteksi, pengembangan layanan digital, serta produk-produk asuransi untuk segmen yang berbeda-beda.
Liputan6.com – 12/11/2019
Jiwasraya Butuh Rp32,89 Triliun, Kementerian BUMN Akan Konsultasi ke Sri Mulyani
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah serius untuk menyelesaikan masalah keuangan pada perusahaan asuransi milik negara yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Bahkan saat ini sudah ada beberapa opsi yang disiapkan oleh Kementerian BUMN untuk menyelesaikan masalah keuangan Jiwasraya. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, salah satu opsi yang menjadi pertimbangan adalah membawa masalah asuransi jiwa pelat merah ini hingga ke bendahara negara. Namun dirinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menyelesaikan masalah keuangan yang dialami oleh perusahaan asuransi milik negara tersebut.
Okezone.com – 12/11/2019
AXA Mandiri genjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan
PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) meyakini kinerja perusahaan tetap baik di tengah kondisi ekonomi saat ini. Perusahaan akan menggenjot bisnis perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan dengan porsi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan produk investasi. Presiden Komisaris AXA Mandiri, Agus Haryoto Widodo, memaparkan strategi usaha yang akan dijalankan di 2020. Langkahnya antara lain melalui penguatan produk-produk proteksi, pengembangan layanan digital, serta produk-produk asuransi untuk segmen yang berbeda-beda.
Today.line.me – 12/11/2019
Bidik Kaum Muda, Avrist Bekali Agen Milenial dengan Teknologi Digital
Perusahaan asuransi PT Avrist Assurance (Avrist) terus memperkuat digitalisasi dalam layanan dan produknya dalam rangka membidik potensi konsumen atau nasabah dari kalangan milenial. Hal ini juga ditopang oleh keberadaan para agen asuransi milenial dan Gen-Z. Chief Agency Officer Avrist Assurance M Irsan Zainuddin mengatakan generasi milenial merupakan generasi penuh semangat yang dibekali dengan fasilitas teknologi informasi nirkabel mutakhir dalam menjalankan peran sebagai agen asuransi, sehingga potensi membesarkan bisnis pun berlipat ganda. Kendati dibekali sarana digital, Avrist mendorong para agennya yang jumlah totalnya saat ini mencapai 3.200 agen, untuk tetap melakukan tatap muka dengan calon nasabah.
Hal ini didasari keyakinan bahwa bisnis asuransi adalah relationship business. Produk unggulan seperti Avrist Prime Protection yang merupakan produk proteksi, serta SEHATI dan Avrist Total Care yang merupakan produk kesehatan, telah menjadi produk-produk andalan konsumen di Indonesia.
Sindonews.com – 13/11/2019
AXA Mandiri Bukukan Premi 6,9 Triliun
PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) mencatatkan kontribusi produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan menjadi 50% dari total pendapatan polis kuartal III/2019. Persentase tersebut meningkat dibandikng dengan periode yang sama tahun sebelumnya 36%. Kami juga membukukan kinerja keuangan yang baik, dimana gross weighted premium (GWP) tercatat lebih dari Rp 6,9 Triliun pada kuartal III/2019, naik 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Koran Sindo 13/11/19 Hal 17
Bidik Milenial Sequis Luncurkan Super You
Sequis meluncurkan produk asuransi untuk kalangan milenial dengan nama Super You. Produk ini menawarkan produk keuangan yang simpel, terjangkau dan kemudahan akses serta pengalaman bertransaksi secara online.
Wartakota 13/11/19 Hal 11
Ketua Umum SP NIBA Ungkap AJB Bumiputera Komitmen Membayar Klaim Nasabah
Serikat Pekerja NIBA AJB Bumiputera 1912 dengan 1.900 anggota dan bersama 10.000 agen yang tersebar di Kantor Pusat dan 308 Cabang, berkomitmen mengimplementasikan kebersamaan yang tulus melayani seluruh Pemegang Polis dengan sebaik-baiknya, dengan berkordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk penjadwalan klaim dan realisasinya.
keuangan.co/ 13/11/19
Kuartal III, Laba AXA Mandiri Naik 10,66%
PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) hingga kuartal III-2019 membukukan laba bersih RP 696,81 miliar. Nilai tersebut meningkat 10,66% secara tahunan (year on year/yoy) dari periode sama tahun lalu Rp 629,66 miliar. Presiden Director dan CEO AXA Mandiri Handojo Gunawan Kusuma mengatakan, perolehan tersebut didorong dari meningkatnya kinerja produk perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan.
Investor Daily 13/11/19 Hal. 23
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR (12 November 2019) |
14.054 |
IHSG (per 12 November 2019) |
6.180,99 |
BI Rate |
|
Sumber Kontan.com
Sumber Media:
Kontan, Kontan.co.id, Suara Pembaruan, Bisnis Indonesia, HE Neraca, Investor Daily, Sindo, Infobanknews, Warta Ekonomi, Antaranews, Beritasatu, CNBCindonesia, Detik.com, Kumparan.com, Liputan6, Okezone.com, Linetoday, Sindonews.com, Wartakota, Keuangan.co.
