AAJI Daily News - 2 Desember 2019
FM-CC-AAJI-06-001
Senin, 2 Desember 2019
HEADLINE NEWS
- Asuransi Jiwa Genjot Penjualan di Kanal Digital
- Ada Peralihan, Premi BNI Life Turun
- Asuransi Tradisional Ibarat Dinosaurus
- Pembayaran Klaim Panin Dai-Ichi Life [Foto]
- Lebih Menguntungkan, BNI Life Genjot Premi Reguler
- Layanan Digital, Nasabah BNI Life Bisa Cairkan Klaim 25 Menit
- HUT ke-23, BNI Life Luncurkan Mobile Apps dan Platform e-Commerce
- Aset BNI Life Sudah Sentuh Rp2,12 Triliun
- Genjot Layanan, BNI Life Galakkan Program Ready to Digital
- Astra Life Raih Penghargaan Insurance Market Leader Award 2019
- Rentan stres, Jurnalis Butuh Asuransi Jiwa
- Tidak Semua Orang Butuh Asuransi Jiwa, Berikut Penjelasannya
TENTANG AAJI
Asuransi Jiwa Genjot Penjualan di Kanal Digital
Perusahaan asuransi jiwa kian gencar memasarkan produk melalui jejaring online untuk mendongkrak kinerja tahun depan. Strategi ini menjadi kunci utama untuk mengakuisisi nasabah dan Allianz telah menyederhanakan produk dan bekerja sama dengan e-commerce, kata Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Joos Louwerie. Allianz telah bekerja sama dengan Bukalapak untuk meluncurkan asuransi kesehatan pertama melalui kanal digital bernama BukaProteksiDiri. Hal serupa dilakukan Zurich Insurance Group yang baru saja mengakuisisi saham PT Asuransi Adira Dinamika. Dana US$30 juta telah disiapkan untuk pengembangan kanal digital, kata Country Manager Zurich Indonesia, Chris Bendl. Kepala Departemen Aktuaria Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Yanes Matulatuwa, mengatakan tahun depan pendapatan premi asuransi jiwa diproyeksikan tumbuh 10 – 14 persen dan faktor pendongraknya adalah potensi demografis masyarakat Indoensia dan tingkat penetrasi asuransi penduduk Indonesia yang mencapai 6,6% di kuartal III 2019.
Koran Tempo – 2-12-2019, Hal 22
INDUSTRI ASURANSI JIWA
Ada Peralihan, Premi BNI Life Turun
BNI Life mencatatkan nilai premi senilai Rp 4,6 triliun hingga Oktober 2019. Perolehan premi menurun 4,17% secara tahunan atau year on year. Sedangkan untuk laba, masih mencatatkan pertumbuhan dari Rp 185 miliar per Desember 2018 menjadi Rp 260 miliar atau tumbuh 40,5% year to date. Total aset BNI Life sampai dengan periode Oktober 2019 meningkat menjadi Rp 17,9 triliun. Nilai ini tumbuh 13,29% yoy dibandingkan perolehan aset Oktober 2018 senilai Rp 15,8 triliun.
Kontan - 30-11-2019, Hal 20
Asuransi Tradisional Ibarat Dinosaurus
PT Asuransi Allianz Life Indonesia melakukan transformasi digital dari proses penjualan hingga proses klaim untuk nasabah. “Perusahaan asuransi tradisional itu ibarat dinosaurus, besar tapi geraknya lambat dan bisa punah jika tidak berubah,” kata Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Joos Louwerier. Salah satu penyebab penetrasi asuransi rendah adalah literasi keuangan masyarakat yang rendah dan hanya 25% dari populasi yang memiliki asuransi formal. Allianz Life memiliki aplikasi khusus yang bisa diakses melalui ponsel yaitu Allianz e-AZy Claim dan hampir 90 persen klaim sudah melalui aplikasi tersebut.
Koran Tempo / 02-12-2019, hal. 21
Pembayaran Klaim Panin Dai-Ichi Life [Foto]
Pada periode 1 Januari hingga 30 September 2019, Panin Dai-ichi Life telah membayarkan klaim dengan total nilai lebih dari Rp185 miliar, termasuk manfaat proteksi meninggal dunia, kesehatan, dan penyakit kritis.
Bisnis Indonesia – 2-12-2019, Hal 18
Lebih Menguntungkan, BNI Life Genjot Premi Reguler
BNI Life mencatat premi senilai senilai Rp 4,6 triliun hingga Oktober 2019, atau turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 4,8 triliun. Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya mengatakan, penurunan premi tersebut karena adanya perpindahan dari premi single ke reguler. Dia menyebut, di tengah kondisi saat ini, setiap perusahaan asuransi harus memikirkan produk apa yang sifatnya berkelanjutan. Ditambah lagi, produk apa yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Untuk itulah, BNI Life akan fokus untuk menggenjot premi reguler.
Cnbcindonesia.com / 28-11-2019
Layanan Digital, Nasabah BNI Life Bisa Cairkan Klaim 25 Menit
BNI Life mantap untuk menuju ke layanan digital. Buktinya, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) ini punya layanan cairkan klaim hanya 25 menit saja. Layanan yang disebut Eazy klaim ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh BNI Life untuk mempersingkat proses klaim. Caranya dengan membawa kuitansi yang berlaku. Saat ini aplikasi ini hanya sebatas untuk nasabah individu yang memiliki asuransi kesehatan dan nasabah Optima Group Health (OGH). Sedangkan untuk E-commerce, para nasabah dapat mengunjungi langsung www.bni-life.co.id dan membeli produk BNI Life Digi Micro Protection, yang merupakan produk asuransi kecelakaan.
Cnbcindonesia.com / 28-11-2019
HUT ke-23, BNI Life Luncurkan Mobile Apps dan Platform E-Commerce
Memasuki usia 23 tahun, BNI Life mengadakan puncak acara ulang tahun di Menara BNI Pejompongan, Jakarta. Dalam kesempatan ini, BNI Life juga meluncurkan BNI Life Mobile Apps dan e-commerce yang ada di website. "Aplikasi ini punya beberapa fitur yang memberikan kemudahan bagi nasabah setia kami untuk memperoleh informasi benefit kesehatan, daftar rekanan rumah sakit dan provider, dan layanan Digi Claim," ujar Direktur Utama BNI Life, Shadiq Akasya.
Detik.com / 28-11-2019
Aset BNI Life Sudah Sentuh Rp2,12 Triliun
Per Oktober 2019, BNI Life berhasil mencatatkan pertumbuhan aset menjadi Rp2,12 triliun, atau meningkat sebesar 13,4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Hal tersebut dijelaskan Direktur Utama BNI Life, Shadiq Akasya pada acara hut BNI Life ke-23 di Menara BNI Pejompongan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019. Sejalan dengan hal itu, Shadiq menambahkan, untuk pertumbuhan net profit naik sebesar 40,5% jika dibanding tahun lalu (year to date/ytd). Rasio premi reguler tahun 2019 untuk bisnis individu juga meningkat sebesar 55% (ytd).
Infobanknews.com / 28-11-2019
Genjot Layanan, BNI Life Galakkan Program Ready to Digital
BNI Life terus meningkatkan layanan dengan masuk ke ranah digital melalui program Ready to Digital. Program tersebut merupakan wujud kesiapan BNI Life dalam menghadapi persaingan industri asuransi jiwa yang semakin ketat dengan cara beradaptasi terhadap perubahan dan bertransformasi pada digital bisnis. Selain itu, BNI Life terus berupaya meningkatkan kinerja serta memberikan pelayanan melalui layanan Eazy Claim. Layanan Eazy Claim merupakan inovasi layanan yang mempersingkat proses klaim (reimbursement) hanya dalam waktu 25 menit saja.
Cnnindonesia.com / 29-11-2019
Astra Life Raih Penghargaan Insurance Market Leader Award 2019
PT Astra Aviva Life (Astra Life) berhasil meraih penghargaan Insurance Market Leader Award 2019 berdasarkan pendapatan premi dalam ajang Media Asuransi Award 2019 yang diselenggarakan di Sasono Mulyo Ballroom, Hotel Le Meridien, Jakarta. Penilaian didasarkan pada kajian yang dilakukan oleh Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) terhadap laporan keuangan perusahaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum di 2018.
Sindonews.com /29-11-2019
Rentan stres, Jurnalis Butuh Asuransi Jiwa
Jurnalis rentan dihinggapi stres sehingga perusahaan media dapat melakukan sejumlah hal untuk menjaga kesehatan mental jurnalis dan pekerjanya. Hasil asesmen yang dilakukan Sustriana terhadap jurnalis televisi, online dan radio yang hadir dalam diskusi santai tersebut terlihat masalah kesehatan mental jurnalis yang muncul yaitu stres, kecemasan dan depresi. Hasil asesmen yang dilakukan Sustriana terhadap jurnalis televisi, online dan radio yang hadir dalam diskusi santai tersebut terlihat masalah kesehatan mental jurnalis yang muncul yaitu stres, kecemasan dan depresi. Menurut Sustriana, perusahaan juga dapat melakukan sejumlah hal untuk menjaga kesehatan mental jurnalis dan pekerja antara lain dengan menyediakan asuransi kesehatan jiwa atau menyediakan layanan psikolog bagi pekerja media.
Pikiran-rakyat.com / 30-11-2019
Tidak Semua Orang Butuh Asuransi Jiwa, Berikut Penjelasannya
Asuransi jiwa memang penting. Namun, tidak semua orang membutuhkan manfaatnya. Jika orang tersebut masih menggantungkan hidupnya kepada Anda secara finansial, tentu tidak ada manfaatnya memiliki asuransi. Golongan yang ideal memiliki asuransi jiwa adalah pencari nafkah keluarga. Apabila suatu keluarga mendadak kehilangan sosok tulang punggung akibat suatu musibah, tentu bukan hanya rasa duka mendalam yang ditinggalkan. Asuransi jiwa juga bisa menjadi solusi apabila sang pencari nafkah tersebut memiliki utang dalam jumlah yang cukup besar. Bagi Anda yang bekerja di tempat yang memiliki potensi risiko tinggi, tentu asuransi jiwa juga akan membuat Anda lebih tenang. Sebelum membeli asuransi jiwa, penting hukumnya untuk Anda mengetahui jenis-jenis asuransi jiwa.
Jawapos.com / 30-11-2019
INFORMASI KEUANGAN
USD/IDR (29 November 2019) |
14.108 |
IHSG (29 November 2019) |
6.011,83 |
BI Rate |
|
Sumber Kontan.com
Sumber Media:
Koran Tempo, Kontan, Bisnis Indonesia, CNBCIndonesia.com, Detik.com, infobanknews.com, CNNIndonesia.com, Medcom.id, Rilis.id, Sindonews.com, Pikiran-Rakyat.com, Jawapos.com.
